Tutorial

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email Melalui 9 Urutan Langkah Mudah!

Pemahaman terkait cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email dapat menjadi langkah penting, ketika kode verifikasi WhatsApp tidak memungkinkan untuk diterima lewat nomor telepon yang terdaftar di WhatsApp.

Dalam artikel ini kami akan menunjukkan bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email melalui langkah-langkah yang sangat mudah dan praktis. Penasaran? Lihat selengkapnya berikut ini!

Sekilas mengenai Kode Verifikasi WhatsApp

Kode Verifikasi WhatsApp
Kode Verifikasi WhatsApp

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email, kami akan menjelaskan sekilas terlebih dahulu tentang kode verifikasi WhatsApp.

Apa itu kode verifikasi WhatsApp? Kode verifikasi WhatsApp adalah serangkaian angka unik yang dikirimkan oleh layanan WhatsApp ke nomor telepon yang terdaftar. Kode verifikasi WhatsApp terdiri dari 6 digit yang umumnya dikirim melalui SMS ke nomor pengguna yang tedaftar ke akun WhatsApp.

Kode verifikasi WhatsApp ini diperlukan guna untuk dapat masuk atau mengakses akun WhatsApp. Adapun tujuan kode verifikasi WA adalah untuk memastikan bahwa anda memiliki akses ke nomor telepon yang terkait dengan akun WhatsApp tersebut ( pemilik akun asli). Ini merupakan langkah keamanan penting yang membantu mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp anda tanpa izin.

Apakah Kode Verifikasi WhatsApp Bisa Didapatkan lewat Email?

Kode verifikasi WhatsApp umumnya dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar dengan akun WhatsApp pengguna melalui SMS. Namun terkadang masalah terkait dengan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar WA bisa saja terjadi. Salah satu masalah yang kerap terjadi misalnya seperti kehilangan kartu atau masa aktif kartu telah habis, sehingga tidak bisa menerima kode verifikasi.

Baca Juga :  5 Cara Keluar Dari Grup WA Tanpa Ketahuan Anggota Lain

Ketika hal demikian terjadi, tentu kamu akan mencari alternatif lain untuk menerima kode verifikasi agar bisa login kembali ke akun WhatsApp kamu. Salah satu solusinya yaitu meminta kode verifikasi dengan menggunakan email.

Namun, apakah kode verifikasi WhatsApp bisa didapatkan lewat email? Ya tentu bisa! akan tetapi dengan syarat yakni, pastikan sebelumnya akun WhatsApp anda telah ditautkan ke email. Tanpa menautkan WA dengan email terlebih dahulu, anda tidak akan bisa menerima kode verifikasi WhatsApp lewat email.

Cara Menautkan Akun WhatsApp dengan Email

Cara Menautkan Akun WhatsApp dengan Email
Cara Menautkan Akun WhatsApp dengan Email

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, syarat agar bisa meminta kode verifikasi WhatsApp lewat email yaitu dengan menautkan akun WhatsApp terlebih dahulu ke email pengguna.

Lantas bagaimanakah cara menautkan akun WhatsApp dengan email? Berikut kami tunjukkan beberapa langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka WhatsApp anda
  2. Ketuk ikon ‘tiga titik’ pada halaman utama aplikasi, tepat di pojok kanan atas
  3. Klik ‘Setelan’ dan pilih opsi ‘Akun’
  4. Selanjutnya klik ‘Alamat Email’
  5. Lalu masukkan alamat email pada kolom yang tersedia. Kemudian klik ‘Lanjut’
  6. Tunggu dalam beberapa saat, kode verifikasi 6 digit akan dikirimkan ke alamat email yang anda masukkan tadi
  7. Silahkan buka email anda untuk melihat kode verifikasinya
  8. Masukkan kode verifikasi dengan benar
  9. Klik tombol ‘Verifikasi’
  10. Selesai. Akun WhatsApp anda berhasil ditautkan ke email.

Manfaat Menghubungkan WhatsApp ke Email

Satu lagi pembahasan yang akan kami jelaskan pada anda sebelum menunjukkan cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email, yaitu tentang manfaat yang mungkin akan anda dapatkan dari menghubungkan akun WhatsApp ke email.

Baca Juga :  Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus? Ketahui 4 Penyebab Dan Solusi Terbaiknya!

1. Akun WhatsApp lebih aman

Menautkan WhatsApp ke email, memberikan perlindungan akun yang lebih kuat, sehingga akun WA anda jauh akan lebih aman dibandingkan dengan hanya menggunakan nomor telepon saja.

Dengan demikian, anda dapat lebih tenang karena privasi anda dapat tetap terjaga dengan baik, karena yang bisa mendapatkan akses ke WhatsApp anda hanyalah anda sendiri pemilik akun dan email.

