Tutorial

6 Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad di Microsoft Word

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad merupakan suatu hal penting yang wajib diketahui oleh seluruh kalangan mahasiswa, dosen, maupun pelajar di era pembelajaran yang semakin maju ini.

Karena untuk membuat daftar pustaka yang benar dan tepat maka referensi tersebut harus mengikuti standart penulisan karya tulis ilmiah yang telah ditentukan sebelumnya.

Hanya saja, masih banyak yang merasa kesulitan untuk mengurutkan daftar pustka sesuai abjad. Bahkan beberapa kalangan mahasiswa juga masih ada membuat daftar pustaka secara manual.

Tentu hal ini akan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih lambat, terutama jika referensi yang kamu kutip jumlah nya tergolong banyak.

Nah, untuk memudahkan kinerja kamu dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah yang baik dan benar sesuai standart penulisan, silahkan perhatikan cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Daftar Pustaka?

Apa Itu Daftar Pustaka
Apa Itu Daftar Pustaka

Daftar pustaka atau biasa disebut sebagai referensi dan bibliografi adalah adalah bagian integral dari sebuah karya tulis ilmiah, seperti makalah, tesis, jurnal, berita, atau buku. Umumnya, daftar pustaka berisi informasi tentang penulis, judul, tahun terbit, tahun terbit, dan lokasi sumber kutipan.

Fungsinya adalah untuk memberikan informasi lengkap mengenai sumber-sumber yang digunakan penulis dalam penelitian atau pengembangan argumennya.

Untuk teknik penulisan daftar pustaka biasanya disesuaikan dengan sumber yang dikutip, seperti melalui buku, internet, atau majalah.

Unsur Dasar Dalam Daftar Pustaka

Dapat dikatakan penulisan daftar pustaka tersebut sudah benar, apabila unsur dasar penulisan dalam daftar pustaka tersebut sudah sesuai.

Jadi apabila daftar pustaka yang kamu buat di dalam karya tulis ilmiah kamu tidak sesuai dengan unsur-unsur dalam penulisan daftar pustaka ini, maka dapat dikatakan rangkaian daftar pustaka yang kamu buat salah atau tidak benar.

Berikut adalah unsur dasar dalam pembuatan daftar pustaka yang benar bisa kamu coba yang akan memudahkan kamu ketika menyusun sebuah kaya tulis ilmiah di kemudian hari.

Nama Pengarang

Nama pengarang dari buku atau sumber lainnya adalah unsur utama yang harus kamu tuliskan ke dalam daftar pustaka.

Karena nama penulis dijadikan sebagai acuan untuk mengurutkan sumber mana yang terlebih dahulu akan dicantumkan ke dalam daftar pustaka sesuai dengan urutan alfabet.

Ketentuan penulisan nama pengarang yaitu dengan menuliskan nama belakang pengarang di awal, kemudian dilanjutkan dengan nama depan. Tetapi nama belakang dan nama depan dipisahkan dengan tanda koma (,)

Baca Juga :  Cara Setting APN Indosat 4G Tercepat 2024: Internetan Jadi Makin Stabil

Namun perlu dicatat, gelar akademik tidak perlu dicantumkan ke dalam daftar pustaka meskipun di buku atau jurnal lain nama pengarang tertulis.

Misalnya : Digital, Mocipay.

Tetapi jika ada kamu temukan suatu buku yang ditulis oleh tiga penulis, maka ketentuannya adalah nama penulis pertama hanya ditulis dengan nama belakang saja. Sedangkan nama kedua ditulis normal tanpa dibalik dan dipisahkan.

Misalnya :

Digital dan Eka Kurniawan.

Digital, Deka Kurniawan., Winna Efendi.

Ketentuan berikutnya yaitu jika jumlah pengarang dalam saru buku ditulis oleh lebih dari tiga penulis, maka nama pengarang pertama ditulis seperti format satu penulis dan dilanjutkan dengan singkatan “dkk” di belakang nama pengarang.

Misalnya : Digital, Mocipay dkk.

Tahun Terbit

Setelah nama pengarang sudah ditulis dengan benar dan diakhiri dengan tanda titik (.), selanjutnya memasukkan tahun terbit dari buku atau jurnal yang kamu ambil.

Tahun terbit buku ini bisa kamu lihat pada halaman awal buku setelah cover, sedangkan tahun terbit jurnal ini bisa kamu temukan di bawah nama penulis, di ISSN jurnal.

Untuk ketentuan penulisan tahun penerbitan buku dan jurnal hanya mencantumkan tahun terbitan saja ditambah dengan tanda buka kurung dan tutup kurung, setelah itu diakhiri dengan titik.

Misalnya : Digital, Mocipay. (2024).

Judul Buku

Nah setelah peletakan nama pengarang dan tahun terbit buku/ jurnal, selanjutnya adalah judul buku. Dimana untuk judul buku atau jurnal ini hanya perlu digaris miring saja dan diakhiri tanda titik.

