TipsRagamTutorial

7 Cara Cek Angsuran Kur BRI Lewat HP, Lengkap dengan Perhitungannya!

Cara Cek Angsuran Kur BRI Lewat HP bukanlah suatu hal yang sulit lagi untuk dilakukan terlebih jika kamu sudah memiliki akses ke layanan yang telah disediakan oleh BRI pada pelanggannya.

Mengetahui cara cek angsuran KUR BRI merupakan salah satu hal yang wajib diketahui, selain memudahkan kamu untuk melihat sisa angsuran KUR yang akan dibayar, hal ini juga dilakukan sebagai informasi untuk melakukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Nah, apabila kamu ingin menggunakan layanan dan fitur BRi untuk cek KUR yang tersisa, kamu bisa mempraktekkan cara cek angsuran KUR BRi lewat Hp yang tersedia dibawah ini.

Sekilas Tentang Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah suatu program pembiayaan yang diluncurkan oleh pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Program ini diluncurkan sejak 5 November 2007, dimana setiap nasabah atau pelanggan setia Bank Rakyat Indonsea berkesempatan untuk mencoba program yang telah disediakan ini dengan persyatan yang disediakan.

Sekilas tentang KUR BRI
Sekilas tentang KUR BRI

Dikutip dari laman lifepal.co.id besar plafon KUR bisa mencapai 500.000.000 dan dijamin oleh perusahaan tempat dimana kamu melakukan peminjaman.

Pihak yang diberikan KUR adalah mereka yang mengasilkan barang dan jasa seerta mampu membayar kewajiban pokok kredit sesuai dengan waktu pembayaran yang telah ditentukan dan disepakatin sebelumnya.

Cara Cek Angsuran Kur Bri Lewat Hp

Cara Cek Angsuran Kur Bri Lewat Hp
Cara Cek Angsuran Kur Bri Lewat Hp

Saat ini sudah banyak alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa angsuran KUR BRI kamu tanpa harus mendatangi kantor cabang BRI yang ada disekitar kamu.

Salah satu cara cek angsuran KUR Bri lewat hp termudah dan paling umum digunakan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi BriMo. Jika kamu tidak memiliki aplikasi tersebut, masih ada solusi lain yang lebih efektif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi.

Berikut beberapa cara cek angsuran Kur BRI lewat Hp yang dapat dicoba dengan mudah dan simpel, yakni diantaranya :

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah dengan Mudah: Pasti Berhasil!

1. Menggunakan Internet Banking BRI

Cara cek angsuran Kur Bri lewat Hp yaang pertama yaitu dengan menggunakan Internet Banking Bri. Untuk mengeceknya cukup mudah, hanya dengan menggunakan internet banking yang sudah didaftarkan kemudian login memakai perangkat smartphone, laptop maupun komputer.

Internet Banking BRI
Internet Banking BRI

Namun agar cara cek angsuran Kur Bri lewat hp menggunakan internet banking dapat dilakukan kamu harus memiliki kuota internet. Berikut adalah panduan cara cek angsuran KUR BRI lewat HP menggunakan Internet Banking.

  • Kunjungi situs ib.bri.co.id melalui browser di perangkat kamu.
  • Jika sudah terbuka ketikkan user ID dan Password.
  • Ketikkan kode validasi yang muncul dilayar.
  • Lalu klik Masuk.
  • Pada halaman utama, pilih menu Rekening.
  • Pilih menu Rincian Pinjaman.
  • Masukkan Nomor Rekening Pinjaman kamu.
  • Maka sisa angsuran Kur Bri kamu akan tampil pada layar.

2. Lewat Aplikasi BriMo

Mungkin kebanyakan penggguna setiap BRI sudah memiliki aplikasi BriMo ini dan seharusnya setiap pengguna sudah memiliki. Pasalnya, hadirnya layanan ini akan memudahkan kegiatan transaksi kamu di bank BRI termasuk untuk mengecek angsuran Kur.

Lewat Aplikasi BriMo
Lewat Aplikasi BriMo

Untuk cara cek angsuran Kur Bri lewat Hp dengan memanfaatkan aplikasi BriMo, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Jalankan BRImo BRI yang ada di smartphone kamu.
  • Masukkan nomor HP atau username yang terdaftar.
  • Masukkan password dan klik Login.
  • Di menu utama, piih opsi menu Lainnya.
  • Scroll kebawah hingga menemukan Produk BRi, lalu klik Pinjaman BRI.
  • Secara otomatis akan tampil angsuran Kur BRI kamu beserta daftar pinjaman lainnya.

