RagamTutorial

10 Susunan Acara Ulang Tahun Yang Benar dan Menarik

Tak sedikit orang yang kebingungan untuk membuat susunan acara ulang tahun yang benar. Susunan acara ulang tahun yang baik dapat membuat perayaan menjadi lebih berkesan dan menghibur bagi semua orang yang hadir dalam acara.

Dalam artikel ini, kami akan membantu anda untuk merancang susunan acara ulang tahun yang menggembirakan bagi yang berulang tahun maupun untuk semua para tamu undangan. Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Susunan Acara Ulang Tahun

Susunan acara ulang tahun yang benar dan menarik!
Susunan acara ulang tahun yang benar dan menarik!

Untuk sobat yang bingung dengan susunan acara ulang tahun yang benar, panduan yang kami berikan dibawah ini mungkin akan membantu anda dalam membuat rancangan susunan acara ulang tahun yang benar.

1. Pembuka atau kata sambutan dari pembawa acara/ MC

Pembuka atau kata sambutan dari MC merupakan urutan pertama dari susunan acara ulang tahun. Disini, MC perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu pada semua tamu undangan yang hadir dan menjelaskan susunan acara yang akan dilangsungkan.

2. Doa oleh keluarga yang berulang tahun atau pemuka agama

Setelah acara penyambutan atau pembuka oleh MC, yang selanjutnya adalah memanjatkan doa oleh keluarga yang berulang tahun atau pemuka agama (jika ada). Seperti yang umum kita lakukan bahwa dalam memulai suatu hal apapun sebaiknya dimulai dengan doa, supaya acara dapat berjalan lancar dari memulai hingga akhir nanti.

Baca Juga :  7 Cara Menghapus Tulisan di Foto Tanpa Merusak Background

3. Kata sambutan dari penyelenggara acara

Lanjut ke susunan acara ulang tahun yang selanjutnya yaitu kata sambutan dari yang menyelenggarakan acara, biasanya oleh keluarga yang berulang tahun. Namun tak menutup kemungkinan, disini orang yang berulang tahun juga bisa mengucapkan sepatah dua kata sebagai ucapan terimakasih pada semua tamu undangan yang hadir.

4. Tiup lilin dan potong kue ulang tahun

Susunan acara ulang tahun
herzindagi.info/ Susunan acara ulang tahun

Setelah acara penyambutan tamu oleh penyelenggara pesta ulang tahun, berikutnya masuk ke sesi tiup lilin dan potong kue ulang tahun. Bagian ini merupakan acara inti yang paling dinanti-nantikan. Oleh karena itu, jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

5. Makan bersama

Setelah selesai acara tiup lilin dan potong kue, selanjutnya masuk ke susunan acara ulang tahun yang berikutnya yaitu makan bersama. Disini, pembuat acara atau orang yang berulang tahun dapat membagikan kue ulang tahun bersamaan dengan hidangan yang telah disiapkan sebelumnya.

Pastikan semua tamu undangan yang hadir mendapatkan hidangan dan potongan kue ulang tahun, agar semuanya dapat menikmati suasana yang membahagiakan tersebut.

6. Pemberian hadiah atau kejutan untuk yang berulang tahun

Saat tamu undangan sedang menikmati hidangan, penyelenggara acara atau keluarga dapat menggunakan momen ini untuk memberikan kejutan atau hadiah pada orang yang berulang tahun.

Bagian acara ini tentu akan memberikan kesan yang mendalam bagi yang berulang tahun dan juga untuk semua para tamu undangan yang hadir. Hadiah yang diberikan tidak perlu harus mewah, anda bisa memilih hadiah sederhana sesuai dengan yang disukai oleh orang yang sedang berulang tahun.

7. Hiburan

Susunan acara ulang tahun yang berikutnya adalah hiburan, yang akan memeriahkan acara ulang tahun. Sebelum hari H, anda bisa menyewa tokoh atau jasa penghibur seperti dancer, penyanyi atau yang lainnya.

Baca Juga :  10 Cara Cek HP Xiaomi Bekas Masih Bagus Atau Tidak Sebelum Membeli

Apabila budget anda terbatas, maka anda bisa membuat acara hiburan yang sederhana saja, seperti menyiapkan game yang pesertanya diambil dari para tamu undangan yang hadir.

8. Foto bersama

Setelah puas menikmati acara hiburan, masuklah ke acara yang berikutnya yaitu sesi foto bersama dengan semua keluarga dan para tamu undangan yang hadir. Ini dapat mengabadikan momen acara ulang tahun agar selalu dapat diingat selamanya.

Agar hasil foto lebih bagus, anda bisa coba menyewa jasa fotografer. Atau jika ingin lebih hemat, anda boleh menugaskan seseorang dari keluarga khusus untuk mengambil potret gambar maupun video selama acara ulang tahun berlangsung.

