Tutorial

9 Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus

Sangat penting bagi Anda mencari tahu bagaimana cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu apabila tidak ingin lagi menampilkan video favorit. Terlebih saat ini masih ada banyak orang yang belum mengetahuinya.

Bagaimana Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus?

Bagaimana Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus?
Bagaimana Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus?

TikTok saat ini menjadi platform sosial media yang paling populer digunakan. Salah satu yang menjadi daya tarik penggunaan aplikasi ini adalah fitur favorit untuk menyimpan video. Berikut beberapa cara apabila Anda ingin menghapusnya:

1. Masuk ke Menu Profil

Untuk menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus, maka ada beberapa langkah yang penting untuk Anda perhatikan. Jika menerapkan nya, maka video yang tersimpan nantinya akan terhapus secara otomatis. Di bawah ini caranya:

  • Masuk ke aplikasi TikTok
  • Buka menu Profil
  • Jika sudah, akan ada banyak menu tersedia

2. Pilih Menu Favorit

Apabila Anda sudah masuk ke menu Profil, maka cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus selanjutnya adalah membuka menu Favorit. Pastikan bisa membedakan menu ini dengan menu lainnya di TikTok karena setiap menu memiliki fungsi berbeda. Berikut selengkapnya:

  • Pastikan pilih menu Favorit
  • Menu tersebut berupa icon Bookmark
  • Tunggu sampai terlihat semua video yang disimpan dalam daftar Favorit
  • Pilih video yang ingin Anda hapus
  • Pada video yang sudah terbuka, akan terlihat bookmark berwarna kuning
  • Tepatnya ada di bagian layar bawah

3. Pilih Icon Bookmark

Pahami bahwa cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus sebenarnya tidak dapat dilakukan. Anda hanya bisa menghapusnya satu per satu pada setiap video yang sudah disimpan sebelumnya. Cek saja caranya di bawah ini:

  • Pada video yang sudah dipilih tekan icon Bookmark dengan warna kuning
  • Tunggu sampai icon Bookmark menjadi warna putih
  • Video sudah otomatis terhapus pada menu Favorit

4. Video Berhasil Terhapus

Setelah berhasil menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus di atas, maka video tidak akan tersimpan kembali di menu Favorit. Hal ini karena video tersebut sudah terhapus dari menu penyimpanan satu ini.

Baca Juga :  7 Cara Nonton Drakor Di Telegram Tanpa Download

Akan tetapi, Anda memang harus melakukannya pada setiap video yang sudah tersimpan agar bisa menghapus semuanya. Hal ini karena TikTok memang masih belum menyediakan fitur khusus untuk menghapus video pada menu Favorit secara sekaligus.

Beberapa Alasan Menghapus Video Favorit di TikTok

Beberapa Alasan Menghapus Video Favorit di TikTok
Beberapa Alasan Menghapus Video Favorit di TikTok

Setelah berhasil menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus seperti di atas, tentu Anda tidak akan menjumpai video nya pada menu atau fitur Favorit yang sudah tersedia. Umumnya ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk menghapusnya seperti berikut:

Nama Fitur TikTok Alasan Tidak Lagi Menggunakan Fitur nya
Favorit Terlalu banyak video yang disimpan
Ingin mengelola video yang disimpan agar hanya tersisa yang penting-penting saja
Tidak ingin membebani memori penyimpanan
Fitur Favorit di TikTok lemot saat digunakan
Ingin mengosongkan menu Favorit

Sebenarnya, tidak mengapa apabila ingin menghapus video yang sudah tersimpan di menu Favorit TikTok. Terlebih jika video tersebut dirasa tidak terlalu penting jika sudah memikirkan nya lagi. Tentu bisa langsung menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus.

Anda dapat mengosongkan menu Favorit tersebut agar tidak ada lagi video yang disimpan. Meski sudah dikosongkan, pengguna tetap saja bisa menyimpan video lainnya. Tentu penerapan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus tidak akan mengganggu fungsi dari fitur tersebut.

