Tutorial

7 Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp yang Benar

Memperhatikan cara menggunakan kulkas baru merk sharp mungkin terlihat sepele untuk sebagian orang, namun berpengaruh besar terhadap umur kulkas yang kamu miliki lho!

Kekeliruan saat menggunakan kulkas baru seringkali tidak disadari oleh pemiliknya, seperti menyalakan tanpa memberi jeda yang berpotensi mengurangi performa kulkas. Adakah panduan khsusus dalam menggunakan kulkas sharp yang baru? Tentu. Silahkan pahami cara menggunakan kulkas baru merk sharp pada halaman ini.

Fakta Menarik Kulkas Baru Merk Sharp

Fakta Menarik Kulkas Baru Merk Sharp
Fakta Menarik Kulkas Baru Merk Sharp

Ketika mencari peralatan elektronik terbaik, kita perlu mempertimbangkan berbagai aspek supaya menemukan produk sesuai kriteria dan kebutuhan. Ada berbagai produsen barang elektronik yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan, salah satunya adalah sharp.

Sharp salah satu perusahaan yang memproduksi barang elektronik mulai dari kulkas, TV, mixer, mesin kopi, ketel listrik dan remote. Namun ketika mendengar merk sharp, sebagian besar akan menyebut lemari pendingin atau kulkas mereka karena produk ini memang sudah dikenal secara luas.

Sama halnya dengan merk kulkas yang lain, sharp dipasarkan dengan fitur fungsional yang menjadi nilai jual nya. Ini fakta menarik kulkas sharp yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli.

  • Awet dan Tahan Lama

Sharp termasuk produsen kulkas yang sudah berpengalaman, sehingga kualitas barang tidak perlu diragukan lagi. Untuk menghasilkan barang berkualitas, kulkas sharp diproduksi menggunakan bahan material bagus dan pastinya melalui beberapa tahap uji.

Sharp selalu mengikuti inovasi untuk meningkatkan fitur dan desain kulkas mereka. Hal ini sesuai perkembangan teknologi dan permintaan konsumen.

  • Teknologi Pendingin yang Canggih

Mesin pendingin pada kulkas sharp dirancang untuk menjaga suhu, kesegaran makanan, dan memaksimalkan pendinginan di semua area. Tugas tersebut dilakukan oleh fitur hybrid cooling system. kamu juga dapat mengatur suhu dan menggunakan fitur extra cool untuk mendinginkan minuman 0-2 derajat celcius.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 4 Cara Membunuh Pohon Besar Dengan Garam Pasti Berhasil
  • Diperkaya Ion Plasmacluster

Hal lain yang menjadi kelebihan kulkas sharp ialah teknologi ion plasmacluster untuk menghasilkan ion positif dan negatif. Dengan teknologi ion plasmacluster pada kulkas maka bahan dan makanan lebih tahan lama karena ion akan bekerja membunuh bakteri dan bau tidak sedap.

Ion ini juga membantu membersihkan udara dari debu dan partikel halus. Karenanya kita tidak perlu mengkhawatirkan kebersihan dan kesehatan makanan yang disimpan di dalam kulkas.

  • Kapasitas Luas

Sampai saat ini sharp memiliki berbagai tipe kulkas, yaitu kulkas 1 pintu, 2 pintu, showcase dan multi doors. Kamu dapat memilih sesuai kapasitas menyimpan dan budget ketika membeli.

Kulkas sharp 1 pintu yang memiliki bodi kecil sangat direkomendasikan untuk pasangan baru atau pada ruangan yang terbatas luasnya. Sedangkan kulkas 2 pintu, showcase, dan multi doors memiliki kapasitas lebih banyak sehingga cocok digunakan keluarga dengan jumlah anggota 3-6 orang.

Beberapa Kesalahan Saat Menggunakan Kulkas Baru

Semua orang tentu ingin kulkas mereka terawat dan tahan lama, namun tidak semua paham cara merawat kulkas terlebih pada kulkas yang baru. Sebelum lebih jauh membahas cara menggunakan kulkas baru merk sharp, pahami dahulu beberapa kesalahan umum saat menggunakan kulkas yang membuatnya mesin lebih rentan.

