Tips

5 Penyebab dan Kisaran Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih – Apakah kamu pernah mengalami motor keluar asap putih? tak sedikit yang pernah mengalami adanya motor keluar asap putih pada kendaraannya. namun apakah kamu tahu beberapa penyebabnya.

Mengenai biaya perbaikan motor keluar asap putih ada beberapa hal yang mungkin kita perhatikan keluarnya asap putih dari knalpot motor merupakan salah satu tanda bahwa terdapat masalah dengan mesin motor yang bisa menjadi tanda masalah yang serius memerlukan beberapa perbaikan.

Jika tidak segera ditangani maka biasanya akan merembet ke kerusakan lain untuk itu diperlukan perbaikan pada motor Nah berapakah biaya perbaikan motor keluar asap putih?, berikut ini beberapa penyebab dan kisaran biaya perbaikan motor keluar asap putih.

Baca juga 6 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor

Penyebab Motor Keluar Asap Putih

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih
Penyebab dan Kisaran Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Sebelum pada pembahasan biaya perbaikan motor keluar asap putih begini penyebab keluar asap putih yang terlihat sepele dan kurang mendapat perhatian dapat menyebabkan beberapa penyebab yang memunculkan beberapa penyebab sehingga perlu adanya perbaikan.

Seperti halnya dengan motor keluar asap putih yang bisa menyebabkan masalah yang serius yang mengharuskan kamu melakukan perbaikan untuk motor keluar asap putih.

Dengan adanya penyebab yang kerap terjadi adanya motor keluar asap putih adalah kendala pada oli namun tidak semua hal motor keluar asap putih yang menyebabkan hanya oli saja, bisa berbagai hal lain berikut ini beberapa penyebab motor keluar asap putih. 

1. Kondisi Kualitas Oli

Kondisi Oli
Kondisi Kualitas Oli-Penyebab dan Kisaran Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa Oli motor berfungsi sebagai pembersih di dalam mesin.oli memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan pelumasan Setelah tersaring melalui filter, oli akan melewati bagian-bagian di dalam mesin.

Keberadaan oli itulah yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antarsuku cadang seperti piston dan dinding silinder Saat oli melewati bagian yang kotor, kotoran akan dibawa atau didorong sehingga bagian itu kembali bersih

Untuk itu lakukan pemilihan oli mesin yang sesuai dengan tipe motor kamu, oli mesin yang terbaik yang memiliki tingkat ke enceran yang sesuai pada jenis motor. jika terlalu encer oli tidak akan melumasi secara optimal dan ketahanan mesin semakin lama akan menurun,

Baca Juga :  8 Website Penambah Followers TikTok Gratis 2024

Jadi jenis oli ini kurang efektif dalam melumasi komponen pada mesin.yang mengakibatkan komponen mesin menjadi cepat aus dan bisa saja oli masuk kedalam ruang mesin,selain itu Oli yang bocor ke ruang pembakaran dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan asap putih

Kualitas oli mesin juga berpengaruh akan berpegaruh pastinya. oleh karena itu pengantian oli secara rutin dan memilih kualitas oli mesin pun harus dilakukan agar mesin tetap awet, pada standarnya dalam mengganti oli mesin saat motor sudah menempuh jarak 2.500 sampai 3.000 km baiknya kamu dapat melakukan pergantian oli. kamu bisa cek untuk oli motor semua merek yang terkenal di indonesia

2. Kondisi Ring Piston Melemah

Kondisi Ring Piston Melemah

Untuk penyebab motor keluar asap putih kedua yaitu kondisi ring piston yang melemah Penggunaan motor kurun waktu yang cukup lama, menyebabkan ring piston bisa saja melemah yang akan mempengaruhi kerapatannya,
Ring piston memiliki masa pakai yang bervariasi yang bisa puluhan KM. saat kamu malas mengganti oli mesin pastinya dapat menguranggi usia ring piston dan oli mesinpun dapat menjadi merembes keruang bakar yang menyebabkan hasil emisi motor dapat ngebul saat digunakaan.

seperti yang kita ketahui fungsi ring piston adalah untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder supaya tidak ada masuk ke ruang bakar. Jadi saat ring piston aus dapat dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar sehingga akan ikut terbakar bersama bahan bakar.

