Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

8 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor Yang Membandel

Cara menghilangkan bekas stiker di motor tanpa merusak cat penting untuk kamu ketahui apabila kamu termasuk sebagai salah satu dari sekian banyaknya orang-orang yang memiliki hobby untuk memodifikasi motor dengan stiker? Apakah kamu sudah tau cara yang sangat mudah untuk menghilangkan bekas stiker di motor?

Jika belum, artinya kamu berada di artikel yang tepat, karna dalam artikel ini, kamu akan menemukan cara membuat body motor kamu yang sudah dilumuri oleh bekas stiker kembali menjadi mulus seperti baru!

Bekas stiker pada motor tentu akan sangat mempengaruhi tampilan body nya. Membersihkan dengan air dan sabun atau membawanya ke doorsmeer saja tidak bisa menghilangkan bekas stiker yang membandel. Karena sisa perekat/lem tidak mudah dilepas jika tidak menggunakan beberapa benda khusus. Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan bekas stiker di motor dengan mudah? Ketahui caranya dengan mengikuti penjelasan berikut ini:

Sekilas tentang Stiker Motor

Cara menghilangkan bekas stiker di motor
Sumber: www.qoala.app

Sebelum kami menyajikan cara menghilangkan bekas stiker motor, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sekilas mengenai stiker motor.

Stiker motor merupakan selembaran kertas/ plastik khusus yang dibentuk dengan berbagai motif dan ukuran yang telah disesuaikan dengan masing-masing body motor. Stiker akan membuat tampilan motor kamu menjadi tampak lebih keren dan menarik, karna itu banyak orang terutama kaum laku-laki yang sangat suka gonta-ganti memodifikasi motornya dengan stiker.

Jenis stiker motor

Jenis stiker motor pada umumnya terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Cutting stiker dan decal stiker. Berikut kami jelaskan perbedaan dari kedua jenis stiker tersebut

  • Cutting stiker

Cutting stiker adalah jenis stiker pada motor yang langsung di tempelkan pada permukaan body motor, kemudian dipotong sesuai dengan desain yang diinginkan.

Pemasangan stiker menggunakan jenis cutting stiker ini sendiri memerlukan keahlian khusus serta memakan waktu yang sangat lama, karna prosesnya yang menggunakan pisau cutter untuk memotong stiker dan korek api gas yang mempermudah perekatan dan pembentukan stiker.

Kelebihan menggunakan stiker ini adalah warna yang tahan lama karna langsung dari pabrik. Namun sayangnya, anda akan kesulitan jika anda menginginkan desain stiker motor yang terdiri dari beberapa warna. Karena satu lembar satu warna, sehingga jika anda ingin membuat motif stiker dengan gradasi warna maka harus menggunakan penumpukan stiker.

  • Decal stiker

Decal stiker adalah stiker yang dibuat melalui komputer dan di cetak di atas bahan yang digunakan untuk stiker dengan menggunakan ptinter khusus. Karena itu, decal stiker ini sering juga disebut dengan digital printing sticker.

Pemasangan stiker motor dengan menggunakan jenis decal stiker ini lebih mudah dan cepat dilakukan karena setelah tercetak, stiker sudah bisa langsung bisa di pasangkan ke permukaan body motor.

Namun dibalik kemudahan dalam memasangnya, warna yang dimiliki stiker decal ini lebih mudah luntur, sebab pewarnaan dilakukan dengan menggunakan tinta dan printer.

Tips Melepas Stiker Motor

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di motor, kami juga akan memberi mu tips terkait bagaimana cara yang benar untuk melepas stiker motor supaya tidak meninggalkan banyak bekas?

Untuk meminimalisir bekas noda stiker saat sudah dicabut, kamu bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, basahilah area stiker dengan menggunakan kain yang sudah di celupkan ke air hangat
  2. Selanjutnya, Carilah salah satu ujung stiker untuk ditarik
  3. Angkat dan tariklah bagian tersebut dengan pelan-pelan sampai stiker berhasil dilepas secara keseluruhan
  4. Anda juga bisa menggunakan bantuan korek api gas supaya permukaan stiker melunak, dengan demikian anda lebih mudah melakukan proses pengelupasan dengan tidak menyisakan banyak noda bekas perekat stiker

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

Untuk kamu yang suka gonta-ganti stiker motor, berikut kami tampilkan beberapa cara menghilangkan bekas stiker di motor dengan mudah tanpa lama dan ribet. Dan pastinya dengan menggunakan cara ini, akan membuat tampilan motor anda kembali kinclong dan mulus like a new! Penasaran dengan beberapa cara yang dimaksud? simak berikut ini:

  • Menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan bekas stiker di motor menggunakan minyak kayu putih/ www.merdeka.com

Cara menghilangkan bekas stiker yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Selain digunakan untuk obat masuk angin, tenyata minyak kayu putih juga bisa dengan efektif menghilangkan bekas stiker pada motor. Caranya dengan mengolesi permukaan body motor yang terkena bekas stiker, kemudian gosok perlahan menggunakan kain bekas sampai bekas stikernya terangkat semua.

