Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tips

19 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Paling Populer

Bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, pasti berusaha untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai kepribadian. Saat ini, ada banyak pekerjaan yang cocok untuk introvert, sehingga kamu dapat mengembangkan skill di pekerjaan tersebut.

Tak seperti para extrovert, orang yang memiliki kepribadian introvert memerlukan lingkungan bekerja yang lebih tenang supaya bisa mengekspresikan diri serta kinerja dengan baik.

Itu sebabnya, pekerja yang memiliki kepribadian ini membutuhkan profesi yang tidak mendorong untuk terlalu berinteraksi dengan banyak orang.

Lantas, apa saja pekerjaan yang sesuai untuk para introvert? Cek jenis-jenis pekerjaannya di bawah ini, ya!

Sekilas Tentang Introvert

Banyak yang mengira bahwa introvert merupakan sifat pemalu, pendiam, serta tidak menyukai interaksi sosial. Kenyataannya, seseorang yang memiliki kepribadian introvert bukanlah sosok seperti itu. Mereka hanya lebih nyaman menghabiskan waktu dengan kelompok kecil.

Adapun karakteristik introvert bisa dikenali dengan ciri-ciri seperti berikut:

  • Lingkup pertemanan yang dimilikinya cukup kecil
  • Lebih menyukai waktu untuk sendiri daripada menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang di luar rumah
  • Tidak menyukai saat menjadi pusat perhatian
  • Terkadang selalu merasa lelah setelah bertemu dengan banyak orang di luar rumah
  • Lebih memilih suatu pekerjaan yang memberikan kebebasan atau fleksibel agar dapat meningkatkan kinerja dengan baik.

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Berikut rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert, yaitu:

1. Accounting Manager

Profesi accounting manager bisa menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert dan bisa kamu pertimbangkan.

Karier satu ini memang cukup sesuai dengan kebutuhan para introvert, yakni memegang kendali tanpa perlu banyak intervensi dengan rekan kerja.

Tugas utama seorang accounting manager adalah untuk menganalisis data, angka-angka, hingga menggunakan keterampilan organisasi untuk memastikan bahwa seluruh proyek dapat berjalan dengan lancar.

Dalam pekerjaan accounting manager, kamu bisa bekerja secara remote, lho. Jadi, gak perlu sering-sering datang ke kantor dan berinteraksi bersama rekan kerja.

Seorang accunting manager biasanya mendapatkan gaji rata-rata Rp 8 juta sampai Rp 15 juta per bulan di Indonesia.

2. Programmer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Sumber: Freepik

Berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak perusahaan yang membutuhkan programmer untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Nah, profesi programmer ini dinilai cocok untuk para introvert. Sebab, tidak seperti banyak pilihan karier lainnya, programmer dapat melakukan tugas mereka di rumah secara WFH (Work From Home).

Dengan luasnya ruang untuk bekerja sendiri, pekerjaan ini akan mendorong para introvert untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif dan inovatif.

Menjadi programmer pun tidak mengharuskan kamu untuk sering berinteraksi dengan rekan kerja. Bahkan, deskripsi tugas biasanya sudah tersedia dalam bentuk brief harian yang singkat.

Adapun rata-rata gaji programmer junior adalah kisaran Rp 7,3 juta – 20 juta per bulan. Semakin besar tanggung jawab yang dikerjakan, maka semakin tinggi penghasilan yang akan didapatkan oleh programmer.

Tak heran kalau programmer menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert dengan jumlah peminat banyak.

3. Personal Chef

Buat kamu yang punya skill dalam bidang kuliner, personal chef bisa menjadi pekerjaan yang tepat jika kamu memiliki kepribadian introvert.

Berbeda dengan chef profesional yang mesti bekerja di dapur besar, seorang personal chef dapat bekerja dan berkarya pada lingkungan yang lebih tenang.

Biasanya, mereka akan bekerja di dapur pribadi milik klien dengan bantuan 1 sampai 2 chef lainnya.

Selain itu, seorang personal chef memiliki wewenang lebih untuk menunjukkan kreativitas serta kemampuan yang dimilikinya dengan baik.

