Tips

5 Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam sudah bisa dilakukan dengan mudah karena gmail telah melunculkan fitur urungkan pengiriman yang bisa diakses kapan saja. Untuk membatalkan email yang telah dikirim ini bisa dilakukan melalui dua opsi, yaitu melalui gmail secara langsung dan lewat Outlook.

Agar cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam ini berhasil dilakukan, kamu harus mengaktifkan pengaturannya terkebih dahulu. Silahkan baca ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini!

Sekilas Tentang Email

Sekilas Tentang Email
Sekilas Tentang Email

Email atau surat elektronik merupakan bentuk komunikasi elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan melalui internet.

Dalam email, pengguna dapat menuliskan pesan teks, menyertakan lampiran, dan mengirimkan ke satu atau lebih penerima dengan cepat. Pengguna dapat mengakses email mereka melalui platform web atau aplikasi khusus pada pernagkat seluler dan komputer.

Komponen Pada Email  Keterangan 
Penerima dan Pengirim Setiap email memiliki penerima-pengirim. Ini menunjukkan siapa yang akan menerima pesan dan siapa yang akan mengirimkan.
Subjek Judul singkat yang merangkum isi pesan dan akan membantu penerima untuk mengetahui maksud dari email dikirim.
Isi Pesan bagian utama daari email yang berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan pengirim kepada penerima.
Lampiran Pengirim dampat melampirkan berkas atau dokumen tambahan pada email dalam bentuk file PDF atau dokumen lainnya.
Tanggal dan Waktu Email mencatat tanggal dan waktu pengiriman, memberikan informasi tentang kapan pesan tersebut dikirim.
Tanda Tangan Beberapa email dilengkapi dengan tanda tangan yang mencakup informasi, seperti nama, jabaatan, dan perusahaan.

Apakah Email Yang Sudah Terkirim Bisa Dibatalkan?

Belakangan ini banyak pengguna email yang bertanya-tanya “apakah email yang sudah terkirim bisa dibatalkan?”. Jadi email yang sudah sempat dikirim bisa dibatalkan kembali dengan pilihan waktu yang telah ditentukan.

Karena saat ini gmail telah menghadirkan fitur urungkan pengiriman yang berfungsi untuk membatalkan pesan yang telah dikirim melalui email dengan beberapa pilihan waktu mulai dari 5 – 30 detik.

Artinya, cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam tidak bisa dilakukan. Namun sebelum melakukan cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam, pastikan penerima belum membaca pesan yang telah kamu kirim sebelumny.

Baca Juga :  10+ Aplikasi Membuat CV Gratis Dan Menarik Di HP Android

hal tersebut untuk memberi tahu penerima bahwa kamu terdapat kesalahan dalam pengiriman pesan atau terdapat peruubahan signifikan yang telah mempengaruhi isi pesan secara keseluruhan.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam
Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam

Kemungkinan kamu pernah mengalami salah mengirim surat atau laporan dan email tersebut sudah terlanjur terkirim lebih dari 1 jam. Tentu hal ini akan membuat kamu panik, terutama jika pesan yang kamu kirim melalui email tersebut berisi berkas penting.

Namun kali ini kamu tidak perlu khawatir, karena sudah ada fitur batalkan email terkirim yang di desain khusus untuk membatalkan pesan yang telah dikirim meski sudah lebih dari 1 jam. Akan tetapi agar berhasil melakukannya, kamu harus mengaktifkan pengaturannya terlebih dahulu.

Adapun cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis, yakni diantaranya sebagai berikut.

1. Masuk Ke Menu Setelan

Langkah pertama cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam yaitu buka gmail kamu dan masuk ke menu Setelan atau Pengaturan pada aplikasi Gmail. Setelah itu, klik tombol lihat semua setelan dan pilih opsi sub menu umum yang terdapat pada bagian paling kiri

2. Pilih Opsi Urungkan Pengiriman

Akan muncul beberapa sub menu, pilih opsi menu urungkan pengiriman. Kemudian kamu akan disuruh memilih opsi membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam dengan beberapa pilihan waktu mulai dari 5 – 30 detik.

