TutorialTips

3 Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen

Apakah Ig yang sudah dihapus permanen bisa dikembalikan? Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Umumnya, akun Instagram yang telah di nonaktifkan atau dihapus permanen dapat dikembalikan jika status penonaktifan tersebut dilakukan oleh diri sendiri. Artinya akun Instagram tersebut bukan dihapus oleh pihak Instagram.

Banyak alasan mengapa seseorang menghapus atau menonaktifkan akun Instagram. Beberapa orang mungkin merasa terlalu terganggu oeh konten yang tidak relevan atau tidak menyenangkan di platform tersebut sehingga memutuskan untuk menghapus akun permanen.

Namun hal tersebut ternyata bukanlah solusi yang tepat, sehingga kamu harus mencari tahu kembali cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen dengan mudah dan praktis.

Nah, untuk mendapatkan informasi selengkapnya terkait cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen silahkan ikuti penjelasan dibawah ini sampai selesai.

Syarat Mengembalikan Akun Ig Yang Telah Dihapus Permanen

Adapun syarat agar akun Instagram yang telah di hapus permanen bisa dikembalikan lagi yaitu status akun tersebut belum sampai 30 hari sejak tanggal penghapusan.

Karena platform tersebut memberikan kebijakan kepada penggunanya, dimana setiap pengguna yang belum mencapai batas waktu 30 hari setelah penghapusan maka akun Instagram masih bisa dikembalikan.

Syarat Mengembalikan Akun Ig Yang Telah Dihapus Permanen
Syarat Mengembalikan Akun Ig Yang Telah Dihapus Permanen

Jika akun yang dimiliki ternyata sudah melewati waktu sejak penghapusan akun atau sudah lebih dari 30 hari, maka akun Instagram kamu tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Untuk itu pastikan terlebih dahulu akun Instagram yang dimiliki belum melewati waktu yang telah ditentukan, agar akun tersebut bisa diaktifkan kembali.

Apakah Akun Ig Yang Dihapus Permanen Dapat Dikembalikan?

Sebelum melakukan cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen, tentu kamu bertanya “Apakah akun yang telah dihapus dapat dikembalikan?” Jawabannya iya, kamu bisa mengembalikan akun Ig yang telah dihapus permanen.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Menambahkan Link di Bio TikTok 2024

Namun akun Ig hanya bisa dikembalikan apabila akun tersebut ditutup permanen oleh kamu sendiri dan bukan akun yang telah dihapus oleh pihak Instagram.

Jika akun Instagram yang dimiliki ternyata di banned permanen dikarenakan melanggar kebijakan atau aturan yang telah ditetapkan oleh platform tersebut, maka akun yang dimiliki tidak akan bisa kembali lagi kecuali melakukan banding dan banding disetujui oleh pihak Instagram.

Apabila pihak Instagram menolak permohonan pengajuan banding yang telah kamu buat, dapat dipastikan akun yang kamu miliki tidak akan bisa dikembalikan lagi atau dinonaktifkan permanen.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen

Jika kamu tidak ingin mengakses aplikasi Instagram untuk beberapa hari kedepan karena harus memiliki fokus yang lebih terhadap sesuatu yang ingin dikerjakan, maka kamu bisa menonaktifkan akun Ig secara permanen.

Penonaktifan akun bisa dilakukan kamu saja dan memiliki langkah yang mudah dan praktis. Untuk menonaktifkan akun Ig secara permanen melalui situs resmi Instagram, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Silahkan akses situs instagram.com/accounts/remove/request/permanent melalui browser diperangkat kamu.
  • Pilih salah satu alasan penghapusan akun Instagram.
  • Untuk mengkonfrimasi penonaktifakn akun, ketik ulang password Instagram.
  • Kemudian klik Delete Username.
  • Secara otomatis akun Instagram akan terhapus secara permanen.

Data akun kamu akan tetap tersimpan di server Instagram selama 30 hari setelah tanggal penghapusan. Jadi, kamu masih dapat mengembalikan akun selama belum melewati periode tersebut.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen

Apabila status akun Instagram tersebut belum sampai 30 hari sejak tanggal penghapusan, selanjutnya cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen bisa kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram
Buka aplikasi Instagram

Langkah pertama cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen yaitu dengan membuka aplikasi Instagram yang dimiliki. Pastikan aplikasi tersebut masih dimiliki agar memudahkan kamu dalam mengembalikan akun yang telah dinonaktifkan secara permanen.

2. Login Ke Akun

Login Ke Akun
Login Ke Akun

Langkah kedua cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen yaitu login menggunakan akun Instagram pribadi yang telah dinonaktifkan. Silahkan isi username dan kata sandi yang telah dihapus permanen kemudian klik opsi Masuk.

3. Pilih Opsi Biarkan Akun

Pilih Opsi Biarkan Akun
Pilih Opsi Biarkan Akun

Setelah itu akan muncul notifikasi yang berisi “Ingin Terus Menggunakan Akun Ini?” Anda meminta untuk menghapus @**********. Jika ingin membiarkannya, Anda memiliki waktu hingga Mei 23,**** untuk memberi tahu kami. Jika tidak semua postingan dan informasi akan dihapus.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Cara Upgrade OVO Premier Tanpa Ktp 2024, Apakah Bisa?

Klik atau pilih opsi Biarkan Akun agar cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen berhasil dilakukan dan akun yang telah dinonaktifkan bisa digunakan lagi.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Diretas?

Jika sudah berhasil melakukan cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen dan ternyata tiba-tiba akun yang dimiliki diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

cara ini akan berhasil apabila kamu mengingat semua data akun Instagram yang dimiliki, seperti :

  • Email pertama kali membuat akun Instagram (ini wajib diingat karena bagian paling terpenting).
  • Nomor HP yang terdaftar.
  • Pastikan memiliki foto di akun Instagram.

Jika sudah melengkapi semua data yang telah diperlukan, selanjutnya dilahkan ikuti langkah-langkag mengembalikan akun Ig yang telah di hack berikut.

  1. Pada halaman Instagram, pilih opsi Get Help signing In atau Dapatkan Bantuan untuk masuk.
  2. Masukkan alamat email atau username Instagram, lalu klik Next.
  3. Kemudian klik Need more help? atau Perlu bantuan lain?
  4. Selanjutnya kamu akan masuk ke form Submit Request atau kirim permintaan. Ini merupakan form untuk menghubungi pihak Instagram. Isi semua data dengan valid agar akun dapat kembali.
  5. Setelah semua data telah diisi klik Submit Request.
  6. Cek notifkasi ke email yang baru dan ikuti intruksi yang diminta. Biasanya pihak Instagram meminta pengguna untuk foto selfie sambil memegang kertas bertulisan kode, pengguna, dan username (wajib tulis manual).
  7. Tunggu hingga 1 sampai 7 hari, jika berhasil pihak Instagram akan mengkonfirmasi kepemilikan akun Instagram ke email beserta link login dan meminta untuk membuat password baru.
  8. Namun jika gagal, maka akan muncul email pemberitahuan yang dapat kamu lakukan sesuai dengan intruksi yang telah di sampaikan.

Agar terhindar dari peretasan atau hacker, sangat disarankan sebaiknya lindungin akun Instagram kamu dengan mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor. Jadi apabila ada perangkat yang login di Instagram yang dimiliki, kamu bisa segera menghindarinya.

Cara Memulihkan Akun Lupa Sandi atau Email

Dari pengalaman yang pernah penulis alami, masalah terbesar yang sangat kerap muncul saat mengakses akun Instagram adalah lupa password atau kata sandi.

Hal tersebut dikarenakan kata sandi atau password terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang membuat beberapa pengguna lupa. Berikut cara memulihkan akun yang lupa kata sandi melui email.

  • Buka aplikasi Instagram dan pilih Dapatkan Bantuan untuk Login.
  • Masukkan alamat email atau username (nama pengguna Instagram yang dimiliki).
  • Kemudian klik Selanjutnya.
  • Pada halaman Akses Akun Anda, pilih Kirim Sebuah Email.
  • Buka Kotak Masuk email, cari dan buka pesan dari Ig. Jika tidak ditemukan, cari pada folder Spam.
  • Buka email, klik tulisan Masuk Sebagai (Nama Pengguna) atau Mengatur Ulang Kata Sandi.
  • Selanjutnya atur ulang kata sandi baru pada kolom yang tersedia dan klik Reset Kata Sandi.
  • Selesai, lakukan login dengan username dan password yang baru.
Baca Juga :  7 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Zoom

Untuk menghindari terjadinya masalah yang sama di kemudian hari, sebaiknya simpan data login kamu, seperti username dan kata sandi Instagram di catatan ponsel kamu.

Alasan ingin Menghapus Akun Instagram Penjelasan
Privasi dan Keamanan Beberapa orang mungkin khawatir tentang privasi dan keamanan mereka di platform media sosial. Menghapus akun Instagram adalah cara untuk menghindari risiko penyalahgunaan data, peretasan, atau penipuan yang terkait dengan platform tersebut.
Gangguan Produktivitas Instagram dan media sosial lainnya bisa menjadi sumber gangguan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa orang memutuskan untuk menghapus akun mereka agar dapat fokus lebih pada pekerjaan, belajar, atau aktivitas produktif lainnya.
Kesehatan Mental Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang. Perbandingan sosial, perasaan kurang dihargai, atau perhatian yang berlebihan terhadap “likes” dapat memengaruhi kesejahteraan emosional. Menghapus akun Instagram bisa membantu mengurangi stres ini.
Konflik atau Kontroversi Terkadang, pengguna Instagram dapat terlibat dalam konflik atau kontroversi yang tidak diinginkan dengan pengguna lain. Menghapus akun adalah cara untuk menghindari konfrontasi atau tekanan sosial yang mungkin timbul akibat interaksi negatif dengan orang lain.
Kesibukan dengan Kehidupan Nyata Beberapa orang merasa bahwa penggunaan media sosial menghabiskan terlalu banyak waktu yang bisa digunakan untuk menikmati kehidupan nyata, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, atau mengejar hobi dan minat lainnya. Menghapus akun bisa membantu mendapatkan keseimbangan ini.

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen
Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihapus Permanen

Dari pembahasan cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen diatas dapat disimpulkan bahwa akun yang telah di nonaktifkan dapat dikembalikan jika status akun tidak melanggar ketentuan atau di banned.

Akun Instagram yang telah dihapus permanen juga dapat diaktifkan kembali apabila penutupan akun belum sampai 30 hari sejak penghapusan akun Ig.

Oleh sebab itu, agar akun Instagram yang dimiliki masih tetap bisa diakses seperti semula sebaiknya buka akun tersebut sebelum waktu yang telah ditentukan.

Semoga cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus permanen ini bermanfaat dan sampai bertemu di infromasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay