Pendidikan

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula – Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang wajib untuk kita ketahui di tengah gempuran internet yang membuat dunia seolah tidak ada jarak lagi. Bisa dibilang, Bahasa Inggris adalah bahasa pemersatu yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari belahan dunia lain.

Bisa menguasai Bahasa Inggris tentu menjadi impian banyak orang saat ini. Banyak kemudahan yang bisa kamu dapat apabila kamu bisa menguasai Bahasa Inggris, baik secara aktif maupun pasif. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni, kamu bisa lebih mudah dalam mendapat pekerjaan, bisa sekolah di luar negeri, memperluas circle pertemanan, lebih percaya diri ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, mendapat informasi lewat media internasional, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari investor.id , menurut Laporan Indeks Kecakapan Bahasa Inggris atau EPI (English Proficiency Index) 2021 yang dikeluarkan oleh EF Education First – selaku perusahaan penyedia layanan pengajaran bahasa secara global — menunjukkan bahwa nilai EPI Indonesia masih terbilang rendah, dimana pada tahun ini, capaian EPI Indonesia berada di peringkat 80 dari 112 negara atau turun enam peringkat dibandingkan dengan posisinya di tahun 2020.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa belajar Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu harus mengikuti kursus yang mengeluarkan biaya mahal. Sekarang ini, dengan kecanggihan teknologi internet, kamu bisa belajar bahasa Inggris lewat aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula.

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula yang bisa kamu temukan di internet. Disini saya akan merangkum 20 aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula untuk Sobat Mocipay.

1. Duolingo

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaKetika ingin mulai belajar bahasa Inggris atau bahasa-bahasa lainnya, mungkin aplikasi pertama yang muncul di kepala adalah Duolingo. Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula paling terkenal dan memiliki rating yang sangat bagus. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level yang benar-benar mendasar (intermediate), sampai fluent.

Keunggulan utamanya adalah kamu bisa menentukan target belajar bahasa setiap harinya.

Misalkan, kamu ingin belajar bahasa Inggris 1 jam sehari. Duolingo akan mengingatkan kamu untuk membuka aplikasi sesuai dengan jam yang ditentukan.

Baca juga: 25+ Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia

2. Babbel

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Pada dasarnya, Babbel kurang lebih sama dengan aplikasi bahasa sebelumnya, yaitu Duolingo. Hal yang membedakan adalah, Babbel lebih terfokus kepada vocabulary dan conversation.

Di dalam aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini, kamu bisa menemukan pembelajaran yang singkat, interaktif, namun tetap informatif.

3. Beelinguapp

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaKeunggulan dari Beelinguapp dibandingkan aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya adalah, aplikasi ini menggunakan konsep story-telling.

Caranya adalah kamu dapat belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris, lalu di sebelahnya terletak cerita dalam bahasa kamu sendiri. Tak hanya itu, terdapat juga fitur karaoke-style yang memungkinkan kamu untuk membaca sambil mendengar pronounciation kata yang sedang dibacakan.

4. Busuu

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaBusuu merupakan aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu dari berbagai aspek, mulai dari vocabulary, grammar, hingga speaking.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu bisa mendapatkan feedback dari pembicara native bahasa Inggris. Jadi, kamu dapat lebih mudah untuk mengevaluasi apa saja yang harus diperbaiki.

5. Grammarly

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaKeunggulan dari aplikasi ini adalah kamu hanya perlu meng-install keyboard Grammarly di gadget apapun, lalu secara otomatis Grammarly akan membenarkan kesalahan dalam penulisan kamu.

Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini dapat mendeteksi ‘nada’ dari tulisan yang akan kamu kirim. Seperti formal, netral, dan bersahabat. Aplikasi ini dapat menyelamatkan kamu dari mengirim email dengan tulisan yang bernada informal kepada atasan atau instansi formal lainnya.

6. Rosetta Stone

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaRosetta Stone merupakan aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang fokus kepada speaking, atau lebih spesifiknya lagi yaitu perbincangan.

Keunggulan dari aplikasi Rosetta Stone ini adalah kamu bisa belajar bahasa Inggris sesuai kebutuhan dengan waktu pembelajaran sekitar 10 menit. Jika kamu suka traveling dan ingin mempersiapkan diri untuk obrolan saat belanja, atau ingin belajar dasar-dasarnya saja, aplikasi ini punya program khususnya untukmu.

Pembelajaran yang dilakukan secara kontekstual dan interaktif membuat belajar bahasa Inggris terasa menyenangkan.

7. HelloTalk

Jika kamu ingin melancarkan kemampuan speaking bahasa Inggris, HelloTalk merupakan pilihan yang tepat.

