Tutorial

3 Cara Menghilangkan Mode Aman Di HP VIVO Semua Tipe

Cara menghilangkan mode aman di hp vivo sangatlah penting dilakukan apabila kamu sedang mendapati persoalan hp vivo masuk ke mode aman secara otomatis.

Karena hp yang sedang berada di mode aman biasanya akan bekerja lebih lambat daripada biasanya, sehingga dibutuhkan cara ini untuk mengatasinya.

Lantas apa saja tindakan atau cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mode aman yang telah aktif di hp vivo kamu? simak cara dan penjelasannya di halaman ini jika sewaktu-waktu kamu ingin menghilangkan mode aman dari ponsel vivo kamu.

Sekilas Tentang Mode Aman Di Hp

mode aman pada hp vivo
mode aman pada hp vivo

Akses mode aman pada hp merupakan sebuah mode yang membatasi setiap hp android untuk menjalankan fungsi utama dan sistem dasar.

Mode aman sendiri memiliki fungsi dimana mode ini akan mendeteksi setiap masalah yang telah datang ke dalam perangkat android secara otomatis.

Dengan kata lain, mode ini akan membantu kamu dalam melacak dan mendiaknosis kinerja seluruh sistem android di hp kamu.

Lantas bisakah mode ini diterapkan dalam perangkat android manapun? jawabannya bisa karena android telah mengizinkan fitur ini untuk menyelesaikan beberapa masalah serius pada hp android yang mungkin tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pengguna.

Seperti contohnya pada hp vivo dan jika kamu ingin mengetahui seperti apa ciri-ciri hp android yang telah masuk ke mode aman sampai dengan cara menghilangkan mode aman di Hp vivo, langsung saja simak pada halaman ini.

Penyebab Hp Vivo Masuk Ke Mode Aman

penyebab hp vivo masuk ke mode aman
penyebab hp vivo masuk ke mode aman

Mungkin banyak dari kamu sebagai pengguna hp vivo yang pernah mendapati hp masuk ke mode aman secara tiba-tiba tanpa tau apa penyebab nya.

Biasanya, aksi mode aman hp android selalu muncul pada hp yang baru saja selesai di root. Mengapa? karena hp yang telah selesai di root berpotensi mendatangkan beberapa bug atau virus

Baca Juga :  Higgs Domino Topbos RP X8 Speeder Download (Versi Lama & Baru)

Sehingga menyebabkan hp berpindah dari mode biasa ke mode aman. Untuk itu jika sedang ada masalah pada ponsel kamu jangan terburu-buru untuk mengambil tindakan root ya karena akan sangat membahayakan nantinya.

Disamping itu, ciri-ciri sebuah hp android yang sedang ada di mode aman ialah hp tersebut akan memunculkan reaksi berupa restart dengan sendirinya lalu kemudian akan muncul tulisan mode aman atau safe mode di pojok kanan bawah layar hp.

Jika sudah demikian berarti hp android kamu sedang mengalami masalah ya sobat. Lantas apakah mode aman yang ada di hp android tidak bisa dihilangkan?

Pastinya bisa ya apalagi bagi pengguna hp android dengan merk vivo. Nah, penasaran bagaimana cara menghilangkan mode aman di hp vivo dengan mudah? jika benar, kamu akan menemukan penjelasannya setelah cara mengaktifkan mode aman nya ya.

Cara Mengaktifkan Mode Aman Di Hp Vivo

cara mengaktifkan mode aman di hp vivo
cara mengaktifkan mode aman di hp vivo

Vivo merupakan salah satu brand hp android yang sangat  terkenal dan populer saat ini. Kepopuleran tersebut tercipta dari beberapa hasil seperti tampilan atau desain yang selalu elegan, kualitas hp yang sangat baik serta memiliki harga yang cukup terjangkau juga tentunya.

