Tutorial

9+ Cara Mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon: Mudah Banget!

Sensor sidik jari ponsel anda tidak berfungsi? Yukkk, cari tau bagaimana cara mengatasi sidik jari tidak merespon dalam postingan Mocipay kali ini.

Di era modern seperti sekarang ini, sidik jari telah menjadi salah satu metode keamanan yang paling populer  dan efektif untuk membuka perangkat dengan cepat, praktis dan aman. Namun, terkadang kita menghadapi situasi di mana sidik jari pada perangkat kita tidak dapat merespon dengan baik.

Hal ini tentu saja dapat menjadi sebuah pengalaman yang menjengkelkan. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan menghadirkan beberapa cara mengatasi sidik jari tidak merespon dengan langkah-langkah yang sederhana, mudah, serta dapat dilakukan dengan cepat tanpa ribet. Penasaran? Maka gulir layar kamu, dan lihat selengkapnya dibawah ini!

Sekilas tentang sidik jari HP (Fingerprint)

Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon
Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon

Sidik jari atau yang lebih akrab disebut dengan fingerprint merupakan salah satu metode keamanan dan perlindungan privasi pada ponsel yang akan mengidentifikasi pemilik perangkat berdasarkan pola unik pada ujung jari. Fingerprint menggunakan teknologi biometrik yang berfungsi untuk merekam pola sidik jari yang kemudian pola tersebut akan disimpan dan digunakan untuk mengidentifikasi pemilik perangkat.

Letak fingerprint pada setiap ponsel berbeda-beda. Pada awal fitur ini diluncurkan, fingerprint ini diletakkan di bagian belakang layar, sehingga tampak sangat jelas. Namun seiring berjalannya waktu, fitur fingerprint saat ini sudah banyak yang di letakkan di bagian samping layar berdekatan dengan tombol power, bahkan ada juga yang terletak langsung di bagian layar sehingga tidak akan terlihat pada orang lain bahwa ponsel tersebut sudah menggunakan teknologi sensor fingerprint.

Kelebihan dan kekurangan fingerprint sebagai kunci perangkat

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan fitur sidik jari (fingerprint), perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu bahwa penggunaan sidik jari sebagai kunci perangkat memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk dipertimbangkan. Berikut kami tampilkan masing-masing kelebihan dan kekurangan fingerprint sebagai salah satu metode keamanan dan perlindungan privasi pada ponsel pintar.

Kelebihan fingerprint sebagai kunci perangkat

Ada beberapa kelebihan sidik jari (fingerprint) sebagai kunci perangkat yang membuat orang-orang lebih senang menggunakannya. Beberapa diantaranya adalah seperti:

  • Fingerprint memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa sidik jari pada setiap individu berbeda-beda (unik). Oleh karena itu, mustahil jika ada orang yang bisa memalsukannya.

Baca Juga :  10 Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram
  • Lebih praktis

Penggunaan fingerprint sebagai kunci layar jauh lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan PIN atau kata sandi maupun pola. Dengan fingerprint, anda tidak perlu mengetik atau mengingat kombinasi angka maupun huruf.

  • Cepat dan mudah

Kelebihan selanjutnya yaitu penggunaan fingerprint yang sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu menempelkan jari anda pada sensor, dalam beberapa saat kunci layar perangkat anda akan terbuka.

  • Privasi lebih terjaga

Data sidik jari pada umumnya disimpan di memori internal perangkat, sehingga tidak akan dapat di unggah ke server eksternal. Hal ini dapat membuat privasi pengguna lebih terjaga dan aman dari tangan hacker.

  • Bebas risiko lupa kunci

Tak jarang orang sering kelupaan dengan kunci perangkatnya sendiri. Hal ini biasanya terjadi pada ponsel yang menggunakan kunci layar PIN atau kata sandi. Dengan menggunakan sidik jari sebagai kunci layar, pemilik perangkat tentu saja akan terhindar dari risiko lupa kunci.

Kekurangan fingerprint sebagai kunci perangkat

Teknologi sidik jari digunakan untuk mengamankan perangkat dan memberikan akses yang lebih aman, karena setiap individu memiliki pola sidik jari yang unik (berbeda-beda) sehingga mustahil untuk di palsukan. Sayangnya ada juga kekurangan dari kunci layar dengan menggunakan fingerprint, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sidik jari tidak terbaca

Terkadang sensor sidik jari akan sulit membaca atau memverifikasi sidik jari anda jika jari anda dalam keadaan kering, basah, kotor, atau saat sedang terluka. Hal ini akan membuat pengguna sulit membuka kunci layar perangkatnya ketika sambil melakukan aktivitas lain yang mengharuskan jari menjadi kotor atau pun basah. Selain itu, ada juga kendala lain yakni pengguna akan kesulitan membuka kunci saat sedang melakukan aktivitas yang menggunakan sarung tangan.