Misalnya : Digital, Mocipay. (2024). Capai 400 pengguna Mocipay unggulkan penjualan voucher game. 

Tempat Terbit

Jangan salah, setelah peletakan judul buku maka berikutnya adalah penulisan tempat penerbitan buku. Biasanya tempat penerbitan buku ini bersamaan dengan tempat tahun terbit buku.

Untuk penulisan tempat terbit cukup mudah, hanya dengan menambahkan titik dua setelah nama kota penerbitan.

Misalnya : Digital, Mocipay. (2024). Capai 400 pengguna Mocipay unggulkan penjualan voucher game. Medan: 

Nama Penerbit

Bagian akhir dari daftar pustaka adalah nama penerbit dari buku tersebut. Biasanya ini juga tercantung di dalam buku setelah cover pada buku yang ingin kamu rangkum.

Jangan sampai salah nama pengarang dengan nama pernerbit dua hal yang berbeda, banyak orang keliru akan perbedaan dari keduanya.

Misalnya : Digital, Mocipay. (2024). Capai 400 pengguna Mocipay Unggulkan Penjualan Voucher Game. Medan: CV Mocipay Digital Indonesia

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad
Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

Setelah membuat daftar isi sesuai dengan unsur dasar dalam daftar isi, cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad adalah langkah selanjutnya yang wajib kamu ketahui.

ada banyak alasan mengapa kamu harus mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad, salah satunya adalah standart penulisan. Karena banyak panduan penulisan ilmiah dan gaya penulisan mengharuskan daftar pustaka diurutkan berdasarkan abjad.

Ini juga dapat dikatakan sebagai standart penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, sehingga tak perlu heran jika banyak mahasiswa, pelajar, maupun pekerjaan kantoran mencari cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad.

Berikut adalah cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis tanpa ribet.

Baca Juga :  7 Cara Memindahkan WhatsApp Dari Android Ke Iphone dan Sebaliknya Dengan Mudah

1. Mengurutkan Daftar pustaka Sesuai Abjad di Word

Cara mengurutkan daftar Pustaka Sesuai Abjad di word sebenarnya bukanlah hal yang sulit terutama jika kamu sudah memahami fungsi dari fitur yang ada di dalamnya. Tetapi bagi kamu yang belum memahami hal tersebut tentu ini akan menjadi terasa sulit.

Jadi kamu bisa mengikuti tips cara mengurutkan daftar Pustaka Sesuai Abjad di word melalui fitur sort yang ada di menu Home.

  • Pastikan semua daftar pustaka yang ingin diurutkan sesuai abjad sudah berada di dalam Microsoft Word.
  • Setelah itu, blok semua referensi di dalam daftar pustaka.

  • Masuk ke ribbon menu Home.
  • Pada menu Home terdapat grup Paragraf, lanjutkan dengan memilih sort yang di tandai dengan ikon AZ.

  • Akan muncul jendela Sort Text. Pada bagian Sort By pilih Paragraphs>Text>Ascending.  Pada jendela My list has pilih now header row.

  • Lalu klik OK.
  • Maka referensi dalam daftar pustaka di lembar kerja Microsoft Word secara otomatis akan berurut sesuai abjad.

2. Membuat Daftar Pustaka Menjorok

Membuat Daftar Pustaka Menjorok
Membuat Daftar Pustaka Menjorok

Tidak sampai pada unsur dasar dan mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad saja. Pembuatan daftar pustaka dikatakan sudah benar, apabila sesuai dengan standart penulisan.

Jadi jika kedua cara diatas sudah benar, namun referensi dalam daftar pustaka yang kamu buat tidak menjorok ke dalam pada baris kedua, maka referensi yang kamu buat bisa saja dikatakan salah.

Agar tidak terjadi pengulangan ketika karya ilmiah yang kamu buat sudah sampai kepada dosen atau guru pembimbing, ikuti langkah-langkah membuat daftar pustaka menjorok ke dalam pada baris kedua ini.

  • Apabila semua referensi dalam daftar pustaka belum diatur atau belum menjorok ke dalam, blok semua referensi tersebut.
  • Tekan CTRL+T secara bersamaan.
  • Secara Otomatis referensi dalam daftar pustaka akan menjorok ke dalam pada baris kedua.

Pembelajaran kamu terganggu akibat kuota atau paket data yang tiba-tiba habis? Yuk isi ulang pulsa dan paket data kamu hanya di aplikasi Mocipay dapatkan harga termurah dan promo menarik lainnya.

3. Mengatur Margin pada Daftar Pustaka

Cara mengurutkan daftar Pustaka Sesuai Abjad akan terlihat lebih rapih jika pengaturan margin sudah sesuai. Dimana margin adalah jarak tepi atas, tepi bawah, dan tepi samping pada sisi kanan dan kiri.

Adapun tata cara mengatur margin pada daftar pustaka agar cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad terlihat lebih rapi, ikuti panduan dibawah ini.

  • Silahkan buka lembar kerja referensi pada daftar pustaka.
  • Setelah itu, blok seluruh teks di lembar kerja khusus referensi dengan menekan Ctrl+A di keyboard.
  • Lalu masuk ke menu Page Layout dan pilih Page Setup.
  • Akan muncul tab dan jendela dialog, atur margin kanan, kiri, dan bawah dengan mengganti angka di dropdown Top, Left, Right, dan Bottom sesuai ketentuan standart penulisan pada margin.
  • Klik Ok untuk mengkonfrimasi perubahan pada margin.

4. Mengatur Huruf Kapital di Setiap Awal Kata

Mungkin kamu pernah merasakan mengetik daftar pustaka terasa lama sebelum melakukan cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Lazbon Lazada Tidak Muncul

Sedangkan pengaturan terhadap huruf kapital di dalam daftar pustaka khususnya pada elemen judul termasuk poin penting yang wajib dilakukan. Silahkan ikuti panduan dibawah ini jika ingin mengatur huruf kapital di setiap awal kata pada daftar pustaka..

  • Langkah pertama, blok semua referensi pada daftar pustaka yang ingin diubah.
  • Masuk ke menu Home.
  • Cari dan klik ikon Aa atau Change Case.
  • Lalu pilih opsi Capitalize Each Word.
  • Huruf kapital di setiap awal kata pada daftar pustaka berhasil diubah.

5. Membuat Daftar Pustaka Menjadi Rata Kanan Kiri

Nah, jika cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad sudah selesai dilakukan kamu juga harus memperhatikan rata kanan kiri referensi pada daftar pustaka.

Mengatur rata kanan dan kiri referensi pada daftar pustaka akan membuat karya tulis ilmiah kamu menjadi terlihat lebih sempurna dan sesuai dengan standart penulisan buku dan karya tulis.

Apabila rata kanan kiri daftar pustaka kamu masih belum sesuai, ini ada langkah mudah tanpa ribet yang bisa kamu ikuti.

  • Blok pada bagian daftar pustaka atau paragraf.
  • Tekan Ctrl+J pada keyboard.
  • Atau cara lainnya bisa kamu coba yaitu dengan menekan ikon Justify.
  • Otomatis daftar pustaka menjadi rata kiri dan kanan.

Postingan Menarik Lainnya : 5+ Cara Membuat Abstrak Otomatis Dalam Hitungan Menit

Cari tau beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan daftar pustaka di halaman Microsoft Word lewat tabel berikut ini:

Kategori kesalahan Penjelasan
Tidak mengikuti gaya penulisan Pastikan anda mengikuti gaya penulisan referensi yang ditentukan (contoh; APA,MLA,Chicago,Hardvard) sesuai dengan pedoman penulisan yang anda gunakan
Menambahkan referensi tanpa merujuk Setiap referensi dalam daftar pustaka harus memiliki kutipan dalam teks
Kesalahan penulisan nama penulis Pastikan anda menuliskan nama penulis dengan benar, biasanya nama pertama disingkat dan diikuti oleh nama keluarga
Kesalahan dalam judul referensi Pastikan judul referensi dikutip dengan benar (miring, cetak tebal, dsb)
Lupa mencantumkan tahun publikasi Pastikan tahun publikasi disertakan untuk setiap referensi
Tidak mengurutkan daftar pustaka Urutkan daftar pustaka berdasarkan urutan alfabetis atau urutan penulisan dalam teks tergantung pada pedoman penulisan yang digunakan
Tidak memberi tanda identasi Setiap entri dalam daftar pustaka harus memiliki tanda identitas, bisa diatur menggunakan fitur rencana pustaka di microsoft word
Kesalahan dalam format URL Pastikan URL dan tautan elektronik lainnya ditulis dengan benar, periksa apakah anda menggunakan tanda kurung sudut, garis miring atau tanda kutip dengan benar
Tidak mencantumkan penerbit Pastikan penerbit dan informasi lain yang diperlukan seperti nama jurnal atau nama penerbit disertakan dalam entri daftar pustaka sesuai pedoman penulisan yang digunakan

Akhir Kata

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad
Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

Cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad sebenarnya bukanlah permasalahan yang sulit untuk dilakukan, karena untuk mengurutkan referensi pada daftar pustaka sesuai abjad kamu hanya perlu mengakses menu Home saja.

Jadi, itulah langkah-langkah cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad yang bisa kamu coba agar karya tulis ilmiah yang sedang kamu kerjakan sesuai dengan standard penulisan yang ditetapkan.

Pastikan semua poin penulisan daftar pustaka yang dijabarkan diatas sudah kamu lakukan, agar tidak terjadi pengulangan ketika melakukan revisi terhadap pembimbing karya tulis kamu.

Semoga informasi cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button