Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

9 Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering – Pertumbuhan internet yang terus meningkat saat ini membuat penggunaannya semakin bervariatif. Awalnya internet digunakan sebagai tempat mencari informasi dan hiburan, namun sekarang internet dapat digunakan sebagai ladang penghasilan baik penghasilan tambahan maupun penghasilan tetap. Salah satunya website berbagi video yaitu YouTube yang tak asing lagi bagi kita para pengguna internet.

YouTube merupakan platform streaming online yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video secara publik. YouTube menjadi tempat terbaik untuk berbagi video dari seluruh dunia, mulai dari video pendek, tutorial, vlog, film pendek, trailer film, musik, edukasi, animasi, hiburan, berita, TV, serta beragam info menarik lainnya. Pengguna internet yang semakin tinggi membuat video YouTube juga makin variatif.

Pada umumnya, kebanyakan konten YouTube di upload oleh individu, konten kreator/ Youtubers merupakan sebutan untuk pembuat konten pada YouTube. Dalam perkembangannya, biasanya konten kreator tidak hanya bekerja sendirian, mereka mulai membentuk tim untuk mempercepat proses editing dan riset untuk ide konten selanjutnya. Perusahaan media dan TV serta organisasi dan lembaga juga mulai membagikan video melalui Channel YouTube.

Sekarang ini YouTube tidak hanya menjadi media hiburan tetapi dapat menjadi penghasilan tambahan maupun penghasilan tetap konten kreator dari konten video yang di upload. Tentu saja hal tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Channel YouTube harus melakukan monetisasi terlebih dahulu. Monetisasi atau penguangan merupakan proses mengubah sesuatu agar dapat menjadi penghasilan.

Perkembangan YouTube

YouTube dibuat pada tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal, situs web yang memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video ini terbentuk di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna / creator, termasuk klip film, klip TV, dan Video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video pendek, video Pendidikan juga ada dalam situs ini dan masih banyak berbagai video lainnya yang tersebar di Youtube. Namun, pada November 2006, Youtube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube sudah sangat berkembang di seluruh dunia, tak luput juga di Indonesia. Ada lebih dari 93 juta penonton di Indonesia yang menonton video di Youtube setiap bulannya. Pertumbuhan penonton Youtube itu juga tak lepas dari kontribusi para konten Kreator di Indonesia, dimana sejumlah kreator sudah berhasil meraih jutaan subscriber. Beberapa kreator yang memiliki jutaan subcriber yaitu Ricis Official, AH, Jess No Limit yang menempati peringkat 3 teratas pemilik subcriber terbanyak di Indonesia. (sumber : noxinfluencer)

Tidak hanya hal positif, perkembangan Youtube juga dapat disalahgunakan menjadi hal negatif oleh beberapa pihak. Banyak terdapat video atau konten yang tidak pantas di dalam YouTube. Maka dari itu kita sebagai pengguna YouTube harus pandai menyaring dan memilih konten yang ditonton agar terhindar dari konten negatif tersebut. Terkhususnya untuk anak-anak yang sangat perlu pengawasan orang tua dalam menggunakan platform YouTube.

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering

1. Pahami Kerja Algoritma YouTube

Sebelum kita membahas Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering, kita perlu memahami juga cara algoritma pada Youtube bekerja. Algoritma YouTube merupakan sistem yang menilai apakah suatu video memiliki kualitas baik dan dapat direkomendasikan untuk lebih banyak penonton. Selain itu, melalui algoritma YouTube juga dapat menciptakan kustomisasi personal berkaitan dengan jenis dan kategori video. Algoritma YouTube setiap tahun mengalami pembaharuan yang disebabkan oleh banyak faktor. Pembaharuan tersebut ada baiknya selalu kamu ketahui untuk menjalankan strategi konten video yang tepat.

Walaupun algoritma YouTube selalu berganti, tapi ada setidaknya dua faktor utama yang selalu diperhatikan oleh Youtubers yakni engagement. YouTube akan menilai seberapa banyak penonton yang memberikan komen, like, dan membagikan videomu. YouTube juga akan melihat bagaimana engagement tersebut. Apakah positif atau negatif. Faktor selanjutnya adalah, metadata. Selain engagement, YouTube juga perlu memastikan bahwa metadata yang kamu cantumkan mulai dari judul, keywords, hingga deskripsi sesuai dengan yang dicari oleh pengguna YouTube.

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda dengan memaksimalkan performa video kamu di YouTube, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah memaksimalkan fitur yang tersedia dari YouTube. Fitur-fitur ini sangat berkaitan dengan algoritma YouTube. Ada 4 bagian algoritma YouTube yang perlu di pahami yaitu Search, Trending, Subcription dan Homerecommended videos. Dengan memanfatakan dan memahami algoritma pada Youtube maka konten video yang dibuat akan lebih sering muncul di beranda.

