Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

2 Cara Mematikan Alarm Token Listrik Mudah dan Praktis

Cara mematikan alarm token listrik mesti kamu ketahui supaya bunyinya tidak mengganggu. Baik itu mengganggu kamu di rumah maupun tetangga yang ada di samping rumahmu.

Perlu kamu tahu bahwa token merupakan layanan listrik prabayar yang telah disediakan oleh PLN alias Perusahaan Listrik Negara.

Layanan ini akan membuat kamu lebih ‚Äúaman‚ÄĚ terkait biaya listrik karena tidak perlu khawatir biayanya tiba-tiba membengkak seperti halnya listrik pascabayar.

Dalam meteran listrik, kamu akan menemukan alarm yang akan berbunyi saat sisa pulsa token mulai menipis. Nah, alarm ini akan menjadi tanda bahwa kamu harus cepat-cepat mengisi token supaya bunyinya reda kembali.

Saat alarm token listrik berbunyi, biasanya kWh meteran listrik akan menunjukkan angka 25 kWh. Walaupun begitu, kamu masih punya waktu untuk menyiapkan beli pulsa listrik selama 2-3 hari.

Namun, siap-siap saja, kamu akan terganggu dengan bunyi alarm token listrik yang bising. Kalau kamu belum membeli pulsa listrik tapi tidak ingin terganggu dengan bunyi alarmnya, maka bisa mencoba untuk mematikan alarm bunyi token listrik tersebut.

Kalau masih belum tahu cara mematikan alarm token listrik, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik Paling Praktis

cara mematikan alarm token listrik
sumber: Teknogress.com

Token listrik yang terpasang di rumah umumnya dibuat oleh tiga merk berbeda, yaitu Hexing, Itron dan Glomet. Tentu saja, ketiga merk itu memiliki cara mematikan alarm token listrik yang berbeda untuk mematikan bunyi alarm token listrik.

Berikut ini merupakan cara mematikan alarm token listrik semua merk yang bisa kamu ikuti.

1. Cara Mematikan Alarm Token Listrik Merk Hexing dan Glomet

Jika token listrik yang terpasang di rumahmu merupakan merk Hexing dan Glomet, maka bisa coba ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kamu bisa menuju token listrik yang terpasang di rumah
  • Tekan angka 812
  • Klik ‚Äúenter‚ÄĚ dan selesai.

Angka 812 akan membuat kamu mampu mengatur batas minimal, interval bunyi serta mematikan alarm token listrik. Namun, cara mematikan alarm token listrik ini hanya bertahan selama satu jam, sehingga satu jam berikutnya alarm token akan kembali berbunyi.

2. Cara Matikan Bunyi Token Listrik Merk Itron

Jika kamu menggunakan token listrik merk Itron, maka bisa coba cara mematikan alarm token listrik seperti berikut:

  • Jika kamu sudah berada di depan token listrik, silakan ketik kode 456XX
  • Kalau sudah, langsung tekan ‚Äúenter‚ÄĚ dan selesai.

Cara mematikan alarm token listrik ini akan membuat alarm token listrik mati dalam waktu 5-10 menit. Selain itu, kode XX merupakan batas bawah kWh yang akan membuat alarm token listrik berbunyi. Jadi, kamu bisa mengganti kata XX dengan angka batas bawah kWh.

Misalnya, kamu bisa mengetik kode 45610 supaya alarm hanya berbunyi kalau listrik sudah mencapai dibawah 10 kWh.

Tak hanya mengatur batas bawah kWh, token listrik merk Itron juga memiliki kode rahasia lainnya yang dapat digunakan untuk mengatur berapa lama interval alarm berbunyi.

Caranya kamu bisa menekan 123XX kemudian klik ‚Äúenter‚ÄĚ. Kode XX disini bisa kamu ganti dengan angka interval alarm yang akan berbunyi.

Misalnya, kamu menekan 12310 dan enter supaya alarm akan berbunyi setiap 10 menit sekali.

Selain mengetahui cara mematikan alarm token listrik di atas, kamu juga bisa mengetahui cara setting alarm token listrik semua merk agar tidak berisik. Sehingga, kamu dan tetangga di sekeliling rumah tidak terganggu oleh suara alarm token listrik tersebut.

Kode Meteran Token Listrik yang Harus Kamu Tahu

Cara mematikan alarm token listrik
Sumber: cindenian.com

Selain mengetahui kode untuk mematikan alarm token listrik diatas, kamu juga harus mengetahui kode meteran token listrik lainnya, seperti:

  • Kode 00 digunakan untuk me-restart meteran
  • Kode 03 berfungsi untuk mengecek total kWh listrik yang telah kamu gunakan
  • Kode 07 bisa kamu gunakan untuk mengecek batas kWh
  • Kode 09 berfungsi untuk menghitung daya listrik yang telah kamu pakai
  • Kode 41 digunakan untuk mengecek voltase listrik
  • Kode 75 bisa kamu pakai untuk mengetahui ID meter PLN prabayar
  • Kode 79 untuk mengetahui batas kuota minimal alarm token listrik
  • Kode 90 berfungsi untuk mematikan lampu LED
  • Kode 78 digunakan untuk memeriksa interval alarm dalam hitungan menit
  • Kode 123 untuk mengubah interval alarm token listrik milikmu.

