Tutorial

8 Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri

Bagaimana Cara mengatasi video wa tidak tersimpan di galeri ? Dalam mengakses aplikasi Whatsapp mungkin pernah mengalami kiriman Video tidak tersimpan di galeri dan belum tahu penyebab dan solusi nya.

Whatsapp adalah aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. selain berkomunikasi WA juga bisa berbagi Video, Foto, Gift , Stiker dan lainnya. Tetapi Masih banyak pengguna yang sering mengeluh tentang video tidak terunduh dan tidak tersimpan di galeri.

Sebenarnya ini bukan kesalahan aplikasi atau kesalahan sistem pada Hp, tetapi pengaturan WA belum diaktifkan. Nah disini Mocipay akan bantu kamu menyelesaikan masalah tersebut. Sebelum kita membahas cara mengatasi Video tidak tersimpan digaleri, Sebaiknya kita bahas penyebabnya terlebih dahulu .

Penyebab Video WA tidak tersimpan di Galeri

Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri
Sumber : kompiwin.com

 

  • Penyimpanan Memori Handpone Penuh

Video yang dikirimkan Via WA tidak tersimpan di Galeri bisa disebabkan karena penyimpanan memori penuh. Jika penyimpanan penuh, sistem akan otomatis menolak video tersebut.

Kamu bisa periksa apakah penyimpanan masih tersedia atau tidak , jika sudah penuh kamu bisa menghapus file yang tidak penting agar video tersbut bisa tersimpan di galeri.

  • Pengaturan Penyimpanan Data video WA di Non-aktifkan

Video WA tidak tersimpan di galeri bisa disebabkan penyimpanan data video di WA non aktif. Jika penyimpanan data Video di nonaktifkan , otomatis video yang dikirimkan tidak akan terunduh atau tersimpan di galeri.

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Pengguna WA sering menonaktifkan ini untuk mengurangi video yang tidak penting tersimpan di galeri dan mengakibatkan memori Hp cepat penuh. Contoh video yang dikirimkan via grup WA ataupun Chat pribadi.

  • AutoSave Mati

Penyebab lainnya yaitu Autosave WA mati dan Video tidak terunduh otomatis. Jika fitur ini di nonaktifkan dari WA maka Video tidak akan tersimpan di galeri. Jadi kamu harus Unduh manual dan simpan manual agar video ada di galeri.

  • Koneksi Internet Buruk

Penyebab Video WA tidak tersimpan di galeri bisa di karenakan Koneksi Internet Buruk. Saat mengunduh video dari WA membutuhkan Koneksi internet yang bagus agar video bisa terunduh. Sebelumnya kamu bisa cek jaringan apakah lancar atau tidak agar penyimpanan video kamu lancar.

Cara Mengatasi Video WA tidak Tersimpan di Galeri

Jika penyebab nya sudah kita ketahui Mocipay akan bantu kamu bagaimana Cara mengatasi video wa tidak tersimpan di galeri :

Membersihkan File yang Tidak Penting

Cara mengatasi video wa tidak tersimpan di galeri yang pertama membersihkan file yang tidak penting di penyimpanan Hp yang kamu gunakan. Untuk membersihkan file untuk setiap HP itu berbeda beda. Kamu bisa sesuaikan dengan Hp yang digunakan.

Bukan hanya File yang tidak penting , kamu bisa hapus Cache aplikasi yang ada di Hp kamu dan Hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan agar penyimpanan tersedia untuk Video yang akan kamu simpan dari WA.

Mengaktifkan Auto Save

Cara mengatasi video WA tidak tersimpan di galeri yaitu dengan mengaktifkan AutoSave di WA . Di aplikasi ada 3 poin yaitu unduh saat menggunakan data, Unduh saat terhubung ke Wifi dan Unduh saat Roaming. Kamu bisa aktifkan semuanya agar video tersimpan di galeri otomatis.

Baca Juga :  3 Cara Menyembunyikan Like di Reels Instagram

Mengapa harus di aktifkan ke tiga poin tersebut? Ketika kamu tidak terhubung di WIFI video akan otomatis terunduh oleh paket data dan begitu sebaliknya. Jadi Video akan terunduh otomatis Karena ketiga nya sudah di aktifkan.

Cara mengaktifkan AutoSave di WA

Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri
  1. Buka aplikasi WA lalu pilih Garis 3 di pojok kanan atas
  2. Kemudian Klik Setelan
  3. Selanjutnya pilih Penyimpanan dan Data
  4. Di menu Unduh otomatis ada 3 pilihan, Klik satu persatu dan pilih Video 
  5. Lalu Klik Oke 
  6. Setelan untuk Video otomatis disimpan sudah berhasil.