Nah, dikarenakan hampir semua orang pasti pernah mengetahui sekilas tentang brand hp yang satu ini dan pertanyaan seputar aksi mode aman pada hp vivo selalu muncul maka sebelum membahas tahapan cara menghilangkan mode aman di hp vivo, kita akan mengulas cara mengaktifkan mode aman di hp ini terlebih dahulu.

Berikut tahapan langkah-langkah untuk mengaktifkan mode aman di hp vivo jika merasa bahwa sistem perangkat di hp vivo kamu tidak berjalan dengan baik dan kamu ingin segera mengaktifkan mode ini:

  • Langkah pertama, tekan tombol power hingga pop up matikan hp dan muat ulang muncul
  • Kemudian, pilih ikon matikan dan tahan beberapa saat sampai muncul opsi lainnya
  • Lanjutkan tahapan dengan klik ok pada notifikasi reboot to safe mode
  • Lalu tunggu sampai perangkat menyala kembali dan otomatis hp vivo kamu akan masuk ke mode aman

Itulah dia sekilas cara cepat untuk mengaktifkan mode aman di hp vivo, jika kamu merasa semua masalah sistem pada perangkat hp kamu telah teratasi maka kamu bisa mengaktifkan nya kembali menggunakan tahapan cara menghilangkan mode aman di hp vivo berikut ini.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Password Wifi Dengan Mac Address Terbaru 2024

Cara Menghilangkan Mode Aman Di Hp Vivo Dengan Mudah

Agar sistem pada perangkat hp vivo kamu kembali seperti keadaan semula, kamu perlu menghilangkan mode aman di hp vivo terlebih dahulu.

Melalui tahapan-tahapan berikut ini, kamu dapat memilih cara menghilangkan mode aman di hp vivo sesuai keinginan.

1. Cara menghilangkan mode aman di hp vivo dengan restart HP

cara menghilangkan mode aman di hp vivo
restart hp untuk menghilangkan mode aman di hp vivo

Cara menghilangkan mode aman di hp vivo yang ada di urutan ter mudah ialah dengan menggunakan metode hard restart.

Cara ini sudah banyak dilakukan para pengguna hp vivo saat hp mereka sedang dalam keadaan tidak bagus dan masuk ke mode aman begitu saja.

Namun sebelum melakukan tahapan cara ini, pastikan ponsel vivo kamu masih dalam keadaan hidup dan memiliki baterai yang cukup terlebih dahulu ya.

Nah, setelah itu kamu bisa melakukan tahapan cara menghilangkan mode aman di hp vivo lewat metode restart hp berikut ini

  • Awali langkah dengan menekan tombol power hp vivo sedikit lebih lama dari biasanya
  • Tunggu beberapa detik saat sampai opsi restart dan reboot muncul
  • Klik opsi restart dan ponsel akan melakukan restart secara otomatis
  • Setelah proses restart selesai maka kamu akan masuk ke menu awal  atau home screen seperti biasanya
  • Terakhir, mode aman telah hilang

Sebagai informasi penting, saat hp sedang melakukan proses restart harap tidak menekan tombol apapun pada hp vivo karena itu akan mempengaruhi proses restart hp yang sedang berlangsung.

2. Cara menghilangkan mode aman di hp vivo dengan factory reset

gunakan factory reset untuk menghilangkan mode aman di hp vivo
gunakan factory reset untuk menghilangkan mode aman di hp vivo

Factory reset merupakan salah satu menu pengaturan ponsel yang berfungsi untuk mengembalikan hp ke setelan semula atau setelan pabrik.

Dengan kata lain menu ini akan menghapus semua data kamu dari android seperti aplikasi, kontak dan lainnya. Nah, jika kamu memutuskan untuk menjalankan cara menghilangkan mode aman di hp vivo menggunakan opsi factory reset.

Maka mencadangkan semua data terlebih dahulu ke akun google drive yang telah terhubung sebelumnya adalah tindakan yang tepat untuk mempertahankan data-data kamu agar data-data tersebut tidak ikut terhapus ketika proses factory reset sedang berlangsung.

