Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Menanggapi

Pernah mengalami whatsapp tidak menanggapi? Sudah tau alasan kenapa Whatsapp tidak menanggapi? Jika belum, tenang saja! Karena dalam artikel ini kami akan menampilkan beberapa penyebab serta solusi mudah untuk mengatasinya.

Tak jarang kegiatan berkomunikasi online kita khususnya melalui aplikasi Whatsapp menjadi terganggu karena adanya masalah Whatsapp tidak merespons. Sebenarnya keadaan ini kerap disebabkan oleh kesalahan penggunanya sendiri. Penasaran apa saja kesalahan pengguna yang dimaksud? Cek di bawah ini!

Seputar Mengenai Whatsapp

Sumber: static.whatsapp.net

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai “Kenapa Whatsapp tidak menanggapi” kami akan menyajikan terlebih dahulu sedikit penjelasan singkat seputar Whatsapp.

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang sangat populer sekarang ini. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan melakukan panggilan suara maupun video. Semenjak kemunculan Whatsapp ini, orang-orang pada beralih dan bahkan tidak lagi menggunakan aplikasi media chat yang sebelumnya digunakan. Bahkan aplikasi Whatsapp ini menjadi media yang paling banyak dijadikan sebagai forum percakapan grup (Grup Whatsapp) seperti grup pekerjaan, keluarga, sekolah, perkuliahan, dll.

Kenapa Whatsapp Tidak Menanggapi?

Kenapa Whatsapp tidak menanggapi

Nah, setelah anda mengetahui sedikit mengenai aplikasi whatsapp, sekarang kami akan memaparkan beberapa alasan yang menjadi penyebab dari “kenapa Whatsapp tidak menanggapi

Ada beberapa kemungkinan hal yang membuat aplikasi Whatsapp tidak merespons, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cache menumpuk

Kemungkinan pertama kenapa Whatsapp tidak menanggapi adalah “Cache menumpuk” Cache merupakan sampah dari history aktivitas dari sebuah sistem dan aplikasi. Aktivitas yang kamu lakukan melalui Whatsapp termasuk ketika membuka sebuah website akan tersimpan otomatis dalam penyimpanan cache.

Di satu sisi, hal ini sangat bermanfaat untuk membuat aplikasi anda menjadi cepat dalam mengakses sesuatu, akan tetapi jika sudah menumpuk maka sebaliknya malah akan berdampak buruk pada kinerja aplikasi anda. Anda tidak perlu khawatir, menghapus cache tidak akan menghapus data-data whatsapp anda yang tersimpan dalam memori HP.

  • Koneksi internet tidak stabil

Sumber: media.istockphoto.com

Whatsapp tidak merespons juga dapat disebabkan oleh koneksi internet yang sedang tidak stabil. mengingat aplikasi Whatsapp merupakan sebuah aplikasi yang bergantung pada jaringan internet maka semua aktivitas anda dalam mengoperasikan aplikasi whatsapp tidak akan berjalan jika koneksi anda sedang buruk atau tidak tersedia.

  • Adanya masalah teknis pada aplikasi

Whatsapp adalah sebuah aplikasi teknologi yang kompleks dan dapat mengalami masalah teknis dalam jangka waktu tertentu. Kesalahan teknis ini biasanya disebabkan oleh adanya bug/ masalah server pada aplikasi. Keadaan ini menyebabkan sistem dalam website mengalami kegagalan sehingga menyebabkan halaman/ aplikasi tidak bisa diakses.

  • Whatsapp sedang dalam pemeliharaan jaringan

Kemungkinan berikutnya terkait kenapa Whatsapp tidak menanggapi adalah adanya pemeliharaan jaringan. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kinerja aplikasi yang kerap menyebabkan beberapa fitur dari Whatsapp menjadi tidak berfungsi atau bahkan tidak merespons sama sekali.

  • Perubahan kebijakan privasi

Demi terjaminnya keamananan data dan privasi pengguna, pihak developer Whatsapp terus berinovasi untuk meningkatkan sistem kemananan yang lebih kuat sebagai benteng pertahanan agar data-data penting/ privasi para pengguna tidak bocor ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Aplikasi whatsapp kadaluarsa

Setiap aplikasi membutuhkan yang namanya pembaruan/ update aplikasi dalam rentang waktu tertentu. Ketika sebuah aplikasi itu sudah kadaluarsa, maka akan menyebabkan whatsapp menjadi kehilangan sebagian fungsi dan fitur nya serta akan mempengaruhi kecepatannya dalam merespons perintah yang kamu jalankan.