  • Tidak mutlak aman

Meskipun pola sidik jari unik, ada juga kemungkinan privasi anda bisa dibuka oleh orang lain misalnya ketika anda sedang dalam keadaan tidur. Hal ini akan sangat mengkhawatirkan terutama jika anda sedang dalam perjalanan jauh naik bus atau transport lainnya.

  • Tidak memungkinkan untuk berbagi akses

Kekurangan fingerprint yang terakhir adalah tidak memungkinkan untuk berbagi akses. Terkadang saat sedang sibuk melakukan suatu pekerjaan, anda meminta orang lain untuk melakukan sesuatu di perangkat anda. Apabila perangkat anda menggunakan kunci layar fingerprint, orang lain tidak akan bisa membukanya kecuali jika anda membiarkan mereka mengakses dengan jari anda.

Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di HP

Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari Ponsel
Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari Ponsel

Bagi pengguna baru mungkin akan sedikit mengalami kesulitan ketika ingin mengaktifkan kunci sidik jari ponsel. Oleh karena itu, dibawah ini kami sajikan juga bagaimana cara mengaktifkan kunci sidik jari di HP.

Baca Juga :  7 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Indosat Terbaru 2024

Mengaktifkan kunci sidik jari di HP dapat dilakukan melalui beberapa langkah-langkah, yaitu:

  1. Buka menu pengaturan di perangkat anda
  2. Cari dan klik pada menu “sandi & keamanan
  3. Pilih “buka kunci dengan sidik jari
  4. Arahkan jari anda ke sensor sidik jari di ponsel anda
  5. Ikuti arahannya hingga sidik jari berhasil dibuat
  6. Jika sidik jari sudah berhasil di buat, terakhir anda tinggal memilih dan konfirmasi “sidik jari” sebagai kunci layar perangkat anda.

Kenapa Sidik Jari Tidak Merespon

Kenapa Sidik Jari Tidak Merespon
Kenapa Sidik Jari Tidak Merespon

Sebelum lanjut membahas topik utama dalam artikel ini yaitu cara mengatasi sidik jari tidak merespon, hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu tentu saja adalah penyebab kenapa sidik jari tidak merespon. Ada beberapa alasan mengapa sidik jari pada perangkat anda tidak merespon atau mengalami kesulitan dalam membaca sidik jari. Beberapa alasan yang dimaksud adalah seperti:

Penyebab kenapa Sidik Jari Tidak Merespon Deskripsi Singkat
Permukaan sentuh yang kotor Permukaan sentuh sidik jari yang kotor akan membuat sensor kesulitan mengidentifikasi atau membaca pola sidik jari anda.
Scan area basah Selain karena kotor, scan area yang basah juga akan membuat sensor fingerprint tidak dapat mengenali dan memverifikasi sidik jari anda.
Kondisi jari yang kotor atau basah Kondisi jari yang kotor atau basah dan juga berminyak, seperti setelah mencuci tangan dan berkeringat juga dapat membuat jari anda tidak dapat terbaca oleh sensor fingerprint.
Terdapat kerusakan pada sensor atau scan area sidik jari Kerusakan pada area sentuh sidik jari juga dapat mengakibatkan ketidak responsif an. Kerusakan yang dimaksud disini adalah seperti area sentuh yang retak, tergores, atau pun kerusakan lainnya.
Perubahan pada sidik jari Jika anda memiliki perubahan pada sidik jari anda seperti luka, kulit keriput, atau pun kulit kering yang signifikan, kemungkinan akan mengakibatkan sensor kesulitan untuk mengenali pola sidik jari anda.
Ketidakcocokan teknik pemindaian Terkadang, perangkat memerlukan teknik pemindaian tertentu untuk mendapatkan hasil yang akurat. Cobalah dengan berbagai posisi dan tekanan saat menempelkan jari ke sensor (permukaan sentuh sidik jari).
Masalah pada perangkat lunak Adanya masalah pada perangkat lunak juga dapat menyebabkan sidik jadi kehilangan fungsinya sehingga tidak merespon ketika anda menempelkan jari anda ke sensor.

Cara Mengatasi Sidik Jari Tidak merespon

Nah, anda telah mengetahui beberapa penyebab mengapa sidik jadi tidak merespon. Selanjutnya, disini kami akan menunjukkan beberapa cara mengatasi sidik jari tidak merespon.