Baca juga: 9 Cara Bayar TikTok Shop Pakai ShopeePay Terbaru 2023

Cara Mengelola Video Favorit di Aplikasi TikTok

Cara Mengelola Video Favorit di Aplikasi TikTok
Cara Mengelola Video Favorit di Aplikasi TikTok

Sebenarnya, salah satu cara agar dapat menikmati video TikTok dengan nyaman adalah mengelolanya ke dalam Favorit. Tentu akan lebih cepat menemukan video yang paling disukai apabila ingin memutarnya kembali. Oleh sebab itu, simak cara mengelolanya di bawah ini:

1. Pilih Video yang Ingin Ditambah ke Favorit

Jika sudah terlanjur menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus seperti di atas kemudian ingin menyimpan video yang baru, maka Anda tinggal mencari video yang disukai Umumnya, video tersebut dapat ditemukan pada halaman beranda.

Pastikan hanya menyimpan video yang penting dan bermanfaat ke Favorit. Hal ini agar tidak ada video kurang bermanfaat yang disimpan di dalamnya karena bisa saja mengganggu. Tentu lebih mudah apabila ingin mencari kembali video tersebut.

2. Pilih Menu Favorit

Jika sudah menentukan video yang ingin disimpan, maka Anda bisa memilih menu Favorit. Namun, jika sudah tidak menginginkannya terapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus. Supaya lebih jelas, simak langkahnya di bawah ini:

  • Buka video yang ingin Anda simpan
  • Pada pojok kiri bawah, klik icon Bookmark berwarna putih
  • Tekan icon tersebut sampai berubah menjadi warna kuning
  • Akan ada notifikasi video berhasil ditambahkan ke Favorit
  • Terdapat pula menu lainnya yang muncul yakni Kelola
Baca Juga :  3 Cara Refund Saldo DANA Yang Salah Kirim 2024

3. Pilih Menu Kelola

Saat Anda ingin menambahkan video ke koleksi tertentu berdasarkan tema nya, maka pastikan memilih menu Kelola. Dengan begitu, akan lebih mudah mengelola video yang disimpan pada menu Favorit agar semakin rapi dan tertata sesuai kategorinya. Berikut cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus:

  • Tekan menu Kelola yang muncul setelah menambahkan video ke Favorit
  • Langsung beri nama koleksi sesuai keinginan
  • Contohnya adalah masakan, tutorial, dan sebagainya
  • Setelah itu klik menu Simpan
  • Video berhasil tersimpan

Cara Mencari Lokasi Video Favorit TikTok yang Dikelola

Cara Mencari Lokasi Video Favorit TikTok yang Dikelola
Cara Mencari Lokasi Video Favorit TikTok yang Dikelola

Saat Anda sudah menerapkan cara mengelola video di atas, mungkin masih belum memahami bagaimana cara menemukan lokasi video Favorit tersebut. Tentu saja hal ini sangat wajar mengingat fitur tersebut baru saja digunakan. Di bawah ini caranya:

1. Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi TikTok. Sebelum itu, pastikan untuk sudah tersambung ke jaringan internet terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena fitur tersebut tidak dapat diakses jika tidak terhubung ke internet.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menyambungkannya terlebih dahulu. Baik itu menggunakan paket data maupun WIFI semuanya bisa digunakan. Jika sudah, barulah bisa mengakses aplikasi TikTok untuk mencari lokasi video favorit.

 2. Klik Menu Profil

Selanjutnya, apabila aplikasi TikTok sudah berhasil terbuka maka Anda bisa masuk ke menu Profil. Dengan begitu, akan ada banyak pilihan menu lain yang bisa dipilih. Agar tidak kebingungan, segera cek langkahnya di bawah ini:

  • Tekan menu Profil
  • Letaknya ada di pokok kanan bagian bawah
  • Tunggu sampai terlihat banyak icon di halaman ini

3. Tekan Icon Bookmark

Kemudian Anda bisa memilih icon Bookmark agar bisa menampilkan seluruh video Favorit yang sudah disimpan di TikTok. Tentu akan semakin mudah untuk mencarinya. Jika masih belum paham, langsung cek caranya berikut:

  • Pilih icon Bookmark
  • Letaknya di sebelah kanan icon Gembok
  • Halaman baru akan terlihat

4. Temukan Video Favorit Berdasarkan Kategorinya

Setelah Anda berhasil menekan icon Bookmark seperti di atas, maka akan terlihat halaman baru yang menampilkan video pada menu Favorit. Seluruh video yang sudah ditambahkan ke menu Favorit akan terlihat pada halaman ini. Tentu saja dapat mencarinya dengan sangat mudah.

Anda hanya perlu menerapkan langkah-langkah di atas sampai berhasil. Terlebih panduan di atas tentu tidak perlu Anda lakukan dengan cara yang ribet. Pengguna juga bisa menerapkan cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus jika tidak ingin menyimpannya lagi.