Inilah tahapan cara menghilangkan mode aman di hp vivo lewat opsi factory reset :

  • Pada tahapan pertama, buka menu settings (pengaturan) di ponsel vivo kamu
  • Lalu, pilih menu about phone
  • Gulir kebawah sampai kamu menemukan backup dan reset
  • Kemudian, klik menu erase all data atau factory reset
  • Tunggu beberapa saat sampai hp kamu nyala dan pulih kembali ke keadaan semula
Baca Juga :  Cara Reset Hp Infinix Semua Tipe 2024

Proses reset hp ke setelan semula atau setelan pabrik memang dianggap sebagai masalah terampuh untuk mengatasi segala macam persoalan yang ada di hp termasuk masalah menghilangkan mode aman di hp vivo walaupun tidak selalu 100% berhasil.

Jadi silahkan digunakan jika kamu menganggap cara ini memang ampuh dan jangan terlalu berpatok pada cara ini jika kamu tidak bisa melakukan pencadangan data atau kurang percaya bahwa data-data kamu akan aman ya.

3. Cara menghilangkan mode aman di hp vivo dengan hapus cache

hilangkan mode aman dengan menghapus cache di ponsel
hilangkan mode aman dengan menghapus cache di ponsel

Menghapus cache pada ponsel merupakan cara terbaik yang bisa menghilangkan segala sisa proses instalasi atau kerja aplikasi yang pernah terjadi sebelumnya.

Selain itu, menggunakan opsi penghapusan cache pada ponsel juga dapat menghilangkan mode aman yang sedang berlangsung di hp vivo kamu.

Jadi mari gunakan tahapan caranya dibawah ini:

  • Sama seperti sebelumnya, kunjungi menu settings (pengaturan) yang ada di ponsel kamu
  • Cari dan temukan menu manajemen
  • Klik menu tersebut dan pilih aplikasi yang menurut kamu sedang mengalami masalah
  • Pada info aplikasi, klik penggunaan penyimpanan untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut
  • Lalu klik clear cache dan tunggu prosesnya hingga selesai

Setelah cache berhasil di bersihkan maka hp vivo kamu akan keluar dari mode aman dan jika sebaliknya berarti ada kemungkinan bahwa aplikasi tersebut sedang tidak bermasalah atau baik-baik saja.

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo
Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo
Cara Keterangan
Restart HP Vivo Anda Cara termudah untuk menghapus mode aman adalah dengan me-restart ulang perangkat Anda.
Matikan Mode Aman Manual Jika setelah me-restart ulang perangkat, HP Anda masih masuk ke mode aman, coba matikan mode aman secara manual.
Cek Aplikasi Pihak Ketiga Setelah Anda berhasil keluar dari mode aman, cek apakah ada aplikasi pihak ketiga yang mungkin menjadi penyebab perangkat masuk ke mode aman.
Perbarui Perangkat Lunak Pastikan perangkat lunak Anda (sistem operasi Android) dan semua aplikasi di perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru.
Periksa Tombol Fisik Beberapa model HP Vivo mungkin memiliki tombol khusus yang memungkinkan Anda masuk ke mode aman

Dari penjelasan terkait apa itu mode aman sampai dengan cara menghilangkan mode aman di hp vivo kita dapat menarik kesimpulan bahwa mode ini memang sangat berguna untuk menjaga kondisi hp kamu agar selalu dalam keadaan baik-baik saja jika sewaktu-waktu terjadi masalah sistem bug, virus masuk dan lainnya.

Walaupun ada kalanya mode ini nantinya akan sedikit menguji kesabaran kamu. Untuk itu, silahkan gunakan mode aman ini jika memang kamu sangat membutuhkannya dan cadangkan data penting yang tersimpan di ponsel kamu sebelum kembali menghilangkan mode ini dari ponsel kamu ya.

Back to top button