3. Melalui SMS Banking

BRI juga menyediakan layanan SMS Banking yang akan memudahkan setiap pelanggannya untuk melakukan kegiatan transaksi dan mengecek angsuran bulanan.

Namun untuk dapat menggunakan layanan ini, maka kamu harus mendaftarkan dan aktivasi fiturnya terlebih dahulu. Cara cek angsuran Kur Bri lewat Hp menggunakan layanan ini cukup mudah, hanya dengan mengirim SMS menggunakan format yang lengkap seperti dibawah ini.

BRI (Spasi) Nama#Nomor Kur#Tanggal Lahir#Email

Kirim SMS ke 99333

4. Cek Angsuran Kur Bri Via Email

Saat ini kamu juga bisa cek angsuran Kur BRI melalui surat elektronik atau elektronik mail (e-mail). Untuk cara cek angsuran Kur BRI di HP cukup mudah, hanya dengan mengirim email ke callbri@bri.co.id sesuai dengan format yang disediakan.

Berikut adalah cara cek angsuran KUR BRI lewat HP menggunakan layanan email :

  • Buka aplikasi atau laman email.
  • Masukkan email callbri@bri.co.id dibagian penerima atau kepada.
  • Masukkan nomor rekening dan nama pemiliknya.
  • Kirim pesan.
  • Tunggu balasan total angsuran Kur BRi kamu.
Baca Juga :  6 Cara Menyimpan Video Dari Facebook Lite Ke Galeri Tanpa Aplikasi

5. Call Center BRI

Apabila kamu ingin mendapatkan informasi yang lengkap terkait nominal angsuran Kur BRI yang kamu miliki, sebagai alternatif lain yang bisa kamu coba yaitu dengan menghubungi kontak call center BRI.

Namun untuk menggunakan cara ini kamu harus mempersiapkan pulsa yang cukup dan juga memiliki kontak KUR agar sisa angsuran dapat kamu ketahui secepatnya.

Kamu bisa menghubungi contact center BRI melalui nomor 14017 atau 1500017. Setelah terhubung ke CS kamu akan ditanyakan berupa informasi data diri untuk validasi beserta besar KUR BRI saat ini.

6. Lewat WhatsApp Resmi BRI

BRI juga memiliki layanan WhatsApp yang akan memudahkan kamu untuk mengecek sisa angsuran KUR yang tersedia saat ini dengan mudah dan gratis melalui kontak di nomor 08121214017.

Untuk cara cek angsuran KUR BRI lewat Hp di Whatsapp sangat simpel, hanya dengan mengirimkan chat berisi permintaan cek sisa agsuran KUR dan tekan tombol kirim. Setelah itu tunggu hingga CS mengirimkan notifikasi terkait sisa angsuran KUR BRI kamu.

Pastikan nomor kontak Whatsapp yang digunakan merupakan Whatsapp resmi BRI dan memiliki tampilan centang hijau serta sudah verified sehingga dapat dibedakan dengan yang palsu.

Apakah Angsuran KUR BRI bisa Dicek Secara Offline?

Selain memalaui online, kamu juga bisa cek sisa angsuran KUR BRI lewat offline atau mendatangi langsung mesin ATM BRI terdekat yang ada di daerah tempat tinggal kamu saat ini.

Cek angsuran KUR BRI lewat mesin ATM juga cukup efektif untuk dilakukan, pasalnya kamu dapat kapan saja mengeceknya karena mesin ATM dan diakses selama 24 jam.

Berikut adalah panduan untuk cek sisa angsuran kredit usaha rakyat atau KUR BRi lewat mesin ATM.

  • Siapkan kartu ATM BRI kamu.
  • Kunjungi mesin ATM BRI yang ada disekitar kamu.
  • Masukkan kartu ATM ke mesin.
  • Input PIN BRI kamu.
  • Masuk ke menu pembayaran > Tagihan.
  • Lanjutan dengan menekan menu Bank BRI.
  • Ketikkan nomor perjanjian KUR BRI.
  • Maka akan muncul sisa angsuran KUR yang harus kamu bayar selanjutnya.

Bagaimana Cara Menghitung Sisa Pinjaman Bri Kur?