Tentunya, kedua hal itu sangat diperlukan oleh seorang introvert supaya bisa merasa nyaman dan dapat berkembang pesat dalam karirnya.

Adapun rata-rata gaji personal chef adalah kisaran Rp 100 juta per tahun.

4. Research Analyst

Ketika sedang menjalankan suatu riset, seorang ilmuan maupun pebisnis pasti memerlukan bantuan research analyst agar dapat menganalisis sumber dan menyiapkan rencana pengkajian.

Nah, pekerjaan ini dinilai cocok untuk introvert yang gemar mengkaji hal baru serta memiliki latar belakang penelitian kuat.

Ranah pekerjaan research analyst mengutamakan metode kerja mandiri atau dalam grup kecil. Hal ini diterapkan untuk meredam perbedaan opini yang berlebihan.

Biasanya, research analyst dapat menyelesaikan pekerjaan secara mandiri tanpa perlu pengawasan ketat dari atasan.

Hal ini menjadi keuntungan bagi para introvert yang biasanya memilih kondisi lingkungan fleksibel untuk menunjukan kemampuannya secara menyeluruh. Sehingga, kinerjanya saat bekerja dapat terus meningkat dengan baik dan memberikan hasil yang tepat sasaran.

Profesi research analyst memiliki kisaran gaji yang sangat fantastis, yaitu rata-rata Rp 14 juta sampai Rp 22 juta per bulan.

5. Content Writer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Sumber: Freepik

Content Writer termasuk ke dalam salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Biasanya, profesi ini dapat dikerjakan secara WFH karena perusahaan menilai bahwa hasil tulisan para content writer lebih bagus saat mereka bekerja mandiri.

Oleh karena itu, jika kamu seorang introvert dengan jiwa kreatif dan memiliki skill menulis yang baik, maka profesi sebagai content writer bisa menjadi pertimbangan.

Melansir dari laman Intuit, seorang introvert sejatinya lebih mahir untuk mengekspresikan diri melalui karya dalam bentuk tulisan daripada secara verbal.

Tak heran, pekerjaan content writer rata-rata banyak digandrungi oleh para introvert yang memiliki kemampuan menulis bagus.

Seorang content writer memiliki kisaran gaji Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per bulan tergantung pengalaman yang dimilikinya.

6. Fotografer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Sumber: Freepik

Seorang introvert memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kreativitasnya. Sayangnya, hal ini terkadang sulit untuk disorot dalam ruang meeting yang penuh dengan banyak orang.

Berbeda halnya saat kamu memutuskan untuk menjadi seorang fotografer, kamu bisa lebih mudah untuk berekspresi. Pasalnya, mereka bisa memiliki fleksibilitas serta ruang lebih untuk berkarya tanpa perlu ada gangguan dari pihak lain.

Profesi fotografi pun memiliki banyak cabang, seperti fotografer pernikahan, seni murni fotografi, hingga ahli fotografi komersil.

Selain itu, fotografer tidak terikat dengan jam kerja, sehingga mereka bisa mencari inspirasi di luar hiruk pikuk kesibukan di kantor.

Sehingga, fotografer memang termasuk ke dalam golongan pekerjaan yang cocok untuk introvert dengan jiwa kreativitas tinggi.

Gaji fotografer di Indonesia adalah kisaran Rp 2 juta sampai Rp 9 juta per bulan.

7. Market Analyst

Market analyst menjadi salah satu profesi yang penuh dengan tantangan untuk para introvert tangguh yang suka bekerja di bawah tekanan.

Profesi ini cocok bagi introvert yang dapat bersaing dalam pasar yang terus menerus bergerak.

Menariknya, seorang market analyst akan memakan banyak waktu untuk bekerja secara mandiri. Sebab, profesi ini membutuhkan daya konsentrasi serta ketelitian tinggi agar bisa menganalisa pasar secara tepat.

Seorang market analyst bisa mendapatkan gaji rata-rata per bulan sebesar Rp 5 juta di Indonesia.

8. Video Editor

Video Editor bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang sedang mencari jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert.Tentunya, profesi ini bisa kamu kerjakan secara remote karena kebanyakan industri kreatif mulai menerapkan metode tersebut.

Tujuannya untuk menghindari rasa letih, tugas menumpuk dan meningkatkan kreativitas para pekerja.

Selain itu, profesi video editor membutuhkan sentuhan kreativitas serta inovasi yang biasanya dimiliki oleh hampir semua pekerja dengan kepribadian introvert. Sehingga, hasil kerjanya akan terlihat maksimal dan mendapatkan feedback positif dari setiap orang yang melihatnya.

Gaji untuk video editor adalah sebesar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta per bulan di Indonesia.

9. Software Engineer

Software engineer juga sering menjadi opsi jenis pekerjaan yang cocok untuk mereka dengan kepribadian introvert. Alasannya, karena sebagian besar tugas dari pekerjaan ini adalah menulis kode, menguji sistem serta memperbaiki bug.

Semua tugas di atas akan melibatkan pekerjaan mandiri dimana para software engineer tidak perlu berkolaborasi dengan tim lainnya.

Adapun gaji software engineer junior adalah kisaran Rp 4,3 juta sampai 14, 6 juta per bulan. Sementara untuk software engineer senior adalah Rp 20 juta sampai 40 juta per bulan.

10. Content Editor

Content editor termasuk ke dalam salah satu rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Sebab, mereka bisa melakukan tugasnya dimana saja, termasuk dari rumah.

Profesi content editor juga tidak perlu sering berinteraksi dengan pekerja lainnya. Hal ini karena tanggung jawab yang dimiliki berupa edit teks serta dapat menganalisis sumber secara mandiri.

Seorang content editor memiliki rata-rata gaji Rp 3 juta – 4 juta per bulan di Indonesia.

11. Penerjemah

Jika kamu fasih berbahasa asing dan mencari pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan dari rumah, maka profesi penerjemah bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu dengan jiwa introvert.

Pekerjaan ini memiliki sifat yang fleksibel karena kamu akan bekerja untuk menerjemahkan serta mengubah informasi ke dalam bahasa lain secara tepat dan mudah dimengerti.

Hal tersebut cocok untuk introvert yang memiliki jiwa kritis, mengikuti tren kebudayaan serta menerima tugas yang menantang.

Di Indonesia sendiri, seorang penerjemah mendapatkan gaji kisaran Rp 8 juta per bulan tergantung jenis bahasa atau proyek yang dikerjakan.

12. Konselor atau Terapis

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Sumber: Freepik

Pekerjaan sebagai konselor atau terapis membutuhkan pemikiran yang mendalam, empatik, kemampuan mendengarkan yang baik serta fokus hanya pada satu orang.

Banyak introvert yang berhasil menjalankan profesi ini dalam menangani pasien dengan gangguan depresi, gangguan kecemasan, maupun kondisi seperti autisme, ADHO, dan ADD.

Adapun kisaran gaji terapis atau konselor di Indonesia adalah sebesar Rp 3,3 juta per bulan.

13. Pustakawan

Pustakawan dapat menjadi salah satu rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Seorang pustakawan tidak hanya bertanggung jawab dalam menyimpan dan menyortir buku, melainkan ikut membantu menyelenggarakan acara di perpustakaan. Bahkan, membantu seseorang menemukan bahan bacaan maupun referensi.

Bagi para introvert yang masih senang berinteraksi, karir ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu, lho. Bagaimana, tertarik untuk melamar pekerjaan ini?

Untuk rata-rata gaji pustakawan di Indonesia adalah kisaran Rp 2,5 juta per bulan.

14. Apoteker

Seorang apoteker akan menghabiskan sebagian besar waktunya di belakang layar. Sebab, mereka bertugas untuk meracik resep dari dokter serta menjelaskan kepada pelanggan mengenai penggunaan obat tersebut.

Dibandingkan dengan banyak profesi lainnya, apoteker cukup minim berinteraksi dengan orang lain, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert dengan jiwa sedikit pemalu.

Adapun gaji apoteker di Indonesia rata-rata sebesar Rp 2 juta sampai Rp 4 juta per bulan.

15. Seniman

Jika kamu memiliki bakat kreatif serta artistik, pertimbangkan untuk menjadi seorang seniman atau pengrajin.

