Tutorial

7 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Berikut ini cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasiHp mu lemot karena memori penyimpanan kamu penuh? Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberi tahu kamu bagaimana cara mengosongkan memori tanpa harus menghapus aplikasi!

Cara mengosongkan memori
Cara mengosongkan memori

Salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap lemot nya sistem kinerja Hp adalah penuhnya memori. Ketika situasi ini terjadi biasanya akan mempengaruhi emosional si pengguna Hp tersebut, karena sangat lambatnya respon Hp tak jarang orang membanting Hp nya sendiri hingga lama kelamaan menjadi rusak.

Kamu pastinya tidak mau kan hal itu terjadi dengan Hp kesayangan kamu. Karna itu berikut ini kami beritahu cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi penting yang kamu gunakan di Hp kamu!

Penyebab Memori Hp Penuh

Sumber: www.leskompi.com

sebelum kita membahas terkait bagaimana cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi, tentu saja kamu perlu juga mengetahui apa penyebab memori Hp mu penuh. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab memori Hp mu cepat penuh, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Banyaknya aktivitas mendownload video, misalnya yang paling sering kita lakukan sendiri adalah  mendownload video dari obrolan chat Wa, Messenger, Ig, Telegram, dan tiktok.
  • Banyaknya cache yang tidak dihapus
  • Penuhnya penyimpanan aplikasi. Karena foto, video, dokumen yang kita buka akan tersimpan otomatis pada “File Manager”. Contoh: Story orang lain yang kita lihat di Wa secara otomatis akan ter-save di file manager pada menu “Whatsapp Statuses“. Nah, jika tidak rutin kita bersihkan, tentu penyimpanan Hp kita akan penuh
  • Pembersihan email yang jarang dilakukan, seperti menghapus kotak masuk, pesan terkirim, dan draf
  • Banyaknya obrolan lama yang tidak dihapus pada aplikasi perpesanan
  • Membiarkan aplikasi yang jarang digunakan/ tidak terlalu dibutuhkan tetap terpasang
  • Penuhnya tempat sampah pada menu pembersih SmartPhone
  • Banyaknya file berbentuk video yang tersimpan di memori Hp. Terlebih untuk video yang diambil menggunakan kamera sendiri akan lebih banyak memakan kapasitas penyimpanan memori
Baca Juga :  5 Cara Melihat Info WA yang Disembunyikan

Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab memori Hp cepat penuh, sekarang waktunya anda untuk mengetahui bagaimana cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Simak dengan baik ya!

  • Melakukan pembersihan cache secara rutin

Hapus Cache/ Cara mengosongkan memori

Cache memang memiliki peran utama dalam kinerja SmartPhone, karena pada umumnya fungsi cache adalah untuk meningkatkan kecepatan loading data aplikasi dan browser. Namun ada kekurangan dari cache ini sendiri yaitu membuat penyimpanan cepat penuh, karena data-data penting dari aplikasi atau situs web akan tersimpan dalam cache. Sehingga jika tidak dilakukan secara rutin maka cache akan menumpuk terus menerus.

Cara membersihkan cache bisa dengan mudah anda lakukan

  1. Tekan lama pada ikon aplikasi,
  2. Lalu pilih info aplikasi,
  3. Kemudian ketuk “Hapus data” maka akan muncul dua pilihan, yaitu “hapus semua data” dan “bersihkan cache”.
  4. Silahkan pilih bersihkan cache
  • Hindari untuk mengaktifkan fitur pengunduhan file secara otomatis 

Sumber: kmmai.ipb.ac.id/ cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi

Seperti yang telah disebutkan tadi, salah satu penyebab dari penuhnya memori adalah banyak data yang tersimpan pada aplikasi perpesan seperti WA, Messenger, Instagram, dsb, terlebih untuk file berbentuk video yang berkali lipat lebih banyak memakan memori penyimpanan HP.

Maka untuk mengatasi hal tersebut adalah matikan/ nonaktifkan fitur pengunduhan file secara otomatis, dengan begitu kamu bisa menyaring file yang penting saja untuk kamu simpan ke dalam memori Hp mu.

