Tutorial

7 Cara Mengembalikan Postingan IG yang di Arsipkan dengan Mudah

Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan merupakan suatu hal yang wajib kamu ketahui terutama jika sudah terlanjur mengarsipkan foto yang berisi momen berharga kamu selama ini.

Fitur Arsip memungkinkan kamu untuk menyembunyikan postingan dari profil utama, namun tetap bisa mengaksesnya kapan saja melalui tab Arsip.

Hal ini juga sangat beguna untuk menjaga profil Instagram kamu agar tetap rapi dan fokus pada postingan lain yang lebih relevan untuk diperlihatkan kepada followers.

Tetapi ada kalanya kita ingin menampilkan kembali postingan yang sudah masuk ke dalam daftar arsip dikarenakan alasan tertentu, seperti merindukan momen yang ada di dalam foto tersebut.

Nah, penasaran dan ingin tahu bagaimana cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan dengan mudah dan praktis? Langsung saja ikuti postingan ini sampai selesai ya!

Sekilas Tentang Fitur Arsip di Instagram

Fitur arsip di Ig merupakan sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menyimpan postingan maupun sorotan cerita.

Dengan fitur ini, kamu bisa menyembunyikan postingan dari profil utama dan memindahkannya ke arsip pribadi yang hanya dapat diakses oleh kamu sendiri. Arsip ini sangat bermanfaat untuk menjaga tampilan profil tetap rapi dan fokus pada konten yang lebih relevan.

Sekilas Tentang Fitur Arsip di Instagram 
Sekilas Tentang Fitur Arsip di Instagram

Pasalnya, kamu bisa mengarsipkan postingan lama, seperti momen pribadi atau konten yang tidak lagi relevan, tanpa menghapusnya secara permanen.

Postingan Terkait

Fitur arsip memberikan fleksibilitas dalam merenovasi profil Ig, tanpa kehilangan kenangan berharga. Selain itu, arsip ini juga memungkinkan kamu untuk menyimpan postingan yang mungkin ingin kamu bagikan kembali di waktu yang mendatang tanpa perlu mengunggah ulang.

Cara Mengarsipkan Postingan di Ig

Cara Mengarsipkan Postingan di Ig 
Cara Mengarsipkan Postingan di Ig

Mungkin masih banyak diantara kamu yang belum memahami bagiamana cara mengarsipkan postingan di Instagram ini, meskipun kamu salah satu pengguna aktif sosmed tersebut.

Untuk mengarsipkan postingan di Instagram cukup mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini jika ada postingan yang ingin kamu sembunyikan dan tidak ingin dilihat oleh orang lain lagi.

  • Buka akun Instagram kamu.
  • Masuk ke menu Profil pengguna.
  • Cari dan pilih postingan yang akan di Arsipkan.
  • Klik ikon titik tiga dipojok kanan atas postingan.
  • Pilih opsi Arsipkan.
  • Secara otomatis postingan yang telah kamu pilih untuk disembunyikan akan masuk ke fitur Arsip.
  • Kamu bisa mengembalikan postingan tersebut keberanda profil jika diinginkan.
Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki KTP yang Buram dan Tips Merawatnya Dengan Benar

Berapa Postingan Ig yang Bisa di Arsipkan?

Mewaspadai tindakan mengarsipkan postingan terlalu banyak merupakan suatu hal yang wajar terutama bagi kamu yang belum memahami seputar fitur Arsip yang ada di Instagram.

Sebenarnya tak perlu heran lagi jika banyak orang yang bertanya, terkait berapa banyak jumlah postingan Instagram yang bisa di arsipkan ini. Hal tersebut untuk mengantisipasi pembatasan arsip postingan yang di lakukan oleh platform ini.

Namun Instagram meberikan kebebasan kepada para penggunanya, dimana setiap pengguna bebas mengarsipkan postingannya.

Artinya, tidak ada batasan untuk mengarsipkan postingan dan pengguna bisa mengarsipkan sebanyak apapun postingan ke dalam daftar arsip ini.

Cara Melihat Postingan Ig yang di Arsipkan

Setelah melakukan langkah diatas mungkinkan kamu belum mengetahui dimana letak fitur Arsip ini untuk melihat postingan yang sudah kamu tambahkan ke dalam daftar fitur tersebut.

Sebelum mengetahui cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan, silahkan simak cara melihat postingan yang diarsipkan ini terlebih dahulu.

  • Kunjungi profil Instagram kamu.
  • Klik ikon tiga garis dipojok kanan atas.
  • Pilih opsi Arsip.
  • Klik ikon panah dibagian atas layar.
  • Terdapat tiga kategori arsip, seperti story, postingan, dan siaran langsung.
  • Pilih Arsip postingan.
  • Setelah itu akan muncul berbagai foto yang pernah di arsipkan sebelumnya.

Apakah Postingan Ig yang di Arsipkan bisa Dikembalikan?

Meskipun sudah terlanjur mengarsipkan postingan, tak jarang para pengguna Instagram bertanya apakah postingan yang telah disembunyikan ke arsip bisa dikembalikan lagi atau bagaimana cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan.

Jadi postingan yang sudah terlanjur kamu arsipkan bisa kamu kembalikan lagi dengan mudah tanpa merusak kualitas dari postingan itu sendiri.

Hal tersebut dikarenakan, platform tersebut menyediakan fitur khusus yaitu fitur arsip yang dapat diakses setiap pengguna Instagram.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada beberapa postingan yang sudah terlanjur kamu masukkan ke dalam arsip, karena pstingan itu dapat kamu kembalikan lagi di waktu yang mendatang tanpa perlu mengunggah ulang.

Lantas bagaimana cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan? Yuk langsung saja simak informasi penjelasan dibawah ini.

Baca Juga :  4 Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci

Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan

Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan
Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan

Kemungkinkan kamu ingin mengembalikan momen berharga yang sudah terlanjur kamu sembunyikan ke dalam daftar arsip di Instagram, sehingga cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan hal utama yang harus diketahui.

Cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun bagi beberapa orang khususnya bagi pengguna yang baru saja mengakses media sosial ini akan kesulitan menemukannya.

Perhatikan urutan cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan ini, apabila kamu ingin membagikan kembali konten yang sudah terlanjur disembunyikan ke profil utama kamu di Instagram.

  • Pastikan kamu sudah login ke akun Instagram.
  • Masuk ke menu Profil.
  • Klik Ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi menu Arsip.
  • Klik ikon panah dibagian atas layar.
  • Terdapat tiga kategori arsip, seperti story, postingan, dan siaran langsung.
  • Pilih Arsip postingan.
  • Setelah itu akan muncul berbagai foto yang pernah di arsipkan sebelumnya.
  • Cari dan pilih foto mana yang ingin dikembalikan ke profil utama.
  • Klik foto dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Tampilkan di Profil.
  • Otomatis cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan akan kembali ke profil utama.

Bagaimana Cara Melihat Arsip Story di Instagram?

Instagram juga menyimpan berbagai momen yang telah kamu bagikan lewat fitur story atau cerita. Stories adalah konten yang muncul dibagian atas umpan beranda pengguna selama 24 jam setelah itu akan otomatis hilang dan tersimpan di arsip story.

Momen tersebut akan selalu diingatkan oleh Instagram setiap tanggal, bulan, dan tahun ketika kamu memposting story tersebut.

Untuk melihat arsip story di Instagram hampir sama dengan cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan. Ikuti panduan dibawah ini jika ingin melihatnya.

  • Masuk ke menu Profil.
  • Klik Ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi menu Arsip.
  • Klik ikon panah dibagian atas layar.
  • Terdapat tiga kategori arsip, seperti story, postingan, dan siaran langsung.
  • Pilih Arsip story.
  • Setelah itu akan muncul berbagai postingan yang pernah kamu buat ke story Ig kamu.
  • Untuk membagikan story tersebut kembali, klik Bagikan.
  • Lalu klik Cerita Anda.

Penyebab Fitur Arsip Instagram Tidak Muncul

Penyebab Fitur Arsip Instagram Tidak Muncul 
Penyebab Fitur Arsip Instagram Tidak Muncul

Belakangan ini ada beberapa pengguna Ig yang berkomentar fitur arsip di Instagram nya tidak muncul sehingga mereka mereka merasa kesulitan untuk cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi yaitu aplikasi Instagram yang digunakan masih versi lama. Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab lainnya, perhatikan penjelasan dibawah ini.

Baca Juga :  3 Cara Mengetahui Kode Voucher Telkomsel Yang Rusak Saat Digosok
Penyebab Fitur Arsip Instagram Tidak Muncul Solusinya 
Aplikasi Versi Lama Perbaharui aplikasi Instgaram
Koneksi Internet Buruk Ganti jaringan ke WiFi atau pakai kartu dengan jaringan yang lebih stabil
Pengaturan Privasi Aktifkan fitur Arsip
Cache Aplikasi Hapus Cache aplikasi yang menumpuk
Masalah Teknis Tunggu hingga aplikasi Instagram kembali pulih

Aplikasi Versi Lama

Penggunaan aplikasi versi lama Instagram dapat mengakibatkan masalah kompatibiltas dan mengakibatkan pembaruan fitur-fitur yang diberikan oleh platform ini tidak akan dapat kamu temukan.

Solusi yang dapat kamu lakukan agar fitur Arsip ini muncul, sebaiknya cek aplikasi Instagram kamu terlebih dahulu apakah kamu sudah menggunakan versi terbaru dari aplikasi yang disediakan.

Jika masih menggunakan versi aplikasi lama, sebaiknya update aplikasi instagram tersebut dan temukan fitur Arsip di dalamnya.

Koneksi Internet Buruk

Untuk mendapatkan akses langsung ke platform Instagram maka kamu harus menggunakan koneksi internet. Namun, penggunaan koneksi internet yang buruk atau tidak stabil dapat menyebabkan fitur arsip gagal memuat.

Jadi ketika kamu melakukan cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan, maka kamu tidak akan menemukan fitur tersebut sebelum koneksi internet yang kamu gunakan kembali stabil.

Untuk mengatasi maslaah ini, gunakan koneksi internet yang lancar atau hubungkan perangkat ponsel kamu ke WiFi apabila ada sambungan jaringan tersebut disekitar kamu.

Pengaturan Privasi

Instagram juga memberikan kebebasan pada setiap penggunanya, dimana setiap pengguna bisa menonaktifkan fitur Arsip ini sehingga semua postingan, story, dan siaran langsung tidak akan tersimpan karena fitur ini dinonaktifkan.

Nah, apabila kamu menonaktifkan fitur ini di pengaturan privasi maka fitur tersebut tidak akan muncul dan berbagai postingan yang telah kamu buat tidak akan bisa diarsipkan.

Cache Aplikasi

Cashe merupakan data yang disimpan oleh aplikasi Instagram di perangkat untuk mempercepat proses pengambilan data saat menggunakannya kembali.

Namun, cache yang berlebih di aplikasi Instagram dapat mengganggu fungsi arsip dan menyebabkan fitur tersebut tidak muncul. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut, hapus cache yang menumpuk di aplikasi Instagram kamu melalui menu pengaturan.

Masalah Teknis

Terkadang masalah teknis Instagram juga dapat mempengaruh ketersediaan fitur yang telah dibuat oleh platform ini. Hal ini sering terjadi pada setiap sosial media, terutama Instagram.

Jika ini terjadi, maka hal yang dapat kamu lakukan yaitu menunggu hingga Instagram selesai menangani permasalahan yang terjadi di aplikasi-nya.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Cara Mengatasi Musik Instagram Tidak Tersedia di Wilayah Anda

Akhir Kata

Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan
Cara Mengembalikan Postingan Ig yang di Arsipkan

Sudah tahu bagaimana cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan? Itulah langkah mudah yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengembalikan foto arsip yang berisi momen bahagia kamu ke profil utama.

Semoga informasi cara mengembalikan postingan Ig yang di arsipkan ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button