Jenis seni yang bisa kamu buat tergantung dengan minat masing-masing, seperti membuat tembikar, melukis atau galeri seni, membuat barang hiasan, menjahit dan lainnya.

Profesi seniman bisa mendapatkan penghasilan per bulan tergantung dengan hasil seni yang mereka buat. Namun, rata-rata seorang seniman memiliki gaji dengan kisaran Rp 3,5 juta sampai Rp 7,5 juta per bulan.

16. Aktuaris

Aktuaris termasuk ke dalam daftar pekerjaan yang cocok untuk introvert karena sebagian besar tugasnya banyak dilakukan di depan komputer.

Pekerjaan ini cocok untuk introvert yang menyukai statistik, matematika maupun keuangan.

Salah satu kemampuan yang mesti dimiliki oleh aktuaris adalah mempunyai pengetahuan mendalam terkait data dan statistik.

Sementara untuk tugas seorang aktuaris adalah menentukan risiko keuangan serta membantu bisnis mengembangkan kebijakan untuk meminimalkan risiko tersebut. Biasanya, pekerjaan ini dibutuhkan di berbagai industri asuransi maupun lembaga keuangan lainnya.

Untuk kisaran gaji aktuaris di Indonesia, rata-rata sebesar Rp 10 juta sampai Rp 25 juta per bulan.

17. IT Manager

IT Manager menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert dengan gaji besar. Pekerjaan ini cukup berkembang dengan pesat karena dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, termasuk perusahaan teknologi.

Tugas IT Manager adalah mengelola keamanan serta operasi sistem informasi perusahaan, memastikan semua sistem IT di perusahaan berjalan dengan lancar, serta menyediakan pengembangan dalam lingkup IT.

Sementara itu, rata-rata kisaran gaji IT Manager adalah Rp 10 juta sampai Rp 30 juta per bulan.

18. Social Media Specialist

Sebagai social media specialist, kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang secara online. Itu sebabnya, profesi social media specialist menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Walaupun terdapat kata ‚Äúsosial‚ÄĚ, namun melakukan profesi social media specialist tidak benar-benar harus menjadi seorang yang sosial. Pekerjaan ini memiliki jobdesk yang semuanya dilakukan secara online, sehingga cukup mudah dilakukan oleh introvert.

Seorang social media specialist bertugas dalam menyusun strategi pemasaran, mempromosikan konten, menanggapi serta menjawab komentar online.

Adapun kisaran gaji social media specialist adalah Rp 2 juta sampai Rp 5,8 juta per bulan. Namun, jika kamu sudah berpengalaman, bisa jadi gaji yang didapatkan akan lebih tinggi.

19. Graphic Designer

Rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert terakhir adalah graphic designer. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di rumah dan memiliki jam kerja yang fleksibel.

Biasanya, seorang graphic designer harus mampu mengoperasikan berbagai alat atau software digital untuk membuat gambaran visual, seperti desain logo, desain poster sampai desain aplikasi.

Adapun software yang harus kamu kuasai, diantaranya Adobe Photoshop, InDesign, Illustrator dan software pendukung lainnya.

Sementara untuk rata-rata gaji Graphic Designer adalah kisaran Rp 3 juta sampai Rp 8 juta per bulan.

Untuk memudahkan proses melamar pekerjaan impianmu, yuk baca 7+ Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar dan Tepat ini, ya.

Kesimpulan

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert
Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Pekerjaan yang cocok untuk introvert di atas termasuk ke dalam pekerjaan paling populer yang bisa kamu pilih.

Meskipun begitu, kamu harus tetap memilihnya sesuai dengan skill atau kemampuan yang dimiliki, ya. Tujuannya agar kamu dapat bekerja secara maksimal sekaligus mengembangkan kemampuan tersebut. Sehingga, kinerja kamu saat bekerja bisa terus meningkat dan mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi lagi nantinya. Gimana, menarik sekali, kan?

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk introvert dan bisa kamu pilih salah satunya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi, jangan takut dan minder karena berkepribadian introvert, ya. Sebab, hal itu bukanlah suatu kekurangan, sehingga tidak perlu kamu takuti saat memasuki dunia kerja.

Back to top button