Tutorial

5 Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Bagaimana Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android? Pada ponsel android opsi untuk menggunakan simbol atau karakter unik memang terbatas, hal ini mengharuskan pengguna untuk membuat simbol menjadi muncul pada keyboard.

Ketika menggunakan perangkat android, kamu pasti ingin mengetik lebih banyak dari hanya teks biasa. Terkadang kamu ingin menambahkan simbol seperti emotion maupun lambang lainnya.

Nah, di artikel kali ini mengenai cara membuat simbol di keyboard android, kami akan bahas berbagai cara mudah untuk menghiasi percakapan kamu dengan simbil-simbol keren di keyboard android.

Sekilas Tentang Simbol di Keyboard Android

Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android
Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Simbol di keyboard adalah karakter khusus atau tanda-tanda yang dapat kamu masukkan saat mengetik teks atau mengirim pesan di perangkat android kamu. Simbol ini sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti pesan teks, email, catatan, atau pesan aplikasi pesan instan.

Simbol umum pada keyboard android biasanya menyediakan sejumlah besar simbol umum yang diakses dengan mudah, seperti tanda baca, simbol matematika, panah, tanda tangan lainnya.

Keuntungan Membuat Simbol Di Keyboard Android

Berikut beberapa keuntungan simbol di keyboard android.

  • Ekspresi yang Lebih Kaya 
    Simbol memungkinkan kamu menyampaikan emosi, nuansa, dan ekspresi yang lebih kaya dalam pesan teks. Kamu dapat menggunakan emoji, simbol wajah senyum, hati, bahkan simbol lucu untuk menunjukkan perasaan kamu.
  • Kemudahan Komunikasi
    Simbol dapat membantu kamu menyampaikan pesan dengan lebih cepat dan efesien. Misalnya, menggunakan simbol seperti tanda centang (✅) atau tanda panah (➡️) dapat menjelaskan atau mengkonfirmasi sesuatu tanpa perlu penjelasan panjang.
  • Estetika dan Kreativitas
    Simbol juga bisa digunakan untuk tujuan estetika dan kreatif, kamu dapat menghiasi pesan dengan khusus, bintang, dan simbol artistik lainnya untuk membuat pesan kamu menarik secara visual.
  • Variasi dalam Pesan
    Simbol memungkinkan kamu untuk memberikan variasi dalam pesan. Kamu dapat menggunakan simbol mata uang untuk menunjukkan nilai atau harga.
  • Kepribadian dan Identitas
    Pilihan simbol yang kamu gunakan juga dapat mencerminkan kepribadian atau identitas kamu. Misalnya, seseorang pecinta musik mungkin sering menggunakan simbol terkait musik, atau seseorang yang aktif dalam media sosial mungkin sering menggunakan emoji yang sesuai dengan minat dan aktivitas mereka.
  • Peningkatan Sosial Media
    Saat kamu membagikan pemikiran, perasaan, atau cerita di media sosial, simbol dan emoji dapat membantu kamu membuat postingan lebih menarik, yang menarik perhatian pengguna, dan meningkatkan interaksi.
Baca Juga :  5 Cara Konsultasi Dokter Via Whatsapp Gratis

1 Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android Tanpa Aplikasi

Cara membuat simbol di keyboard android pertama yang dapat kamu gunakan untuk membuat cara simbol di keyboard android tanpa aplikasi tanpa aplikasi pihak ketiga.

Baja juga nih : 20 Minuman Terfavorit Di Dunia, Ternyata Didominasi oleh Jenis Ini

Sebenarnya sistem android sudah hadir dengan beberapa pengaturan sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk memunculkan simbol tersebut, berikut yang harus kamu perhatikan.

  • Pertama bukalah ponsel android kamu
  • Silahkan membuka menu pengaturan
  • Lalu terdapat beberapa pilihan, klik opsi language ( setel tambahan) dan input
  • Kemudian klik Gboard
  • Pilihlah preferencenya sesuai  kebutuhan kamu
  • Selanjutnya aktifkan opsi long press for symbol
  • Untuk membuat simbol, tekan tombol beberapa saat
  • Maka simbol dapat berbentuk dengan baik
  • proses selesai
Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android
Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

2. Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android dengan Mudah

Untuk Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android atau karakter khusus di keyboard android, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka keyboard android :  Buka aplikasi di mana kamu perlu menggunakan keyboard, seperti pesan teks atau aplikasi lain yang memerlukan input teks
  • Buka Keyboard virtual : Ketika keyboard muncul dilayar kamu, perhatikan bahwa tombol 123 atau simbol serupa di pojok kiri bawah atau kanan bawah keyboard. ketuk tombol ini untuk mengakses mode simbol dan angka.
  • Akses simbol: Setelah kamu berada di mode di mode simbol, kamu akan melihat berbagai simbol dan karakter khusus yang tersedia, dapat menggeser ke kanan atau kekir  ipada baris simbol untuk melihat lebih banyak pilihan.
  • Pilih simbol : Sentuh simbol atau karakter khusus yang ingin kamu masukkan ke teks kamu, ini kana memasukkan simbol ke dalam pesan atau dokumen yang sedang kamu tulis.
  • Kembali ke mode huruf : Setelah kamu selesai memasukkan simbol atau karakter khusus, kamu dapat kembali ke mode huruf dengan menekan tombol ABC atau sesuai ikon yang muncul pada keyboard, ini akan mengembalikan keyboard ke huruf biasa.
Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Teman Korea Di Instagram