Pada saat terjadi pembakaran dan yang akan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot motor dengan penyebab ring piston yang melemah maka dapat menyebabkan penyebab motor keluarkan asap.

3. Kondisi alve Guide (Bos Klep) & Seal Rusak

Valve Guide merupakan penuntun pergerakan valve secara sliding antara permukaan stem dan valve guide dengan gerakan vertikal dan juga sebagai pengontrol pelumasan pada valve stem, Valve Seal dengan Karet Segel Batang Katup dapat mencegah kebocoran dan tekanan di mesin serta dapat menjaga tekanan normal. yang dapat mencegah minyak mesin masuk ke ruang pembakaran dan menghindari kehilangan minyak mesin

jika komponen Valve Guide atau bos klep & Seal mengalami kerusakan atau keausan akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bahan bakar sehingga akan terlihat asap putih keluar dari knalpot sehingga penyebab dari kondisi alve Guide (Bos Klep) & Seal Rusak maka dapat menimbulkan motor keluar asap putih.

4. Blok Silinder Baret.

Blok silinder yang baret dapat menyebabkan motor keluar asap putih. Keluarnya asap putih dari area knalpot biasanya terjadi akibat blok silinder yang baret. Blok silinder yang baret ini mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar dan berakibat munculnya asap ngebul dari area knalpot.

Baca Juga :  Cocok Untuk Pemula! 15 Cara Edit Warna Baju Di Canva

Blok silinder dapat baret bisa dikarenakan pada volume oli mesin yang sedikit atau berlebihan yang dapat berpengaruh karena gesekan piston yang bergerak naik dan turun dengan block silinder pun akan semakin tinggi dan menimbulkan sumper panas yang berlebih. sehingga akan mengakibatkan baret pada block silinder.

Jika komponen Blok Silinder Baret maka kebocoran oli keruang bakar akan terjadi, jika dibiarkan akan membuat oli berkurang yang bisa berbahaya pada mesin.

5. Kondisi Piston Baret atau Jebol

penyebab lainnya motor keluar asap putih yaitu dengan kondisi piston motor yang rusak akan berdampak pada kinerja motor. buat yang sudah biasa mengendari kendaraan motor pasti bisa merasakan adanya perbedaan performa pada motor yang dikendarain.

Saat dinding piston tidak terlumasi dengan baik maka piston bisa bergerak langsung dengan dinding silinder yang tidak terlumasi yang bisa mengakibatkan dinding piston mengalami baret sehingga bisa membuat oli mesin ikut turun ke ruang mesin yang ikut terbakar dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih.

jadi jika komponen kondisi Piston bermasalah dapat mengakibatkan dampak seperti

  • Knalpot keluar asap putih
  • Kinerja mesin menurun
  • Motor sulit menyala
  • Oli motor cepat habis
  • Suara mesin terdengar kasar

 

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Mengenai biaya perbaikan motor keluar asap putih yang disebabkan dari beberapa penyebab lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk penyebab motor keluar asap putih. untuk penyebab motor yang mengeluarkan asap putih yang mengalami masalah pada sistem pembakaran atau pendinginan. untuk biaya perbaikan dapat bervariasi tergantung pada jenis motor, merek, model,

Serta seberapa parah kerusakannya. Selain dari pada itu, biaya perbaikan juga bisa berbeda sesuai dengan lokasi dari setiap kebijakan harga bengkel maupun mekanik.Jadi jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya Berikut adalah beberapa perkiraan biaya untuk beberapa potensi penyebab asap putih berikut ini.

Biaya Service Motor Keluar Asap Putih

Untuk  biaya perbaikan motor keluar asap putih yang pada umumnya bisa perhatikan dengan beberapa penyebabnya. berikut ini untuk biaya service motor keluar asap putih

Tabel Harga perkiraan biaya service motor keluar asap putih 

Biaya Perbaikan Perkiraan Harga
Biaya Mengganti Oli Rp 100.000 – Rp 300.000
Biaya Membersihkan Karburator Rp 200.000 – Rp 500.000
Biaya Membersihkan Mesin Rp 500.000 – Rp 1.000.000.
Biaya Mengganti Filter Udara Rp 50.000 – Rp 200.000.
Biaya Mengganti Busi Rp 50.000 – Rp 150.000.

