TutorialTips

10 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi bisa menjadi solusi untuk kamu yang merasa HP-nya makin lemot dari hari ke hari. Tentunya, HP lemot seringkali membuat kesal, terutama jika kamu yang bekerja dengan menggunakan HP.

Soalnya, jika ingin menghapus aplikasi yang sudah terinstal di HP, rasanya mustahil, apalagi kalau aplikasinya sangat penting.

Oleh sebab itu, disini akan dijelaskan beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu ikuti dengan praktis dan mudah di bawah ini.

Kenapa Ruang Penyimpanan Selalu Penuh?

Kamu pasti bingung kenapa ruang penyimpanan selalu penuh, padahal aplikasi yang terpasang di HP cuma sedikit. Ditambah lagi, sebelumnya aplikasi yang tidak dipakai sudah dihapus dan hanya menyisakan aplikasi penting saja.

Nah, buat kamu yang belum tahu kenapa ruang penyimpanan selalu penuh, maka bisa cek alasan-alasannya berikut:

  • Sering merekam gambar
  • Memotret berbagai objek dengan resolusi HD tinggi
  • Mengirim dan menerima pesan suara dari aplikasi messenger
  • Intensitas pengiriman maupun penerimaan pesan video cukup tinggi
  • Melakukan editing foto atau video memakai aplikasi yang terpasang di HP
  • Mengunduh aplikasi game online dengan data yang besar
  • Tidak melakukan inisiatif manajemen penyimpanan belaka.

Beberapa alasan di atas seringkali terjadi, terutama bagi pengguna HP Android yang sudah memiliki kamera canggih serta menggunakan aplikasi editing video. Supaya kamu bisa mengatasinya, langsung saja cek cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di pembahasan berikutnya.

10 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi Termudah dan Cepat

Nah, untuk mengatasi semua penyebab memori HP penuh, maka bisa coba beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi berikut:

1. Memindahkan File ke Memori Eksternal

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi pertama bisa kamu lakukan dengan memindahkan berbagai file penting ke memori eksternal atau microSD.

Langkah-langkah untuk memindahkan file ke memori eksternal nya pun sangat mudah, yaitu:

  • Pertama, silakan buka menu “setting” atau “pengaturan” yang ada di masing-masing HP
  • Selanjutnya, klik menu “Applications”, dan klik opsi “Applications Manager
  • Pilih beberapa file aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke memori eksternal atau microSD
  • Terakhir, kamu bisa klik opsi “Move to SD Card” dan proses memindahkan file ke memori eksternal pun telah berhasil.
Baca Juga :  8 Drakor Terbaik Sepanjang Masa Dengan Rating Tertinggi

Kini, ruang penyimpanan HP kamu sudah tidak penuh lagi dan mulai kosong kembali. Jadi, kamu gak perlu kesal karena seringkali muncul notifikasi penyimpanan penuh atau tidak bisa menyimpan file baru lagi, ya.

2. Unggah Foto ke Google Photos

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi
Google Photos

Jika kamu hobi menjepret foto, sudah pasti ruang penyimpanan ponsel akan cepat penuh, lho. Hal inilah yang menjadikan performa HP lemot, sehingga menghambat aktivitas saat sedang memakai ponsel.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena salah satu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu lakukan adalah mengunggah foto ke Google Photos.

Melalui cara ini, foto-foto hasil jepretan mu bisa tersimpan di cloud Google Photos, sehingga tidak akan membuat memori ponsel menjadi berat alias cepat penuh.

Adapun cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan mengunggah foto ke Google Photos, yaitu:

  • Langkah pertama, kamu bisa download aplikasi Google Photos terlebih dahulu
  • Kalau sudah, buka aplikasinya dan login menggunakan akun Google kamu
  • Di bagian kanan atas, silakan klik “foto profil” atau nama inisial akun kamu
  • Berikutnya, kamu bisa klik “setelan foto” dan klik opsi “pencadangan & sinkronisasi
  • Terakhir, kamu bisa klik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan “pencadangan & sinkronisasi”.

3. Hapus File Video Tidak Penting

Perlu kamu tahu bahwa salah satu penyebab ruang penyimpanan HP menjadi penuh karena banyaknya file video yang tersimpan di HP. Hal ini bisa terjadi karena kamu sering mengunduh video dari YouTube, Netflix, Telegram, maupun WhatsApp.

