Tutorial

6 Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Apakah kamu sedang mengalami foto kamu tidak ter download di galeri? Tenang, cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri sangat mudah. kamu cukup baca dan simak artikel ini hingga selesai.

Aplikasi Whatsapp adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan karena memiliki manfaat yang berguna bagi masyarakat. Fitur dari aplikasi ini juga mudah dipahami dan aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah.

Tetapi dibalik itu selalu ada kendala saat menggunakan nya yang kita belum tahu apa penyebab dan cara mengatasinya. Jangan kuatir, Mocipay kan membantu kamu dalam mengatasi kendala yang sedang kamu alami.

Penyebab Foto Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri sebaiknya Mocipay membahas penyebab nya terlebih dahulu, agar kedepan nya kamu tahu cara mengatasi setiap kendala nya.

Penyebab foto whatsapp tidak muncul di galeri yaitu sebagai berikut:

  • Pengaturan pada WA

Aplikasi WA memiliki banyak fitur yang bisa kita atur sesuai yang kita inginkan. Foto, video atau dokumen bisa kita atur agar tidak masuk ke galeri untuk mengurangi penyimpanan. jadi kita bisa mengatur data yang mana bisa kita simpan sesuai kebutuhan kita masing-masing.

Jadi untuk data yang tidak penting tidak perlu diunduh atau disimpan di galeri.

  • Penyimpanan Penuh

Selanjutnya, foto tidak muncul di galeri bisa dikarenakan penyimpanan ponsel sudah penuh jadi setiap data yang masuk dari WA tidak bisa muncul di galeri atau di Hp.

  • Aplikasi WA BUG

Hal ini bisa dikarenakan aplikasi WA sedang BUG dan sistem tidak normal makan foto whatsapp tidak muncul di galeri ponsel. Hal ini memang jarang terjadi tetapi ada kalanya aplikasi mengalami bug dari sistem kemungkinan ada pembaharuan atau ada update dari pusat aplikasi WA.

  • Jaringan tidak stabil

Ini adalah hal yang sering terjadi saat kita mengakses aplikasi. Jika jaringan yang kita gunakan tidak stabil, ini sangat mempengaruhi proses masuk atau menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Cara Top Up OVO Di Indomaret Melalui 10+ Urutan Langkah Mudah dan Praktis!

Foto whatsapp tidak masuk ke galeri bisa dikarenakan jaringan yang kita gunakan saat mengunduh tidak stabil jadi foto tidak berhasil di unduh.

  • Kuota internet tidak cukup

Pastikan kita menggunakan kuota yang cukup untuk mengunduh foto/video atau data yang dikirimkan via WA. Ada beberapa kuota yang dikhususkan untuk chat saja. jadi otomatis kuota tersebut tidak bisa mengakses foto/video atau dokumen yang ada di WA.

Dan oleh sebab itu, foto yang masuk ke WA kita tidak muncul di galeri.

  • Foto yang dikirimkan hanya sekali dilihat

Ini adalah fitur terbaru dari Whatsapp yang bisa mengirimkan foto hanya bisa sekali dilihat. Foto yang dikirimkan hanya sekali dilihat ini tidak akan tersimpan di galeri.

Fitur ini sangat membantu untuk mengurangi penyimpanan tetapi bagi yang belum tahu akan merasa bingung mengapa foto yang sudah kita lihat tadi tidak masuk galeri.

  • Mengaktifkan pesan sementara

Selanjutnya, Pengirim foto atau wa kamu mengaktifkan pesan sementara. pesan sementara ini hanya bisa di lihat atau di akses dalam 24 jam atau sesuai waktu yang ditentukan pemilik WA.

Dan data yang di unduh pada obrolan akan hilang jika masa berlaku pesan nya sudah habis. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna untuk mengurangi penyimpanan tetapi semua data akan terhapus dan tidak bisa kita akses kembali.

baca juga : cara mengembalikan Video yang terhapus

Untuk setiap kendala selalu ada solusi yang bisa kita lakukan. cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri

Setelah kita mengetahui penyebab foto WA tidak muncul di galeri, dengan mudah kita akan bisa mengatasi hal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba agar foto WA muncul di galeri. Simak berikut ini:

Mengubah Pengaturan WA

Cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri yang pertama yaitu dengan mengubah pengaturan penyimpanan pada whatsapp tersebut.

Untuk cara nya bisa kamu ikuti dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama sekali masuk ke aplikasi WA
  • Kemudian klik pada titik 3 di kanan atas, lali klik Setelan/pengaturan
  • Klik menu Chat
Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
  • Selanjutnya, Aktifkan visibilitas media agar foto atau media yang di unduh dari aplikasi bisa muncul di galeri

Cara yang pertama ini bisa kamu coba terlebih dahulu. Jika ini sudah bisa berhasil, itu artinya penyebab foto WA tidak muncul di galeri dikarenakan kamu menonaktifkan pengunduhan media di aplikasi WA.

Baca Juga :  14 Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi

Jika hal ini belum berhasil juga, kamu bisa mencoba cara yang kedua di bawah ini

Penyimpanan Tersedia

Cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri yaitu dengan cara memeriksa penyimpanan telepon apakah masih tersedia. Untuk mengunduh foto atau media dari aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup.

Jika penyimpanan telepon penuh, kamu bisa menghapus data yang tidak digunakan, hapus cache aplikasi agar foto yang yang ingin kamu unduh muncul di galeri.

