Tutorial

10 Cara Menghilangkan Lem G di Tangan Terbukti Ampuh

Cara menghilangkan lem G di tangan masih menjadi PR untuk semua orang, khususnya anda yang bekerja dan gemar membuat kerajinan tangan menggunakan lem G sebagai perekat nya.

Lem G dikenal karena daya rekat nya yang kuat dan cepat sehingga sering digunakan untuk perbaikan kecil. Penggunaan lem G juga harus berhati-hati karena dapat membawa masalah untuk pengguna, seperti cairan lem yang mengenai tangan dengan tidak sengaja.

Bagaimana cara menghilangkan lem G di tangan kita? Ada beberapa alternatif yang dapat anda gunakan. Yuk, simak selengkapnya disini!

Cara Menghilangkan Lem G di Tangan

Cara Menghilangkan Lem G di Tangan
Cara Menghilangkan Lem G di Tangan

Jika berbicara menghilangkan lem G di tangan ada banyak opsi yang dapat kita lakukan, termasuk memanfaatkan produk disekitar yang memiliki kandungan khusus, seperti minyak yang dapat meregangkan rekatan lem. Ini sederet cara menghilangkan lem di tangan yang dapat anda coba gunakan.

  • Menggunakan Minyak Zaitun

Salah satu cara menghapus lem G yang sangat kuat di tangan menggunakan minyak zaitun. Lemak dikenal baik dapat melepaskan kandungan cyanoacrylate etil pada lem G. Salah satu pilihan minyak yang baik untuk melepaskan lem G di tangan ialah minyak zaitun.

Menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan lem G di tangan sangat mudah, namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Cukup tuangkan minyak zaitun ke telapak tangan yang terkena lem, lalu gosok gosok perlahan untuk memudarkan rekatan lem G.

  • Mengoleskan Minyak Kelapa

Mengoleskan Minyak Kelapa
Mengoleskan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan lem G di tangan selanjutnya mengoleskan minyak kelapa. Prosesnya hampir sama dengan penggunaan minyak zaitun. Minyak kelapa memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga baik untuk melepaskan lem yang sangat rekat sekalipun. Oleskan minyak di tangan lalu gosok-gosok lembut. Ulangi cara yang sama untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Menggunakan Air Hangat dan Garam

Menggunakan air panas dan garam salah satu cara menghilangkan lem G di tangan yang diklaim berdasarkan pengalaman. Ambil air hangat lalu rendam tangan selama 1-3 menit, taburi garam dan gosokkan perlahan. Jangan lupa bersihkan tangan menggunakan air dan gunakan pelembab untuk mengantisipasi iritasi akibat gesekan garam.

Baca Juga :  2 Cara Mengubah Koin Shopee Menjadi Shopeepay Tanpa Aplikasi
  • Rendam Tangan di Perasan Air Lemon

Merendam tangan dalam perasaan air lemon salah satu cara menghilangkan lem G. Kandungan asam sitrat pada lemon bekerja baik menghilangkan daya rekat atau sisa lem yang masih menempel. Pertama-tama tuangkan air lemon kedalam sebuah wadah, setelah itu rendam tangan beberapa menit agar asam sitrat di dalamnya bekerja dengan baik. Anda bisa menggunakan kuas agar sisa lem dapat terkelupas dengan sempurna.

  • Menggunakan Aseton

Menggunakan aseton
Menggunakan aseton

Asetone adalah cairan kimia yang kerap kita temukan pada produk rumah tangga dan kosmetik untuk menghapus cat kuku dan kuteks. Meskipun tidak menggunakan asetone sepenuhnya, manfaatkan produk disekitar yang mengandung asetone lebih banyak seperti penghilang cat kuku.

Tuang cairan asetone atau nail polish remover dalam sebuah wadah kecil, lalu rendam tangan beberapa saat. Setelah itu, tarik lem yang di tangan atau bersihkan menggunakan cutton bud sampai tangan bersih. Pastikan anda membersihkan tangan dan gunakan pelembab agar tidak kering karena cairan aseton tersebut.

  • Menggunakan Mentega

Salah satu cara menghilangkan lem G di tangan menggunakan mentega. Oleskan mentega pada area yang terkena lem dan biarkan beberapa saat untuk meresap. Setelah itu, usap dengan kain untuk membersihkan lem, pastikan anda melakukanya dengan hati-hati. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi cara yang sama!

  • Menggunakan Petroleum Jelly

Menggunakan Petroleum Jelly
Menggunakan Petroleum Jelly

Lem super glue yang dikenal dengan daya rekat yang kuat dapat dilepaskan menggunakan petroleum jelly. Didalam dunia kecantikan, petroum jelly digunakan untuk melembabkan dan menutrisi bibir yang kering.

Baca Juga :  11 Cara Membuat Status WA Panjang Tanpa Aplikasi

Pertama-tama silahkan basuh tangan yang terkena lem dengan air lalu oleskan petroeum jelly dan tunggu beberapa saat. Anda bisa menarik bekas lem secara perlahan atau menggunakan alat yang sedikit keras untuk mengelupaskan cairan lem. Ulangi cara yang sama untuk menghilangkan bekas lem dengan maksimal.

  • Menggunakan Mineral Spirit

Cara menghilangkan lem G di tangan selanjutnya menggunakan mineral spirit. Cairan ini juga dikenal sebagai white spirit untuk membersihkan cat, melarutkan zat lengket dan umumnya digunakan sebagai bahan pelarut dalam dunia industri.

Untuk menghilangkan lem menggunakan mineral spirit sangat mudah. Tuangkan lem ke dalam sebuah wadah lalu rendam tangan sekitar 5 menit, lalu tarik lampisan lem yang sudah kendur.

  • Pakai Batu Apung

Pakai Batu Apung
Pakai Batu Apung

Cara menghilangkan lem G di tangan selanjutnya menggunakan batu apung. Meskipun sulit ditemukan saat ini, nyatanya batu apung dapat mempermudah pengelupasan lapisan lem kering seperti menghilangkan kapalan. Untuk menghilangkan lem G dan bekas nya menggunakan batu apung anda membutuhkan air hangat dan sabun cair. Berikut panduan nya.

  1. Tuangkan sabun cair ke dalam air hangat
  2. Rendam tangan kedalam air tersebut lalu basahi batu apung
  3. Selanjutnya gosok-gosok permukaan tangan menggunakan batu apung
  4. Lakukan berulang-ulang untuk memudarkan rekatan lem G di tangan

Menggunakan batu apung untuk menghilangkan lem G (super glue) hanya direkomendasikan pada bagian tubuh tertentu, seperti pada telapak tangan. Tidak dianjurkan menggosok wajah atau area sensitif menggunakan batu apung untuk menghilangkan lem apapun.

  • Menggunakan Cairan Penghilang Lem

Apabila kesembilan opsi diatas tidak berhasil menghilangkan lem G, kamu bisa menggunakan cairan penghilang lem yang tersedia di toko bangunan atau via situs jual beli online. Mengoleskan cairan penghilang lem dapat melenturkan lapisan nya, lalu tarik sisa -sisa lem untuk hasil yang lebih sempurna.

Baca Juga :  9 Cara Cek HP Oppo Bekas: Wajib Dipahami Jika Tidak Mau Tertipu!

Bagaimana Jika Lem G Mengenai Wajah dan kelopak Mata?

Setelah memahami dengan baik cara menghilangkan lem G di tangan, informasi ini perlu anda ketahui juga. Bagaimana jika lem G mengenai wajah dan mata? apa saja efek dan pertolongannya?

Super glue yang mengenai wajah memberikan sensasi panas dan wajah terasa sangat rekat. Hal ini sebenarnya dapat di tangani sendiri, anda bisa menggunakan mentega, minyak zaitun ataupun minyak kelapa agar rekatan lem terkelupas dari wajah. Namun apabila cairan lem mengenal kelopak mata sebaiknya tangani dengan bantuan dokter.

Bacaan menarik untuk anda 10 Rekomendasi Merk Lem Sepatu Yang Bagus dan Tahan Lama Terbaru 2023

Tips Aman Menggunakan Lem G ( Super Glue)

Di dalam kehidupan sehari-hari, lem memiliki peran yang sangat penting, baik lem yang memiliki daya perekat kuat ataupun sebaliknya. Banyak tugas dan aktivitas yang mengharuskan kita menggunakan lem untuk menyelesaikannya seperti memperbaiki barang-barang yang rusak atau menyatukan dua benda atau lebih.

Meskipun ada cara menghilangkan lem G di tangan, akan lebih baik anda mengetahui langkah aman menggunakan lem G berikut ini.

Tips Deskripsi
Baca petunjuk penggunaan Perlu membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan lem yang tertera pada kemasan, khususnya pada lem yang memiliki daya perekat yang tinggi seperti lem G.
Gunakan sarung tangan Salah satu upaya aman menggunakan lem G ialah menggunakan sarung tangan atau pelindung kulit yang lain.
Hindari mata Sebaiknya gunakan perlindungan tambahan agar cairan lem tidak merusak bagian tubuh, khususnya area sensitif seperti mata, telinga dan mulut.
Tutup rapat kemasan setelah digunakan Selalu tutup kemasan lem G setelah digunakan dan simpan di tempat yang aman untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak.

Penutup

Cara Menghilangkan Lem G di Tangan
Cara Menghilangkan Lem G di Tangan

Dengan memahami cara menghilangkan lem G dapat membantu anda memecahkan masalah saat cairan lem tidak sengaja mengenai tangan atau bagian tubuh yang lain. Mungkin proses pengelupasan lapisan lem membutuhkan waktu lama, karena itu butuh kesabaran extra untuk menghilangkan nya.

Semoga Informasi di halaman ini bermanfaat untuk sobat Mocipay, Terima kasih.

Back to top button