Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

9 Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

Pernah mengalami HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas? Kamu kebingungan dan tidak tau cara mengatasinya? Jangan khawatir! temukan penyebab serta cara mengatasi HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas beserta cara menanganinya dalam artikel ini!

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, HP merupakan salah satu alat yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain dipakai sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang lain, sebagian orang juga menjadikan HP sebagai alat utama yang digunakan dalam pekerjaannya. Karena itu, HP sangat di butuhkan saat ini, bahkan bisa dikatakan di zaman sekarang ini HP sudah termasuk menjadi salah satu dari kebutuhan primer manusia.

Namun pernahkah kamu mengalami moment menyedihkan ketika kamu mendapati HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas? Jika hal seperti ini terjadi, usahakan jangan langsung panik atau langsung membawa HP ke tempat servis ya guys. Coba dulu deh cari tau apa penyebabnya, supaya kamu bisa mengambil tindakan yang tepat.

Nah, melalui artikel ini, kamu pasti akan terbantu dan akhirnya bisa mengatasi masalah Hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas.

Penyebab HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak bisa Dicas

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Beberapa penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

HP Tiba-Tiba Mati total dan Tidak bisa Dicas
HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas

Baterai HP sudah rusak

Kemungkinan penyebab HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dicas yang pertama adalah kondisi baterai HP yang sudah memang rusak. Hal ini terjadi akibat dari kebiasaan buruk yang terus berlangsung dan secara perlahan bisa menyebabkan baterai tidak menerima lagi saat dilakukan pengisian daya.

Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah seperti memakai HP saat sedang di charger (terutama dipakai sambil bermain game itu akan sangat berpengaruh), tidak mengisi daya sampai terisi penuh, kebiasaan menggunakan HP sampai baterai habis. Hal ini yang lama-kelamaan jika dilakukan secara terus-menerus bisa membuat baterai menggelembung dan rusak.

Terjatuh/ terkena air

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari HP yang terjatuh/ terkena air adalah mati total dan tidak bisa dicas. Hal itu disebabkan karena adanya korslet yang merusak komponen yang ada di dalam ponsel sehingga menyebabkan kondisi HP kontak-kontak atau bahkan mati total dan tidak bisa dicas

Konektor baterai rusak

Source: www.tokopedia.com

Konektor baterai adalah komponen HP yang memiliki fungsi sebagai penghubung ke charger pada saat sedang mengisi daya. Namun kebiasaan menggunakan charger orang lain atau menggunakan charger yang tidak original dapat menyebabkan lubang konektor baterai pada HP rusak dan menjadi longgar sehingga perlahan menyebabkan kerusakan fatal dimana HP sama sekali tidak bisa lagi dicas.

IC power HP rusak

HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas/ bungdus.com

IC power HP adalah sebuah komponen pada HP yang berfungsi untuk menghantarkan daya baterai ke semua komponen dalam SmartPhone. HP kamu tentu tidak akan berfungsi normal (mati total) apabila bagian yang satu ini rusak.

Mengabaikan perawatan baterai HP

Baterai HP akan lebih awet jika anda memberikan perawatan yang baik. Namun, banyak orang yang mengabaikan hal ini dan mengganggap sepele. Hal itu dibuktikan dari banyaknya orang-orang yang terus-terusan menggunakan HP nya walau sambil dicas, dan yang paling parah jika dicas sambil dipakai bermain game yang sangat menguras daya baterai seperti Mobile legend, Free fire, PUBG, dll. Selain itu keseringan membiarkan baterai HP sampai habis juga merupakan perawatan HP yang buruk.

Baca juga Aplikasi Penghemat Baterai Hingga 2 Hari

Bug system

Hal berikutnya yang menyebabkan HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas adalah terdapat Bug system. Bug system adalah kesalahan yang terdapat pada sebuah sistem yang mempengaruhi sistem menjadi berjalan tidak normal atau bahkan menyebabkan HP menjadi eror/ mati. Pada dasarnya masalah ini terjadi karna anda tidak rutin melakukan update pada sistem.

Terlalu memaksa kinerja HP sehingga overheat

Sumber: gamedaim.com

Pernahkah kamu menggunakan HP sampai body HP kamu terasa sangat panas? Kondisi ini terjadi biasanya ketika kamu menggunakan Hp untuk membuka aplikasi yang berat seperti game online dalam jangka waktu yang panjang.

Jika beberapa kali dilakukan mungkin hal ini tidak akan terlalu berpengaruh. Namun, jika hal seperti itu menjadi kebiasaan kamu, maka besar kemungkinan resiko yang kamu terima adalah baterai HP kamu akan rusak/ tidak berfungsi seperti normal.

Charger rusak

HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas/ ussfeed.com

Charger rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab HP tidak menerima saat dicas. Kemungkinan kerusakan terdapat pada kabel charger ada yang putus atau kerusakan di bagian konektor nya yang menyebabkan tidak terhubung ke WA saat dilakukan pengisian daya.

Faktor usia HP yang sudah lama

Jika kamu merasa bahwa kamu tidak mengalami satu pun dari beberapa faktor penyebab HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dicas yang telah disebutkan diatas, maka kemungkinan terakhir yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah terdapat pada faktor usia HP yang sudah lama/tua.