  1. Memindahkan kulkas dengan cara yang tidak tepat
  2. Posisi peletakan kulkas yang salah
  3. Kulkas langsung digunakan
  4. Menggunakan kulkas melebihi kapasitas ruang
  5. Menyetel ke suhu paling rendah.

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp memang perlu diketahui semua orang, terlebih ketika mereka sudah mantap pada satu seri dan berencana ingin membelinya. Meskipun terdengar sepele, perawatan kulkas di mulai sejak kita membeli dan akan berlanjut terus saat digunakan selanjutnya.

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp
Cara menggunakan kulkas baru merk sharp

Apabila ingin merawat kulkas untuk fungsi jangka panjang, sebaiknya kamu jangan terburu-buru menghidupkan dan menggunakan kulkas. Ini beberapa cara menggunakan kulkas baru merk sharp untuk dipertimbangkan.

1. Atur Letak Kulkas

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp yang pertama dengan mengatur tata letak kulkas. Tempatkan kulkas di tempat yang datar dan gunakan kaki penyangga sesuai tinggi kulkas yang diinginkan.

Baca Juga :  4 Cara Beli Kuota By U Dengan Pulsa Melalui Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Jangan tempatkan kulkas menghadap sinar matahari atau sumber panas yang lain karena dapat mempengaruhi ketahanan nya. Sebaliknya, posisi kan kulkas di area sirkulasi udara yang baik.

2. Pastikan Kulkas di Pindahkan dengan Hati-hati

Poin penting selanjutnya pada saat memindahkan kulkas sharp. Pindahkan kulkas baru dengan hati-hati dan dalam posisi vertikal untuk merawat kompresor atau menghindari mesin pendingin tidak bekerja efektif nantinya.

3. Diamkan Beberapa Saat

Jangan terburu-buru memakai kulkas setelah dipindahkan, karena cara menggunakan kulkas baru merk sharp yang tepat memberikan jeda atau mendiamkan kulkas beberapa saat.

Setidaknya diamkan kulkas selama 3 jam. Pada tahap ini kulkas tidak boleh dialiri listrik atau aktivitas lain yang melibatkan mesin. Mendiamkan kulkas bertujuan agar sistem pendinginan dan minyak di dalam kompresor stabil dan bekerja optimal nantinya. Kamu bisa mengambil pekerjaan lain sembari menunggu waktu yang tepat menghidupkan kulkas.

4. Biarkan Kulkas Kosong

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp berikut dilakukan saat memberi jeda. Untuk memaksimalkan pendinginan dan kompresor, tidak perlu merakit rak atau kompartemen. Poin ini seringkali di acuhkan saat membeli kulkas sharp, mereka tidak memberi jeda yang cukup dan langsung menggunakan kulkas yang berpotensi mengurangi kinerja pendingin.

5. Nyalakan Selama 3 Jam

Jika sudah memberikan jeda selama 3 jam atau lebih, lanjutkan cara menggunakan kulkas baru merk sharp dengan mengalirkan listrik. Masih sama, berikan waktu 3 jam untuk mengoptimalkan suhu dingin didalamnya.

Bukan itu saja, alasan lain mengapa perlu menyalakan kulkas sharp selama 3 jam sebelum digunakan untuk memeriksa apakah kulkas bekerja dengan baik. Jika dalam waktu tersebut suhu yang diharapkan belum sesuai, kamu bisa segera menghubungi distributor atau toko pembelian agar diperiksa.

6. Atur Pengisian Kulkas

Atur Pengisian Kulkas
Atur Pengisian Kulkas

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp setelah membiarkan kulkas hidup selama 3 jam ialah mengisi dan mengatur tata kulkas. Pada tahap ini, kulkas sudah optimal sehingga bisa digunakan untuk menyimpan bahan masakan dan minuman kaleng.

Mulailah mengatur rak dan kompartemen pada kulkas. Setelah itu, masukkan bahan-bahan makanan yang sudah dipersiapkan. Atur makanan secara rapi dan beri plastik wrapping pada makanan yang sudah terbuka sebelumnya.

