Tutorial

4 Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee: Pasti Berhasil!

Banyak orang yang mencari tau bagaimana cara mengatasi gagal A02 Shopee. Menghadapi masalah terkait munculnya pesan notifikasi ‘Gagal A02 Shopee’ bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi, terutama jika didalamnya masih ada saldo pengguna yang mengendap.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi! Karena dalam postingan kali ini, kami akan menjelaskan informasi terlengkap sekitar penyebab dan cara mengatasi gagal A02 Shopee.

Mengetahui Apa itu Gagal A02 di Shopee

Apa itu Gagal A02 di Shopee
Apa itu Gagal A02 di Shopee

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi gagal A02 Shopee. Namun sebelumnya, sudahkah anda mengetahui apa sebenarnya arti dari ‘Gagal A02 di Shopee’ ini?

Gagal A02 di Shopee merupakan pesan pop up yang muncul saat login atau checkout pada akun pengguna yang terdeteksi melakukan aktivitas mencurigakan atau melanggar syarat dan ketentuan Shopee, termasuk pembuatan pesanan palsu, penyalahgunaan voucher atau promo, penipuan, atau tindakan menyimpang lainnya.

Jika pesan notifikasi ‘Gagal A02’ ini muncul di tampilan Shopee kamu, maka itu menandakan bahwa akun Shopee anda telah dibatasi. Selama belum ditangani, maka kamu tidak akan bisa melakukan transaksi apapun di Shopee!

Penyebab Gagal A02 di Shopee

Mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja penyebab munculnya pesan notifikasi  ‘Gagal A02 Shopee’ tentu akan memudahkan anda untuk mengidentifikasi kira-kira apa yang membuat sistem Shopee membatasi akun anda, sehingga lebih terbantu juga untuk mengambil tindakan atau cara mengatasi gagal A02 Shopee yang tepat.

Oleh karena itu, berikut kami akan menjelaskan beberapa penyebab gagal A02 di Shopee.

Penyebab Gagal A02 di Shopee pada Akun Pembeli

Terdapat beberapa penyebab munculnya notifikasi ‘Gagal A02 di Shopee’ pada akun pembeli. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Aktivitas Mencurigakan: Ketika sistem mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan, seperti pola pembelian yang tidak biasa, maka akun pembeli akan dibatasi sebagai tindakan pencegahan.
  • Pelanggaran Kebijakan: Pembatasan akun di Shopee juga bisa disebabkan jika pembeli melanggar salah satu ketentuan atau kebijakan Shopee.
  • Fake order/ membuat pesanan palsu: Aktivitas fake order kerap sekali terjadi untuk tujuan tertentu. Salah satu tujuan pembeli melakukan fake order adalah untuk mencairkan limit Paylater. Namun perlu diketahui bahwa apabila sistem mendeteksi hal ini, maka akun akan langsung dibatasi.
Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Teman Korea Di Instagram

Penyebab Gagal A02 di Shopee pada Akun Penjual

Pada akun penjual, pesan notif ‘Gagal A02 di Shopee’ bisa muncul oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjual barang ilegal atau terlarang, seperti miras, obat terlarang, senjata api/ tajam, rokok. Selain itu, perlu diketahui bahwa penjualan terhadap produk layanan jasa dan digital juga dilarang oleh Shopee.
  • Melakukan penipuan. Misalnya penjual yang menjual kan produk tidak sesuai dengan deskripsi atau barang palsu. Hal ini biasanya di deteksi oleh Shopee melalui keluhan atau klaim dari pembeli.
  • Pelanggaran terhadap hak cipta atau merek dagang.
  • Pelanggaran terhadap deskripsi produk, misalnya memasukkan foto produk yang mengandung pornografi, harga yang tidak sesuai dengan produk yang dijual, penggunaan kata spam pada deskripsi produk, atau hal lain terkait lainnya.
  • Tindakan penjual yang mengganti halaman produk yang lama yang sudah memiliki penilaian yang cukup banyak menjadi produk baru.
  • Terdeteksi menggunakan dua akun Shopee dengan data yang sama.
  • Mengarahkan pembeli untuk melakukan transaksi di luar aplikasi Shopee. Hal ini bisa ditinjau Shopee melalui riwayat chat, jika dilaporkan oleh pembeli.
  • Penyalahgunaan voucher untuk menarik minat pembeli, dianggap sebagai tindakan curang, sehingga berakibat akun akan dibatasi.