Layaknya seperti manusia, seiring menuanya usia, daya tahan dan kekuatan tubuhnya tentu saja akan berkurang juga secara perlahan. Demikian juga dengan HP ini sendiri. Setiap komponen yang terdapat dalam Hp akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu.

Cara Mengatasi HP Tiba-Tiba Mati Total dan Tidak bisa Dicas

Anda telah mengetahui beberapa penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Nah, sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Berikut beberapa cara mengatasi HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas:

Bersihkan area konektor HP

Area konektor HP yang dipenuhi oleh debu yang menumpuk bisa jadi salah salah satu penyebab HP anda tidak menerima saat melakukan pengisian daya. Sebaiknya bersihkanlah dengan rutin area konektor HP anda, supaya charger bisa masuk dengan sempurna saat di masukkan ke lobang konektor tersebut

Tes kondisi Hp menggunakan baterai lain

Untuk memastikan sumber dari kerusakan HP anda. cobalah untuk menghidupkan HP anda menggunakan baterai lain supaya anda mengetahui apakah baterai anda yang rusak atau justru dari komponen lain.

Masukkan HP ke benda yang panas

Jika yang menyebabkan HP anda mati total dan tidak bisa dicas adalah karena terkena air, maka sebaiknya jangan langsung mencoba untuk menghidupkan HP karena akan menyebabkan korslet.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menangani masalah seperti ini adalah mengeringkan permukaan HP yang terkena air dengan menggunakan tisu atau kain yang menyerap. Lalu kemudian masukkan lah ke dalam beras supaya air yang masuk ke cela-cela yang tidak bisa anda jangkau ketika mengeringkan diserap oleh beras.

Tes pengisian daya menggunakan charger lain

Apabila baterai dan konektor HP anda aman-aman saja, kemungkin masalahnya terdapat pada charger anda. Mungkin ada kerusakan di charger anda, seperti: kabelnya yang putus, kepala charger rusak, atau kerusakan pada konektornya. Untuk itu, cobalah gunakan charger lain untuk memastikan kerusakan sebenarnya.

Melakukan Reset Ulang

Sumber: www.elppas.com

Jika beberapa cara yang telah dijelaskan diatas tidak berhasil untuk memulihkan HP anda, langkah terakhir yang disarankan adalah melakukan reset HP.

Reset HP merupakan sebuah menu atau system perbaikan/ pemulihan pada SmartPhone yang biasa dilakukan untuk mengembalikan sistem ke pengaturan awal/ pengaturan pabrik.

Namun perlu untuk di ketahui bahwa langkah ini akan menghapus semua data anda (foto, video, dokumen, dll), termasuk juga semua aplikasi, kecuali aplikasi bawaan HP. Jadi dengan kata lain, ketika anda melakukan reset HP akan membuat HP anda menjadi seperti baru.

Cara melakukan reset HP

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan reset HP. Namun, apabila ketika akan melakukan reset, Hp anda dalam keadaan mati total maka kami akan menampilkan cara melakukan reset HP dengan menggunakan tombol volume dan power.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah, tekan tombol power dan tombol volume up (naik) secara bersamaan
  • Maka akan muncul tampilan “Recovery now/wipe data/factory reset
  • Silahkan konfirmasi dengan menekan “OK” ( Gunakan tombol volume untuk melakukan navigasi)
  • Tunggulah beberapa saat ketika proses reset berjalan
  • Apabila reset telah selesai. Silahkan pilih restart
  • Maka HP anda akan kembali ke pengaturan pabrik yang tampilannya sama seperti ketika pertama kali anda menggunakan HP anda

Cara Mengantisipasi agar HP Tidak Mengalami Tiba-Tiba Mati dan Tidak bisa Dicas

Supaya kamu terhindar dari masalah HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas, berikut ini kami juga menampilkan beberapa cara untuk mengantasipasi/ meminimalisir kemungkinan terjadi kondisi HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Caranya adalah:

  1. Lakukan pembaruan sistem secara rutin
  2. Jangan menggunakan HP saat sedang melakukan pengisian daya
  3. Hindari keseringan membiarkan HP sampai low bat
  4. Rajinlah membersihkan area konektor HP (lobang charger)
  5. Gunakan charger original dan hindari gonta-ganti pakai charger
  6. Beri waktu pada HP untuk beristirahat. Hindari memainkan aplikasi yang berat dalam jangka waktu yang lama tanpa berhenti seperti game
  7. Rutin melakukan pembersihan sampah
  8. Rawat baterai dan sayangilah Gadget anda!

Baca juga postingan sebelumnya Efek Samping Mode Hemat Baterai, Jangan Gunakan Setiap Hari

Simpulan Mengenai “Kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas”

Kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas
Kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas

Menghadapi masalah dengan kepala dingin adalah sebuah tindakan yang sangat tepat! Demikian juga dengan masalah HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas harus anda tangani dengan mengetahui letak masalah /penyebabnya terlebih dahulu tanpa panik. Dengan demikian anda bisa melakukan penanganan yang tepat untuk dapat memulihkan HP anda.

Itulah beberapa alasan kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Semoga penjelasan yang telah dipaparkan diatas bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button