Baca Juga :  7 Cara Mengubah Warna Baju Menjadi Hitam Online

Fungsi Fitur Favorit di TikTok secara Umum

Fungsi Fitur Favorit di TikTok secara Umum
Fungsi Fitur Favorit di TikTok secara Umum

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya fitur favorit yang ada di TikTok tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan video saja. Akan tetapi, pengguna juga bisa menyimpan berbagai pilihan lain seperti efek, tagar, dan lain sebagainya. Berikut fungsi selengkapnya:

1. Menyimpan Video yang Disukai

Anda bisa memakai fitur Favorit pada aplikasi TikTok untuk menyimpan video yang disukai. Tentu saja fungsi ini sangat penting agar dapat menemukan video dengan mudah. Terlebih apabila ingin menonton nya kembali di lain waktu.

Jika tidak ingin menyimpannya lagi, maka tinggal menerapkan beberapa cara menghapus video favorit di TikTok sekaligus seperti di atas. Dengan begitu, video yang disimpan tidak akan terlihat lagi di menu Favorit.

 2. Menyimpan Tagar atau Hashtag

Selain tersedia fitur untuk menyimpan video favorit, Anda juga bisa memakai fitur tagar. Fitur tersebut dapat dipakai apabila ingin menyimpan hashtag favorit. Tentu saja bisa menggunakannya kapan saja sesuai kebutuhan.

Dengan begitu, pastinya akan lebih mudah untuk melihat tagar-tagar yang sudah disimpan nantinya. Baik itu tentang tagar viral, tagar yang bermanfaat, dan lain sebagainya. Penggunaannya pun dapat dipakai secara gratis.

3. Menyimpan Efek atau Filter

Fitur Favorit yang ada di TikTok juga tersedia untuk menyimpan efek atau filter. Tentu saja fitur ini berguna untuk memberikan efek pada video yang ingin di unggah nantinya. Tidak heran jika sebuah video dapat terlihat jauh lebih menarik dibandingkan dengan aslinya.

Anda bisa menyimpan filter tersebut agar sewaktu-waktu bisa menggunakannya dengan mudah. Terlebih TikTok menyediakan banyak pilihan efek. Tentu akan kesulitan jika tidak menyimpannya karena harus mencarinya satu per satu.

4. Menyimpan Musik

Selain beberapa fungsi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Favorit untuk menyimpan musik. Terlebih kebanyakan video di TikTok tentu memiliki musik latar belakang masing-masing. Tentu pengguna lainnya bisa menyimpannya kapan saja.

Setelah tersimpan, Anda bisa mencari musik tersebut dengan sangat mudah. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menggunakan musik yang sudah tersimpan sebagai sound saat mengunggah video di TikTok nantinya.

5. Menyimpan Produk

Tidak banyak pengguna TikTok mengetahui bahwa fitur Favorit juga dapat Anda pakai untuk menyimpan produk yang ada di aplikasi ini. Terlebih, TikTok memang sudah menyediakan fitur TikTok Shop.

Setiap akun yang sudah terdaftar maka mereka dapat menautkan keranjang kuning dalam sebuah video yang di unggah. Ketika keranjang tersebut di klik, maka akan ada icon Bookmark pada pojok kiri bawah produk. Pengguna bisa menyimpan produk tersebut agar mudah ditemukan.

6. Menyimpan Tempat

TikTok juga menghadirkan fitur Favorit untuk menyimpan tempat. Tentu saja fitur ini berfungsi untuk mengkategorikan sebuah video sesuai dengan lokasinya masing-masing. Pengguna bisa menambahkan lokasi mereka ke menu Favorit.

Dengan begitu, saat membuka halaman Favorit di menu Profil TikTok tentu akan terlihat kategori tempat yang disimpan sesuai kesukaan masing-masing. Pada halaman ini juga terlihat banyak video yang disimpan sesuai tempat tersebut.

Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus
Cara Menghapus Video Favorit di TikTok Sekaligus

Sekarang Anda sudah memahami bagaimana cara menghapus video Favorit di TikTok sekaligus. Fitur Favorit pada aplikasi ini memang dapat digunakan untuk menyimpan video milik pengguna lain. Jika tidak ingin menyimpannya maka tinggal menghapusnya seperti cara di atas.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button