File-file video berukuran besar dapat mengganggu performa kecepatan ponsel, sehingga membuatnya menjadi lambat saat digunakan. Oleh sebab itu, kamu bisa menghapus semua atau sebagian file video yang sudah tidak penting.

Sehingga, ruang penyimpanan akan tersedia kembali agar bisa dipakai untuk menyimpan file lainnya.

4. Hapus Cache

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi
Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi berikutnya bisa kamu lakukan dengan menghapus cache.

Cache sendiri merupakan data aplikasi yang disimpan sementara pada HP masing-masing. Kalau sudah menumpuk, memori HP akan menjadi penuh alias tidak memiliki ruang penyimpanan kosong lagi. Jadi, kamu harus membersihkannya secara berkala dan rutin.

Adapun cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan menghapus cache bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Silakan kamu membuka menu “Pengaturan” di smartphone masing-masing
  • Kemudian cari dan klik opsi “Apps” atau “Application Manager
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya, misalnya kamu ingin menghapus cache dari aplikasi WhatsApp, maka bisa langsung klik aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya, klik opsi “storage” dan pilih “clear cache” atau “hapus cache” yang biasanya ditempatkan di sebelah kiri Clear Data.

Kamu bisa melakukan langkah-langkah ini untuk menghapus cache aplikasi selain WhatsApp. Dengan menghapus cache aplikasi, ruang penyimpanan smartphone pun bisa kosong kembali.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Centang 1 di WA Biasa Tapi Online

Disarankan kamu menghapus cache aplikasi minimal 3 kali dalam seminggu, sehingga cache tidak akan menumpuk terlalu banyak. Sebab, semakin sering kamu memakai suatu aplikasi, maka semakin banyak cache aplikasi yang terkumpul di ruang penyimpanan HP. Jadi, pastikan untuk menghapus cache aplikasi secara rutin, ya.

5. Bersihkan Trash atau Sampah

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi berikutnya adalah membersihkan trash atau sampah. File sampah biasanya muncul dari pemakaian berkas aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Supaya lebih praktis, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang khusus dibuat untuk membersihkan sampah di smartphone. Beberapa aplikasi tersebut, di antaranya SD MAid, Cleaner, 1Tap Cleaner dan masih banyak lagi.

Dengan memakai aplikasi pembersih sampah, ruang penyimpanan akan terjaga dan tidak mudah penuh nantinya. Selain itu, kamu bisa membersihkan nya secara otomatis tanpa menggunakan cara manual.

Bahkan, dalam hitungan beberapa menit saja, sampah yang ada di dalam smartphone bisa hilang menggunakan berbagai aplikasi tersebut.

6. Lakukan Restart HP

Restart HP bisa menjadi salah satu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, ketika HP sedang dimatikan atau di restart, maka sistem secara otomatis akan membuang cache yang ada pada HP.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan restart HP secara rutin agar terhindar dari HP yang lemot karena ruang penyimpanan kosong.

7. Gunakan Aplikasi Streaming Musik untuk Dengarkan Lagu

Aplikasi streaming musik
Sumber: DetikInet

Sebelum muncul berbagai macam aplikasi streaming musik, biasanya agar bisa mendengarkan lagu, kamu akan mengunduh nya terlebih dahulu, ‘kan? Proses mengunduh lagu dan mengumpulkannya di dalam memori HP akan membuat ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

Oleh karena itu, kini sudah hadir berbagai macam aplikasi streaming musik yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan hingga jutaan lagu. Tentunya, menggunakan aplikasi streaming musik tidak akan membuat ruang penyimpanan HP cepat penuh, lho.

Ada berbagai aplikasi streaming musik yang bisa kamu pasang di smartphone, seperti Spotify, YouTube Music, iTunes, Joox dan lainnya.

8. Hapus File Media di WhatsApp Maupun File Download di Browser

Ketika kamu bergabung dengan banyak grup WhatsApp atau sering mengunduh file via browser, maka ruang penyimpanan berpeluang menjadi cepat penuh. Kalau sudah begitu, kamu pun harus mencari cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi penting, kan?

Jangan khawatir, semua file media yang ada di WhatsApp maupun file download di browser masih bisa dihapus dengan mudah. Kalau tidak ingin dihapus, maka bisa dicadangkan ke Google Drive agar lebih aman sampai kapan pun.

