Tutorial

4 Cara Membuat Centang Hijau WA Lengkap Dengan Syaratnya 2024

Cara Membuat Centang Hijau WA adalah langkah penting dalam membangun kredibilitas dan kepercayaan pada akun WhatsApp Business yang dimiliki. Karena dengan akun centang hijau / verified badge akunmu akan diakui secara resmi sebagai akun yang sah.

Untuk membuat centang hijau WA pastikan akun Facebook sudah terverifikasi terlebih dahulu. Karena ketentuan ini diberlakukan oleh pihak WhatsApp secara langsung. Kamu juga harus memastikan semua persyaratan yang diminta dilengkapi dengan benar.

Apa Itu Centang Hijau / Verified Badge WhatsApp?

Apa Itu Centang Hijau / Verified Badge Whatsapp
Apa Itu Centang Hijau / Verified Badge Whatsapp

Centang hijau atau biasa disebut Verified badge adalah tanda yang menunjukkan bahwa akun telah diverifikasi oleh pihak WhatsApp. Tanda ini digunakan untuk membedakan akun resmi mereka dari akun palsu yang tidak resmi.

Untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp, kamu harus menggunakan WhatsApp Business API terlebih dahulu dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp.

Berapa Biaya Centang Hijau WA?

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait cara membuat centang hijau WA, kemungkinan kamu bertanya-tanya berapa biaya yang diperlukan untuk mendapatkan centang hijau ini. Jadi untuk mendaftarkan fitur centang hijau, kamu hanya perlu pengajuan kepada pihak WhatsAppp tanpa perlu mengeluarkan biaya atau gratis.

Namun untuk mendapatkan verified badge WhatsApp ini, kamu harus memenuhi semua persyaratan yang diminta dan menggunakan akun WhatsApp Business API resmi.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau di WA

Untuk mendapatkan centang Hijau / Verified Badge di WhatsApp, maka WhatsApp Business yang di daftarkan harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah disediakan. Ini bertujuan untuk menghindari tindakan yang merugikan diwaktu mendatang.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon

Berikut adalah beberapa syarat mendapatkan centang hijau di WA, yakni diantaranya :

Bisnis Resmi dengan CV, PT, atau Yayasan

Karena WhatsApp cukup selektif untuk membuat akun centang hijau, sehingga perusahaan atau bisnis diwajibkan memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Dimana syarat pertama yaitu bisnis harus resmi dengan CV, PT, atau yayasan.

Selain dari segi keresmian, WA juga membatasi beberapa industri untuk mendapatkan centang hijau, mulai dari industri obat-obatan, perjudian, produk dewasa, rokok, alkohol, senjata tajam, obat-obatan, dan Cryptocurrencies.

Memiliki ID Facebook Business Manager

Seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp juga bagian dari Meta yang memiliki keterkaitan yang cukup erat dalam melakukan verifikasi. Jadi sebelum proses verifikasi centang hijau, pastikan perusahaan sudah memiliki akun Facebook Business yang terverifikasi terlebih dahulu. Syarat ini berlaku untuk setiap pengguna yang ingin mendapatkan centang hijau di WA.

Eksposur Brand Bisnis

Ada beberapa faktor yang akan memudahkan kamu mendapatkan centang hijau / Verified Badge WA, yakni eksposur brand bisnis. Berikut beberapa faktor tersebut :

  • Memiliki website menjadi pertanda dari resmi bisnis.
  • Jika perusahaan besar, akan membuka peluang besar membuat centang hijau WA.
  • Memiliki brand awarensess, seperti media sosial dan faktor SEO.

Ketiga poin diatas akan membuka peluang besar bagi kamu untuk membuat centang hijau di WhatsApp.

Cara Membuat Centang Hijau WA

Cara Membuat Centang Hijau WA
Cara Membuat Centang Hijau WA

Tanda centang hijau pada akun WhatsApp Businis memberikan kepercayaan tambahan kepada pelanggan dan memastikan mereka berkomunikasi dengan entitas bisnis sah.

Bagi kamu yang sedang mencari cara membuat centang hijau WA, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini selengkapnya.

1. Buat WhatsApp Business

Langkah pertama memastikan bahwa kamu sudah mendaftar ke WhatsApp Business Solution Provider. Apabila belum, kamu bisa mengubah akun WhatsApp biasa menjadi WhatsApp Business API.

Karena cara membuat centang hijau WA, pengguna harus memiliki akun WhatsApp Business terlebih dahulu.

2. Verifikasi Facebook Business Account

Selanjutnya, pastikan akun Facebook sudah terverifikasi. Untuk cara membuat centang hijau WA, silahkan kunjungi business.facebook.com/settings/info. Berikut langkah-langkah proses verifikasi :

  • Di business Settings, klik WhatsApp Account.
  • Lalu klik Settings dan pilih WhatsApp Manager.
  • Klik increase limit.
  • Verifikasi bisnis kamu.
Baca Juga :  6 Cara Menghilangkan Stiker Di Foto dengan Mudah dan Praktis!
Verifikasi bisnis kamu
Verifikasi bisnis kamu
  • Isi informasi tentang bisnis.
  • Silahkan Upload dokumen Perusahaan.
Upload dokumen Perusahaan
Upload dokumen Perusahaan
  • Isi detail untuk metode kontak perusahaan kamu.
  • Approval dari Facebook.
  • Facebook akan me-review akun WhatsApp untuk menguji kelayakan akun.

3. Siapkan Dokumen Perusahaan yang Diperlukan

Agar cara membuat centang hijau WA berhasil, kamu harus mengisi informasi terkait bisnis yang dimiliki secara detail. Dilansir dari Meta help pages, berikut beberapa dokumen yang harus dilengkapi :

  • Akta Perusahaan.
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) Perusahaan.
  • NPWP Perusahaan.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak (SPPPKP).
  • Tagihan Utilitas (Hanya untuk alamat bisnis dan nomor telepon perusahaan).
  • Bank Statement Perusahaan.

4. Mendapatkan Centang Hijau Setelah Verifikasi

Setelah mendapatkan verifikasi untuk akun Facebook Business kamu, lakukan langkah-langkah berikut ini agar akun Whatsapp centang hijau (Verified Badge) :

  • Kembali ke halaman WhatsApp Manager.
  • Klik tanda titik tiga di menu Profil.
  • Lanjutkan dengan mengklik Submit Request.
  • Facebook akan melakukan verifikasi ulang.
  • Tunggu 5 – 7 hari kerja untuk mendapatkan centang hijau.

Jadi cara membuat centang hijau WA, pastikan perusahaan atau bisnis di Facebook kamu sudah terverifikasi terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan proses Verified Badge diakhir. 

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau di WhatsApp?

Umumnya, setelah melakukan proses verifikasi centang hijau / Verified Badge di WhatsApp, Facebook akan me-review akun WhatsApp untuk menguji kelayakan akun selama 5 – 7 hari jam kerja.

Namun, tidak menutup kemungkinan proses verifikasi ini bisa lebih lama lagi, tergangung kebijakan yang diberikan oleh pihak yang berwajib. Banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan karena ini kewenangan dari pihak WhatsApp sendiri.

Apakah Pengajuan Centang Hijau WA yang Ditolak Bisa Dilakukan Kembali?

JApabila pengajuan WA centang hijau ditolak, pihak WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengajukan banding kembali. Kamu dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Agat permintaan cara membuat centang hijau WA diterima, kamu bisa meningkatkan aktivitas bisnis, melakukan WhatsApp Blast secara teratur, dan menyiapkan semua persyaratan yang diminta dengan benar.

Baca Juga :  17 Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Penyebab Permintaan Centang Hijau Whatsapp Ditolak

Untuk membuat centang hijau maka pihak WhatsApp akan menguji kelayakan akun yang dimiliki. Apabila tidak memenuhi persyaratan, biasanya permintaan Verified Badge di WA akan ditolak. Untuk mengetahui faktor penyebab permintaan centang hijau ditolak, yaitu sebagai berikut.

Informasi Tidak Valid

Jika informasi yang diberikan tidak valid atau tidak memadai, pihak WhatsApp biasanya akan menolak permintaan yang kamu ajukan meski sudah menyelesaikan cara membuat centang hijau WA. Beberapa informasi yang menyebabkan penolakan, seperti :

  • Alamat email yang tidak terkait dengan entitas yang diminta verifikasi.
  • Data identitas tidak lengkap.
  • Informasi pribadi salah.
  • Dokumen tidak sah.
  • Informasi yang tidak relevan.

Melanggar Kebijakan atau pedoman

Penyebab serius penolakan centang hijau atau Verified Badge yaitu melanggar kebijakan atau pedoman WhatsApp. Platform ini memiliki sejumlah kebijakan dan pedoman yang harus dipatuhi oleh semua pengguna dan entitas yang meminta verifikasi.

Beberapa contoh pelanggaran kebijakan atau pedoman yang dapat menyebabkan penolakan verifikasi, meliputi perusahaan melanggar hak cipta, perusahaan bergerak dibidang terlarang, penipuan atau kekerasan.

Persyaratan Kurang Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses cara membuat centang hijau WA memerlukan beberapa persyaratan penting. Apabila tidak melengkapi syarat maka pihak WhatsApp akan menolak permintaan verifikasi. Jadi sebelum mengkonfirmasi pendaftaran verifikasi centang hijau WA, pastikan semua syarat sudah dipenuhi dengan benar.

Kurangnya Kredibilitas

WhatsApp cenderung memberikan centang hijau kepada perusahaan atau bisnis yang sudah memiliki kredibilitas tinggi atau memiliki ketenaran yang luas. Jika perusahaan yang dikembangkan tidak memiliki riwayat atau reputasi yang kuat dalam industri atau bidangnya, permintaan atau centang hijau dapat ditolak oleh pihak WhatsApp.

Keuntungan Membuat Centang Hijau Whatsapp

Tak heran jika sampai saat ini banyak bisnis resmi dengan CV, PT, atau Yayasan yang mencari cara membuat centang hijau WA. Karena ini menawarkan keuntungan besar bagi Perusahaan yang dikembangkan. Adapun beberapa keuntungan membuat centang hijau atau verified badge WA, meliputi :

  • Membangun kredibilitas dan kepercayaan pengguna terhadap akun, karena mereka bisa lebih yakin bahwa mereka sedang berinteraksi dengan entitas yang sah.
  • Membantu melindungi pengguna dari penipuan atau aktivitas berbahaya lainnya yang membuat reputasi Perusahaan buruk.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara gratis.
  • Memudahkan pengguna mengatur CRM, karena dengan WA centang hijau atau verified badge kesuluruhan pesan dari berbagai saluran komunikasi dapat terlihat dalam satu platform.

Artikel Menarik Lainnya : 2 Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa Whatsapp Terbaru 2024

Kesimpulan

Cara Membuat Centang Hijau WA
Cara Membuat Centang Hijau WA

Cara membuat centang hijau WA pengguna harus memastikan terlebih dahulu akun Business Facebook sudah terverifikasi dan memastikan bisnis yang dikembangkan tidak bergerak dibidang terlarang. Karena pihak Whatsapp akan melakukan verifikasi ulang setelah melakukan permintaan centang hijau. Apabila terdapat persyaratan yang tidak memenuhi ketentuan verified badge, maka pihak WhatsApp akan menolak permintaan pengajuan yang kamu lakukan.

Back to top button