Tutorial

6 Cara Membuat Nama Sendiri Menjadi Tulisan Jepang

Tertarik dengan dunia Jepang hingga mencari cara membuat nama sendiri menjadi tulisan jepang? Tenang saja! Artikel Mocipay kali ini akan memuat tentang cara membuat nama sendiri menjadi tulisan jepang yang memungkinkan anda untuk mentransliterasi nama anda dengan cara yang unik dan menciptakan pengalaman menarik dan menyenangkan!

Cara Membuat Nama Sendiri menjadi Tulisan Jepang, Apakah Ada?

Memastikan terlebih dahulu apakah ada cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang merupakan langkah awal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu.

Lantas,apakah ada cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang? Tentu ada sobat Mocipay! Anda bisa mengubah nama anda ke tulisan Jepang melalui google translate, situs website, dan aplikasi.

Cara Membuat Nama Sendiri menjadi Tulisan Jepang

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, bahwa ada beberapa cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang yakni melalui Google translate, situs website dan juga aplikasi. Dibawah ini kami akan menampilkan langkahnya masing-masing.

  • Melalui Google Translate

Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang
Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang

Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang yang pertama akan kita mulai dari dengan menggunakan Google translate. Berikut langkah-langkahnya yang dapat anda ikuti:

  1. Pastikan aplikasi Google translate telah terpasang di ponsel anda
  2. Anda juga bisa membukanya lewat Google dengan mengetik “Google translate”
  3. Jika sudah, silahkan buka Google translatenya
  4. Ubah bahasanya menjadi “Indonesia – Jepang
  5. Ketik nama anda di tempat yang terdapat tulisan Masukkan teks
  6. Tulisan Jepang nama anda akan otomatis ditampilkan di bagian bawahnya
  7. Selesai! Anda bisa menyalin lewat ikon copy yang berada di sebelah kiri ikon speaker
  • Lewat Situs Website

Ada beberapa situs website yang dapat digunakan untuk membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang, diantaranya seperti: Kanji name, Kanji tools dan Lexilogos. Masing-masing langkahnya bisa anda perhatikan dalam penjelasan kami berikut ini!

Baca Juga :  2 Cara Melihat Daftar Tontonan Di Viu

1. Kanji Tools

Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang pakai Kanji Tools
Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang pakai Kanji Tools

Di bawah ini adalah cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang lewat Kanji Tools:

  1. Pastikan perangkat anda memiliki koneksi internet
  2. Masuk ke Google atau menu browser
  3. Kunjungi laman website https://asia.kanji.tools/
  4. Tuliskan nama anda pada kolom yang disediakan
  5. Ketuk tombol “Ubah menjadi Kanji
  6. Dalam beberapa saat, nama anda dalam tulisan jepang akan ditampilkan
  7. Selesai! sekarang anda bisa menyalin nama anda dalam tulisan Jepang tersebut dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Kanji Name

Mengubah nama sendiri ke tulisan Jepang lewat situs web Kanji Name juga tidak jauh berbeda jauh dari cara yang sebelumnya. Berikut kami tampilkan langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu browser di HP anda
  2. Pastikan ponsel anda terkoneksi dengan jaringan internet
  3. Kunjungi situs web di alamat https://jepang-indonesia.co.id/kanjiname/index
  4. Tuliskan nama anda pada kolom yang berada di bawah tulisan “Convert your name to Japanese Kanji
  5. Ketuk tombol convert yang berada di bagian bawah
  6. Maka dalam beberapa saat, nama anda akan diubah ke dalam tulisan Jepang

3. Lexilogos

Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang pakai Lexilogos
Cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang pakai Lexilogos

Situs yang terakhir untuk membuat nama ke tulisan Jepang adalah “Lexilogos” Langkah-langkanya cukup mudah, berikut silahkan diperhatikan:

  1. Silahkan masuk ke menu browsing di ponsel anda
  2. Kunjungi situs https://www.lexilogos.com/keyboard/katakana
  3. Ketikkan nama anda di kolom yang disediakan
  4. Secara otomatis nama anda akan di ubah ke penulisan Jepang
  5. Ketuk menu Copy untuk menyalin tulisan Jepang dari nama anda
  • Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa juga dijadikan sebagai cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang. Beberapa aplikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Katakana Pro

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat nama dalam tulisan Jepang. Tak hanya itu saja, fitur-fitur didalamnya juga akan memungkinkan penggunanya untuk dapat lebih mudah belajar bahasan Jepang. berikut cara membuat nama sendiru menjadi tulisan Jepang lewat aplikasi Katakana Pro:

  1. Downloadlah terlebih dahulu aplikasi Katakana Pro
  2. Pastikan ponsel anda terhubung dengan jaringan internet
  3. Jika aplikasinya sudah terpasang, silahkan langsung saja dibuka
  4. Ketikkan nama anda pada kolom teks
  5. Tulisan Jepang nama anda akan ditampilkan
Baca Juga :  4 Cara Melihat ID Discord Sendiri

2. Kamus Bahasa Jepang

Untuk membuat nama ke tulisan Jepang anda bisa juga menggunakan kamus bahasa Jepang. Inilah langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti:

  1. Download dan pasang aplikasi kamus bahasa Jepang di perangkat anda
  2. Jika sudah berhasil terinstall, maka langsung saja buka aplikasinya
  3. Ubahlah terlebih dahulu bahasanya menjadi Indonesia ke Jepang
  4. Ketikkan nama anda pada kolom Masukkan kata
  5. Selesai! Tulisan Jepang dari nama anda akan ditampilkan

Sekilas tentang Tulisan Jepang

Selain membagikan tentang cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan sekilas tentang tulisan Jepang.

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia Jepang atau berencana ingin pergi kesana, mungkin kamu perlu memperhatikan penjelasan kami dibawah ini, agar anda bisa terbantu dan lebih mudah untuk berkomunikasi atau beradaptasi ketika sudah berada disana.

Dasar Tulisan Jepang

Ada 3 dasar atau sistem tulisan yang digunakan dalam bahasa Jepang, yang dimulai dari Hiragana, Katakana, dan Kanji. Berikut deskripsikan masing-masing perbedaan utama antara ketiganya.

1. Hiragana

Hiragana merupakan sistem tulisan silabis yang mana bentuk dan fungsinya digunakan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang. Dalam sistem ini, setiap karakter mewakili suku kata.

Penggunaan Hiragana umumnya adalah untuk menulis kata-kata asli Jepang, kata sambung, partikel dan kata-kata dengan bacaan khusus. Sedangkan bentuk huruf nya lebih kuat dan kurva. Contoh tulisan Hiragana adalah ひらがな

2. Katakana

Katakana merupakan dasar penulisan bahasa Jepang yang bentuknya digunakan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang, terutama kata pinjaman dari bahasa asing, nama merek dan kata-kata teknis.

Fungsi dari sistem penulisan Katakan biasanya digunakan untuk menyoroti kata asing dan membedakan kata-kata dalam bahasa asing dari kata-kata asli Jepang. Bentuk huruf nya terlihat lebih tajam dan sederhana dibandingkan dengan Hiragana. Contohnya adalah カタカナ

Baca Juga :  6 Cara Memindahkan WhatsApp Dari HP Yang Rusak Terbaru 2024

3. Kanji

Kanji merupakan sistem tulisan karakter logograf yang diadopsi dari aksara Tionghoa. Setiap karakter mewakili ide atau makna tertentu. Penggunaan dari Kanji ini biasanya untuk menuliskan kata-kata benda, konsep, nama diri, dan berbagai kosakata lainnya.

berbeda dengan Hiragana dan Katakana, sebuah karakter kanji dapat mewakili satu suku kata atau lebih. Bentuk Kanji biasanya lebih kompleks dan bervariasi.

Cara Mudah untuk Mempelajari Bahasa Jepang

Cara belajar bahasa Jepang dengan mudah
Cara belajar bahasa Jepang dengan mudah/ teamlanguages.com

Ada beberapa langkah dalam cara mempelajari bahasa Jepang dengan mudah,diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara mudah belajar bahasa Jepang Deskripsi singkat
Mulailah dengan mempelajari Hiragana Untuk belajar bahasa Jepang, mulailah dari dasarnya yaitu mempelajari Hiragana. Pelajari karakter dan cara membacanya. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi atau buku belajar bahasa Jepang.
Lanjutkan dengan Katakana Setelah memahami Hiragana, lanjutlah kemudian untuk mempelajari tentang Katakana. Berlatihlah mengidentifikasi dan menulis Katakana dengan menggunakan contoh kata-kata asing.
Pelajari kosakata umum dalam bahasa Jepang Pelajarilah secara perlahan kosakata umum dalam bahasa Jepang dengan menggunakan aplikasi belajar atau buku kosakata bahasa Jepang.
Pahami struktur kalimatnya Pelajari dasar-dasar struktur kalimat dalam bahasa jepang dan latihlah diri anda untuk membentuk kalimat sederhana dengan menggunakan kosakata yang sudah anda pelajari.
Kenali dan pelajari Kanji secara bertahap Mulailah dengan mempelajari Kanji yang paling umum digunakan, cara membaca dan menulis setiap karakter, serta maknanya.
Praktek membaca dan menulis setiap hari Konsistensi adalah kunci utama yang harus di pegang dalam belajar bahasa Jepang. Luangkan waktu anda setiap hari untuk membaca dan menulis dalam bahasa Jepang.
Manfaatkan bantuan sumber daya online dan aplikasi belajar bahasa Jepang Manfaatkan sumber daya online seperti situs web belajar bahasa,video tutorial maupun aplikasi belajar bahasa Jepang.
Mengikuti kelas atau kelompok belajar bahasa Jepang Jika memungkinkan, anda juga bisa mengikuti kelas atau kelompok belajar bahasa Jepang. Ini akan lebih memudahkan anda dalam memahami tulisan maupun pengucapan bahasa Jepang.
Tonton film dan dengarkan lagu dalam bahasa Jepang Menonton film ataupun mendengarkan lagu dalam bahasa Jepang dapat membantu anda terbiasa dengan pelafalan, kosa kata dan intonasi dalam bahasa Jepang.

Kesimpulan

Cara Membuat Nama Sendiri Menjadi Tulisan Jepang
Cara Membuat Nama Sendiri Menjadi Tulisan Jepang

Membuat nama sendiri ke dalam bentuk tulisan Jepang menciptakan karya seni linguistik yang unik dan indah. Dengan mengetahui bagaimana cara membuat nama sendiri menjadi tulisan Jepang, anda bisa membuat tampilan nama anda menjadi lebih aesthetic di berbagai akun media sosial atau pun kebutuhan lainnya.

Back to top button