Periksa Kuota Internet

Untuk mengunduh media dari whatsapp membutuhkan kuota internet yang cukup. Gunakan kuota yang memang kuota internet nya bisa mengakses media dari aplikasi.

Sebelumnya periksa kuota yang kamu gunakan apakah masih cukup atau sisa kuota nya tinggal gratis Chat aplikasi. Cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri salah satu nya pengecekan kuota internet karena sangat berpengaruh dalam mengakses WA.

Jika penyebab foto tidak muncul di WA tersebut dikarenakan kuota internet habis, kamu bisa beli kuota di ponsel terdekat, melalui aplikasi operator yang kamu gunakan. Selain itu kamu juga bisa membeli kuota murah di aplikasi Mocipay.

Mengirim Foto tidak dengan Sekali di Lihat

Jika pengirim foto membuat metode sekali dilihat, pastinya foto tidak akan muncul di galeri. Karena fitur ini memang dikhususkan hanya untuk bisa di akses sekali saja. Hal ini dilakukan untuk mengirimkan foto yang tidak penting di simpan guna mengurangi penyimpanan.

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
Mengirim Foto tidak dengan Sekali di Lihat

Jika ini adalah penyebab foto WA mu tidak muncul di galeri, kamu bisa konfirmasi pada pengirim foto untuk mengirimkan kembali dengan normal. Cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri ini sangat mudah kamu lakukan karena cukup konfirmasi ke pengirim saja.

Menonaktifkan Pesan Sementara

Pesan sementara merupakan salah satu fitur aplikasi whatsapp yang pesan atau media di obrolan nya bisa di atur sampai kapan bisa di lihat. Jadi cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri selanjutnya bisa dengan menonaktifkan pesan sementara di WA mu.

Pesan sementara ini bisa di atur dari pengirim foto atau bisa juga di pengaturan whatsapp yang kamu gunakan. Tetapi jika yang membuat pengaturan pesan sementara tersebut dari pengirim kamu tetap bisa menonaktifkan nya.

Baca Juga :  5 Cara Dapat Kuota Gratis Indosat 2024 : Kode Dial Rahasia!

Cara mengatasi foto whatsapp tidak muncul di galeri dengan menonaktifkan pesan sementara bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka obrolan dengan pengirim foto
  • lalu klik garis 3 di kanan atas sebelah ikon panggilan
  • kemudian, klik pesan sementara
  • Centang Mati untuk menonaktifkan pesan sementara tersebut.

 

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
Centang Mati untuk menonaktifkan pesan sementara tersebut
  • pesan sementara berhasil di nonaktifkan

Update Aplikasi

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri selanjutnya dengan menggunakan aplikasi whatsapp dengan versi terbaru. Aplikasi whatsapp selalu melakukan peningkatan fitur ataupun sistem aplikasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik untuk penggunanya.

Jadi foto tidak muncul di galeri bisa dikarenakan ada update dari aplikasi dan fitur yang lama sudah tidak bisa lagi berproses dengan normal. Jadi kamu harus pastikan aplikasi whatsapp yang kamu gunakan sudah dengan versi terbaru.

Nah, jika belum , silahkan update terlebih dahulu melalui playstore dan jika sudah silahkan coba kembali download foto yang ingin kamu simpan.

Memeriksa Perizinan Aplikasi Whatsapp

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri dengan memeriksa perizinan pengunduhan foto di aplikasi whatsapp. Nah, cara memeriksa perizinan yang dimaksud bisa kamu lihat sebagai berikut ini:

  • Pertama masuk ke pengaturan ponsel
  • Lalu pilih manage aplikasi
  • Pilih aplikasi whatsapp
Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
aplikasi whatsapp
  • Kemudian kamu klik izin aplikasi
  • Selanjutnya pilih fitur yang ingin kamu izinkan
Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
fitur yang ingin kamu izinkan
  • Klik lalu izinkan
  • Selesai

Apabila cara di atas sudah selesai dan berhasil maka kamu bisa mulai coba untuk menyimpan foto whatsapp lewat cara berikut ini:

No Cara Menyimpan Foto Lewat Whatsapp
1 Buka aplikasi whatsapp di ponsel anda
2 Buka obrolan dengan orang yang mengirimkan foto yang ingin anda simpan
3 Temukan foto yang ingin anda simpan dalam percakapan
4 Ketuk foto tersebut untuk memperbesar tampilan nya
5 Di sudut kanan bawah tampilan foto ada ikon unduh (ikon panah menghadap ke bawah), ketuk ikon ini
6 Foto akan di unduh dan di simpan di galeri atau folder “whatsapp images” di ponsel anda
7 Buka aplikasi galeri atau aplikasi pengelola berkas di ponsel anda
8 Cari folder whatsapp images atau whatsapp di galeri atau aplikasi pengelola berkas
9 Di dalam folder tersebut, anda akan menemukan foto yang baru saja anda unduh dari whatsapp
10 Sentuh foto tersebut untuk melihatnya atau melakukan tindakan lain seperti berbagi atau mengedit

Penutup

Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri
Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri

Setiap aplikasi akan selalu melakukan update dan memperbaharui sistem atau fitur untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas aplikasi tersebut. Oleh karena itu, tetap update aplikasi whatsapp mu agar saat kamu menggunakannya tetap lancar.

Demikian lah artikel mengenai cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul Di Galeri, semoga bisa membantu untuk mengatasi kendala yang sedang kamu alami.

Back to top button