 

2. Tingkatkan Jumlah Views Video YouTube

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda yang sering dan paling ampuh di lakukan YouTuber adalah dengan meningkatkan jumlah views pada video. Semakin banyak jumlah views maka akan semakin sering juga video muncul di beranda YouTube. Views Youtube adalah jumlah penayangan yang terdapat pada Video. Untuk mendapatkan jumlah views, pengguna youtube cukup membuka video beberapa detik saja maka video sudah mendapatkan tambahan penayangan tidak harus menonton video sampai akhir. Tetapi akan lebih bagus lagi jika pengguna youtube menonton konten video sampai akhir karena hal tersebut dapat meningkatkan jam tayang channel Youtube kita. Untuk Youtuber pemula, jam tayang pada Youtube sangat penting dikarenakan salah satu syarat untuk monetisasi channel youtube adalah harus memiliki 4000 jam penayangan.

Jika kita membuka aplikasi YouTube sekarang dan melihat video yang muncul diberanda Youtube adalah video yang memiliki jumlah views yang banyak. Jumlah views youtube sangatlah penting untuk meningkatkan konten video kita agar sering muncul di beranda.

3. Buat Thumbnail yang Unik dan Menarik

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering salah satunya adalah membuat Thumbnail. Thumbnail adalah  gambar cuplikan di awal video yang dimiliki sebuah konten di YouTube yang bisa diolah sedemikian rupa. Thumbnail juga sering disebut cover video. Thumbnail dibuat semenarik mungkin agar dapat mengundang perhatian penikmat YouTube kemudian mengklik dan menonton konten yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui, ada dua jenis thumbnail yang bisa kamu pilih. Pertama, default atau automatic thumbnail. Default thumbnail akan muncul ketika kamu selesai mengunggah video, kamu akan mendapatkan tiga pilihan thumbnail yang secara otomatis diambil dari bagian video yang kamu unggah. Kedua, custom thumbnai adalah gambar yang kamu buat sendiri dan diunggah untuk menggantikan pilihan custom thumbnail.

Manfaat dari membuat thumbnail YouTube pastinya untuk memikat daya tarik penonton untuk menonton video yang kamu unggah. Semakin banyak penonton yang tertarik untuk menonton Video yang kamu upload maka semakin sering juga video muncul di beranda YouTube.

4. Riset Kata Kunci untuk Judul Konten YouTube

Riset Keyword YouTube adalah cara menemukan kata kunci (kata atau frasa) yang sering digunakan orang untuk mencari video YouTube. Secara sederhana, riset kata kunci YouTube ini sama seperti riset kata kunci untuk blog dan website. Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering adalah  dengan menemukan kata kunci yang tepat untuk judul konten YouTube kita. Kata kunci yang tepat dan di cari banyak orang sangat diperlukan agar banyak yang mencari artikel atau video yang kita buat.

Selain itu, melakukan riset kata kunci juga bisa jadi sarana Anda menemukan ide topik konten yang menarik. Sebagai contoh, keyword “tips makan sehat” ternyata memiliki keyword turunan “tips makan sehat bagi anak-anak”.  Jadi, alih-alih hanya membuat tips makan sehat secara umum, Anda bisa juga bisa membuat konten tips makan sehat yang lebih spesifik untuk anak-anak.

Riset kata kunci sangat penting kita lakukan karena Algoritma YouTube biasanya ikut menentukan indikator video untuk dapat ranking teratas di YouTube. Salah satu indikator Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda yang penting yaitu, menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci YouTube tersebut bisa Anda sisipkan pada judul, deskripsi, tag, dan lainnya. Melakukan riset kata kunci YouTube juga untuk mengetahui ide topik apa yang banyak dicari target penonton. Dan juga dapat memudahkan penonton untuk menemukan konten video yang dibuat sehingga video akan lebih sering muncul di beranda YouTube.

5. Share Video YouTube ke Sosmed

Selanjutnya Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering adalah dengan membagikan konten video yang telah kita upload di Youtube ke Sosial Media. Kita dapat membagikan cuplikan konten ke media sosial dan mengajak para teman, kontak dan follower sosial media kita untuk menonton konten video full di channel YouTube kita. Untuk mendapatkan tambahan view dan jam tayang, bagikan hanya sebagian cuplikan video saja agar mereka menonton fullnya di channel youtube kita.

