Tutorial

Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Dengan Mudah

Ketika kamu bingung cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara yang telah Mocipay rangkum pada artikel kali ini.

PDAM adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum yang merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Pemerintah daerah mempunyai peran besar terhadap jalannya operasional maupun kemajuan PDAM. Pemerintah daerah berperan dalam hal menentukan tarif air minum, pengangkatan direksi PDAM, dan kebijakan strategi lainnya. Dengan menentukan tarif air minum di PDAM ini, pemerintah dapat memengaruhi besaran pendapatan PDAM.

Air adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting dan mutlak diperlukan oleh semua makhluk hidup terutama manusia. Dalam kehidupannya sehari-hari, manusia tidak mungkin terlepas dari kebutuhannya akan air. Karena itulah penyediaan air bersih sangat diperlukan untuk keperluan konsumsi.

PDAM adalah layanan penggunaan air bersih dengan sistem berlangganan dan membayar setiap bulan untuk sejumlah pemakaian air yang digunakan, dengan melihat meteran air yang biasa diletakkan di depan rumah pelanggan.

Keunggulan Dan Manfaat Air PDAM

Menggunakan air dari PDAM tentu memiliki keunggulan dan manfaat tersendiri, terutama dibeberapa daerah yang memang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Nah berikut di bawah ini adalah beberapa keunggulan dan manfaat penggunaan air PDAM:

  • Dengan menggunakan air PDAM, pengguna dapat menghemat waktu dalam proses penggunaanya. Hal ini karena air PDAM memiliki tingkat volume air yang tinggi serta mengalir terus menerus, sehingga pengguna air PDAM dapat menghemat waktu ketika ingin menggunakannya.
  • Beberapa daerah tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam mendapatkan air besih. Untuk daerah atau lokasi yang air tanahnya jelek, maka air PDAM merupakan pilihan yang tepat untuk sumber air keluarga.
  • Ketika musim kemarau, para pengguna air dari PDAM tentu tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan air. Hal ini tentunya karena pihak PDAM mengupayakan untuk tetap mengalirkan air bersih dalam keadaan apapun.
  • Dengan teknologi yang dimiliki, kualitas air PDAM akan selalu terjaga mulai dari kebersihannya maupun ketersediaan airnya.
  • Secara umum, air PDAM memiliki tingkat kebersihan yang baik sehingga cocok untuk mencuci hingga untuk diminum. PDAM biasanya mengolah air yang bersumber dari waduk atau sungai besar di daerahnya, lalu menyalurkannya ke rumah-rumah warga melalui pipa-pipa yang telah mereka pasangkan sebelumnya.
  • Bagi sebagian kota besar, peenggunaan ai PDAM dapat menjadi solusi yang sangat baik. Hal ini disebabkan karena biaya yuang dikeluarkan untuk memasang sumur sangat mahal, dibarengi juga dengan biaya pajak yang tinggi.
  • Penggunaan air PDAM dapat membantu pemasukan dana kas daerah melalui pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat ketika menggunakan air.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Siapa yang Save Nomor Kita di Getcontact Terbaru 2024

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan. Dalam proses pengecekannya kamu hanya diminta untuk memasukkan nomor pelanggan yang terdapat pada meteran air.

Umumnya petugas menempelkan stiker berisi nomor pelanggan pada kaca meteran. Untuk menemukannya, kamu harus membuka tutup meteran terlebih dahulu.

Kebanyakan PDAM memberlakukan batas paling lama pelanggan melakukan pelunasan tagihan adalah pada tanggal 20 setiap bulannya. Walau begitu, beberapa lainnya memberi kelonggaran batas akhir bayar PDAM lebih lama hingga tanggal 25 setiap bulannya.

Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak PDAM yang belum melakukan penyebaran informasi mengenai jumlah tagihan yang harus dibayar melalui SMS, WhatsApp atau email pelanggan. Sebabnya banyak pelanggan yang terlambat sadar mengenai keterlambatan pembayaran tagihannya, sehingga kerap kali terkena denda.

PDAM sendiri menerapkan denda kepada pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran dengan nominal yang berbeda-beda disesuaikan dengan lamanya keterlambatan.

Namun apabila pelanggan terlambat membayar selama tiga bulan berturut-turut maka ada kemungkinan aliran air PDAM ke pelanggan tersebut akan diputus.

Seperti dijelaskan di atas, besaran denda atas keterlambatan pembayaran tagihan berbeda-beda. Hal ini juga disesuikan dengan golongan pengguna PDAM. Nominal denda ini biasanya langsung disertakan saat kamu membayar tagihan.

Pemutusan tentu tidak dilakukan secara tiba-tiba. Pihak PDAM akan terlebih dahulu mengirim pemberitahuan dan memberi batasan waktu untuk kamu menyelesaikan kewajiban pembayaran.

Apabila sudah . Selain harus membayar tagihan sebelumnya, kamu juga akan melalui prosedur seperti saat melakukan permohonan sambungan PDAM pertama kali.