  • Menggunakan tisu basah

Dengan kandungan alkohol yang ada pada tisu basah, membuat bahan yang satu ini memiliki fungsi yang bisa menghilangkan bekas stiker pada motor. Caranya juga sangat gampang, ambil beberapa lembar tisu lalu gosok-gosok perlahan ke bekas stiker tersebut. Lakukan berulang kali sampai bekas stiker di motor berhasil rontok.

  • Menggunakan minyak zaitun

Source: aido.id

Tak hanya minyak kayu putih, minyak zaitun juga ternyata telah terbukti bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas stiker di motor. Dengan kandungan minyak pada zaitun ini, membuat bekas perekat stiker menjadi lunak sehingga mudah di lepas.

  • Menggunakan sabuk piring, sun light dan air panas

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas stiker di motor adalah dengan menggunakan sabuk piring, sun light, dan air panas. Cara ini sangat efektif dapat menghilangkan bekas perekat walau masih sangat menempel sekalipun. Caranya yaitu olesi permukaan yang terdapat bekas stiker, lalu celupkan sabuk ke air panas, peras sedikit, kemudian aplikasikan langsung pada permukaan yang terdapat bekas stiker dengan menggosok-gosok secara perlahan.

  • Menggunakan nail polish

Cara menghilangkan bekas stiker di motor menggunakan nail polish/shopee.co.id

Nail polish adalah sebuah benda yang digunakan untuk membersihkan kutek. Benda ini mengandung alkohol, dan karna inilah ia dapat dengan mudah dapat membersihkan kutek pada kuku. namun ternyata tak hanya untuk kutek saja, nail polish ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas stiker di motor. Pengaplikasiannya sama seperti pengaplikasi nail polish untuk membersih kutek, perbedaannya adalah anda akan lebih banyak membutuhkan nail polish untuk membersihkan stiker di motor.

  • Menggunakan minyak goreng

Selain digunakan sebagai bahan masak, ternyata minyak goreng juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas stiker di motor. Dengan bantuan kain bekas, kamu bisa melumuri permukaan bekas perekat stiker dengan minyak goreng, dan menggosoknya secara perlahan, terakhir gunakan lah sabun untuk membersihkan untuk membersihkan sisa minyak dari body motor kamu.

  • Menggunakan pelumas rantai

Sumber: www.goesbike.com/

Pelumas rantai memiliki fungsi untuk melindungi rantai dari penumpukan debu dan keausan, serta mengurangi kebisingan dan gesekan pada rantai. Tapi ternyata, benda ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas stiker di motor. Pengaplikasiannya sama seperti pengaplikasian yang dijelaskan pada cara menghilangkan bekas stiker di motor dengan menggunakan minyak goreng yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Menggunakan penghapus

Dibalik fungsi utama dari penghapus yang digunakan untuk menghapus coretan pensil, benda ini juga ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas stiker di motor. Caranya mudah saja, yaitu dengan menggosok-gosokkan penghapus secara perlahan pada permukaan body motor yang terdapat bekas stiker. Lakukan sacara berulang sampai bekas stiker berhasil terangkat bersih.

Cara membuat bekas stiker di motor menjadi mengkilat kembali?

Sumber: shopee.co.id

Selain membagikan cara menghilangkan bekas stiker di motor, kami juga akan membagikan cara terkait bagaimana membuat bekas stiker di motor yang sudah di bersihkan kelihatan lebih mengkilat?

Nah, dalam hal ini kami akan meminta mu untuk melakukan beberapa langkah seperti yang terlihat di bawah ini:

  1. Setelah semua bekas stiker yang terdapat di body motor kamu sudah berhasil kamu bersihkan, selanjutnya
  2. Silahkan bersihkan motor anda dengan menggunakan sabun (door smeer)
  3. Setelah selesai dibersihkan, langkah berikutnya
  4. Keringkan sisa air dengan menggunakan kain kering bekas
  5. Terakhir, aplikasikan pemakaian KIT untuk membuat body motor anda terlihat mengkilat seperti baru.

Apakah Penggunaan stiker motor bisa membuat kena tilang Polisi?

Jika anda menanyakan apakah penggunaan stiker motor bisa membuat kena tilang polisi? Jawabannya adalah “Tergantung banyaknya stiker yang anda pasang pada body motor anda

Kamu akan ditilang polisi, apabila kamu menggunakan stiker full body. Karena warnanya akan berbeda dengan warna yang terlihat pada keterangan dalam STNK (surat tanda nomor kendaraan). Namun jika anda hanya memoles sedikit/ seadanya saja, maka akan tidak perlu khawatir karena hal itu akan aman-aman saja.

Baca juga postingan sebelumnya 19 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Paling Populer

Simpulan dari Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor
Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

Menghilangkan bekas stiker di motor bukanlah perkara sulit untuk dilakukan. Dengan mengaplikasikan salah satu dari beberapa cara menghilangkan bekas stiker di motor yang telah dijelaskan diatas, bekas perekat stiker pada motor kamu akan dengan mudah teratasi dan tentunya motor kamu akan kembali mulus lagi.

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan bekas stiker di motor yang dapat Mocipay bagikan untuk semuanya. Semoga beberapa cara yang telah dijelaskan dapat membantu. Trimakasih.

Back to top button