Tutorial

2 Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp

Bicara soal cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp kita semua tentu sudah tau bahwa layar akan mati secara otomatis sewaktu wa digunakan untuk telponan bukan?

Hal tersebut memang sangat wajar sekali namun tidak semua pengguna whatsapp telah memahami hal tersebut serta penyebabnya.

Untuk itu, mari kita membahas cara mengatasi layar mati saat telponan serta apa saja penyebabnya karena permasalahan tersebut bukanlah sebuah kondisi yang hanya terjadi pada whatsapp melainkan pada aplikasi-aplikasi lainnya.

Penyebab Layar Mati Saat Teleponan Di Whatsapp

penyebab layar hp mati saat dalam panggilan whatsapp
penyebab layar hp mati saat dalam panggilan whatsapp

Sebelum memahami cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp, mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab layar mati saat telponan di wa memang perlu kamu lihat terlebih dahulu.

Umumnya, penyebab layar mati saat sedang teleponan di wa ialah tak lain dikarenakan adanya sebuah sensor yang dikenal sebagai sensor proximity.

Sensor proximity ialah fitur yang hampir sudah dimiliki oleh semua jenis handphone. Fitur proximity sendiri berfungsi untuk mematikan layar hp secara otomatis ketika adanya tekanan wajah dari si pengguna yang sedang mendekati layar hp seperti kondisi sedang menelepon di whatsapp.

Fitur proximity juga sengaja diciptakan dengan beberapa alasan sebagai berikut :

  • Agar baterai tetap hemat walau kamu sedang dalam panggilan telepon whatsapp
  • Untuk mengurangi suhu panas pada hp saat sedang melakukan panggilan whatsapp dalam waktu yang cukup lama
  • Agar hp terhindar dari dampak salah tekan dikarenakan layar ponsel selalu hidup
  • Membuat privasi lebih terjaga karena layar jadi tidak terlihat jelas saat kamu sedang berada dalam panggilan whatsapp

Jika dilihat dari penyebab layar mati saat telponan di whatsapp, penggunaan fitur layar mati secara otomatis memang sangat membantu karena kita tetap bisa menjaga privasi serta kualitas hp kita walau kita sedang dalam panggilan yang memakan waktu cukup lama sekalipun.

Baca Juga :  Wajib Tahu! 3 Cara Aktivasi Kartu Telkomsel Lupa NIK dan KK

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon Di Whatsapp

cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp
cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp

Jika kamu merasa fitur proximity tersebut sangat mengganggu dan kurang bermanfaat buat kamu maka kamu bisa menghilangkannya dengan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp berikut ini.

Caranya bisa dilakukan melalui menu pengaturan yang ada di setiap ponsel dengan tahapan yang berbeda sesuai jenis ponselnya masing-masing.

1. Cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp Hp Oppo

Para pengguna hp oppo sering sekali mengalami kendala saat telponan di whatsapp sensor proximity yang ada di ponsel mereka tidak berfungsi dengan baik.

Untuk itu tak sedikit dari mereka yang ingin menghilangkan fitur tersebut agar layar tetap hidup walau dalam kondisi sedang dalam panggilan sekalipun.

Jadi buat kamu yang punya hp oppo dan ingin mencoba caranya, berikut kami hadirkan urutan tahapan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp :

  • Tekan tombol samping untuk menghidupkan kembali layar yang mati saat sedang melakukan panggilan telepon wa
  • Gunakan pelindung layar yang dapat menutupi bagian sensor di ponsel kamu
  • Terakhir tutup fitur proximity menggunakan metode force stop pada menu pengaturan dengan menekan aplikasi whatsapp sampai muncul icon i > lalu klik info aplikasi tersebut > pada halaman informasi aplikasi pilih force stop dan selesai

2. Cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp Hp Vivo

Selain hp vivo, kami juga menghadirkan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp untuk tipe hp vivo. Jadi mari gunakan tahapan cara berikut ini jika kamu merupakan seorang pengguna hp vivo:

  • Langkah pertama silahkan kamu pergi ke menu setelan telepon
  • Kemudian pilih menu aplikasi sistem
  • Cari ke bawah sampai kamu menemukan setelan panggilan
  • Lalu, klik menu setelan panggilan masuk
  • Terakhir klik nonaktif untuk opsi senso jarak yang ada pada menu setelan masuk tersebut

Apabila kalian tidak menemukan menu aplikasi sistem maka kalian bisa langsung melakukan pencarian pada kolom cari aplikasi di perangkat ini pada menu telepon saja karena fitur pencarian telepon lebih mudah digunakan untuk mencari aplikasi atau apapun yang ingin kamu buka di ponsel kamu.

Baca Juga :  6 Cara Melihat Pengeluaran di Shopee yang Wajib Diketahui

Sedangkan untuk cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp pada merk hp xiaomi, samsung dan merk hp lainnya ternyata sudah sama dengan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp untuk tipe hp vivo.

Sehingga kamu hanya perlu melakukan penyesuaian caranya saja dengan tipe hp yang kamu miliki nantinya.

Perlu diingat bahwa melalui 2 cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp tersebut maka saat ini fitur proximity yang ada di ponsel kamu akan hilang secara otomatis.

Dan kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut kembali dengan tahapan atau langkah-langkah yang sama apabila kamu ingin mengubah layar mati saat sedang teleponan di whatsapp ya.

Solusi Jika Ternyata Cara Tersebut Gagal

solusi untuk cara mengatasi layar mati saat telepon whatsapp yang GAGAL
solusi untuk cara mengatasi layar mati saat telepon whatsapp yang GAGAL

Terkadang menyelesaikan tahapan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp tidak selalu memberikan hasil yang maksimal untuk kita karena ada kalanya setiap cara yang kita lakukan bisa gagal saat proses pengerjaan atau sesudahnya.

Nah, ketika kamu sudah mencoba cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp dan hasilnya gagal maka kamu bisa mencoba solusi lainnya. Seperti :

  1. Jika masih belum bisa juga, coba reset hp kalian untuk mengetahui barangkali penyebabnya berasal dari sistem ponsel kalian sendiri
  2. Berikutnya coba gunakan headset karena jika kita memiliki jarak yang jauh dengan bagian sensor maka seharusnya fitur proximity tidak akan bekerja dan layar ponsel tetap menyala.
  3. Silahkan kamu lakukan proses service hp ke service center jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan ponsel kamu karena dengan begitu sensor tersebut bisa diperbaiki dan kembali ke kondisi semula ya.

Cara Mengatasi Fitur Sensor Hp Yang Tidak Berfungsi Dengan Baik

cara mengatasi fitur sensor hp tidak berfungsi
cara mengatasi fitur sensor hp tidak berfungsi

Ada kalanya, ketika kamu ingin mengaktifkan fitur sensor proximity kembali namun fitur tersebut ternyata sudah tidak bisa digunakan dengan baik.

Dan saat kamu menemukan peristiwa tersebut, kamu langsung buru-buru membawa ponsel kamu ke pusat service hp agar sensor bisa bagus kembali.

Nah, untuk masalah tersebut ada baiknya kamu tidak langsung mengambil tindakan membawa hp ke pusat perbaikan hp karena ada cara mengatasi fitur sensor hp yang tidak berfungsi dengan baik yang bisa kamu lakukan sendiri terlebih dahulu.

  • Coba lepaskan tempered glassĀ yang menempel pada ponsel kamu karena bisa saja benda tersebut menghalangi fungsi sensor yang dimiliki oleh ponsel kamu
  • Perhatikan apakah bagian sensor pada ponsel kamu kotor, jika benar coba bersihkan bagian tersebut menggunakan alat pembersih dengan bahan yang lembut
  • Lanjutkan dengan membersihkan bagian sensor menggunakan tissue maupun lap dengan tekstur yang lembut juga
  • Apabila sudah selesai, pasang tempered glassĀ kembali pada ponsel
  • Dan coba lakukan panggilan telepon di whatsapp seperti sebelumnya
  • Jika tahapan diatas berhasil maka fitur sensor proximity akan merespon dengan baik
Baca Juga :  5 Cara Buat Struktur Organisasi Di Word, Power Poin, Dan Excel Terbaru

Sekedar informasi penting buat kamu bahwa cara mengatasi fitur sensor hp yang tidak bekerja dengan baik diatas hanya bisa dilakukan dalam satu kali percobaan saja.

Karena jika kamu melakukannya secara berulang maka tempered glass yang kamu gunakan tidak akan menempel dengan baik lagi.

Untuk itu jika kamu menemukan kejadian fitur sensor hp tidak bekerja dengan baik secara berulang maka kamu boleh membawa ponsel kamu ke pusat service hp terdekat.

Penutup

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp
Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp
Cara Deskripsi
Periksa Pengaturan Layar Coba tekan tombol daya atau ketuk layar untuk memastikan bahwa ponsel tidak dalam mode tidur atau mati.
Periksa Pengaturan Privasi WhatsApp Pastikan bahwa pengaturan “Tampilan” tidak diatur ke “Tidak Ada” atau “Kontak Saya” saja. Sebaiknya atur ke “Semua orang” jika Anda ingin melihat siapa pun yang mengirim pesan atau melakukan panggilan.
Periksa Izin Aplikasi Pastikan bahwa WhatsApp memiliki izin untuk mengakses kamera, mikrofon, dan layar Anda.
Perbarui WhatsApp Perbaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug dan masalah yang mungkin memengaruhi fungsi panggilan video.
Cek Koneksi Internet Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat menggunakan WhatsApp. Layar mungkin mati jika koneksi Anda lemah atau terputus.
Reboot Ponsel Anda Coba reboot (restart) ponsel Anda untuk mengatasi masalah sementara yang mungkin terjadi.
Periksa Masalah Perangkat Keras Jika masalah terus berlanjut, ada kemungkinan ada masalah perangkat keras pada ponsel Anda yang memengaruhi layar atau fungsi panggilan.

Dengan matinya layar ponsel kamu saat melakukan panggilan whatsapp akan menjadikan baterai ponsel kamu lebih terjaga dan awet

Akan tetapi jika kamu tidak ingin mendapatkan keuntungan tersebut maka kamu bisa menonaktifkan fitur sensor proximity menggunakan cara mengatasi layar mati saat telepon di whatsapp yang telah kami sajikan.

Terimakasih sudah mampir ke halaman ini dan sampai bertemu pada pembahasan selanjutnya.

Back to top button