Tutorial

9 Cara Memperbaiki LCD HP Yang Hitam Sebagian Tanpa Service

Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian tanpa perlu service dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa tindakan, seperti menekan layar secara perlahan dan memperbaharui perangkat lunak untuk memperbaiki bug.

Untuk alternatif lain sebagai solusi cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian yaitu dengan membongkar perangkat ponsel yang dimiiliki menggunakan alat tambahan khusus seperti kain lembut dan juga cotton bud.

Pengaruh Lcd Pada Tampilan Layar Hp

LCD atau Liquid Crystal Display memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada tampilan layar di berbagai perangkat elektronik. Lcd merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif, apabila terkena benturan keras akan menimbulkan efek buruk.

Beberapa dampak yang akan terjadi, seperti layar tidak bisa disentuh sama sekali dan sebagaian layar hp menghitam. Adapun beberapa pengaruh Lcd pada tampilan layar handphone, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Kualitas Gambar Lebih Baik – Lcd memberikan kualitas gambar yang tinggi dengan resolusi yang baik. Ini memungkinkan tampilan warna yang jelas dan detail yang tajam.
  • Efisiensi Energi Yang Ditingkatkan – Lcd umumnya lebih efisien secara energi dibandingkan dengan beberapa teknologi lainnya. Karena ini berkontribusi pada daya tahan baterai yang lebih baik,
  • Tingkat kecerahan dan Kontras – LCD memiliki kemampuan untuk memberikan tingkat kecerahan dan kontras yang baik. Ini akan memastikan tampilan yang jelas bahkan dalam kondisi pencahayaan yang berbeda, sehingga pengguna dapat menggunakan ponsel mereka dengan nyaman di berbagai lingkungan.
  • Menghasilkan Warna yang Hidup – LCD dapat menghasilkan warna yang hidup dan akurat, memberikan pengalaman visual yang memikat. Ini penting untuk menampilkan warna yang jelas dan tepat pada aplikasi atau game.

Penyebab Layar Hp Hitam Sebagian

Lcd merupakan lapisan kristal cair diantara dua panel kaca yang umumnya digunakan untuk mengontrol intensitas cahaya dan menghasilkan warna.

Ketika perangkat hp yang digunakan jatuh atau tertekan, kemungkinan akan memberikan pengaruh buruk pada layar Lcd seperti pada umumnya yaitu layar handphone menjadi hitam sebagian atau bahkan keseluruhan.

Nah, untuk mengetahui apa saja faktor penyebab dari laya hp hitam sebagian, silahkan perhatikan informasi penjelasan dibawah ini.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan Karena Telat Bayar

Benturan Terlalu Keras

Benturan Terlalu Keras 
Benturan Terlalu Keras

Hp jatuh dari ketinggian sehingga mengakibatkan benturan yang terlalu keras dan membuat layar Lcd menjadi hitam sebagian atau bahkan pecah. Layar menghitam sebagian akibat benturan terlalu keras itu dikarenakan adanya beberapa komponen perangkat handphone yang rusak.

Bukan hanya itu saja, benturan terlalu keras juga dapat menyebabkan kerusakan pada antena atau komponen jaringan yang membuat banyak pengguna kewalahan untuk mengatasinya.

Tekanan

Tekanan fisik yang kuat dan benturan pada LCD memberikan dampak buruk terhadap perangkat yang akan menyebabkan masalalah visual seperti layar menghitam sebagian. Lcd merupakan teknologi layar yang sensitif terhadap tekanan dan kerusakan fisik.

Sehingga ketika ponsel mengalami benturan aatau tekanan yang cukup kuat, bisa menyebabkan komponen internal mengalami kerusakan. Apabila layar hp hitam sebagian akibat tertimpa, hal yang dapat dilakukan hanya dengan membawa perangkat yang dimiliki ke pusat service.

Gangguan Software

Adanya gangguan pada perangkat lunak atau software menjadi salah satu indikasi penyebab layar ponsel mhitam sebagian atau keseluruhan. Beberapa kemungkinan yang mengakibatkan gangguan perangkat lunak memperngaruhi tampilan layar yaitu :

  • Kesalahan sistem operasi
  • Aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel
  • Pengaturan layar yang bermasalah
  • Pembaharuan perangkat lunak yang gagal
  • Virus atau Malware

Sistem Error

Terlihat sangat tidak memungkinkan, namun sistem yang error bisa menjadi problem baru karena menimbulkan layar hitam sebagian dan membuat perangkat tidak bisa digunakan dengan baik. Misalnya saja ketika handphone yang digunakan gagal flashing room.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri sistem pada ponsel error dan menimbulkan layar hitam sebagian.

  • sistem operasi tidak stabil
  • Bootloop
  • Tidak bisa update sistem
  • Error saat proses install aplikasi
  • Ponsel hang atau tidak responsif
  • Tidak bisa booting
  • Force close aplikasi

Konektor Layar Terlepas

Konektor layar adalah bagian mendasar yang menghubungkan layar dengan motherboard atau bagian pengendali lainnya dalam smartphone. jadi ketika konektor terlepas atau tidak terhubung dengan baik akan menyebabkan layar hp hitam sebagian atau keseluruhan.

Berikut ciri konektor layar terlepas yang menyebabkan masalah pada layar :

  • Layar hp hitam sebagian atau keseluruhan.
  • Layar hp goyang atau mengalami getaran ketika ponsel dioperasikan.
  • Layar kurang responsif terhadap sentuhan.
  • Tampilan tidak stabil atau bahkan mati secara sporadis.

Browsing kamu lelet akibat paket data yang menipis? Yuk, lakukan isi ulang pulsa dan paket data kamu hanya di aplikasi Mocipay dapatkan penawaran menarik lainnya dengan harga termurah.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Simbol Di Keyboard Android

Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian Tanpa Service

Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian Tanpa Service
Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian Tanpa Service

Jika sudah megetahui apa saja faktor penyebabnya, tentu kamu akan mencari tahu bagaimana cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian tanpa perlu membawa ke pusat service terlebih dahulu.

Layar handphone hitam sebagian merupakan masalah yang besar yang harus segera ditindak lanjuti. Pasalnya, jika dibiarkan semakin lama akan menimbulkan permasalahan baru.

Salah satu cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian paling mudah dan praktis dilakukan yaitu dengan menekan layar Lcd hp perlahan. Adapun beberapa cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian, yakni diantaranya sebagai berikut.

Tekan Layar Lcd Hp

Cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian tanpa service pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menekan bagian layar Lcd hp yang menghitam secara perlahan hingga layar yang menghitam kembali normal.

Namun penting untuk diketahui, menekan layar secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan baru, seperti retak, kerusakan pada lapisan dalam, atau kerusakan komponen lainnya.

Restart Perangkat

Restart Perangkat
Restart Perangkat

Restart ponsel menjadi solusi cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian yang bisa kamu coba. Pada beberapa kasus, kemungkinan masalah tersebut bersifat sementara dan dapat diperbaiki dengan melakukan restart.

Berikut adalah langkah-langkah ang bisa dapat kamu coba :

  • Restart Biasa – Restart ponsel seperti biasa, yaitu dengan menekan tombol power beberapa detik, klik restart, dan tunggu beberapa saat hingga layar kembali menyala.
  • Force Restart – Jika restart tidak berhasil, kamu dapat mencoba melakukan metode force restart. Cara melakukannya bervariasi, tergantung pada merek dan model ponsel. Sebagai contoh kamu bisa menekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun selama beberapa detik. Setelah itu, perangkat akan masuk ke mode force restart.

Perbarui Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak dapat membantu kamu mengatasi beberapa masalah pada ponsel dan termasuk sebagai cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian tanpa perlu service.

Karena dengan melakukan pembaruan perangkat lunak akan memperbaiki bug dan pembaruan keamanan pada perangkat. Pembaruan ini dapat memperbaiki masalah perangkat lunak yang mungkin mempengaruhi kinerja layar atau fungsi lainnya.

Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan stabilitas dan cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian yang akan memberikan dampak positif terhadap kinerja umum perangkat, termasuk layar.

Baca Juga :  4 Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi

Solusi Lcd Yang Hitam Sebagian Lainnya

Sebagai alternatif lain dari cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian tanpa perlu service ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan. Dimana langkahnya sangat sederhana dan telah terbukti mampu mengatasi permasalahan yang ada pada layar smartphone yang digunakan.

Kamu bisa membongkar sendiri hp yang digunakan untuk melakukan perbaikan secara fisik dan cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian.

Namun sebelumnya kamu perlu mempersiapkan kain lembut atau cooton bud yang akan digunakan untuk mengusap atau menggosok layar LCD hp. Berikut adalah tutorial cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian dengan metode bongkar.

  • Hidupkan ponsel dan pastikan kondisi hp akan selalu hidup ketika diperbaiki.
  • Buka casing dan buka bagian layar.
  • Pastikan baterai tidak ikut tercabut. Silahkan lakukan dengan hati-hati.
  • Siapkan kain lembut dan cotton bud.
  • Sentuh bagian LCD hp dan gosok secara perlahan pada bagian layar LCD yang menghitam sebagian.
  • Lakukan tindakan ini dalam keadaan layar handphone menyala atau hidup untuk mengetahui bagian layar yang hitam sebagian.
  • Setelah  kembali normal, tutup kembali dan pasang casing yang telah dilepas.
  • Lanjutkan dengan me-restart perangkat ponsel yang digunakan.
  • Cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian berhasil dilakukan dan layar akan kembali normal.

Apakah Lcd Hp Yang Hitam Bisa Menyebar?

Apakah Lcd Hp Yang Hitam Bisa Menyebar
Apakah Lcd Hp Yang Hitam Bisa Menyebar

Lcd ponsel yang hitam dapat menutupi sebagian atau keseluruhan layar. Dimana ketika lcd yang hitam masih sebagian, pengguna dapat mengatasinya sendiri.

Namun apa yang terjadi jika tak segera diperbaiki? Apakah lcd hp yang hitam bisa menyebar? Dirangkum dari situs Quora dari salah satu akun yang bekerja di industri teknologi perangkat seluler memperjelas bahwa layar lcd hp yang menghitam sebagian umumnya terjadi karena adanya tekanan pada salah satu titik.

Jika bagian layar yang telah menghitam sebagian tersebut dibiarkan, bisa menyebar dan membesar hingga menutup keseluruhan layar meski ponsel dimatikan atau tidak digunakan.

Hal ini disebabkan, karena perangkat LCD tersebut berbahan cair dan sangat sensitif akan kerusakan yang terjadi pada layar perangkat pnsel yang digunakan.

Artikel Menarik Lainnya : 10+ Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang Tanpa Perlu Service

Akhir Kata

Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian
Cara Memperbaiki Lcd Hp Yang Hitam Sebagian

LCD merupakan komponen yang sangat sensitif sehingga ketika mengalami benturan atau tekakanan terlalu keras layar hp akan mengalami kerusakan seperti Lcd yang hitam sebagian atau keseluruhan.

Namun penting untuk diketahui, jika solusi dan alternatif cara memperbaiki Lcd hp yang hitam sebagian diatas tidak bisa memperbaiki layar Lcd yang telah menghitam, sebaiknya membawa langsung ke pusat service agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Back to top button