9. Penutupan dan doa

Masuk ke susunan acara ulang tahun bagian terakhir yaitu penutupan dan doa. Disini, baik keluarga maupun orang yang berulang tahun dapat memberikan sedikit ucapan terimakasih pada semua para tamu undangan, karena telah berkenan hadir dalam acara.

Setelah itu, serahkanlah kembali pada MC untuk menutup acara. Jika acara diawali dengan doa, maka sebaiknya ditutup juga dengan doa. Doa dapat dipimpin oleh MC, salah satu dari anggota keluarga atau pemuka agama.

10. Pamit bersalaman dan pembagian souvenir

Setelah acaranya sudah ditutup oleh MC, saatnya tamu berpamitan untuk pulang. Sambil menyalami tamu undangan satu persatu, pemilik acara dapat menggunakan momen ini untuk membagikan souvenir yang telah disiapkan sebelumnya, sebagai tanda atau ucapan terimakasih atas kehadiran mereka.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun?

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun
Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun

Selain membagikan tentang susunan acara ulang tahun, dalam artikel ini kami juga akan memberi tahu anda mengenai apa saja yang perlu dipersiapakan untuk acara ulang tahun.

  • Tema acara yang menarik

Pertama, anda perlu menyiapkan terlebih dahulu tema acara yang menarik, misalnya seperti tema menggunakan topeng, tema pesta pantai, atau yang lainnya sesuai dengan yang anda sukai.

  • Tempat acara ulang tahun akan dilangsungkan

Selanjutnya, tentukan lokasi acara akan diselenggarakan. Apakah di rumah, cafe, ditempat terbuka seperti di pantai, atau yang lainnya. Pastikan lokasi yang ditentukan dapat memuat tamu sesuai dengan jumlah undangan yang disebarkan.

  • Undangan

Langkah berikutnya anda perlu menyiapkan kartu undangan. Biar terlihat lebih menarik, anda bisa membuat desain undangan sesuai dengan tema acara yang dipilih.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dengan Mudah

Pastikan anda mencetak undangan sesuai dengan kisaran jumlah orang yang akan diundang. Bagikan undangan beberapa hari sebelum hari H, supaya para undangan dapat mengatur waktunya.

  • Dekorasi yang menarik

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun
Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun

Buatlah dekorasi yang menarik, bila perlu sesuaikan dengan tema acara yang dipilih agar tampak lebih serasi. Ini akan membuat suasana ulang tahun menjadi terasa lebih seru dan menyenangkan.

  • Kue ulang tahun

Kue ulang tahun merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Disini, anda bisa memilih kue ulang tahun secara random atau menyesuaikan dengan tema acara yang dipilih.

  • Hidangan untuk para tamu undangan

Siapkan juga hidangan untuk para tamu undangan, mulai dari hidangan utama, snack dan juga minuman. Pastikan untuk menyiapkan hidangan sesuai atau sedikit melebihi jumlah undangan. Tujuannya adalah agar semua tamu undangan yang hadir ke acara tidak ada satupun yang tidak kebagian.

  • Hiburan

Sediakan juga hiburan yang akan memeriahkan acara ulang tahun anda. Anda bisa menyewa tokoh atau jasa penghibur seperti dancer, penyanyi atau yang lainnya.

Namun apabila budget anda terbatas, maka anda bisa membuat acara hiburan yang sederhana saja, seperti menyiapkan game yang pesertanya diambil dari para tamu undangan yang hadir.

  • Souvenir

Selanjutnya, siapkan juga souvenir yang akan dibagikan pada semua para tamu undangan sebagai kenang-kenangan sekaligus ucapan terimakasih pada mereka karena telah berkenan hadir dalam acara.

  • Fotografer

Untuk mengabadikan momen ulang tahun yang hanya sekali setahun, anda bisa menyewa jasa fotografer yang bertugas untuk mengambil gambar maupun video selama acara ulang tahun berlangsung.

  • Musik dan peralatan suara

Agar suasana acara ulang tahun semakin meriah, anda perlu menyiapkan peralatan musik dan suara yang memadai. Dengan adanya musik ini, acara hiburan juga akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

  • Hadiah atau kejutan untuk yang berulang tahun

Hal terakhir yang perlu dipersiapkan untuk acara ulang tahun adalah hadiah atau kejutan untuk orang yang berulang tahun. Keluarga seperti orang tua atau sanak saudara dapat memberikan kejutan yang sederhana namun berkesan untuk yang berulang tahun.

Akhir Kata

Susunan Acara Ulang Tahun
Susunan Acara Ulang Tahun

Dalam merencanakan susunan acara ulang tahun diperlukan waktu dan perhatian yang cukup. Dengan demikian anda dapat menciptakan pengalaman yang berkesan, baik untuk yang berulang tahun dan juga bagi semua para tamu undangan yang hadir.

Back to top button