Baca juga artikel menarik lainnya 2 Cara Download Lagu Di Resso Ke Galeri Dengan Mudah

  • Melakukan pembersihan media aplikasi

Media Telegram/ cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi

Sebelumnya telah penulis katakan juga story WA yang anda putar akan tersimpan otomatis di penyimpanan memori Hp kamu. Pada beberapa aplikasi lain tak menutup kemungkinan hal itu juga akan terjadi. Seperti pada aplikasi TikTok, Facebook, Instagram, Telegram, dll, akan terdapat beberapa penyimpanan media yang memakan banyak memori, terlebih untuk media yang menyimpan video pastinya akan sangat banyak memakan kapasitas memori Hp anda

Baca Juga :  Cara Membuat Video Menjadi Wallpaper Tanpa Aplikasi 2024

Maka rutinlah untuk melakukan pembersihan media pada semua aplikasi mu yang bisa anda selesaikan melalui “file manager”.

  • Pembersihan Obrolan chat

Banyak nya obrolan chat juga mempengaruhi penyimpanan memori penuh, walau tidak terlalu banyak memakan memori (pengaruhnya tidak terlalu besar”, namun apabila dibiarkan menumpuk terus menerus maka akan menyebabkan Hp menjadi lemot.

Maka untuk mengatasi masalah tersebut silahkan lakukan penyaringan obrolan chat. Obrolan chat yang menurut anda tidak terlalu penting sebaiknya dihapus, dan obrolan yang penting bisa kamu pisahkan misalnya dengan memasukkan ke pesan berbintang untuk menghindari ketidak sengajaan menghapus pesan.

Bagaimanakah caranya untuk memasukkan pean ke pesan berbintang? simak penjelasannya disini Cara memasukkan pesan ke dalam daftar pesan berbintang

  • Menghapus Video yang tidak penting

Hal ini umumnya ditemukan pada kaum wanita. Ketika akan mengambil video untuk diposting ke media sosial, sudah menjadi salah satu kebiasaan wanita harus mengambil beberapa kali take video untuk memperbanyak pilihan sampai menemukan mana video yang bagus untuk di posting ke sosmed.

Nah, untuk mengosongkan memori, silahkan lakukan penghapusan video yang tidak terlalu penting untuk anda abadikan di memori penyimpanan Hp anda. Mungkin kamu juga tertarik dengan 3 Cara Memindai Kode QR WiFi Terbaru 

  • Melakukan pembersihan tong sampah secara rutin

Bersihkan Tong Sampah/ Cara mengosongkan memori

Setiap Hp memiliki fitur “Tong Sampah” untuk membersihkan sampah guna meningkatkan kinerja SmartPhone. Namun tak hanya untuk meningkatkan kinerja Hp saja, fitur ini juga memiliki fungsi yang bisa membantu untuk mengosongkan memori penyimpanan Hp anda. Maka untuk membantu mengosongkan memori Hp anda, silahkan lakukan pembersihan tong sampah secara rutin

  • Lakukan pembersihan Email secara rutin

Mungkin anda berpikiran bahwa data yang tersimpan di Email tidak berpengaruh pada penyimpanan memori Hp. Padahal itu termasuk salah satu pemicu penuhnya memori Hp ya gaes.

Baca Juga :  TTsave App: Download Video TikTok Tanpa Watermark Kualitas HD

Maka dari itu, silahkan lakukan pembersihan data seperti kotak masuk, pesan terkirim, dan draft, yang bisa membantu mengosongkan memori penyimpanan Hp anda.

Tips Agar Memori HP Tidak Cepat Penuh

Tips Deskripsi Singkat
Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan.
Atur Penyimpanan Cloud Simpan foto, video, dan file di layanan penyimpanan cloud (seperti Google Drive atau iCloud) untuk menghemat ruang.
Hapus Berkas Tidak Diperlukan Rutin hapus file, foto, atau video yang tidak lagi diperlukan.
Gunakan Aplikasi Pembersih Gunakan aplikasi pembersih yang dapat membersihkan cache dan file sementara untuk membebaskan ruang.
Batasi Simpanan Pesan Media Batasi penyimpanan pesan media dalam aplikasi pesan untuk mencegah akumulasi yang besar.

Penutup

Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Nah, itulah beberapa cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang bisa teman-teman lakukan supaya penyimpanan Smartphone mu tidak penuh yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kinerja Hp kamu menjadi sangat lambat. Demikianlah artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button