Tutorial

11 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja yang Efektif

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja penting kamu ketahui agar lebih produktif saat bekerja di kantor. Tentunya, kamu tidak ingin ‘kan terlihat mengantuk terus oleh atasan saat sedang bekerja? Bisa-bisa, atasan akan menegurmu dan pekerjaan pun menjadi terhambat.

Memang, tak bisa dipungkiri jika rasa kantuk kerap menyerang, entah itu baru sampai di kantor, ketika pekerjaan sedang menumpuk, hingga sehabis makan siang atau sore hari.

Mengantuk saat kerja di kantor sebenarnya hal yang wajar karena semua orang pasti pernah mengalaminya. Hanya saja, hal ini akan menjadi bahaya jika kamu tidak bisa menahannya dan malah tertidur, sehingga performa kerja pun menjadi menurun.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor? Tenang, kamu bisa mengetahui cara-caranya melalui informasi di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja yang Efektif dan Tepat

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Sumber: Suara.com

Berikut beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor yang efektif dan bisa kamu praktekan sendiri, diantaranya:

1. Tidur Tepat Waktu

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Sumber: Freepik

Tips menghilangkan ngantuk saat kerja pertama adalah pastikan untuk tidur tepat waktu. Agar bisa tidur dengan tepat, kamu harus memiliki jadwal tidur yang tertata serta patuh setiap harinya.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam. Jika tidak ada tugas atau pekerjaan lembur di malam hari, usahakan untuk jangan begadang, ya. Selain membuatmu sulit terbangun di pagi hari, begadang akan membuat kesehatan terganggu.

Selain itu, sebelum mulai tidur, hindari untuk bermain smartphone karena hanya akan membuatmu kesulitan buat tidur nantinya.

2. Berjalan Kaki Sebelum Bekerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki di pagi hari. Sebab, menghirup udara pagi yang segar dengan berjalan kaki akan membuatmu tetap terjaga saat berada di kantor.

Baca Juga :  Panduan Cara Beli Pulsa Di Livin Mandiri Dengan Mudah

Usahakan untuk tidak tidur di pagi hari, tetapi gunakan waktu itu untuk berjalan santai di pagi hari di area sekitar rumah saja.

Jika jarak dari rumah ke kantor cukup dekat, tidak ada salahnya untuk berangkat sambil berjalan kaki, ‘kan? Sehingga, tubuh dan matamu akan selalu segar dan terjaga sampai pekerjaan selesai.

3. Minum Kopi

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Sumber: Freepik

Semua orang sepakat jika minum kopi menjadi salah satu tips menghilangkan rasa kantuk saat sedang bekerja. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan aktivitas otak serta sistem saraf.

Apabila rasa kantuk sudah tidak tertahankan, sementara kamu harus mengejar deadline pekerjaan, maka minum kopi bisa menjadi solusi tepat untuk selalu membuatmu terjaga.

Jika memungkinkan, kamu bisa mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum berangkat kerja, ya.

4. Istirahat Sejenak di Sela-sela Pekerjaan

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja berikutnya bisa kamu lakukan dengan istirahat sejenak di sela-sela pekerjaan.

Terkadang, ada kalanya pekerjaan yang harus kamu selesaikan sudah menumpuk, sehingga tak jarang membuat kamu merasa jenuh.

Jika kamu sedang berada di posisi itu, maka luangkan sejenak untuk beristirahat terlebih dahulu, ya. Misalnya, berjalan-jalan di dalam kantor, mengobrol dengan rekan kerja sejenak, mengecek media sosial maupun mendengarkan musik untuk relaksasi.

Dengan meluangkan waktu istirahat selama beberapa menit, rasa ngantuk yang kamu rasakan pasti hilang. Sehingga, dapat beraktivitas untuk bekerja lagi dengan semangat.

5. Bekerja Di Ruangan Terang

Salah satu faktor yang membuat seseorang mudah mengantuk adalah ruangan kerja yang terkesan gelap.

Oleh karena itu, cara menghilangkan ngantuk saat kerja berikutnya adalah pastikan bahwa kamu bekerja di ruangan yang terang.

Apabila bekerja saat siang hari, kamu bisa bekerja di dekat jendela dengan sinar matahari langsung masuk ke dalam ruangan. Namun, jika kamu bekerja saat malam hari, maka gunakan penerangan atau lampu yang cukup.

Selain itu, penerangan yang gelap hanya akan membuat kesehatan mata terganggu, sehingga hindari untuk bekerja dengan penerangan seperti itu.

Baca Juga :  11 Cara Mengatasi Baterai Kembung dan Cepat Habis

6. Minum Air Putih Dapat Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Sumber: KlikDokter

Minum kopi yang mengandung kafein memang menjadi cara menghilangkan ngantuk saat kerja paling ampuh. Namun, mengkonsumsi air putih yang banyak secara berkala tak hanya membuat mu kehilangan rasa kantuk, tetapi membuat badan segar sepanjang hari.

Perlu kamu tahu bahwa dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat sedang bekerja. Jadi, selain minum kopi, kamu harus tetap menyediakan satu botol air putih saat bekerja, ya.