Dengan jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia, besar kesempatan kamu untuk meningkatkan kemampuan speaking lewat perbincangan dengan seorang native. Keunggulan lain dari aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini adalah kamu harus mengajarkan bahasa Indonesia sebagai imbalannya.

Pada dasarnya, HelloTalk bisa dikatakan juga sebagai portal penghubung jutaan orang yang sedang ingin belajar bahasa baru. Jadi, kedua pihak sama-sama mempelajari sesuatu yang baru langsung dari pembicara native.

Baca juga: Mengalokasikan Gaji dengan Metode 50-30-20 Biar Bisa Nabung

8. BBC Learning English

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaJika kamu ingin belajar bahasa Inggris sehari-hari, BBC Learning English merupakan aplikasi yang tepat untukmu.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah terdapat fitur “mini daily lesson”, sehingga kamu bisa menonton materi pengajaran dalam waktu 3 menit saja.

9. FluentU

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaJika aplikasi lain membuatmu mempelajari bahasa Inggris dengan materi-materi yang sesuai dengan level kemampuanmu, FluentU menyusun mater-materinya menggunakan berbagai video musik, trailer film, hingga berita dan talkshow sehingga kamu bisa mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain itu, aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang bisa digunakan melalui iOS dan Android ini juga menawarkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Kamu bisa memilih materi mana yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu. Kamu juga bisa melacak vocabulary yang telah dikuasai dan mempelajari ulang kata-kata sulit yang belum dipahami.

10. Memrise

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk PemulaJika kamu lebih senang belajar bahasa Inggris melalui game, aplikasi Memrise akan cocok untukmu.

Tidak hanya membantumu mempelajari bahasa Inggris melalui game, kamu juga bisa melihat bagaimana pengguna lainnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam game tersebut.

Ada tiga belas halaman dari materi-materi yang disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Mulai dari “English Irregular Verbs” yang mudah, hingga “A Tale of Two Cities” karya Charles Dickens yang lebih rumit untuk dipelajari.

Kamu juga bisa melacak apa yang telah dipelajari. Sehingga, jika kamu lupa apa arti sebuah kata, atau lupa kata apa yang telah dipelajari, kamu bisa melihat dan mempelajarinya kembali.

11. Cake

Cake: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Cake menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang disampaikan melalui sebuah video YouTube. Video ini berisi materi yang diucapkan bahasa Inggris dan disertai dengan subtitle bahasa Indonesia. Aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini juga mampu membantu mengasah kemampuan berbicara (speaking) dengan fitur AI Speech Recognition.

12. Drop: Learn English

Drop: Learn English : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Situs Learning Drop menawarkan dua metode pembelajaran yaitu versi bahasa Inggris British (UK) atau Inggris Amerika Serikat (US). Aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini sangat cocok untuk mempelajari versi British. Ilustrasi visual yang menarik cukup memudahkan pengguna dalam mempelajari kosakata sehari-hari.

13. LingoDeer

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula : LingoDeer

Lingodeer menjadi aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang interaktif untuk belajar. Hal yang ditekankan dalam aplikasi LingoDeer adalah pembelajaran tentang membaca, mendengar dan menulis kosa kata yang ditanyakan.

Desain dalam aplikasi ini menawarkan banyak tema pilihan sehari-hari mulai dari tema hewan peliharaan, traveling, keluarga, kalimat tanya umum, kalimat tanya khusus dan sebagainya. Semua tema ini disajikan tidak lain agar pengguna terbiasa dulu dengan percakapan sehari-hari ketimbang mempelajari kosakata yang sulit terlebih dahulu.

14. Speak English Conversation

Speak English Conversation : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Apa kamu sedang mencari aplikasi untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris? Jika begitu, maka aplikasi Speak English Conversation ini patut dicoba. Melalui aplikasi ini nantinya kamu bisa mendengarkan percakapan bahasa Inggris, menjawab pertanyaan yang berasal dari percakapan dan merekam suaramu untuk melakukan percakapan bersama yang disediakan aplikasi.

15. LingQ

LingQ: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Saat belajar melalui aplikasi ini, kamu bisa memilih tingkatan kemampuan bahasa Inggrismu, apakah berada di level basic, intermediate, atau advance. Nantinya setelah memilih level tersebut, kamu akan diarahkan untuk memilih beberapa tema. Uniknya, LingQ ini adalah aplikasi yang menitik beratkan pada pelajaran listening.

