Tutorial

Hemat Biaya, Ini 3 Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Tahan Lama

Yuk, yang mau menghemat biaya ini cara membuat pewangi ruangan dari downy dan garam dengan cara dan proses yang mudah.

Untuk membuat ruangan yang segar dan wangi kamu tidak perlu membeli dengan harga yang mahal, saat ini ada cara membuat pewangi ruangan dari downy dan garam dengan biaya yang murah.

Simak dan baca selengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy

Salah satu cara untuk membuat pewangi ruangan di rumah sendiri bisa menggunakan downy . Selain menghemat biaya kamu bisa meracik sesuai aroma yang ingin kamu buat.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk bisa kamu jadikan bisnis dengan membuat pewangi ruangan untuk di jual kembali. Tidak hanya menghemat biaya, tapi kamu bisa menambah penghasilan dari pewangi ruangan buatan sendiri ini.

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam Di Semprot

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum masuk pada cara membuat pewangi ruangan dari downy dan garam, sebaiknya ketahui dan persiapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pewangi tersebut.

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam
Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam
  • Downy = Untuk aroma dari downy bisa kamu pilih sesuai yang disukai
  • Garam=Bisa menggunakan garam yang ada di rumah secukupnya, gunanya untuk membuat pewangi tahan lama
  • Botol Semprot =Gunakan botol semprot untuk wadah pewangi yang sudah di buat
  • Air = Gunakan air bersih untuk campuran downy dan garam
Baca Juga :  9 Cara Melihat Chat WA Yang Sudah Dihapus Di HP Pasangan Tanpa Aplikasi

Langkah-Langkah Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam

  • Siapkan Wadah/Botol semprot

Sebelum meracik sediakan wadah untuk mencampur semua bahan bisa langsung dengan botol semprot. Kemudian masukkan Downy secukupnya sesuai yang di inginkan bisa setengah atau 3/4 botol, selanjutnya masukkan air hingga botol tersebut penuh. Kemudian aduk hingga air dan downy tercampur merata.

  • Masukkan Garam

Nah, garam disini gunanya agar wangi downy bertahan lebih lama, masukkan garam 1 sendok hingga 2 sendok atau lebih sesuai besar wadah/botol yang kamu gunakan.

  • Campur Bahan Dengan Merata

Kemudian campur semua bahan yang sudah di masukkan ke dalam botol hingga merata. Pastikan semua bahan tercampur merata dan garam sudah hancur tercampur dengan bahan lainnya.

  • Siap Di Gunakan

Jika sudah tercampur merata, pewangi tersebut sudah siap untuk di gunakan. Semprotkan pada ruangan yang dibutuhkan pewangi. Dengan menikmati pewangi buatan sendiri ini, pastinya ada rasa bangga dan senang karena bisa membuat pengharum ruangan sendiri dengan cara yang mudah dan murah.

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam Pada Kipas/AC

Jika diatas kita membahas cara membuat pewangi ruangan dari downy dengan di semprot, saat ini akan kita bahas juga membuat pewangi pada kipas/AC. Berikut langkah-langkah nya:

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam
Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Garam
  • Persiapkan Bahan

Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti downy,garam, tisu, plastik kecil, wadah tempat mencampur bahan-bahan. Untuk pewangi pada kipas/AC tidak perlu membutuhkan air agar tidak terlalu encer.

  • Campurkan Bahan-Bahan

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah campurkan bahan-bahan yang sudah di sediakan. Ambil wadah yang sudah disediakan, masukkan downy sachet pada wadah lalu masukkan garam 2 sendok makan.

Baca Juga :  6 Cara Mengunci Keyboard Laptop Serta Cara Membukanya

Kemudian aduk hingga garam encer dan ter campur dengan downy tersebut. Ambil tisu yang sudah dilipat sesuai ukuran plastik. Masukkan pada plastik lalu tuangkan bahan-bahan yang sudah di buat ke dalam plastik yang berisi kan tisu.