Cara mengatasi gagal A02 Shopee

Cara mengatasi gagal A02 Shopee
Cara mengatasi gagal A02 Shopee

Setelah memahami penyebabnya, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan terkait bagaimana cara mengatasi gagal A02 Shopee.

Ada beberapa cara mengatasi gagal A02 Shopee yang bisa anda lakukan dengan mudah. Diantaranya kami jelaskan dibawah ini:

  • Mengajukan Banding

Jika akun anda telah dibatasi yang ditandai dengan munculnya pesan pop up ‘Gagal A02’ maka cara mengatasinya, anda bisa mengajukan naik banding untuk memulihkan kembali akun anda. Caranya bisa anda lihat pada langkah-langkah seperti di bawah ini:

  1. Langkah pertama silahkan kunjungi halaman pengajuan banding Shopee melalui website Formulir Permintaan Aktivasi Akun
  2. Isilah formulir pengajuan pemulihan akun yang diminta, seperti nama lengkap, alamat email, nomor HP yang bisa dihubungi.
  3. Jelaskan kendala anda dengan detail agar pihak Shopee dapat menyelesaikan kendala dengan cepat.
  4. Sertakan juga bukti screenshot kendala anda dengan format PNG/ JPEG/ JPG.
  5. Setelah itu berikan alasan kenapa akun anda harus diaktifkan kembali. Misalnya, karena masih ada saldo Shopeepay, saldo penjualan, atau karena anda tidak benar melakukan tindakan pelanggaran, dan lain-lain.
  6. Cantumkan juga foto KTP serta dokumen pendukung (kartu keluarga).
  7. Jika semuanya sudah diisi, maka langkah terakhir silahkan klik tombol ‘Kirim’ dan tunggulah pihak Shopee menanggapi pengajuan anda.
  8. Selesai. Perlu diingat bahwa dalam proses pemulihan akun ini, pihak Shopee mungkin akan menghubungi anda melalui nomor HP yang anda cantumkan pada formulir pengajuan. Oleh karena itu, pastikan nomor kamu selalu aktif!
  • Hubungi Tim Layanan/ CS Shopee

Cara mengatasi gagal A02 Shopee
Cara mengatasi gagal A02 Shopee

Cara mengatasi gagal A02 Shopee yang kedua bisa dilakukan dengan menghubungi tim layanan atau Customer Service Shopee. Berikut kami sajikan langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee anda yang telah dibatasi.
  2. Silahkan tab pada menu “saya“.
  3. Kemudian scroll kebawah. Pilih dan klik opsi “chat dengan Shopee“
  4. Pada kolom memasukkan pesan yang ditampilkan, silahkan sampaikan/ tulis keluhan anda terkait dengan pengajuan untuk pemulihan akun.
  5. Nantinya akan muncul balasan otomatis dari sistem Shopee yang melampirkan beberapa opsi yang dapat membantu anda, termasuk salah satunya adalah opsi “Chat dengan Customer Service“.
  6. Klik lah menu ” chat dengan Customer service” tersebut. Maka secara otomatis anda akan dihubungkan dengan salah satu Customer Service Shopee.
  7. Sampaikan keluhan anda pada Customer service yakni permintaan untuk aktivasi atau pemulihan akun Shopee yang dibatasi.
  8. Customer service akan mengarahkan kamu langkah demi langkah agar dapat mengaktifkan kembali akun Shopee kamu.
  9. Silahkan berikan beberapa berkas atau persyaratan yang diminta oleh Customer service untuk pemulihan akun.
  10. Apabila persyaratan untuk pemulihan akun sudah dilengkapi, Customer service akan memberikan konfirmasi agar anda menunggu, pihak Shopee akan memproses permintaan pemulihan akun Shopee anda.
  11. Pada saat yang bersamaan juga customer service akan menanyakan apakah masih ada yang ingin anda tanyakan sebelum akhirnya mengakhiri sesi chat. Jika tidak ada, silahkan balas ‘Tidak, terimakasih’.
  12. Setelah beberapa langkah diatas telah anda lakukan. Maka pada tahap terakhir anda tinggal menunggu konfirmasi akan pengaktifan kembali akun Shopee anda.
Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Selain melalui aplikasi, anda juga bisa menghubungi Customer Service Shopee lewat:

