Tutorial

10 Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram

Bisa jadi Anda adalah pengguna Telegram tetapi belum tahu, cara mengirim foto sekali lihat di Telegram. Telegram merupakan aplikasi chat yang cukup populer meski penggunanya mungkin tidak sebanyak WhatsApp.  Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen lainnya secara gratis.

Banyak pengguna Telegram yang suka dengan aplikasi ini. Pertama karena fitur keamanan yang kuat. Fitur chat memiliki enkripsi end-to-end dimana hal ini memungkinkan adanya obrolan grup dengan banyak anggota.  Kedua, Telegram juga memiliki berbagai bot yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti berita, game , atau layanan informasi.

Tak heran, Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang sering digunakan masyarakat. Mereka memanfaatkan untuk komunikasi pribadi, berbagi konten, dan berpartisipasi dalam komunitas online secara mudah.  Terlebih, aplikasi ini juga tidak terlalu berat untuk ponsel, karena semua data tersimpan di server.

Mungkin, Anda juga ingin tahu apakah fitur-fitur nya sama dengan aplikasi WhatsApp. Pada dasarnya, semua fitur yang ada kurang lebih sama dengan WhatsApp dan WhatsApp Business karena memang Telegram juga menjadi salah satu aplikasi chat yang mudah.   Salah satu fitur yang paling sering digunakan pengguna WhatsApp  adalah mengirim foto sekali lihat, dimana Telegram juga memilikinya meskipun dengan cara yang berbeda.

Apa Saja Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram?

Apa Saja Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram?
Apa Saja Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram?

Sebenarnya, cara mengirim foto dengan format biasa di Telegram hampir sama dengan WhatsApp. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkat Anda.
  2. Pilih obrolan atau grup di mana Anda ingin mengirim foto.
  3. Di jendela obrolan, Anda akan melihat ikon kamera (biasanya berbentuk kamera) di bagian bawah jendela obrolan.
  4. Ketuk ikon kamera untuk mengakses opsi untuk mengirim foto.
  5. Anda akan memiliki opsi untuk mengambil foto baru dengan kamera ponsel Anda atau mengunggah foto yang sudah ada di galeri ponsel Anda.
  6. Pilih foto yang ingin Anda kirim.
  7. Setelah memilih foto, Anda dapat menambahkan teks atau keterangan jika Anda mau.
  8. Tekan tombol “Kirim” atau ikon tanda centang untuk mengirim foto tersebut.

Nantinya, foto akan terkirim ke chat atau grup yang sudah Anda tentukan. Cara mengirim foto sekali lihat di Telegram sederhana untuk mengirim foto dengan metode normal di Telegram.

Tetapi, ada juga cara mengirim foto sekali lihat di Telegram. Biasanya, fitur ini digunakan untuk gambar yang bersifat rahasia. Dengan demikian, gambar ini tidak akan dapat diteruskan ke orang lain.

Baca Juga :  Tidak Perlu Beli Baru! 5 Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

WhatsApp sudah menawarkan fitur ini. Ternyata, banyak juga pengguna WhatsApp yang menganggapnya sangat efektif. Selain karena foto tersebut bersifat rahasia, bisa jadi pengguna juga tidak ingin ponsel mereka terlalu berat karena berisi banyak foto.

Jika Anda ingin memanfaatkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melakukannya karena caranya sangat mudah. Pada dasarnya, Telegram memiliki fitur lebih sederhana dibandingkan WhatsApp. Kemudahan ini termasuk cara mengirim foto sekali lihat di Telegram.

Keuntungan Pengiriman Foto Sekali Lihat

Keuntungan Pengiriman Foto Sekali Lihat
Keuntungan Pengiriman Foto Sekali Lihat

Pengiriman foto sekali lihat mungkin tidak terlalu berguna buat beberapa orang. Tetapi, ada beberapa pengguna Telegram yang menganggap bahwa fitur ini sangat bermanfaat.  Alasan utamanya adalah supaya foto yang nantinya terkirim tak disalahgunakan.

Tetapi, beberapa orang memanfaatkan fitur ini dengan tidak bijaksana. Fitur ini sempat dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan seperti terorisme. Karena itulah, pengguna perlu bijaksana dalam penggunaan teknologi canggih ini.