  • Siap Digunakan

Kemudian tutup plastik dan tusuk-tusuk plastik dengan lidi atau jarum agar wangi nya bisa tercium. Pewangi ruangan tersebut siap digunakan dan gantung kan pada kipas atau AC yang ada pada ruangan.

baca juga:Rekomendasi Distributor Bibit Parfum Terlengkap di Indonesia

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Cuka

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Cuka
Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Cuka

Bahan Bahan

  • 2 sachet Downy
  • Cuka
  • 125cc air
  • Botol Semprot

Langkah-Langkan Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy Dan Cuka

  • Pertama sekali pastikan wadah atau botol semprot sudah bersih
  • Masukkan 2 sachet downy ke dalam botol tersebut
  • Masukkan air 125cc kedalam botol semprot
  • Kemudian masukkan 3-5 tetes cuka
  • Selanjutnya kocok hingga semua bahan tercampur merata
  • Jika sudah tercampur merata, pewangi siap digunakan

Pewangi ruangan dari downy dan cuka siap di semprotkan pada ruangan, tidak hanya pada ruangan tetapi pewangi bisa kamu semprot kan pada kain atau gorden yang ada di ruangan agar wangi nya tahan lama.

Tips Agar Pengharum Ruangan Tahan Lama

Agar ruangan tetap segar dan terhindar dari bau tidak sedap, kamu bisa lakukan beberapa tips dibawah ini untuk membuat pewangi ruangan bertahan lebih lama.

  • Bersihkan Sumber Bau

Sebelum kita memikirkan cara membuat pewangi ruangan sebaiknya kamu lacak terlebih dahulu darimana asal sumber bau yang tidak sedap dan membuat ruangan tidak enak. Sering kali kita hanya memikirkan bagaimana dan pewangi apa yang dibuat di ruangan tetapi kita tidak membersihkan sumber bau tidak enak.

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Abstrak Otomatis Dalam Hitungan Menit

Perhatikan apakah sampah sudah di posisi yang benar dan selalu lah membuang sampah jika sudah penuh. Sampah yang sudah lama di diamkan di rumah itu membuat bau ruangan menjadi tidak enak.

Penyebab bau tidak sedap juga bisa disebabkan dari kain yang lembab, kain yang di rendam beberapa hari, adanya bangkai tikus,atau hewan lainnya, kamar mandi tidak bersih dan masih banyak penyebab lainnya.

Jika kamu sudah mengetahui sumber bau, bersihkan hingga bau nya tidak ada lagi. setelah itu semprotkan pewangi yang tahan lama.

  • Buat Ventilasi Ruangan

Ruangan yang tertutup akan mengakibatkan ruangan menjadi pengap. Solusinya kalian bisa membuat sedikit ventilasi ruangan agar udara segar dari luar masuk ke ruangan.

Ruangan yang tertutup juga membuat penumpukan bau atau abu di dalam ruangan hingga ruangan menjadi panas dan udara tidak segar. Oleh karena itu, biarkan udara segar masuk agar udara yang tidak enak dalam ruangan bisa keluar.

  • Gunakan Pengharum Ruangan Yang Tahan Lama

Agar pewangi ruangan bertahan lama di dalam ruangan kalian juga bisa menggunakan pewangi yang bahannya tahan lama. Dengan demikian, ruangan akan tetap segar dan wangi.

Kamu juga bisa membuat pewangi buatan sendiri sesuai cara di atas agar kalian bisa mengatur banyak dan wangi apa saja yang bisa bertahan lebih lama pada ruangan. Pilih juga aroma yang segar agar ruangan lebih fresh.

  • Rutin Membersihkan Ruangan

Dengan pewangi ruangan tidak cukup untuk mempertahankan ruangan tetap wangi tahan lama, tetapi kamu juga harus rajin membersihkan ruangan agar pewangi bisa bertahan lama di dalam ruangan.

cara membuat pewangi ruangan dari downy
Sumber: blog.sekolahdesain.id

Jika ruangan tidak bersih maka pewangi tetap tidak bisa bertahan lama karena ada abu,bau tidak sedap lainnya tercampur.

Akhir Kata

Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy
Cara Membuat Pewangi Ruangan Dari Downy

Ruangan yang segar membuat kita betah dan nyaman tinggal di rumah tersebut. Untuk itu perlu sekali memperhatikan kebersihan dan pewangi pada ruangan. Tidak harus dengan harga mahal kalian bisa membuat pewangi buatan sendiri dan tidak kalah wangi.

Demikianlah cara membuat pewangi ruangan dari downy, semoga ini bisa bermanfaat dan membantu kamu menjadikan ruangan wangi dan segar setiap saat.

Back to top button