Penting untuk diketahui, khusus untuk layanan gmail ini hanya tersedia pilihan waktu mulai dari 5, 10, 20, hingga 30 detik saja. Artinya cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam tidak akan bisa dilakukan.

3. Klik Batalkan Email Terkirim

Apabila sudah mengaktifkan periode pengiriman batal kirim, kamu sudah bisa mengirim email dengan opsi pembatalan selama periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Akan tetapi, cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam ini bisa dilakukan apabila kamu sebelumnya mengirim pesan dan tidak bisa dilakukan setelah mengirim pesan. Jadi pesan yang sudah terkirim tidak akan bisa dihapus jika menggunakan layanan pengiriman email melalui Google Mail.

Langkah terkahir sebagai cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam yaitu dengan mengklik batalkan email terkirim.

Baca Juga :  Apakah Kuota Snapchat Bisa Untuk Whatsapp? Begini Penjelasannya!

Solusi Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam Melalui Outlook

Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam Melalui Outlook
Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam Melalui Outlook

Outlook merupakan sebuah program personal information manager dari microsoft dan bagian dari suite microsoft Office. Surel Outlook ini menyediakan fitur yang berfungsi sebagai cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam.

Namun fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna server microsoft exchange yang sama atau satu perusahaan dan bisa juga menggunakan microsoft 356.

Bukan hanya itu saja, fitur membatalkan email ini juga hanya dapat ditemukan dalam platform web dan tidak tersedia di aplikasi gmail. Berikut adalah panduannya :

  • Login ke email Outlook.
  • Akses menu Pengaturan outlook di sebelah kanan atas layar.
  • Klik semua pengaturan Outlook.
  • Lanjutkan dengan mengklik email atau Mail.
  • Klik menu tulis dan balas.
  • Scroll kebawah pilih opsi batalkan pengiriman.
  • Pilih beberapa durasi waktu yang diinginkan untuk membatalkan pengiriman email, mulai dari 0 detik hingga 10 detik.
  • Terakhir, klik menu Simpan.

Setelah mengubah pengaturan tersebut akan muncul tombol pembatalan pengiriman email yang sudah dikirim sebelumnya. Kamu bisa mengedit atau menghapus email tersebut secara langsung.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam di iPhone

Pengaturan pembatalan email memiliki cara yang berbeda apabila perangkat yang digunakan tidak sama. Nah, bagi kamu pengguna iPhone yang sedang mencari cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam, perhatikan langkah dibawah ini.

1. Buka Aplikasi Gmail

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam di iPhone pertama yaitu dengan membuka aplikasi Gmail di Iphone terlebih dahulu. Pastikan akun yang digunakan untuk mengirim pesan sudah terpasang diakun tersebut untuk memudahkan akses ke langkah selanjutnya.

2. Pilih Menu Sent

Buka menu sent atau terkirim dibagian bawah layar pada aplikasi gmail untuk membuka daftar email yang telah dikirimkan. Akan tetapi pastikan kamu sudah mengirim pesan email kepada seseorang.

3. Pilih Pesan

Selanjutnya pilih email yang ingin dibatalkan dengan sesuai dengan daftar riwayat pesan terkirim yang telah ditampilkan. Pastikan email yang dipilih belum terkirim lebih dari 1 jam agar proses pembatalan berhasil dilakukan.

4. Pilih Menu dan Klik Undo Send

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam selanjutnya yaitu dengan mengklik menu di sudut kanan atas layar dan lanjutkan dengan mengklik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar.

Setelah itu pilih opsi menu Undo Send (Batal Kirim) dan gulir kebawah untuk mencari opsi menu Undo Send (Batal Kirim).

5. Konfirmasi Pembatalan dan Verifikasi

Gmail akan menampilkan pilihan pop up konfirmasi dengan menampilkan pilihan waktu untuk memutuskan apakah ingin membatalkan email atau tidak. Jika sudah akin, klik Undo atau Batal.