Solusi Jika Alarm Token Listrik Masih Bunyi

Cara mematikan alarm token listrik
Sumber: suara.com

Jika alarm token listrik masih berbunyi walaupun kamu sudah menggunakan cara mematikan alarm token listrik diatas, maka tidak perlu khawatir. Hal ini bisa terjadi karena eror pada meteran listriknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba beberapa solusi berikut:

1. Hubungi Kontak PLN

Solusi pertama untuk mengatasi alarm token listrik masih berbunyi padahal sudah dimatikan atau terjadi eror adalah dengan menghubungi kontak PLN.

Kamu bisa menelepon PLN dengan menekan tombol kode area, lalu tekan 123. Beritahu masalahnya secara detail, sehingga petugas PLN yang ada di area rumah kamu akan segera datang ke rumah untuk memperbaiki token listriknya.

Biasanya, kalau terjadi kesalahan pada meteran listrik, petugas PLN akan segera melepas meteran dan menggantinya dengan yang baru.

2. Beli Pulsa Token Listrik

Walaupun sudah mematikan alarmnya, selama kamu belum membeli pulsa token listrik, maka bunyi alarm akan terus menyala. Jadi, solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah mulai membeli pulsa token listrik.

Kini, beli pulsa token listrik bisa kamu lakukan secara praktis dan mudah hanya melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membeli token listrik dengan harga terjangkau adalah aplikasi Mocipay.

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Mocipay, lalu pilih menu ‚ÄúPLN‚ÄĚ untuk pembelian token listrik. Selain itu, metode pembayarannya pun tergolong lengkap, sehingga kamu bisa pilih salah satunya.

Cara Menghemat Token Listrik Supaya Tidak Boros

Cara mematikan alarm token listrik
Sumber: malangtimes.com

Supaya alarm token listrik tidak cepat berbunyi alias boros karena penggunaan listrik berlebih, kamu bisa coba beberapa cara menghemat token listrik berikut ini.

1. Lepaskan Colokan yang Tidak Dipakai

Sebagian besar masyarakat suka lupa mencabut colokan kabel setelah memakainya, seperti colokan HP, laptop, kipas angin, TV dan lainnya.

Nyatanya, kebiasan sepele ini akan membuat token listrik di rumah jadi mudah boros, lho. Pasalnya, colokan yang terhubung dengan aliran listrik walau tidak digunakan tetap akan mengonsumsi listrik meskipun tidak banyak.

2. Mengurangi Penggunaan AC Secara Berlebihan

Cuaca yang panas terkadang membuat masyarakat seringkali menghidupkan AC sepanjang hari. Padahal, hal itu akan membuat token listrik cepat terkuras karena penggunaan berlebihan.

Ada baiknya kamu menggunakan AC pada jam-jam tertentu atau saat cuaca benar-benar panas. Selain itu, kamu bisa mengganti AC dengan kipas angin di waktu-waktu tertentu.

3. Charge Laptop Sesuai Keperluan

Biasanya, laptop bisa bertahan dengan baterai penuh selama 3-4 jam. Saat baterai habis, kamu bisa mengecasnya dan mencabut charge setelah penuh.

Sebab, penggunaan charge yang terus menerus akan menguras penggunaan token listrik.

Hal ini karena laptop termasuk ke dalam barang elektronik yang membutuhkan asupan listrik lumayan besar.

4. Ganti Lampu Rumah dengan Jenis Lampu LED

Supaya token listrik lebih hemat, kamu bisa mengganti semua lampu di rumah dengan jenis lampu LED.

Tentu saja, lampu LED memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih terang, tidak panas, tahan lama, warna lebih natural dan hemat energi. Bahkan, cahaya terang dari lampu LED setara dengan jenis lampu lainnya, namun lebih hemat listrik.

5. Pakai TV LED dengan Fitur Hemat Energi

Jika TV LED yang ada di rumah memiliki fitur hemat energi, kamu bisa mulai mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini mampu menghemat listrik hampir separuhnya menjadi 20-25 watt saja.

Jadi, kamu bisa tetap menonton TV seperti biasanya, namun dengan penggunaan daya listrik yang lebih hemat.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik
Cara Mematikan Alarm Token Listrik

Demikian informasi mengenai cara mematikan alarm token listrik yang bisa kamu lakukan dengan mudah, praktis dan cepat. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau alarm token listrik mulai berbunyi, ya!

Back to top button