2. Menjadi solusi apabila nomor terdaftar ke WhatsApp hilang

Menghubungkan akun WhatsApp dengan email juga dapat menjadi solusi jika sewaktu-waktu nomor telepon anda yang terdaftar ke akun WhatsApp anda hilang. Hal ini memungkinkan anda untuk tetap bisa terhubung kembali ke WhatsApp tanpa harus ganti nomor (buat akun WA baru) atau memulihkan nomor kartu anda yang hilang.

3. Mudah dan praktis bangat dilakukan

Manfaat yang terakhir dari menghubungkan WhatsApp ke email yaitu karena mudah dan sangat praktis sekali dilakukan. Seperti yang anda lihat sendiri sebelumnya pada langkah-langkah dari cara menautkan akun WhatsApp dengan email, sangat mudah bukan?

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email
Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email

Nah, usai memahami berbagai informasi diatas, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan utama dalam artikel ini, yaitu cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email.

Berikut cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email melalui beberapa langkah-langkah, diantaranya yaitu:

  1. Pastikan sebelumnya akun WhatsApp anda telah ditautkan ke email.
  2. Buka aplikasi WhatsApp anda.
  3. Pilih opsi ‘Login dengan email’ yang berada di bagian bawah (opsi ini tidak akan muncul apabila akun WhatsApp anda belum tertaut ke email).
  4. Selanjutnya, pilih atau masukkan alamat email anda yang sebelumnya telah di tautkan ke WhatsApp.
  5. Periksa email anda untuk melihat kode verifikasi.
  6. Jika anda tidak menemukannya di kotak masuk, cobalah bagian SPAM.
  7. Masukkan kode verifikasi dengan benar.
  8. Selesai. akun WhatsApp anda berhasil di login kan lewat email.

Itulah langkah mudah cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email yang bisa kamu jadi sebagai solusi untuk mendapatkan akses kembali ke akun WhatsApp kamu yang mana nomor terdaftar didalamnya sudah rusak atau hilang.

Baca Juga :  Bagaimana Cara menjadi Member Premium Aplikasi Mocipay?

Kode Verifikasi WhatsApp lewat Email Tidak Muncul: Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Setelah menampilkan cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email, selanjutnya kami akan menjelaskan juga mengenai kode verifikasi WhatsApp lewat email yang tidak muncul. Sebab tak sedikit pengguna yang mengalami hal demikian.

Jika kamu adalah salah satu diantaranya, maka perhatikanlah berikut beberapa penyebab kode verifikasi WhatsApp lewat email yang tidak muncul beserta solusinya.

1. Kode verifikasi masuk ke folder SPAM atau sampah

Kode Verifikasi WhatsApp lewat Email Tidak MunculPenyebab yang pertama adalah karena mungkin kode verifikasi tidak masuk ke folder kotak masuk email, namun ke folder SPAM atau sampah. Hal seperti ini tak jarang terjadi. Oleh karena itu, cobalah periksa folder SPAM atau sampah untuk melihat apakah kode verifikasi whatsApp ada disana.

2. Masalah koneksi internet

Koneksi internet yang buruk atau kurang stabil dapat menghambat pengiriman email. Pastikan kuota internet anda tersedia dan koneksi internet & sinyal yang stabil. Bila memungkinkan, anda bisa coba ganti jaringan ke WiFi untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

3. Salah buka akun email

Kadang-kadang banyak orang yang mengira bahwa kode verifikasi WhastApp tidak masuk ke email nya, padahal mereka sendiri tidak menyadari kalau mereka login ke akun email yang berbeda dengan yang ditautkan ke akun WhatsApp.

Nah, pastikan kamu membuka akun email kamu sesuai dengan yang tertaut ke WhatsApp kamu, agar kode verifikasinya dapat kamu temukan disana.

4. Kode verifikasi delay

Kadang-kadang kesalahan teknis pada email bisa saja terjadi, yang menyebabkan pesan kode verifikasi mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk tiba di kotak masuk email anda.

Cara mengatasi kendala seperti ini bisa dilakukan dengan coba kirim ulang kode verifikasi di WhatsApp. Biasanya akan muncul opsi untuk mengirim ulang kode verifikasi melalui email. Gunakan lah opsi ini dan cek kembali kotak masuk email anda.

5. Email pengguna bermasalah

Penyebab terakhir kenapa kode verifikasi WhatsApp lewat email tidak muncul kemungkinan adalah karena email pengguna yang bermasalah. Oleh karena itu, pastikan email anda yang tertaut ke akun WhatsApp tidak memiliki masalah yang menghalangi penerimaan email.

Akhir Kata

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email
Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email

Dengan mengikuti langkah-langkah dari cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email, sekarang anda menemukan solusi untuk tetap dapat terhubung ke akun WhatsApp anda, bahkan ketika nomor telepon yang terdaftar di akun WhatsApp anda telah hilang!

Back to top button