Tutorial

8 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

Instagram kamu bermasalah? beranda nya itu itu aja? Ingin tau cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda? Pasti banyak ya yang pernah mengalami hal yang sama  namun penyebab nya sangat banyak 

Sehingga cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda  beda juga solusinya. Jadi kita bahas ya cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda sehingga kita tahu nanti bagaimana caranya

Karena di zaman sekarang kita sepertinya tiap orang pasti sudah mempunyai akun instagram karena banyak yang mengabadikan keseharian bahkan buat kenangan foto di Instagram jadi sangat mudah dan tidak memakan ruang tentunya jika menyimpan arsip foto maupun vidio

Jadi mari bahas tuntas cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda.

Lihat Juga: Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

Dikatakan instgram tidak dapat memuat ulang beranda jika kita menyentuh loading atau icon bulat dan Instagram tidak loading sama sekali dan Anda terus tekan dan hasilnya tetap sama maka tentunya Anda pasti merasa sedikit kesal dan bingung. Namun tenang saja kali ini saya akan membantu

Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut. Ini cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Pastikan koneksi internet Anda lancar

Tips pertama cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang bisa Anda coba yakni cek kecepatan internet Android Anda. Pastikan internet Anda dalam kecepatan yang cukup untuk memutar video di YouTube atau loading page dengan ringan dan cepat.

Coba gunakan mode pesawat terbang (Airplane Mode) selama beberapa saat untuk memperbaharui sinyal pada ponsel. Tes juga dengan browsing atau membuka sosial media lain, pastikan kecepatan normal dan tidak lemot. Jika lemot maka tentu Anda bisa sadari kalau Instagram Anda juga serasa lemot.

Baca Juga :  5 Cara Membalas Pesan Instagram Seperti WA

2. Hapus Cache Instagram.

cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda
Hapus Data Chaca: Sumber- Canvas

Kemudian Kedua cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda cache Instagram menumpuk disebabkan karena banyaknya hal yang diakses pada aplikasi. Cache bisa dikatakan sebagai file sampah yang masih ada pada aplikasi. Apabila file cache terlalu banyak, membuat pengoperasian aplikasi dan perangkat terganggu.

Untuk itu menghapus cache dapat dilakukan secara berkala. Bahkan menghapus cache bisa mengatasi kabar beranda tidak dapat memuat ulang.

Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Tembolok untuk menghapus cache Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

3. Paksa Berhenti (Force Close) Aplikasi Instagram

Ketiga cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda jika setelah kamu bersihkan data cache dan koneksi internet kamu baik-baik saja. tetapi instagram masih juga tidak mampu memuat ulang kabar berita (feed), tindaka berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan force close (Paksa Berhenti Aplikasi).

Sebab ketika kamu keluar dari aplikasi hanya dengan menekan tombol back (kembali), maka aplikasi sebenarnya tidak benar-benar keluar. Kamu bisa lihat di recent apps.

Untuk menutup aplikasi secara sempurna, silakan: Buka Pengaturan (Setelan) -> pilih Manager Aplikasi (Aplikasi Terinstal) -> Cari dan tab aplikasi Instagram -> Pilih Paksa Henti (Force Close).

4. Reboot HP Anda

Tips ketiga untuk cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang bisa Anda lakukan, cobalah untuk me-restart ponsel Android Anda. Tips ini akan membuat service sistem dan aplikasi terinstall di muat ulang. Hal ini akan membantu memperbaiki bugs yang kemungkinan terdapat pada sistem maupun aplikasi. Berikut Caranya

1 .Buka Setting (Pengaturan) dari hp Android
2. Pilih General Management (Manajemen Umum)
3. Klik Reset (Atur Ulang)
4. Klik Factory Data Reset (Reset Data Pabrik)
5. Klik Reset Device (Atur Ulang Perangkat)
6. Tunggu beberapa saat, nanti muncul layar Android Recovery
7. Tekan tombol Volume Turun hingga opsi Factory Reset
8. Tekan tombol Daya
9. Pada layar peringatan tekan tombol Volume Turun sampai opsi Yes
10. Tekan tombol Daya
11. Tunggu beberapa saat, layar Android Recovery akan kembali muncul dengan opsi Reboot
12. Pilih Reboot System Now
13. Tekan tombol Daya untuk Reboot ulang sistem

Baca Juga :  5+ Cara Menonaktifkan Safe Search Yang Terkunci Dengan Mudah
cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda
Reboot Hp: Sumber- Mocipay

 

5. Hapus data aplikasi Instagram

Jika metode kedua tidak berhasil maka cobalah dengan metode ketiga yakni menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan membuat Instagram kembali pada kondisi semua atau default seperti halnya baru menginstall.

Hapus data Android akan membuat Anda kehilangan basis data, data login, history, dan file sampah aplikasi Instagram. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk menghapus data Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Setelah berhasil menghapus data Instagram, selanjutnya Anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram. Login dengan username dan password yang Anda miliki sebelumnya.

6. Update aplikasi Instagram

Update Aplikasi Instagram
Update Aplikasi Instagram:Sumber-Mocipay

Pengembang aplikasi umumnya merilis pembaruan yang berisi perbaikan bug atau masalah. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi pengguna untuk rutin memperbarui versi aplikasi, termasuk Instagram. Update Instagram untuk mengatasi aplikasi Instagram force close, bisa dilakukan di Google Play Store atau App Store. Cukup tekan tombol “Update” untuk memperbarui aplikasi dan tunggu hingga proses pembaruan terpasang sempurna di perangkat.

Untuk update aplikasi, Anda bisa kunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi Instagram. Selanjutnya dari situlah Anda bisa lakukan update aplikasi Instagram.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

7. Install ulang aplikasi Instagram

Apabila semua cara di atas telah Anda lakukan, namun tidak membuahkan hasil sama sekali dan masalah Anda tidak teratasi, maka terpaksa Anda hapus aplikasi Instagram dan pasang dengan aplikasi Instagram yang baru. Mungkin saja Anda download Instagram dari pihak ketiga yang tidak terjamin keamanan dan stabilitas penggunaannya.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Tap Hapus Instalasi untuk menghapus Instagram.
  • Selesai.
Baca Juga :  4 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Setelah berhasil menghapus aplikasi Instagram, Anda harus membersihkan file sampahnya pula. Selanjutnya Anda reboot HP Android dan barulah Anda unduh yang baru langsung dari Google Play Store.

8. Periksa storage

Terakhir cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda adalah uang penyimpanan yang sedikit dapat menyebabkan sebuah smartphone kesulitan untuk menjalankan aplikasi. Alhasil, beragam aplikasi yang hendak dijalankan mendadak error, crash, dan tertutup secara paksa.

Untuk dapat menjalankan aplikasi dengan lancar, smartphone harus memiliki sisa memori sebesar 10-15 persen dari kapasitas memori secara keseluruhan. Alokasi storage (ruang penyimpanan) yang digunakan pada smartphone dapat dilihat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Android Buka menu “Settings/Pengaturan” > “Storage/Penyimpanan”. Anda dapat melihat jumlah storage yang yang digunakan.

iOS Buka menu “Settings/Pengaturan” > “General/Umum”. Pilih “Storage/Penyimpanan”. Kapasitas storage yang digunakan dapat dipantau melalui menu ini

Tips Penjelasan
Periksa Koneksi Internet Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Masalah dengan jaringan dapat menyebabkan masalah saat memuat ulang beranda. Cobalah untuk memuat halaman web atau aplikasi lain untuk memastikan koneksi internet Anda berfungsi dengan baik.
Tutup dan Buka Kembali Aplikasi Coba keluar dari aplikasi Instagram dan buka kembali. Terkadang, ini cukup untuk mengatasi masalah sementara yang mungkin terjadi dalam aplikasi. Untuk keluar dari Instagram, geser aplikasi dari tampilan belakang (swipe up pada perangkat Android, atau geser ke atas dan tahan pada perangkat iOS).
Perbarui Aplikasi Instagram Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari Instagram. Cek toko aplikasi Anda (Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS) untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia untuk Instagram. Kadang-kadang, pembaruan dapat mengatasi masalah teknis.
Hapus Cache Aplikasi Jika Anda menggunakan Instagram di perangkat Android, Anda dapat mencoba menghapus cache aplikasi Instagram. Buka Pengaturan > Aplikasi > Instagram > Penyimpanan > Hapus Cache. Ini dapat membantu menghilangkan data sementara yang mungkin menyebabkan masalah.
Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi Instagram dari perangkat Anda dan menginstal ulangnya. Pastikan Anda telah mencadangkan data atau foto yang Anda butuhkan sebelum melakukan ini.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda
Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

Begitulah cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda sehingga suatu saat jika terjadi pada kita atau terjadi pada teman kita. Kita tau cara mengatasi maupun solusinya karena mungkin saat ini kita pasti pakai instagram jadi sangat penting tau. Cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda

Back to top button