Biaya Perbaikan Menganti Piston dan Cylinder

Untuk biaya perbaikan motor keluar asap putih untuk perbaikan pada motor dapat dibedakan dari beberapa jenis motor dan model dapat diperkirakan dengan berbagai komponen yang terdapat pada penyebab motor

Tabel Harga Perkiraan Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih Untuk Ganti Piston dan Cylinder

Baca Juga :  3 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11
Biaya Perbaikan Harga
Seal, Valve Steam Rp. 20,000-35000
Cylinder 1 Rp. 200,000-260.000
Piston (STD) Rp. 100,000-200,000
Piston Ring Set Rp. 50,000-150,000
Circlip Rp. 5,000-20,000
Gasket, Cylinder Rp. 15,000-25,000

Biaya Perbaikan Menganti Piston

Untuk biaya perbaikan motor keluar asap putih pada motor beat yang dikenakan untuk mengganti sparepart Beat yaitu piston set dan biaya jasa yang dapat mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, ditambah dengan adanya biaya bongkar mesin pada umumnya seperti

  • Piston set Rp 150.000,
  • Seal klep Rp 15.000,
  • Paking set Rp 50.000, dan
  • Oli Spx 2 Rp 55.000.
  • Biaya bongkar mesin Rp250.000,
  • Korter Rp 90.000,
  • Stir klep Rp 75.000.
  • Maka total biayanya sekitar Rp685.000.

Cara Mengatasi Motor Tidak Keluar Asap Putih

Dengan adanya penyebab dan kisaran biaya perbaikan motor keluar asap putih diatas kamu bisa melakukan cara mengatasi motor tidak keluar asap putih.

Motor yang mengeluarkan asap putih atau mengeluarkan asap berlebihan, bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin atau sistem pembakaran. Berikut adalah beberapa langkah cara mengatasi motor keluar asap putih.

Tips Solusinya
Merawat  Knalpot Motor membersihkan knalpot setelah motor digunakan saat berkendara saat hujan kamu bisa  Panaskan motor secukupnya dan tidak terlalu lama. Membersihkan lubang buang pada silencer. Membersihkan knalpot dari korosi.
Membersihkan karburator Membersihkan karburator secara berkala dapat membantu mencegah motor ngebul. Karburator yang bersih akan memungkinkan aliran bahan bakar yang optimal ke mesin
Melihat Kondisi Oli Pastikan untuk lebih memperhatikan kebutuhan oli pada motor,  tingkat oli mesin berada dalam batas yang diperlukan. Jika tingkat oli terlalu rendah, tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan, Ganti oli secara rutin dapat membantu menjaga mesin agar tetap bersih dan menghindari masalah ngebul.
Ganti Busi Secara Berkala Busi yang sudah rusak bisa  menyebabkan masalah asap putuh yang dikeluarkan pada motor.  Pastikan untuk mengganti busi secara berkala untuk menjaga kinerja mesin yang optimal
Ganti Filter Udara Dalam hal menganti Filter udara yang kotor dapat mengurangi aliran udara ke mesin dan menyebabkan masalah asap putih dari motor jadi pstikan untuk mengganti filter udara secara berkala.
Melakukan Perawatan Berkala pada Mesin Dengan melakukan perawatan berkala pada mesin seperti membersihkan mesin dan mengganti oli secara rutin dapat membantu ketahanan mesin motor kamu dan mencegah masalah asap putih motor.

Akhir Kata

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih
Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Bicara soal penyebab dan kisaran biaya perbaikan motor keluar asap putih adalah salah satu hal yang cukup beberapa masalah dan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. yang pastinya jika mengalami perbaikan untuk kendala kendaraan yang sudah sangat serius pastinya akan menyiapkan dana yang tidak sedikit,

Untuk itu ada baiknya untuk peduli dan merawat kendaraan motor yang kamu miliki supaya tidak terjadi masalah yang cukup serius dalam penyebab dan biaya perbaikan motor keluar asap putih,

Untuk kisaran biaya perbaikan motor keluar asap putih dapat berbeda-beda yang akan kamu temui namun untuk biaya diatas adalah biaya perkiraan pada umumnya. demikian informasi mengenai penyebab dan kisaran biaya perbaikan motor keluar asap putih semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat kamu yang membutuhkan.

Back to top button