3. Menggunakan Kombinasi Tombol

UntukCara Membuat Simbol Di Keyboard AndroidBe berapa simbol khusus dapat dibuat dengan menggunakan kombinasi tombol di keyboard android. Berikut beberapa kombinasi umum yang digunakan:

  • Untuk tanda bintang (*) tekan tombol komma (,) hingga pilihan simbol muncul, lalu pilih tanda bintang
  • Untuk tanda dolar $ tekan tanda tombol komma & hingga pilihan muncul lalu pilihlah tanda dollar.
  • Untuk tanda persegi panjang tekan tanda tombol komma , hingga pilihan muncul, lalu geser jari kamu ke atas untuk memilih persegi panjang.

4. Membuat Simbol Bintang Pada Keyboard Android

Cara membuat simbol bintang di keyboard android juga menjadi salah satu hal penting sebagai pengguna smartphone.

Simbol yang satu ini terkadang memiliki peran penting dalam beberapa kondisi. Untuk membuat simbol bintang sebenarnya tidak sulit berikut lanhkah-langkahnya.

  • Pertama perhatikan tata letak keyboard ponsel kamu
  • kemudian lihat angka 8
  • Biasanya tanda bintang (*) ada di angka 8
  • Jika ingin memunculkannya tekan angka tersebut agak lama
  • Bisa dengan menekan shift dulu baru angka 8
  • Maka simbol bintang berhasil kamu buat

5. Cara Menggunakan Simbol di Android dengan Aplikasi

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi Character Table. Aplikasi ini dapat kamu download secara gratis.

Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android
Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Dalam aplikasi ini terdapat simbol yang sangat lengkap seperti kuadrat, derajat, akar, pangkat, love, hingga karakter simbol matematika dan rumus fisika lainnya.

Selain itu juga terdapat tulisan arab, jepang, korea, romawi, serta emote yang bisa dipakai pada tulisan.

Berikut langkah-langkah yang wajib kamu perhatikan.

  • Yang pertama downloadlah aplikasi Character Table
  • Setelah kamu download carilah karakter huruf yang kamu inginkan
  • Untuk mempermudah pencarian gunakan fitur Search dengan klik tanda tiga di pojok kanan atas
  • Lalu ketikkan nama simbol yang kamu inginkan
  • Blok dan Copy simbol dan paste pada aplikasi lain yang kamu gunakan.
    Baca juga : 8 Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik
Baca Juga :  10 Cara Top Up FF Diskon 90 Pakai Pulsa Telkomsel, XL, DANA, Codashop

Tips Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Tips Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android Penjelasan
Gunakan Mode Simbol Ketika kamu ingin mengetik simbol, aktifkan mode simbol pada keyboard dengan menekan tombol 123 atau ?123 dipojok kiri bawah atau kanan bawah keyboard, tergantung pada tampilan keyboard kamu.
Gunakan Pemisah Simbol Banyak keyboard android memiliki tombol pemisah seperti “,”,/”, dan lainnya. Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android ini memungkinkan kamu untuk mengakses beberapa simbol umum dengan cepat tanpa harus beralih ke mode simbol.
Tahan Tombol Huruf Untuk mendapatkan karakter khusus yang terkait dengan huruf tertentu (seperti aksen atau varian huruf), tahan tombol huruf tersebut untuk melihat opsi yang tersedia. Misalnya, tahan tombol “a”  untuk melihat pesan aksen dan pilih “a”  yang diinginkan.
Gunakan Gestur Beberapa keyboard android mendukung gestur untuk memasukkan karakter khusus. Coba geser jari kamu dari huruf yang relevan ke karakter khusus yang di inginkan.
Unduh Keyboard Pihak Ketiga Jika kamu sering menggunakan simbol atau emoji khusus, pertimbangkan untuk mengunduh keyboard pihak ketiga dari google paly store. Beberapa keyboard pihak ketiga menawarkan lebih banyak pilihan karakter khusus dan emoji.
Konfigurasi Keyboard Periksa pengaturan keyboard kamu, beberapa keyboard di android memungkinkan kamu menyesuaikan papan ketik dan menambahkan tata letak karakter khusus atau simbol favorite kamu.
Gunakan Pintasan Keyboard Beberapa keyboard memiliki pintasan keyboard yang memungkinkan kamu menetapkan kata kunci pendek untuk memicu simbol atau frasa tertentu. Ini bisa berguna untuk menyimpan dan mengakses simbol favorite kamu dengan cepat.
Gunakan Aplikasi Character Table Jika kamu sering menggunakan emoji, pertimbangan untuk mengakses emoji melalui aplikasi emoji yang khusus, seperti emoji keyboard atau Gboard, yang menyediakan beragam emoji dan fitur-fitur khusus.

Akhir Kata

Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android
Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Ada banyak Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android buat mempercantik percakapan kita dengan simbol-simbol keren yanga da di keyboard android, dengan memahami berbagai metode ini kamu dapat lebih mudah mengetikkan simbol dan karakter khusus sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selamat mencoba, dan jangan lupa selalu eksplorasi cara-cara baru untuk memperkaya percakapan kita ya!

Back to top button