TutorialRagamTips

7 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian merupakan pemabahasan yang kerap dicari pengguna setiap kali layar pasif pada titik tertentu.

Sistem touchscreen tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya merupakan permasalahan yang selalu dialami pengguna yang sudah menggunakan ponsel dalam jangka panjang.

Ponsel merupakan barang eletronik yang paling dibutuhkan manusia saat ini, namun tidak semua memahami konsep perawatan HP yang justru menempatkanya dalam masalah seperti sistem touchscreen tidak berfungsi. Walau begitu tidak perlu khawatir karena mocipay akan membantu kamu mengkaji apa saja penyebab sistem layar sentuh ini pasif berikut dengan cara mengatasinya.

Kenapa Touchscreen Tidak Bisa Berfungsi Sebagian?

Dewasa ini ponsel pintar sudah dilengkapi sistem touchscreen atau telknologi sensor sentuhan dimana pengguna dapat mengontrol perintah melalui gerakan sederhana.

Penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian
Touchscreen Tidak Bisa Berfungsi Sebagian

Setelah masa pemakaian ada beberapa masalah pada touchsreen handphone, seperti touchscreen pasif. Permasalahan pada layar sentuh terbagi menjadi dua bagian, yakni layar sentuh tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya.

Untuk mengatasi keseluruhan layar hp tidak bisa disentuh kamu bisa lihat penyebab dan cara mengatasinya disini. Lantas apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian? lebih jelasnya simak uraian berikut!

  • Layar HP Kotor, terkadang kotoran pada layar akan membatasi akses perintah yang kamu berikan, karena itu disebutan salah satu penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian karena layar yang kotor.
  • Antigores tidak fungsional, normalnya antigores akan melindungi layar handphone dari kerusakan kerusakan yang tidak bisa diprediksi. Benturan-benturan halus di antigores kerap membuat touchscreen tidak berfungi, bukan semuanya kerusakan ini hanya menonaktifkan fungsi layar pada titik yang bermasalah.
  • Kerusakan fisik, ada banyak kerusakan-kerusakan yang berakibat sistem layar sentuh HP tidak bisa digunakan sebagian ataupun sepenuhnya. Beberapa kasus ringan membuat layar touchscreen tidak berfungsi seperti tertekan benda berat, HP terkena air sampai pada waktu penggunaan yang mengakibatkan sistem touchscreen pasif pada titik tertentu.
  • Masalah dengan aksebilitas yang membatasi penggunaan layar sentuh pada beberapa bagian atau menyebabkan penggunaan touchscreen menjadi tidak stabil.
  • Masalah software, pembaharuan sistem dan perangakat lunak dapat menyebabkan masalah pada respons layar sentuh.
Baca Juga :  7 Rekomendasi Jasa Transfer Uang Terbaik 2024

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Layar HP sering kali luput dari perawatan pengguna, padahal masalah pada layar merupakan faktor umum yang membuat touchscreen tidak berfungsi.

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian bisa dilakukan dengan berbagai cara, asalkan kamu mengetahui apa saja permasalahan yang dialami layar handphonemu. Inilah beberapa cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian :

Bersihkan Layar

Kotoran atau minyak pada layar dapat menyebabkan ketidakresponsifan layar. Oleh karena itu, cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian dengan membersihkan layar dengan kain yang lembut dan bersih.

Tekan Bagian Layar

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian
Tekan Bagian Layar

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian dengan menekan bagian layar ponsel untuk mensiasati jika ada bagian layar yang longgar.

Tekan pada bagian layar yang tidak responsif, pastikan tekan layar dan kencang dengan dengan begitu bagian layar akan merekat dan touchscreen sepenuhnya bisa digunakan.

Intip juga Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Matikan Perangkat Sesaat

Seperti yang sudah kami sebutkan, salah satu penyebab ketidak responsifan touchscreen karena waktu pengoperasian ponsel. Banyaknya aplikasi berat yang berjalan kerap membuat sistem tidak cakap melakukan tugas tersebut.

Mengatasi tocuscreen tidak berfungsi sebagian bisa dilakukan dengan mematikan perangkat dan hidupkan kembali, dengan cara ini diharapkan membatu permasalahan sementara karena dapat membantu mereset sistem.

Menghapus Aplikasi yang Baru Saja Diinstal

Bukan rahasia umum jikalau aplikasi berdampak pada touchscreen tidak berfungsi sebagian ataupun sepenuhnya.

Aplikasi besar pengaruhnya pada kesehatan ponsel, jika layar tidak responsif setelah kamu mengunduh salah satu aplikasi, sebaiknya hapus pemasangan aplikasi dan cobalah untuk memeriksa apakah masalah masih ada ataupun sebaliknya.