Kita bisa membagikan ke media Sosial yang masih sering dipakai pengguna internet saat ini seperti Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter dan Whatsapp. Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda ini merupakan yang paling sering digunakan para YouTuber setelah selesai mengupload konten video. Meskipun kemungkinannya kecil karena hanya orang-orang yang berteman, berkontak, dan memfollow akun sosmed kita saja yang akan melihat konten video yang dibagikan, namun hal tersebut tak menutup kemungkinan dengan cara ini Video YouTube berpeluang akan sering Muncul di Beranda. Kita juga dapat mengajak teman, kontak dan follower untuk membagikan konten video yang telah di share agar konten video youtube yang telah kita buat dapat menjangkau banyak orang.

6. Buat Konten Video yang Menarik

Konten merupakan daya tarik utama penonton YouTube. Jadi, membuat konten yang menarik merupakan Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering yang paling penting. Selain menarik ide konten Youtube yang dihadirkan hendaknya konten video yang diminati dan banyak dicari oleh penonton. Memiliki tujuan dan konsep konten YouTube sangat penting. Setidaknya, dengan mengetahui konsep dan tujuan dibuatnya konten tersebut akan lebih mudah mengambil keputusan mengenai seperti apa konten video ini nantinya termasuk Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering.

Konten Youtube sangat banyak jenisnya, mengingat pengguna Youtube sangat beragam, baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak sampai manula. Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda dengan menentukan target penonton mana yang akan dituju.

Konsep konten yang dibuat tak lepas dari jenis konten yang terdapat di Youtube, seperti konten  Way & Style, Healty, Music, Education, Entertainment, Comedy, Film & Animasi, Travelling & Events, Gaming, News, Pets & Animals, Science & Technology, Sports, Autos & Vehicles dan masih banyak lagi. Youtuber harus menyesuaikan konsep, tujuan dan jenis konten yang akan dibuat agar lebih menarik dan diminati banyak penonton. Dengan menyesuaikan konsep, tujuan dan jenis konten diharapkan Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering.

7. Gunakan Formula MVC pada Tag Video

Mengisi tag video merupakan bagian dari optimasi algoritma YouTube. Sehingga, menambahkan tag video ini bisa menjadi salah satu Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering. Sebab, tag akan membantu YouTube memahami topik video Anda. Penggunaan tag yang tepat juga membuat video YouTube mendapatkan ranking yang lebih bagus.

Langkah ini merupakan Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering. Dengan menggunakan formula MVC, yaitu “main keyword”, “variation”, dan “category”.

  • Main keyword: kata kunci utama sebagai tag pertama atau kedua
  • Variation: kata kunci sekunder atau LSI keyword
  • Category: kategori konten video YouTube Anda.

YouTube dapat lebih mudah mengetahui topik dan kategori video Anda dengan mengisi kolom tag dengan formula MVC.

8. Tulis Deskripsi Video dengan Tepat

Membuat deskripsi video dengan tepat juga menjadi salah satu Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering. Ppenjelasan tentang video akan membantu penonton memastikan video tersebut sesuai keinginan. Selain itu, menurut YouTube menerapkan Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering dengan menambahkan deskripsi video akan memudahkan algoritma mereka.

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering dapat dilakukan dengan membuat deskripsi video YouTube yaitu dengan membuat intro deskripsi yang kuat dan menarik, membuat ringkasan penjelasan singkat konten video. memasukkan link pada deskripsi video yang dimasukkan bisa mengarahkan ke website, blog hingga akun media sosial dengan tujuan untuk mengajak penonton untuk mengunjungi link tersebut.

9. Gunakan fitur End Screens pada Youtube

Memasang end screen Youtube adalah salah satu Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering. Cara ini cukup efektif dan digunakan di setiap video dalam chanel kamu. FItur ini sudah lama terdapat pada youtube tetapi jarang digunakan oleh banyak Youtuber khusunya para Youtuber pemula. Fitur End Screen Youtube akan bekerja di menit-menit akhir pada video, tepatnya 20 detik terakhir dari video yang kita unggah untuk itu, sangat penting untuk menentukan video mana yang di rekomendasikan untuk penonton sebelum video kita benar-benar berakhir.

Manfaat dari fitur ini yaitu untuk mencegah penonton menonton video milik orang lain dan fitur ini juga akan membimbing penonton untuk mensubscribe channel kita. Karena bukan hanya video lainnya yang di sarankan, penonton juga akan di sarankan untuk mensubscribe channel YouTube kita. Hal ini di tunjukkan dengan ikon profil channel kamu yang ikut muncul di fitur end screen.

Baca Juga :  5 Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

Kesimpulan

Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda
Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda

Ada beberapa Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering seperti yang disebutkan pembahasan di atas. Bagi para Youtuber menampilkan karya konten video miliknya adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun, tidak semua cara tersebut langsung berhasil, semua membutuhkan proses dan waktu, maka dari itu kita harus terus meningkatkan dan mengembangkan channel Youtube yang dimiliki. Demikian pembahasan Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Back to top button