Meskipun BRI KUR tidak menampilkan total tagihannya namun kamu harus mengetahui bagaimana cara menghitungnya agar cara cek angsuran KUR BRI lewat Hp memudahkan kamu untuk mengetahui berapa banyak angsuran yang tersisa.

KUR BRI memiliki bunga flat 6% pertahun dan 0,2% perbulan, sehingga penjumlahannya dapat dihitung dari cicilan perbulan dan sisa angsuran yang belum dibayarkan.

Contohnya saja, kamu meminjam KUR senilai 80.000.000 dengan total tenor 20 bulan. Saat ini kamu memasuki cicilan ke 11, jadi apabila dihitung sisa angsuran tinggal 9 bulan lagi. Maka tugas kamu saat ini yaitu menghitung jumlah cicilan pokok dan bunga seperti contoh dibawah ini.

Baca Juga :  9 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Oppo Yang Tiba-Tiba Muncul Dengan dan Tanpa Aplikasi
Angsuran  Perhitungan 
Pinjaman KUR 80.000.000
Tenor 20 Bulan
Bunga Per Bulan 0,2%
Cicilan Pokok 80.000.000 : 24 = Rp4.000.000
Angsuran Bulanan Rp4.000.000 + (Rp4.000.000 x 0,2%) = Rp4.008.000
Cicilan Dibayar 11
Sisa Angsuran 9 x Rp4.008.000 = 36.072.000

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Sebelum memutuskan untuk melakukan peminjaman KUR BRI ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi berdasarkan jenis pinjaman KUR BRI yang dipilih.

Syarat Pengajuan KUR Mikro BRI

  • Perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak.
  • Usaha aktif minimal 6 bulan.
  • Memiliki KTP, Kartu Keluarga, dan surat izin usaha.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif berupa KPR, KKB, dan kartu kredit.

Syarat Pengajuan KUR Kecil BRI

  • Memiliki usaha produktif yang layak.
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin lainnya yang dapat dipersamakan.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif berupa KPR, KKB, dan kartu kredit.

Syarat Pengajuan KUR TKI BRI

  • Perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Memiliki KTP, kartu keluarga, Perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, Paspor, Visa dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan.

Tips Mengajukan KUR BRI agar Diterima

Tips Mengajukan KUR BRI agar Diterima
Tips Mengajukan KUR BRI agar Diterima

Agar bisa mendapatkan pinjaman modal, kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana proses pengajuan KUR BRI. Beberapa tips dan cara mendapatkan KUR adalah sebagai berikut.

  • Pastikan bidang usaha yang akan diajukan untuk mendapatkan KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek.
  • Siapkan dokumen pendukung pengajuan. Beberapa dokumen tersebut diantaranya kartu identitas (KTP< kartu keluarga, keterangan domisisi), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izizn usaha (TDP dan SIUP), laporan keuangan, propsal usaha, dan persyaratan pendukung lainnya.
  • Jika semua dokumen sudah lengkap, datangi kantor bank penyalur yang masuk dalam daftar pemerintah. Selanjutnya ikuti prosedur yang diterapkan di bank tersebut.
  • Selanjutnya bank akan melakukan survey atau wawancara untuk menganalisis kelayakan pinjaman yang kamu ajukan.
  • Tunggu infrormasi dari bank penyalur terkait pengajuan yang bisa dicairkan atau tidak.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Penyebab & Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari ini 

Akhir Kata

Cara Cek Angsuran Kur Bri Lewat HP
Cara Cek Angsuran Kur Bri Lewat HP

Keenam cara cek angsuran KUR BRI lewat Hp diatas memiliki kemudahan tersendiri, pastikan alternatif cara yang dipilih tidak membuat kamu merasa kesulitan untuk mengetahui sisa angsuran BRI KUR kamu.

Jika memilih mengecek sisa angsuran KUR BRI lewat WhatsApp atau telepon, sebaiknya perhatikan contact atau nomor yang akan kamu hubungi. Apakah sudah sesuai dengan Contact KUR BRI atau malah malah sebaliknya.

Karena saat ini banyak penipuan yang mengatas namakan layanan bank, jadi selalu hati-hati untuk melakukan sesuatu agar tidak berdampak bagi kamu di kemudian hari.

Semoga informasi cara cek angsuran Kur BRI lewat Hp ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button