Anda tidak perlu khawatir jika anda mengalami situasi di mana sensor sidik jari perangkat anda tidak merespon ketika anda menempelkan jari anda untuk membuka kunci layar. Ada banyak cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang sangat sederhana dan dapat anda lakukan dengan mudah. Diantaranya adalah seperti:

  • Bersihkan area sentuh sidik jari

Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon
Sumber: www.qoala.app/ Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon

Cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang pertama yaitu dengan membersihkan area sentuh sidik jari. Pastikan permukaan sensor tersebut dalam keadaan bersih dan tidak basah atau pun berminyak. Dengan begitu jari anda akan dapat dengan mudah di kenali. Bersihkanlah scan area sidik jari dengan lembut menggunakan kain bersih atau tissue.

  • Pastikan jari dalam keadaan bersih dan tidak basah

Selanjutnya, pastikan juga jari anda dalam keadaan bersih dan tidak basah. Jadi tidak hanya sensor pada perangkat anda saja yang perlu untuk anda perhatikan, namun kebersihan jari anda juga wajib harus anda pertimbangkan. Jari anda sudah harus bersih, kering dan tidak berminyak sebelum mencoba lagi!

  • Ubah posisi dan tekanan

Seperti yang telah kami katakan pada bagian penyebab sidik jari tidak merespon, salah satunya adalah karena ketidak cocok an teknik pemindaian. Oleh karena itu, cobalah dengan berbagai posisi dan tekanan saat menempelkan sidik jari pada sensor.

  • Restart perangkat

Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon
Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon

Cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang berikutnya yaitu dengan me-restart perangkat. Cobalah mulai ulang perangkat anda, karena terkadang kegagalan berbagai akses dalam perangkat dapat teratasi hanya dengan me restart ponsel.

  • Perbarui perangkat lunak

Perangkat lunak yang kadaluwarsa akan mempengaruhi kinerja dan fungsi beberapa fitur dalam perangkat. Maka dari itu, pastikan anda telah mengupdate perangkat lunak anda ke yang terbaru. Pembaruan perangkat lunak dapat mengatasi masalah yang mungkin ada pada versi sebelumnya.

  • Atur ulang sidik jari

Berikutnya, cara mengatasi sidik jari tidak merespon juga dapat dilakukan dengan mengatur ulang sidik jari. Cobalah anda daftarkan ulang sidik jari anda melalui langkah-langkah seperti yang telah kami jelaskan pada bagian cara mengaktifkan fingerprint sebagai layar kunci.

  • Pindah ke sidik jari lain

Jika setelah mengatur ulang sidik jari masalahnya masih belum juga dapat terpecahkan, maka cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang berikutnya adalah cobalah untuk pindah ke sidik jari lain. Hapus lah sidik jari yang terdaftar sebelumnya, lalu daftarkan kembali dengan menggunakan sidik jari yang berbeda. Atau bila perlu, gunakan lah sidik jari anda dari tangan yang berbeda.

  • Kembali ke pengaturan pabrik

Cara mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon
Sumber: eztekno.com

Jika semua langkah diatas tidak berhasil, maka opsi alternatif lainnya yaitu dengan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik (kembali seperti baru dibeli). Ini akan mengembalikan perangkat anda ke pengaturan awal, termasuk pengaturan sandi & keamanan.

Baca Juga :  9 Sensitivitas FF Auto Headshot Android Dan Iphone Terbaru 2024

Namun perlu untuk kamu ingat bahwa, mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data dan file anda termasuk galeri dan aplikasi yang didownload dari play store. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mencadangkan data sebelum melakukan factory reset.

  • Membawa perangkat ke teknisi

Mengembalikan perangkat ke pengaturan awal biasanya akan memulihkan berbagai masalah pada perangkat lunak ponsel termasuk pada pengaturan layar kunci. Oleh karena itu, apabila setelah kembali ke pengaturan pabrik, sensor sidik jari ponsel anda juga tidak dapat merespon. Maka cara mengatasinya yaitu dengan membawa perangkat ke teknisi. Karena kemungkinan hal yang membuat sidik jari tidak merespon adalah karena terdapat kerusakan pada perangkat keras yaitu pada permukaan sentuh atau sensor sidik jari.

  • Beralih ke metode keamanan lain

Membawa perangkat ke teknisi tentu saja memerlukan biaya bukan? dari pada menghabiskan uang, mending anda mencoba cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang terakhir yaitu dengan beralih ke metode keamanan lain seperti kata sandi/ PIN, pola maupun dengan kunci layar dengan wajah.

Simpulan

Cara Mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon
Cara Mengatasi Sidik Jari Tidak Merespon

Dalam menghadapi kendala saat sidik jari tidak dapat merespon, penting bagi kamu untuk tetap tenang agar dapat melakukan langkah penanganan dengan metode yang benar dan tepat. Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi sidik jari tidak merespon yang sebelumnya telah kami tampilkan diatas, anda akan memiliki peluang besar untuk dapat mengembalikan fungsi sidik jari perangkat anda. Selamat mencoba ya

Back to top button