Namun, jika file media yang ada di WhatsApp tidak penting, lebih baik menghapusnya saja atau mengubah pengaturan unduhnya dengan masuk ke menu ‘setting’ yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, klik ‘penyimpanan dan data’, lalu pilih ‘media atau download’ dan ubah izin auto downloadnya di menu tersebut.

Baca Juga :  3 Cara Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen

Sehingga, file video, musik maupun gambar yang dikirimkan ke grup WhatsApp tidak akan ter download secara otomatis. Kamu bisa memilih mana yang ingin didownload atau tidak, sehingga memori HP tidak akan mudah penuh.

9. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan atau Bloatware

Biasanya, di beberapa smartphone Android sering ditemukan ada beberapa aplikasi bawaan atau bloatware. Sebagian aplikasi bawaan mungkin tidak kamu gunakan, namun tetap menghasilkan cache pada penyimpanan smartphone.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin memori penyimpanan menjadi penuh, kamu bisa menonaktifkan semua aplikasi bawaan yang tidak dipakai.

Berikut beberapa cara menonaktifkan aplikasi bawaan atau bloatware agar ruang penyimpanan tidak penuh, yaitu:

  • Tekan lama pada ikon aplikasi bawaan yang ingin kamu nonaktifkan.
  • Seret ikon aplikasi ke bagian atas kanan, lalu klik “info aplikasi
  • Selanjutnya, nonaktifkan aplikasi bawaan yang sudah tidak digunakan, sehingga tidak akan menampilkan sampah lagi nantinya.

10. Pindahkan File di HP ke Laptop

Pindahkan file ke laptop
Sumber: Pinhome

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang terakhir adalah memindahkan semua file di HP ke laptop. Sambil memindahkan file, kamu juga bisa sambil membersihkan cache atau file sampah di memori internal.

Sehingga, ruang penyimpanan pun akan kembali kosong. Kalau sudah begitu, HP pun tidak akan menjadi lemot dan kamu bisa menggunakannya dengan nyaman dan lancar.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba 8 Aplikasi Penyimpanan Data Online Terbaik Untuk Android 2023 agar semua data penting tidak hilang saat kamu memutuskan untuk mengosongkan ruangan penyimpanan HP.

Kesimpulan

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Deskripsi
Hapus Berkas yang Tidak Diperlukan Hapus file yang tidak diperlukan, seperti gambar, video, atau dokumen yang sudah tidak di butuhkan lagi.
Gunakan Fitur Pengelola Penyimpanan Bawaan Gunakan fitur tersebut untuk mengidentifikasi aplikasi atau file yang memakan banyak ruang dan hapus yang tidak diperlukan.
Hapus Cache Aplikasi Aplikasi seringkali menyimpan cache data yang memakan ruang penyimpanan. Anda bisa menghapus cache ini tanpa menghapus aplikasi itu sendiri.
Pindahkan Media ke Penyimpanan Eksternal Jika perangkat Anda mendukung penyimpanan eksternal seperti kartu SD, Anda bisa memindahkan foto, video, dan file media lainnya ke penyimpanan eksternal untuk mengosongkan penyimpanan internal.
Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Ada banyak aplikasi pengelola penyimpanan pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diperlukan serta mengelola penyimpanan Anda dengan lebih efisien.
Hapus Berkas Duplikat atau Tidak Terpakai Cari dan hapus file duplikat atau yang tidak terpakai menggunakan aplikasi pengelola file atau pembersih yang ada di toko aplikasi.
Gunakan Google Photos atau Layanan Cloud Lainnya Upload foto dan video ke layanan cloud seperti Google Photos dan hapus yang ada di perangkat Anda.
Hapus File Unduhan Buka folder “Unduhan” di penyimpanan internal perangkat Anda. Biasanya, ini adalah tempat di mana file yang diunduh dari internet disimpan.

Itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, cukup mudah, ‘kan? Kini, kamu tidak perlu khawatir memori internal penuh lagi karena bisa mencoba salah satu cara di atas. Sehingga, ruang penyimpanan tidak akan kehabisan atau penuh lagi. Jadi, HP pun menjadi lebih mudah dioperasikan tanpa perlu kesal karena lemot.

Back to top button