Mengaktifkan Tampilkan Media di WA

Cara mengatasi video WA tidak tersimpan di galeri lainnya dengan mengaktifkan Tampilkan media di WA. Jika ini diaktifkan, video WA yang dikirimkan akan tersimpan di galeri . Untuk caranya kalian bisa baca langkah langkah berikuti ini.

Cara Mengaktifkan Tampilkan Media di WA

Cara mengatasi video WA tidak tersimpan di galeri
Cara mengatasi video WA tidak tersimpan di galeri
  1. Buka aplikasi WA dan klik titik tiga pojok kanan atas
  2. lalu pilih menu Chat
  3. Lalu aktifkan Tampilkan Media

Jika sudah di aktifkan , Video akan otomatis tersimpan dan terunduh di galeri.

Mengaktifkan Izin Aplikasi WA

Cara mengatasi video WA tidak tersimpan di galeri yaitu dengan mengaktifkan izin akses WA di pengaturan Hp kalian. Sebelumnya Video tidak tersimpan bisa dikarenakan akses aplikasi WA tidak diizinkan.

Cara mengaktifkan izin nya kalian bisa ikuti cara dibawah ini :

Platform Langkah-langkah
Android 1. Buka aplikasi ‘Pengaturan’ di ponsel Anda.
2. Ketuk ‘Aplikasi & notifikasi’ atau ‘Manajer Aplikasi’ tergantung pada versi Android Anda
3. Cari dan pilih ‘WhatsApp’ dari daftar aplikasi.
4. Ketuk ‘Izin’ dan aktifkan izin yang diperlukan seperti kamera, kontak, mikrofon, dan penyimpanan.
iOS (iPhone/iPad) 1. Buka aplikasi ‘Pengaturan’ di perangkat Anda.
2. Gulir ke bawah dan temukan ‘WhatsApp’ lalu ketuk.
3. Anda akan melihat daftar izin seperti Kontak, Foto, Kamera, dan lainnya. Aktifkan sakelar di sebelah kanan untuk memberi izin.
Baca Juga :  10 Susunan Acara Ulang Tahun Yang Benar dan Menarik

Izin akses aplikasi sudah diaktikan , video atau media sudah bisa di unduh/disimpan otomatis ke galeri.

Memeriksa Jaringan Telepon

Untuk pengunduhan Video dari WA , pastikan jaringan yang kalian gunakan bagus dan lancar. Jika jaringan tidak bagus kalian bisa mengubah nya atau mengganti jaringan data kalian.

Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri

Untuk mengubah jaringan data , kalian bisa ubah dari pengaturan jaringan mulai 2G, 3G, 4G atau 5G. kalian bisa coba satu persatu untuk menyesuaikan jaringan yang tersedia di daerah kalian.

Jika kalian tidak ingin semua video otomatis tersimpan di galeri , kalian bisa menonaktifkan autosave kembali dan jika sewaktu waktu kalian ingin mneyimpan video di galeri kalian bisa pilih videonya dan simpan manual.

Apakah Bisa Tidak Mengaktifkan AutoSave Video tersimpan?

Jawabannya “Bisa” , kamu bisa buka video tersebut lalu pilih simpan. Video tersebut akan tersimpan ke galeri. Banyak Pengguna Whatsapp tidak ingin mendownload semua media termasuk video dari WA tersimpan di galeri.

Alasannya agar mengurangi penyimpanan Telepon. Memang Media Whatsaap akan memakan penyimpanan lebih besar, apalagi Video . Alasan lainnya mungkin Pengguna WA tersebut tidak ingin menyimpan Video atau Media lainnya tersebut ada di galeri nya.

Dan jika pengguna tersebut ingin menyimpan salah satu video yang ia suka atau penting, bisa buka video yang ingin diisimpan , nanti pilih saja Simpan, Video tersebut akan masuk ke Galeri.

Penutup

Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri

Dengan artikel ini kalian bisa mengetahui penyebab dan solusi Video WA yang tidak tersimpan di WA dengan mudah. Jika cara diatas belum berhasil , kalian bisa cek aplikasi WA yang kalian gunakan apakah sudah update atau belum. Sebaiknya kalian rutin Update aplikasi WA untuk mendapatkan dan menikmati fitur-fitur terbaru yang dari Whatsapp.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri semoga ini berguna dan bisa membantu masalah kalian dalam mengakses Whatsapp.

Back to top button