Anda pun dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan foto yang bersifat rahasia dan tidak dapat diketahui siapa saja. Hal ini biasanya terkait dengan transaksi keuangan perusahaan. Fitur canggih ini sangat membantu apabila digunakan secara bijaksana.

Manfaatkan Fitur Secret Chat

Manfaatkan Fitur Secret Chat
Manfaatkan Fitur Secret Chat

Perlu diketahui bahwa tidak semua fitur di Telegram sama persis dengan WhatsApp. Ada beberapa fitur yang mungkin perlu Anda pelajari terlebih dahulu. Di Telegram, pengguna tidak bisa mengirim pesan yang sudah kedaluwarsa meskipun Anda masih dapat mengaplikasikan cara mengirim foto sekali lihat di telegram.

Hal ini tentu berbeda dengan fitur WhatsApp yang menunjukkan foto tampilan sekali.  Tetapi, jangan kecewa dulu karena masih ada fitur lain yang juga mendukung. Anda dapat memanfaatkan fitur Secret Chat atau Obrolan Rahasia dan Self Destruct Timer  atau penghancur sendiri.

Sekarang, kita cari tahu bagaimana cara mengirim foto sekali lihat di Telegram dengan masing-masing fitur.   Pertama-tama, kita kenali dulu secret chat sebelum mencari tahu cara kirim foto yang hanya bisa dilihat sekali.  secret chat adalah fitur keamanan ekstra dimana pengguna dapat memulai chat secara pribadi kepada penerima chat.

Pesan ini hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima dan tidak dapat di aplikasi kan di grup. Perlu diketahui bahwa pihak Telegram tidak dapat mengakses secret chat kendati telah ter-enkripsi. Pasalnya, percakapan atau data yang terkirim tidak akan tersimpan pada server Telegram.

Baca Juga :  Storysaver Instagram Downloader: Cara Menggunakan dan Fitur Andalan

Karena itulah, Telegram sering dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk perencanaan kejahatan.  Secret chat juga hanya dapat diakses di satu perangkat dimana percakapan pribadi tersebut dimulai. Meskipun pengguna hendak mengakses Telegram web, percakapan tersebut tidak akan muncul.

Cara mengirim foto sekali lihat di Telegram melalui secret chat atau chat rahasia dapat digunakan di ponsel berbasis Android dan juga iOS.  Cara-caranya adalah:

Android

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Android Anda
  • Cari chat Telegram yang ingin Anda akses
  • Setelah menemukan kontak yang Anda inginkan, pilih Nama Profil
  • Setelah itu, cari ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas
  • Lalu Anda dapat memilih ‘Start Secret Chat’ atau ‘Mulai Obrolan Rahasia’.
  • Pilih START atau MULAI
  • Anda harus memilih ikon stopwatch
  • Setelah itu atur durasi waktu yang Anda inginkan, dimana pilihan timer mulai dari 30 detik sampai 60 detik
  • Setelah Anda selesai mengatur, Anda dapat mengirim gambar.

iPhone

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Apple Anda
  • Anda dapat memilih salah satu dari orang yang ada di kontak Anda dimana Anda ingin berbagi secret chat.
  • Setelah itu, pilih foto profil kontak tersebut
  • Pilih “Lainnya.”
  • Nantinya, ada opsi Start Secret Chat atau “Mulai Obrolan Rahasia”.
  • Setelah itu klik CONFIRM
  • Fitur Secret Chat sudah terbuka, pilih ikon pengatur waktu.
  • Kemudian, pilih periode.
  • Setelah selesai, Anda dapat mengirim foto.
  • Nantinya, foto akan hilang setelah waktu habis.

Baca Juga: 6 Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah dan Cepat!

Gunakan Self Destruct Timer

Gunakan Self Destruct Timer
Gunakan Self Destruct Timer

Cara mengirim foto sekali lihat di Telegram juga dapat memanfaatkan fitur Self-Destruct Timer. Sesuai namanya,  fitur ini adalah fitur yang dapat langsung ‘hancur dengan sendirinya’. Artinya, saat Anda mengirim foto maka foto tersebut dapat hilang sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Memang, fitur ini digunakan untuk mereka yang ingin mengirim pesan serta foto atau dokumen yang bisa langsung hilang sesuai setelan pengatur waktu. Fitur ini cukup penting untuk misi rahasia yang memiliki tingkat confidential tinggi.  Tentunya Anda juga harus memanfaatkan fitur ini secara bertanggung jawab.