Baca Juga :  Ssstiktok Mp3: Download Video TikTok dan Ubah Menjadi MP3

Ubah Resolusi Layar

Biasanya layar handphone sudah mengusung resolusi full HD yang menyesuaikan dengan lebar layar itu sendiri. Walaupun demikian, kamu tetap bisa coba mengubah resolusi layar sebagai cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian ini.

Mengubah resolusi layar biasanya berbeda-beda untuk setiap tipe handphone, namun biasanya aktivitas ini dilakukan pada menu pengaturan. Jika kamu pengguna smartphone vivo ikuti langkah untuk mengubah resolusi handphone berikut:

  1. Buka menu pengaturan (settings)
  2. Selanjutnya gulir kebawah dan temukan about handphone
  3. Lalu tab nomor bentukan dan klik tombol kembali
  4. Berikutnya masukkan opsi pengembang
  5. Geser kebawah untuk menemukan opsi lebar kecil, lalu ubahlah resolusi layar menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Kalibrasi Sistem Touchscreen HP

Kalibrasi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menemukan error pada sistem, karena itu disebutkan cara mengatasi touchscreen tifak berfungi sebagian dengan melakukan aktivitas ini.

Kalibrasi layar merupakan prosedur yang dilakukan melalui aplikasi untuk mendapatkan kembali pengenalan sentuhan layar yang lebih akurat. Salah satu aplikasi kalibrasi terbaik bernama touchscreen calibration, ikuti langkah-langkah berikut untuk kalibrasi layar ponselmu.

  1. Unduh lalu buka aplikasi
  2. Sekarang pilih tombol calibrate yang berwarna biru
  3. Dalam kalibrasi ada beberapa proses yang harus kamu lakukan, seperti ketukan ganda, tunggal, geser dan sentuhan lama.
  4. Setelah kalibrasi selesai kamu akan menerima notifikasi yang menjelaskan bahwa ponsel harus di restart, kemudian klik ok
  5. Sekarang layar ponsel mu berhasil di kalibrasi sempurna.

Aktifkan Safe Mode

Safe mode atau yang dikenal sebagai mode aman merupakan suatu kondisi dimana kamu hanya menjalankan aplikasi-aplikasi bawaan perangkat/yang didukung perangkat sobat.

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian
Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian -sumber: droidpoin.com

Apakah safe mode bisa disebutkan sebagai salah satu cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian? tentu saja iya, disaat perangkat pasif karena aplikasi yang tidak jelas asal usulnya bisa kamu atasi dengan mode berikut.

Baca Juga :  6 Cara Top Up FF 500 Perak Paling Gampang dan Cepat

Mengaktifkan safe mode cukup sederhana, tekan dan tahan tombol power secara bersamaan lalu pilih mode aman. Setelah itu coba operasikan layar, apakah sistem touchscreen sudah pulih atau sebaliknya.

Membawa Perangkat Ke Pusat Layanan

Perlu diingat cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian tergantung pada penyebabnya, namun bagaimana jika sudah mencoba opsi diatas layar sentuh tidak kembali kepada kondisi semula?

Jika cara diatas tidak berhasil, ada kemungkinan kerusakan hardware pada perangkat kamu. Karena itu, bawa handphone ke pusat layanan untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang terlatih.

No Cara Mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian
1 Bersihkan Layar
2 Restart Ponsel
3 Update Perangkat Lunak
4 Matikan Fitur Hands-Free atau Mode Dengan Sarung Tangan
5 Lepas Aksesori Tambahan
6 Atur Ulang Pengaturan Layar
7 Periksa Aplikasi yang Mungkin Menyebabkan Konflik
8 Periksa Pengaturan Sentuhan atau Touchscreen di Pengaturan
9 Periksa Kerusakan Fisik atau Kondisi Layar
10 Bawa ke Layanan Purna Jual atau Teknisi Jika Masalah Berlanjut

Kesimpulan

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Menarik kesimpulan dari cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian diatas diketahui penyebab layar sentuh pasif di titik tertentu tidak selalu karena faktor eksternal, kerusakan ini bisa terjadi pada hardware yang secara otomatis mematikan pekerjaan sistem.

Untuk mengurangi resiko dan touchscreen tida berfungsi keseluruhan, praktikkan cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian diatas, ganti antigores secara berkala dan hindari pemakaian berat handphone dengan begitu kamu bisa operasi kan handphone tanpa takut layar tidak responsif.

Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan untuk sobat, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di pembahasan selanjutnya!

Back to top button