7. Mendengarkan Musik Ceria

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Sumber: Golife

Ada beberapa orang yang merasa lebih produktif jika bekerja sambil mendengarkan musik, mungkin kamu salah satunya?

Nah, jika musik bisa membuat mu semangat bekerja dan menghilangkan rasa ngantuk, kamu bisa mendengarkannya saat sedang bekerja. Saat ini ada banyak platform streaming musik yang bisa kamu pakai, seperti YouTube dan lainnya.

Tapi, jangan didengarkan langsung melalui loudspeaker HP, ya. Soalnya hal itu hanya akan mengganggu rekan kerjamu yang tidak fokus jika mendengar suara bising.

Ada baiknya untuk mendengarkan musik ceria melalui headset agar tidak mengganggu orang sekitar. Jadi, semangatmu akan ter pacu dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

8. Mengkonsumsi Makanan Ringan yang Sehat

Makanan yang kamu konsumsi akan menentukan kondisi tubuhmu sendiri, termasuk seberapa mudahnya kamu merasa ngantuk atau lelah.

Mengkonsumsi gula atau makanan manis akan membuat mu menjadi mudah mengantuk saat bekerja. Oleh karena itu, sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi.

Kamu dapat mengatasi rasa ngantuk dengan mengkonsumsi makanan ringan yang menyehatkan. Padukan makanan tersebut dengan protein, lemak sehat serta karbohidrat untuk kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari.

Ada beberapa opsi makanan ringan sehat yang bisa kamu konsumsi sembari bekerja, seperti buah-buahan, yoghurt, crackers serta kacang-kacangan.

Baca juga rekomendasi 9 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik untuk Android ini, ya.

9. Lakukan Stretching

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja selanjutnya adalah melakukan stretching. Stretching atau peregangan dipercaya dapat mengatasi rasa ngantuk saat sedang berada di kantor.

Baca Juga :  7 Cara Menggunakan Aplikasi Tempo Terbaru 2024

Kamu bisa bangun sebentar dari kursi kerja, lalu regang kan tangan di atas kepala. Selanjutnya, gerakkan leher atau badan ke arah kanan maupun kiri.

Perlu kamu tahu, peregangan atau stretching ini bisa mengendorkan otot yang tegang serta menjaga aliran darah agar tubuh tetap berenergi. Berikut Tips Melakukan Stretching untuk menghilangkan Ngantuk :

Tips  Penjelasan
Berdiri dan Bergerak Berdirilah dari tempat duduk Anda dan lakukan gerakan ringan seperti berjalan di tempat atau menggoyangkan tubuh Anda untuk memulai.
Stretch Tangan dan Pergelangan Tangan Luangkan waktu untuk menggerakkan dan meregangkan tangan serta pergelangan tangan Anda. Ini dapat membantu meredakan ketegangan otot.
Stretch Bahu dan Leher Lakukan gerakan sederhana untuk meregangkan bahu dan leher Anda. Cobalah perlahan dan hindari gerakan yang terlalu keras.
Stretch Punggung Berdiri tegak dan rentang kan lengan Anda ke atas sambil mengambil napas dalam-dalam. Ini akan meregangkan punggung Anda.
Stretch Kaki Duduk di kursi dan angkat satu kaki, lalu rentang kan kakinya ke depan. Ganti ke kaki lainnya. Ini membantu mengurangi tegangan otot di kaki.
Tarik Napas Dalam Selama melakukan stretching, ingatlah untuk bernapas dalam-dalam. Napas dalam dapat membantu mengisi tubuh dengan energi dan kesegaran.

10. Cuci Muka

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang sudah tak tertahankan dapat kamu lakukan dengan mencuci muka terlebih dahulu. Kamu bisa pergi ke toilet dulu untuk cuci muka. Mencuci muka bisa membantu mu kembali segar dan terjaga di kantor sampai jam pulang nanti.

Kalau kamu masih memiliki waktu setelah mencuci muka, maka bisa keluar sejenak untuk menikmati udara segar. Sehingga, rasa kantuk akan benar-benar hilang dan kamu bisa bekerja dengan fokus.

11. Bergerak

Duduk di siang hari dalam waktu lama akan memperparah rasa ngantuk yang kamu miliki, lho.

Cobalah untuk bergerak sebentar dan meninggalkan meja kerjamu selama beberapa menit. Cara ini akan membantu mu menghilangkan rasa ngantuk dan membuat konsentrasi kembali lagi.

Jika kamu mengantuk dan tetap memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan, maka hasil pekerjaan pun tidak akan maksimal karena kurangnya konsentrasi. Jadi, jangan memaksakan diri untuk bekerja saat mengantuk, lalu sempat kan untuk bergerak agar bisa menghilangkan ngantuk tersebut.

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja
Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk saat kerja yang bisa kamu lakukan. Praktikan cara-cara di atas agar kamu tidak merasa ngantuk ketika sedang di kantor, ya. Sehingga, pekerjaanmu tidak mudah menumpuk dan bisa selesai sesuai deadline.

Back to top button