Kamu akan belajar percakapan baru berdasarkan pada rekaman cerita yang disediakan lalu menjawab beberapa pertanyaan yang ada dalam rekaman tersebut. Kelebihan lainnya dari LingQ, yakni tidak terpatok untuk belajar bahasa Inggris saja, melainkan juga bisa belajar 27 bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Arab, dan lain-lain. Kalau ingin belajar bahasa Korea secara gratis, ada banyak aplikasi yang tersedia di playstore dan appstore.

16. Hello English

Hello English: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Hello English juga termasuk aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang populer. Aplikasi ini mendukung pembelajaran offline yang menyediakan sekitar 475 pelajaran dengan 10.000 kosa kata. Melalui Hello English, belajar menjadi lebih menyenangkan karena bahan-bahan pembelajaran berasal dari artikel berita, ebook, video, dan audio.

Menariknya, lewat aplikasi ini juga kamu tidak hanya belajar bahasa Inggris semata, melainkan bisa mempelajari 22 bahasa lain yang disediakan.

17. ELSA Speak

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula: ELSA Speak

ELSA Speak adalah aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pronounciation. Aplikasi ini tersedia secara gratis, juga beberapa fitur dapat diakses melalui akun premium.

Aplikasi ELSA dikembangkan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang akan memberikan feedback. Kamu dapat belajar mengucap pelafalan dalam bahasa Inggris, kemudian AI akan memberikan penilaian mengenai seberapa akurat pelafalanmu.

Teknologi AI dalam aplikasi ini akan menganalisis rekaman suaramu berdasarkan pronunciation, intonasi, dan juga kefasihan pengucapan. ELSA akan memberikan sesi mini-training setiap harinya untuk membantumu lebih ahli dalam berbicara bahasa Inggris.

Baca juga: 11+ Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis Untuk Pemula

18. IELTS Prep

IELTS Prep: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Jika kamu ingin fokus belajar IELTS, maka aplikasi satu ini dapat menjadi pilihanmu. IELTS Prep tersedia secara gratis, tetapi beberapa tes praktik dapat berbayar. Aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini akan membantumu lebih siap dalam menghadapi ujian IELTS dengan tips detail mengenai ujian tersebut.

IELTS Prep dikembangkan langsung oleh the British Council, salah satu penyusun ujian IELTS. Oleh karena itu, isi materi sangat relevan dengan ujian yang sesungguhnya, termasuk section writing, speaking, reading, dan listening.

19. Mondly

Mondly termasuk salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula yang berfokus pada frasa percakapan untuk situasi sehari-hari. Aplikasi ini juga mencakup tes latihan bahasa Inggris secara ekstensif, serta fitur augmented reality (AR).

Mondly adalah aplikasi yang cukup terkenal dengan lebih dari 100 juta pengguna untuk 40+ bahasa. Dalam hal bahasa Inggris, Mondly sangat direkomendasikan, terutama frasa percakapan yang dapat kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran bahasa dikategorikan berdasarkan tema, seperti perjalanan, transportasi umum, tata bahasa, dan hewan peliharaan. Jika kamu tidak memiliki topik tertentu untuk dipelajari, maka kamu juga dapat mengikuti pelajaran harian khusus.

20. Learn 50 Languages

Aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis untuk pemula ini memang tidak mengkhususkan diri pada belajar bahasa Inggris. Sesuai judulnya, Anda bisa mempelajari 50 bahasa berbeda. Dari mulai Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, hingga China. Disediakan sekitar 100 pelajaran yang akan memberikan Anda beragam kosa kata dasar dalam setiap bahasa. Kosa kata yang diberikan memang yang banyak digunakan dalam percakapan umum. Seperti digunakan untuk berbelanja, makan di restoran, menginap di hotel, atau sekadar ngobrol santai.

Untuk membantu proses belajar, Learn 50 Languages menyediakan pilihan audio dan teks. Audio akan melatih Anda dalam mendengar setiap kosa kata. Sehingga Anda bisa segera mengerti apa yang diucapkan lawan bicara. Sementara teks lebih mempelajari penulisan yang kata benar. Kemudian dilengkapi dengan audio tentang cara pengucapan yang benar dari kata tersebut.

KESIMPULAN

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula
20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis untuk Pemula

Nah, itu dia 20 aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula yang kami rangkum untuk Sobat Mocipay dimanapun berada. Sekarang tidak ada lagi halangan untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris kamu. Manfaatkan teknologi yang ada untuk improve kemampuan diri kamu.

Kita tidak bisa menghindari fakta bahwa kemampuan berbahasa Inggris adalah skill yang sangat penting untuk dipelajari di jaman ini.

Dari 20 aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula yang sudah dijelaskan diatas, mana yang jadi favorit kamu?

 

 

 

 

 

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 5 / 5. Jumlah Penilaian: 78495

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button