Baca Juga :  7 Cara Agar Video TikTok Tidak Buram, Upload Kualitas HD

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Aplikasi

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Aplikiasi
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Aplikiasi

Yang pertama adalah dengan melakukan cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir melalui aplikasi yang dapat kamu download secara gratis di ponsel yang kamu gunakan.

Cek Tagihan PDAM Indonesia adalah aplikasi yang dapat kamu download di Play Store dengan gratis. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakanm, sehingga pengguna tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

Berikut adalah cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir melalui aplikasi Cek Tagihan PDAM Indonesia yang bisa kamu ikuti, simak ya:

  1. Langkah pertama silakan download aplikasi Cek Tagihan PDAM Indonesia di Google Play Store.
  2. Setelah selesai didownload, silakan buka aplikasinya.
  3. Pada halaman awal, silakan klik CEK DI SINI .
  4. Kemudian masukkan Nomor Pelanggan pada kolom yang tersedia.
  5. Langkah selanjutnya silakan Pilih Wilayah pada kolom Wilayah.
  6. Langkah terakhir silakan klik Cek Tagihan.
  7. Tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan mengenai jumlah tagihan.
🔥 Nama Aplikasi  Cek Tagihan PDAM Indonesia 🔰
🔥 Developer RDP Digital Kreatif 🔰
🔥 Rating Aplikasi 4,6 ⭐
🔥 Jumlah Download 50 rb+ 🔰
🔥 Link Download Klik Di Sini

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Situs Resmi

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Situs Resmi
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Situs Resmi

Masing-masing PDAM memiliki situs resminya sendiri untuk melakukan cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir sehingga kamu perlu memastikan wilayah kamu terdaftar di PDAM mana.

Sebagai contoh, berikut ini adalah cara cek tagihan 3 bulan terakhir melalui situs resmi Tirtanadi yang membawahi wilayah Sumatera Utara. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama silakan kunjungi https://tirtanadi.co.id/tagihan-pelanggan-pdam-
  • Pada halaman beranda, silakan klik menu PELAYANAN.
  • Kemudian klik Cek Tagihan Air.
  • Langkah selanjutnya, silakan pilih daerah tempat tinggal kamu.
  • Setelah itu masukkan nomor pelanggan kamu pada kolom yang tersedia.
  • Langkah terakhir silakan klik Lihat Tagihan.
Baca Juga :  Berapa Limit Akulaku Setelah 900 Ribu, Ini Jawabannya!

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui M-Banking

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi M-Banking. Dengan menggunakan aplikasi M-Banking kamui dapat mengecek tagihan PDAM kamu.

Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir  melalui bantuan aplikasi M-Banking:

  1. Langkah pertama silakan buka aplikasi M-Banking yang kamu gunakan. Sebagai contoh M-Banking BCA.
  2. Masuk ke aplikasi BCA mobile
  3. Pilih m-BCA dan masukkan kode akses untuk login
  4. Pilih menu “m-Payment”
  5. Pilih menu “Publik / Utilitas”
  6. Pilih PAM pada kolom Menu Perusahaan
  7. Masukkan nomor pelanggan PDAM dalam kolom Input No. Bayar
  8. Pilih wilayah PAM
  9. Pilih kantor cabang PDAM tempat  terdaftar
  10. Periksa informasi yang muncul seperti nama, jumlah tagihan, denda, biaya admin, dan periode pembayaran
  11. Pilih “OK” untuk melanjutkan pembayaran
  12. Masukkan PIN m-BCA untuk menyelesaikan pembayaran
  13. Untuk menyimpan bukti transaksi jika suatu saat dibutuhkan, bisa dilakukan dengan melakukan tangkapan layar (screen capture). Sedangkan untuk melihatnya kembali, bisa akses menu “Inbox” di halaman m-Payment.

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Website Hotelmurah.com

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Website Hotelmurah.com
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Melalui Website Hotelmurah.com

Nah cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir yang terakhir adalah dengan menggunakan website hotelmurah.com yang merupakan salah satu website lengkap.

Tidak hanya melakukan cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir, dengan menggunakan website ini, pengguna juga dapat melakukan pembayan listrik, tiket pesawat dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini adalah cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir melalui website hotelmurah,com:

  • Pertama silakan kunjungi website hotelmurah.com.
  • Pada halaman beranda silakan klik Top Up & Tagihan yang berada di atas.
  • Setelah itu klik Cek PDAM Online.
  • Langkah selanjutnya, silakan pilih wilayah kamu berada.
  • Kemudian pada kolom Nomor Pelanggan, silakan masukkan nomor pelanggan yang tercantum pada meteran air.
  • Langkah terakhir, silakan klik Cek Tagihan.

Penutup

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Dalam penggunaannya, air PDAM memang memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan. Selain mendapatkan air dengan kualitas bersih, pelanggan juga bisa menggunakan PDAM tanpa harus takut kekeringan, karena PDAM memiliki pengelolaan air yang terus menerus.

Demikianlah pembahasan tentang cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan membawa manfaat bagi para pembaca, terutama yang sedang mencari cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir.

Back to top button

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay