TutorialRagamTips

Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game Untuk HP Android

Cara setting opsi pengembang untuk game sangat banyak kegunaan nya jika digunakan sangat banyak kegunaannya khususnya untuk pencinta game karena digunakan untuk membantu perangkat agar tetap lancar.

Jadi sangat banyak kegunaanya. Karena sangat banyak pecinta game yang ada di indonesia jadi banyak belum mengetahui cara setting opsi pengembang untuk game sehingga membuat handphone jadi berat sehingga membuat jadi lelet.

Bahkan sangat banyak yang mendownload game yang banyak kejadian yang mengatakan bahwa handphone menjadi panas bahkan ada juga yang mengatakan handphone jadi mati dan harus bawa ke service jadi harur perlu mengetahui cara setting opsi pengembang untuk game.

Lihat Juga: Bermain Game Baik untuk Mata

Sebelum bahas cara setting opsi pengembang untuk game kita harus tau opsi pengembang itu apa. Opsi pengembang merupakan seperangkat pengaturan tersembunyi lanjutan di ponsel Android.
Pengaturan ini terutama digunakan untuk tujuan debugging dan pengembangan aplikasi.
 Opsi Pengembang tidak dimunculkan memiliki tujuan agar dapat menghindari pengguna  yang masih pemula apabila secara tidak sengaja mengaktifkan berbagai opsi yang dapat mengakibatnya hasil yang tidak disangka sebelumnya
Jadi, opsi pengembang disembunyikan untuk menghindari pengguna pemula yang secara tidak sengaja mengaktifkan beberapa opsi yang dapat menyebabkan hasil yang tidak terduga.
 Untuk masuk ke Mode Pengembang, masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel, dan tekan Versi selama tujuh kali.
Jika ingin menampilkan Opsi Pengembang, masuk ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan dan aktifkan Opsi Pengembang. Kamu akan melihat sejumlah Opsi Pengembang untuk Debugging, Jaringan, Input, Gambar, Rendering yang Dipercepat Perangkat Keras, Media, Pemantauan, dan Aplikasi.

Cara Setting Opsi Pengembang untuk Game

Gimana sih settingan opsi pengembang untuk game? Terdapat beberapa pengaturan pada opsi pengembang di handphone android, yang bikin main game android jadi lebih lancar, agar tidak lamban atau lola.

Baca Juga :  23 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Untuk Pemula

Seperti yang kita tahu, opsi pengembang (Developer Options) merupakan fitur tersembunyi, yang terdapat di pengaturan pada perangkat handphone android. Fitur Opsi pengembang ini biasa digunakan.

Untuk keperluan debugging, testing, bagi developer yang mengembangkan aplikasi dan game di HP Android. Ketika kita main game HP Android terkenal, seperti game PUBG Mobile, Mobile Legends (ML), Free Fire (FF), Genshin Impact dan game lainnya.

Terkadang untuk beberapa pengguna tipe versi HP Android 9, 10, 11 bakal mengalami lag.

Untuk itu, salah satu cara mengatasinya, kita bisa lakukan optimasi pada pengaturan di opsi pengembang Android.

Sebelum itu, pastikan teman-teman sudah mengaktifkan opsi pengembang di HP Android. Sebagai contoh, untuk spek HP Samsung, kamu bisa aktifkan opsi pengembang di HP Samsung.

Untuk HP Xiaomi, kamu bisa aktifkan opsi pengembang di HP Xiaomi. Sedangkan untuk merk tipe HP Android lain, bisa sesuaikan pengaturan nya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam mode Pengembang. Caranya yaitu dengan anda masuk ke bagian pengaturan pada tentang ponsel, selanjutnya yaitu dengan cara klik versi selama tujuh kali.

Apabila ingin memunculkan opsi pengembang, caranya masuk ke Pengaturan pada Pengaturan Tambahan lalu aktifkan opsi pengembang. Anda akan melihat beberapa dari opsi pengembang untuk jaringan, gambar, input, debugging, rendering yang dipercepat oleh perangkat keras, pemantauan, media dan aplikasi.

Jika sudah bisa, anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan tersebut. Kemudian yaitu silahkan anda gulir ke bagian bawah hingga tampil pilihan klik pada bagian Above device. Carilah kode build nomor pada halaman tersebut.

Apabila belum muncul pada perangkat, anda dapat mencarinya pada bagian software information. Langkah selanjutnya kembali pada menu awal setting pada perangkat. Pilihlah Above Device pada bagian setelan tambahan.

Lalu scroll ke bagian bawah hingga menampilkan menu opsi pengembang atau development option. Setelah itu anda hanya perlu klik pada menu opsi pengembang.

Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game
Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game__ Sumber: Cara10001

Berikut pengaturan opsi pengembang untuk game:

  1. Pergi ke Pengaturan atau Settings di HP Android.
  2. Selanjutnya masuk ke Opsi Pengembang atau Developer Options.
  3. Berikutnya scroll pada bagian Drawing.
  4. Lalu aktifkan fitur Force 4x MSAA untuk meningkatkan resolusi dan meningkatkan kinerja game.
  5. Pada bagain Drawing, matikan animasi pada bagian Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale.
  6. Dimana nantinya HP Android kamu akan terlihat lebih ringan saat membuka beberapa aplikasi atau game di HP Android.
  7. Setelah itu kamu bisa atur beberapa setting an opsi pengembang lainnya, agar main game jadi lebih lancar dan ringan.
Baca Juga :  8 Cara Mengetahui Pola Hp Orang Lain Tanpa Reset

Sebagai contoh disini saya menggunakan merk tipe HP Samsung Galaxy A30s yang sudah di update ke Android 11. Bagi kamu yang menggunakan merk tipe HP lainnya, seperti setting an opsi pengembang Xiaomi untuk game, bisa sesuaikan saja settingan nya seperti di atas.

Itulah dia artikel tentang bagaimana cara setting opsi pengembang untuk game Android, agar main game jadi lebih lancar dan anti lag. Semoga bisa membantu.

Kelebihan Cara Setting Opsi Pengembang untuk Game

1. Memperbaiki Masalah Game yang Tidak Lancar

Jika anda sering mengalami masalah dengan game yang tidak lancar atau sering lag saat dimainkan, setting opsi pengembang bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan mengatur opsi pengembang, anda bisa menyesuaikan pengaturan performa game sehingga dapat dimainkan dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.

2. Mengatasi Masalah Tampilan Game yang Error

Terkadang game juga mengalami masalah pada tampilannya, seperti mengalami error atau tidak menampilkan tampilan game yang seharusnya. Dengan melakukan setting opsi pengembang, anda bisa mengatur ulang tampilan game tersebut sehingga bisa tampil dengan normal dan sesuai dengan keinginan anda.

3. Mengoptimalkan Performa Game di Smartphone

Pada dasarnya, setting opsi pengembang juga bertujuan untuk mengoptimalkan performa game di smartphone anda. Anda bisa memaksimalkan performa game dengan mengatur beberapa opsi yang tersedia di pengaturan opsi pengembang.

4. Meningkatkan Pengalaman Bermain Game yang Lebih Baik

Dengan performa game yang lebih baik, tentu saja pengalaman bermain game akan menjadi lebih baik dan menyenangkan. Anda tidak lagi merasa kesulitan saat bermain game dan tidak lagi diperlukan waktu lama untuk menjalankan game.

5. Menghemat Baterai Smartphone

Terakhir, setting opsi pengembang juga bisa membantu anda menghemat baterai smartphone. Dalam setting opsi pengembang, terdapat opsi untuk mengatur penggunaan baterai pada aplikasi tertentu, sehingga baterai pada smartphone bisa digunakan dengan lebih efisien.

Kekurangan Cara Setting Opsi Pengembang untuk Game

1. Risiko Terhadap Smartphone

Salah satu risiko dari menggunakan setting opsi pengembang adalah risiko terhadap smartphone anda. Jika anda melakukan kesalahan saat mengatur, maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone anda.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan Salep Kloderma Coklat dan Hijau: Jenis, Manfaat dan Cara Penggunaan

2. Keterbatasan Penggunaan

Setting opsi pengembang tidak bisa digunakan untuk semua jenis game dan smartphone. Hal ini karena setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga anda perlu menyesuaikan pengaturan dengan spesifikasi smartphone anda.

3. Berpotensi Mengganggu Performa Smartphone

Jika anda mengatur terlalu banyak opsi di setting opsi pengembang, ini bisa mengganggu performa smartphone anda. Sebaiknya, anda hanya mengatur opsi-opsi yang benar-benar perlu disesuaikan saja.

4. Memakan Waktu

Setting opsi pengembang juga memakan waktu yang cukup lama untuk dilakukan. Anda perlu mengatur satu per satu opsi yang ada hingga sesuai dengan kebutuhan anda. Ini bisa memakan waktu yang lama dan mengganggu waktu senggang anda.

5. Berpotensi Hilangnya Garansi Smartphone

Terakhir, penggunaan setting opsi pengembang bisa membuat garansi smartphone anda hilang. Jadi, pastikan anda sudah mempertimbangkan risiko tersebut sebelum mencobanya.

Dampak dari setting opsi pengembang untuk game Penjelasan
Aktivasi mode pengembang Memungkinkan akses ke opsi pengembang tambahan yang dapat memengaruhi performa dan pengaturan game.
Skalabilitas grafis Mempengaruhi tampilan grafis dengan memungkinkan penyesuaian tingkat detail
Refresh rate layar Meningkatkan responsivitas dan kehalusan tampilan dengan mengatur tingkat refresh rate layar.
Limit FPS (Frame per second) Mengontrol jumlah frame per detik untuk mengoptimalkan performa dan menghindari stuttering atau lag selama bermain game.
Simulasi Ketahanan Baterai Memungkinkan pemain melihat dampak permainan terhadap daya tahan baterai
Pemantauan Penggunaan GPU dan CPU Memberikan informasi langsung tentang penggunaan GPU dan CPU, membantu pemain mengidentifikasi sumber lag atau masalah performa lainnya
Opsi Debugging dan Profiling Menyediakan alat-alat debugging dan profiling bagi pengembang, yang mungkin tidak berdampak langsung pada pengalaman pemain biasa.
Penanganan GPU Rendering Mempengaruhi metode rendering GPU, dengan pilihan seperti OpenGL atau Vulkan

Akhir Kata

Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game
Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game
Begitulah cara cara setting opsi pengembang untuk game mengatasi atau mengatur lemot atau lag pada opsi pengembang yang bisa anda coba jika terjadi gangguan saat bermain game. Jika cara di atas tidak bekerja, maka yang anda harus lakukan ialah menghapus aplikasi game yang memiliki kapasitas besar atau mereset hp anda.
Perlu Anda ketahui bahwa cara setting opsi pengembang untuk game juga sangat berperan penting bagi para pengguna aplikasi, seperti berguna untuk keperluan debugging, testing maupun lainnya.
Agar anda terhindar dari masalah kinerja handphone, pastikan anda mengetahui cara setting opsi pengembang untuk game dan mendownload atau membuka banyak aplikasi dan membatasi proses latar serta anda harus maksimalkan kinerja dari CPU dan GPU handpone anda.
Inilah pembahasan tentang cara setting opsi pengembang untuk game 2023. Semoga bermanfaat materi cara setting opsi pengembang untuk game nya ya.

Back to top button