  • Memori penyimpanan Whatsapp penuh

Penuhnya memori penyimpanan Whatsapp juga bisa berpengaruh pada kecepatan kinerja suatu aplikasi dalam menjalankan suatu perintah. Dalam manager aplikasi anda dapat melihat penyimpanan whatsapp, yang mana disana akan tersimpan semua file seperti file foto/ video yang terkirim dan diterima, status teman whatsapp yang anda lihat, file dokumen word/ Pdf, dll. Selain membuat performa HP menjadi lemot, penuhnya penyimpanan aplikasi Whatsapp ini juga bisa menjadi alasan utama kenapa Whatsapp tidak menanggapi.

  • Terlalu memaksakan kinerja ponsel

Banyak orang yang memiliki sikap tidak sabaran ketika sedang memainkan ponselnya. Keadaan terlalu memaksakan kinerja ponsel ini ditandai dengan aktivitas yang membuka dan menjalankan aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Tanpa kamu sadari, bahwa yang kamu lakukan tersebut dapat membuat ponsel kamu kewalahan dalam merespons semua perintah yang kamu minta/ jalankan dalam waktu yang bersamaan tersebut.

  • Adanya masalah pada perangkat

Setiap perangkat dilengkapi dengan hardware dan software yang memiliki komponennya masing-masing dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda namun saling berhubungan. Hardware atau perangkat keras HP merupakan segala komponen penyusun sebuah ponsel yang dapat dilihat dan dipegang. Sedangkan software merupakan perangkat lunak HP yang tidak memiliki bentuk fisik melainkan berupa sebuah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan tujuan serta fungsi tertentu.

Dari pengertian tersebut tentu anda sudah bisa menyimpulkan bahwa yang berperan dalam pengoperasian aplikasi adalah software. Sehingga jika terdapat masalah pada software perangkat anda, maka akan menyebabkan beberapa masalah pada performa dan kinerja HP termasuk pada aplikasi whatsapp yang tidak menanggapi ketika dibuka.

Cara Mengatasi Kenapa Whatsapp Tidak Menanggapi

Anda telah mengetahui beberapa hal yang menjadi kemungkinan penyebab dari “kenapa whatsapp tidak menanggapi”. Pada pembahasan berikutnya, dibawah ini kami akan menampilkan juga beberapa cara mengatasi masalah terkait kenapa whatsapp tidak menanggapi.

Penyebab  Cara Mengatasi 
Adanya masalah teknis pada aplikasi Silahkan tunggu sampai perbaikan sistem oleh pihak/ developer Whatsapp selesai dilakukan
Cache menumpuk Lakukan penghapusan cache aplikasi secara rutin yang dapat dilakukan melalui manager file pada aplikasi Whatsapp
Koneksi internet tidak stabil Silahkan ganti konektivitas internet anda. Jika memungkinkan anda bisa beralih menggunakan wifi/ tethering
Perubahan kebijakan privasi Lakukan update sistem pada Smartphone anda
Whatsapp sedang dalam pemeliharaan jaringan Tunggu sampai pemeliharaan jaringan selesai ditangani. Biasanya ini tidak sering terjadi, namun pada saat terjadi akan berlangsung selama beberapa jam
Aplikasi whatsapp kadaluarsa lakukan pembaharuan/ update aplikasi whatsapp anda melalui pengelola aplikasi atau bisa juga dari google play store
Adanya masalah pada perangkat  Jika masalahnya terdapat pada software cobalah untuk melakukan reboot HP. Namun jika tidak berhasil juga, maka solusi terakhir adalah membawa ke tukang servis HP terdekat
Memori penyimpanan Whatsapp penuh Hapus file-file tidak penting dalam penyimpanan whatsapp anda. terutama file video yang pada dasarnya lebih banyak memakan ruang penyimpanan
Terlalu memaksakan kinerja ponsel Pertama, buanglah semua aplikasi yang sedang berjalan termasuk Whatsapp. Kemudian mulai ulang whatsapp. Hal ini berfungsi untuk merefresh system kerja ponsel. Namun jika tetap juga seperti itu, cobalah untuk melakukan restart HP atau menonaktifkan HP sementara dan menghidupkan kembali.

Penutup

Kenapa Whatsapp Tidak Menanggapi
Kenapa Whatsapp Tidak Menanggapi

Mengingat Whatsapp merupakan sebuah aplikasi yang sekarang ini menjadi sebuah aplikasi yang paling utama untuk kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, maka akan sangat menjengkelkan jika suatu masalah terjadi pada Whatsapp kita termasuk masalah Whatsapp yang tidak menanggapi.

Nah, pada penjelasan diatas kami telah memaparkan penyebab serta cara mengatasi masalah terkait “kenapa whatsapp tidak menanggapi” Kami berharap semoga penjelasan yang telah kami tampilkan tersebut dapat membantu sobat semuanya. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Back to top button