Cara mengirim foto sekali lihat di Telegram melalui Self Destruct Timer dapat digunakan di ponsel berbasis Android dan juga iOS.  Cara-caranya adalah:

Android

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Android Anda
  • Setelah itu, pilih salah satu kontak yang Anda ingin SHARE foto a
  • Setelah itu, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas
  • Muncul beberapa pilihan. Pilih self-destruct timer.
  • Setelah itu, tetapkan waktu yang ingin Anda pilih
  • Setelah menentukan waktu, pilih SELESAI
  • Anda dapat mencari ikon klip yang ada di bagian kanan bawah.
  • Anda dapat memilih gambar yang tersimpan di galeri
  • Kemudian, pilih tombol Kirim.
  • Setelah itu, Anda akan masuk di laman awal, sebelum Anda memilih KIRIM PESAN
  • Nanti gambar akan terhapus dengan sendirinya setelah pengiriman pesan.
Baca Juga :  8 Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

iPhone

  • Akses aplikasi Telegram di iPhone Anda
  • Pilih fitur CHAT, kemudian pilih ikon klip yang ada
  • Setelah itu, Anda dapat mengakses foto dari galeri.
  • Kemudian cari ikon panah yang ada di sisi kanan. Klik dan tahan
  • Setelah itu, muncul fitur Kirim Dengan Timer.
  • Anda dapat memilih kerangka waktu
  • Setelah Anda menentukan kerangka waktu, saatnya kirim foto.
  • Foto nantinya terlihat kabur jika menggunakan timer.
  • Nantinya foto terhapus otomatis oleh setelah penerima foto melihat foto tersebut.

Pastikan Perbaharui Telegram

Pastikan Perbaharui Telegram
Pastikan Perbaharui Telegram

Anda dapat mengunduh Telegram dari ponsel berbasis Android atau iOS. Tetapi, Anda perlu terus melakukan pembaruan atau update. Jika tidak, maka Anda tidak dapat melakukan cara mengirim foto sekali lihat di Telegram seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pada Telegram versi terbaru, fitur timer selalu diperbaharui.  Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat mengirim foto saja. Tetapi, Anda juga dapat mengirim video dengan mengaplikasikan langkah-langkah seperti cara mengirim foto sekali lihat di telegram.

Menariknya, foto atau video yang Anda share dapat hilang secara otomatis jika Anda mengaplikasikan cara mengirim foto sekali lihat di Telegram. Tentunya, Anda harus menggunakan fitur Secret Chat atau Self Destruct Timer seperti tersebut diatas. Fitur-fitur tersebut memang memudahkan pengguna melalui fitur countdown timer atau hitung mundur untuk mengirim foto atau video.

Nantinya, hitungan waktu pada timer akan mulai saat penerima membuka foto atau video yang mereka terima. Nanti, foto atau video akan terhapus sesuai waktu yang ditentukan sehingga penerima tidak dapat lagi melihatnya setelah batasan waktu hilang.  Foto atau video tersebut tidak tersimpan dimanapun alias benar-benar hilang dan tidak dapat diakses kembali, kecuali penerima meminta pengirim untuk mengirimkannya ulang.

Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram
Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram

Bisa jadi, penerima akan melakukan tangkapan layar pada foto atau video tersebut. Namun, saat penerima hendak melakukan hal tersebut, maka pengirim foto atau video akan mendapat notifikasi. Dengan demikian, foto atau video tersebut aman dan tidak akan dapat digandakan sehingga keamanan pengirim terjamin.

Jadi, manfaatkan cara mengirim foto sekali lihat di Telegram sesuai kebutuhan Anda. Pastikan pula Anda mengunduh versi Telegram terbaru. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang ada serta mengurangi kans adanya cybercrime karena perangkat atau aplikasi yang tidak diperbarui.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button