Email help@support.shopee.co.id
Call center (021) 1500702 atau 39500300
Instagram resmi https://www.instagram.com/shopee_id/
Facebook https://www.facebook.com/ShopeeID
Twitter https://twitter.com/ShopeeCare
NOTE 
Perlu diketahui bahwa 2 cara mengatasi gagal A02 Shopee diatas hanya bisa dilakukan dalam waktu paling lama 30 hari sejak akun dibatasi. Apabila lewat dari 30 hari anda tidak mengajukan banding, maka akun anda yang telah dibatasi akan ditangguhkan secara permanen.

Selain itu, perlu juga diingat bahwa pengajuan banding atau permohonan untuk pemulihan akun tidak selalu akan berhasil pada setiap pengguna. Apabila anda terbukti melakukan pelanggaran dan termasuk sebagai pelanggaran berat (tidak dapat di toleransi), maka pengajuan naik banding anda akan ditolak, sehingga akun Shopee anda akan dibatasi secara permanen!

Cara mengatasi gagal A02 Shopee
Cara mengatasi gagal A02 Shopee
  • Ganti Akun Shopee

Seperti yang anda lihat diatas bahwa pengajuan naik banding atau pemulihan akun Shopee yang dibatasi tidak selalu menjanjikan akan berhasil. Selain itu, terlalu lama mengajukan banding atau lewat dari 30 hari juga akan membuat akun Shopee akan ditangguhkan secara permanen.

Oleh karena itu, jika anda terlambat mengajukan permohonan pemulihan akun, pengajuan banding anda ditolak, tidak ada respon atau titik terang mengenai kelanjutan permohonan aktivasi akun dari pihak Shopee, atau jika anda tidak ingin ribet untuk menindaklanjuti kasus akun Shopee yang dibatasi, maka anda bisa mencoba cara mengatasi gagal A02 Shopee yang selanjutnya, yaitu dengan mengganti akun Shopee.

Daftarkan lah kembali akun Shopee anda dengan menggunakan nomor telepon yang berbeda dengan yang sudah terdaftar pada akun sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa, pada langkah pembuatan akun Shopee yang baru, anda perlu menghapus akun Shopee yang pertama terlebih dahulu.

Baca Juga :  2 Cara Membatalkan Getcontact Premium di Android & iPhone

Hal itu karena, layanan Shopee membatasi penggunaan KTP hanya dapat digunakan untuk satu akun Shopee saja. Sementara itu, anda juga tidak bisa menggunakan identitas orang lain seperti keluarga atau saudara untuk mendaftar akun Shopee yang baru, karena tindakan ini termasuk sebagai pelanggaran yang juga akan berdampak pada akun Shopee ditangguhkan.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee
Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Dengan mengikuti langkah-langkah dari beberapa cara mengatasi gagal A02 Shopee diatas, anda dapat mengatasi notifikasi ‘Gagal A02’ yang muncul di akun Shopee anda dan kembali melanjutkan berbagai aktivitas dan keperluan anda dalam aplikasi Shopee tanpa kendala!

Back to top button