7. Atur Suhu dengan Baik

Mengatur suhu yang baik ialah cara menggunakan kulkas baru merk sharp yang terakhir. Pada pemutar suhu terdapat angka-angka yang menunjukkan tingkat pendingin. Semakin tinggi angka maka semakin dingin juga suhu yang dihasilkan.

Baca Juga :  2 Cara Membuat ATM Mandiri Secara Online dan Offline

Mengatur suhu dengan tepat akan memaksimalkan pendingin kulkas, dengan begitu bahan makanan tetap segar. Ini juga perlu untuk menghindari kerusakan dini pada kulkas setelah dibeli.

Lihat juga 10 Menu Masakan Harian Hemat, Praktis dan Sederhana

Kenapa Kulkas Baru Tidak Dingin Setelah Dinyalakan?

Meskipun sudah mengikuti cara menggunakan kulkas baru merk sharp, tidak sedikit keluhan konsumen akibat kulkas yang tidak kunjung dingin.

Memang, pada praktiknya ada beberapa alasan mengapa kulkas baru tidak dingin meskipun sudah diberi jeda dan dinyalakan sesuai waktu yang direkomendasikan. Jika lemari es tak kunjung dingin, segera periksa dan pastikan beberapa hal berikut:

Penyebab Deskripsi
Suhu kulkas Ketika kulkas sudah siap digunakan, atur suhu yang paling direkomendasikan. Pada kulkas baru, sebaiknya gunakan suhu 1-2 derajat celcius.
Posisi kulkas Pada kulkas baru tentu saja karet berfungsi dengan baik. Namun tidak salah kamu memeriksa karet saat membeli dan pastikan memang baik. Kulkas yang tidak tertutup rapat seringkali menyebabkan kulkas tidak dingin, ini bisa terjadi karena posisi kulkas yang miring.
Tegangan listrik tidak stabil Agar kulkas bekerja baik tegangan listrik juga harus stabil. Namun untuk memeriksa kendala pada listrik, sebaiknya kamu percayakan pada ahlinya.
Peralatan dan sumber panas disekitar Matahari atau sumber panas lainnya dapat menghalangi kinerja pendingin pada kulkas. Jauhkan kulkas dari peralatan yang bersifat panas atau posisikan kulkas agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Cara Merawat Kulkas Sharp Agar Awet

Lemari es salah peralatan rumah tangga yang dirancang untuk digunakan selama beberapa tahun. Akan tetapi umur pakai kulkas tergantung perawatan dan penggunaannya.

Cara merawat kulkas Sharp agar awet
Cara merawat kulkas Sharp agar awet

Nah, jika sudah mengetahui cara menggunakan kulkas baru merk sharp tentu kamu juga membutuhkan cara merawat komponen kulkas dalam jangka panjang bukan? Ternyata tidaklah rumit, ini beberapa cara merawat kulkas secara mandiri.

  1. Hindari memasukkan makanan dan minuman ber suhu panas. Makanan dan minuman panas dapat mempengaruhi temperatur didalam kulkas sehingga merusak makanan lain yang ada didalamnya.
  2. Gunakan kontainer untuk menyimpan makanan didalam kulkas. Bahan atau makanan sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah dan ditutup jika memungkinkan.
  3. Gunakan sesuai kapasitas kulkas. Mengisi kulkas terlalu penuh dapat menghambat udara dan menyebabkan kontaminasi antar makanan.
  4. Pastikan kulkas tertutup rapat untuk mencedah dabu dan kotoran yang dapat menaikkan suhu kulkas. Ini juga perlu untuk menjaga kebersihkan kulkas dan makanan didalamnya.
  5. Bersihkan secara rutin untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Setidaknya bersihkan kulkas 1 kali dalam sebulan, keluarkan isi kulkas lalu gunakan spons atau kain lembut untuk membersihkan rak dan freezer.

Akhir Kata

Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp
Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp

Cara menggunakan kulkas baru merk sharp merupakan kunci untuk merawat kulkas dalam jangka panjang. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah diatas sebelum mengisi kulkas dengan berbagai bahan makanan. Semoga bermanfaat!

Back to top button