Baca Juga :  4 Cara mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Stelah itu akan muncul pemberitahuan verifikasi pe,batalan email yang menyatakan bahwa email yang telah dikirim telah dikembalikan ke draft kamu.

Apakah Email Sudah Terkirim Bisa Ditunda?

Cara Menunda Email Yang Dikirim
Cara Menunda Email Yang Dikirim

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ungkin ingin mengunda pesan yang dikirim melalui email, salah satunya adalah ingin merevisi kembali pesan yang telah dikirim karena adanya pesan yang belum tersampaikan.

Menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan yang memiliki jangkauan jaringan yang luas, kini Gmail telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan salah satunya adalah fitur Tunda pesan.

Dimana fitur ini hadir untuk kamu yang ingin menunda pesan yang telah dikirim dengan beberapa pilihan waktu tunda, seperti hari ini, besok, akhir pekan, akhir pekan ini, minggu deoan, atau pilih tanggal dan waktu menundaan pesan.

Berikut adalah cara menunda email yang dikirim.

  • Buka aplikasi Gmail di pernagkat ponsel.
  • Masuk ke pesan terkirim.
  • Cari email yang telah dikirim dan ingin ditunda.
  • Buka email, dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi menu Tunda.
  • Tentukan waktu tunda sesuai yang diinginkan.

Sementara itu, kamu juga bisa menunda beberapa pesan yang telah dikirim dengan mudah. Caranya hampir sama dari sebelumnya, berikut adalah panduannya :

  • Masuk ke pesan terkirim di gmail.
  • Tandai pesan yang ingin ditunda di email.
  • Tekan dan tahan pesan hingga muncul ikon centang.
  • Pilih beberapa pesan yang ingin ditunda.
  • Klik ikon titik tiga dipojok kanan atas dan pilih opsi Tunda.
  • Tentukan waktu tunda.

Bagaimana Cara Mengedit Email Yang Sudah Terkirim?

Gmail juga menyediakan fitur Undsent atau Tarik kembali, yang memungkinkan kamu untuk mengedit kembali pesan yang telah kamu kirim melalui gmail. Fitur ini bisa kamu manfaatkan apabila terdapat pesan yang salah atau pesan yang belum lengkap dan ingin diedit kembali.

Cara mengedit email yang sudah terkirim bisa kamu lakukan melalui platfom gmail secara langsung atau melalui situs resmi.

Adapun langkah-langkah cara mengedit email yang sudah sempat terkirim yang bisa kamu coba yakni diantarnaya sebagai berikut.

  • Setelah membuka aplikasi Gmail, silahkan masuk ke pesan terkirim.
  • Cati tombol Unsend atau Tarik Kembali untuk membatalkan pengiriman email dan membuka email tersebut untuk diedit.
  • Jika fitur unsend atau tarik kembali tidak tersedia, silahkan klik opsi Forward atau Re-send.
  • Gmail akan mengirim salinan email kepada kamu dan bisa kamu edit kembali sebelum mengirimnya kepada penerima yang akan dituju.
  • Lengkapi pesan yang ingin dikirim ke email. Pastikan kamu memberi tahu penerima bahwa kamu telah mengedit email yang sudah terkirim,
  • Setelah itu, periksa kembali isi dengan teliti kemudian koreksi kesalahan pengejaan yang ingin diperbaiki.
  • Apabila pesan sudah sesuai, lanjutkan dengan mengklik kirim.

Atikel Menarik Lainnya : 4 Cara Mengetahui Aplikasi Dan Layanan Yang Terhubung Ke Akun Gmail

Akhir Kata

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam
Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam

Jadi cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam tidak dapat dilakukan, pasalnya khusus untuk layanan gmail ini hanya tersedia pilihan waktu mulai dari 5, 10, 20, hingga 30 detik saja. Artinya cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam hanya bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Back to top button