Tutorial

Cara Menjadi Distributor Petshop Untuk Pemula 2024

Artikel kali ini akan membahas tentang Cara Menjadi Distributor Petshop. Banyak para pecinta Hewan ingin menjadi distributor Petshop namun mereka tidak tahu bagaimana cara menjadi distributor petshop dan pada akhirnya mereka kebingungan harus memulai darimana.

Dalam memulai sebuah usaha tentunya membutuhkan tips dan trik yang tepat agar usaha kamu bisa berjalan dengan lancar dan berkembang serta bisa bertahan lama. Salah dalam menjalankan tips dan trik sebuah usaha akan berakibat fatal dan mengakibatkan kerugian yang besar, namun jika kamu sudah siap untuk berbisnis atau membuka usaha maka kamu harus siap menerima konsekuensi nya yaitu untung atau rugi.

Nah, bagaimana untuk bisa menjalankan usaha atau cara menjadi distributor Petshop untuk pemula agar bisa berjalan dengan lancar? Dalam artikel kali ini akan dibahas secara keseluruhan dan lengkap cara menjadi distributor petshop agar kamu tidak keliru, mari disimak dengan cermat!

Pengertian Distributor

Sebelum membahas tentang cara menjadi distributor Petshop, kamu harus tau apa itu Distributor? Karena tidak mungkin kamu ingin menjadi distributor tetapi kamu tidak tahu artinya bukan? Jadi, Distributor adalah pihak perantara antara produsen produk dan pihak lain dalam saluran distribusi atau rantai pasokan. Saluran distribusi bisa meliputi pengecer, reseller, atau grosir.

Distributor juga merupakan pihak yang menjalankan kegiatan distribusi baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh distributor barang adalah penyalur barang fisik seperti mie instan, kecap, semen, roti dan produk barang lainnya termasuk barang kebutuhan Petshop. Salah satu contoh perusahaan distributor barang di Indonesia adalah PT Indomarco Prismatama yang bergerak dalam produk kebutuhan rumah tangga dan makanan.

Tanpa adanya distributor tidak akan ada yang menjembatani produsen dan pembeli. Distributor adalah pelaku/subjek yang melakukan kegiatan distribusi, bisa diartikan distributor adalah orang atau perusahaan yang mendistribusikan atau yang menyalurkan produk yang mereka beli ke pembeli. Keuntungan Distributor adalah Distributor tidak harus memproduksi barangnya sendiri, jadi distributor tidak perlu modal produksi memiliki keuntungan yang cukup besar. Kerugian nya adalah penjualan distributor terbilang minim karena mereka tidak memproduksi barang sendiri.

Baca Juga :  10 Susunan Acara Ulang Tahun Yang Benar dan Menarik

Fungsi Distributor

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih fungsi dari distributor itu? Distributor memiliki pengetahuan mengenai pasar lokal. Pada umumnya, distributor mengenal mengenai klien lokal jauh lebih baik daripada mereka yang duduk di kantor pusat. Sebab, distributor lah yang paling dekat dengan konsumen. Selain itu, distributor lebih mengetahui bagaimana jenis promosi yang tepat, dan lain-lain.

Di samping itu, fungsi distributor juga andil dalam manajemen risiko. Semakin tersebar rantai pasokan sebuah perusahaan, maka akan semakin kecil risiko yang akan dilewati oleh masing-masing pihak dalam rantai tersebut. Misalkan barang hanya disimpan di tiga gudang, apabila terjadi bencana seperti banjir, kebakaran hanya di satu lokasi akan melumpuhkan distribusi. Lain halnya jika terdapat distributor dengan gudang yang banyak, maka akan menurunkan risiko.

Perbedaan Distributor, Supplier, dan Reseller

Distributor Supplier Reseller
Perantara/Penyalur Pemproduksi Menjualkan kembali
Tidak menghasilkan produk sendiri Menghasilkan produk sendiri Membeli produk untuk dijualkan kembali dengan harga yang ditentukan ia sendiri
Tangan Kedua Tangan Pertama Tangan Ketiga

Setiap bidang tersebut sama-sama memiliki resiko tersendiri tergantung bagaimana pengelolaannya. Untuk memperoleh keuntungan, maka Distributor mengambilnya dari harga penjualan kepada konsumen dan potongan harga dari produsen.

Cara Menjadi Distributor Petshop

Cara Menjadi Distributor Petshop
Cara Menjadi Distributor Petshop

Memutuskan untuk menjadi pengusaha memang dibutuhkan pertimbangan yang serius, dan tidak boleh main-main. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang beralih menjadi distributor yang tidak perlu membuat produk sendiri. Tugasnya adalah menyalurkan barang dari pihak pertama ke pihak pembeli. Nah, untuk menjadi distributor petshop juga harus dengan tips dan perencanaan yang matang agar sukses, Berikut tips nya cara menjadi distributor Petshop. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis 2024 Tanpa Pulsa

Modal Usaha

Hal pertama yang harus kamu punya saat mau jadi distributor adalah memiliki modal usaha yang akan kamu gunakan untuk memperoleh produk-produk petshop yang akan di jual kan serta untuk membayar sewa tempat dan yang lainnya. Tanpa Modal Usaha, kamu mau usaha apapun mau dibidang apapun kamu tidak akan bisa.

Menentukan Strategi dan channel yang tepat

Menentukan strategi dan channel yang tepat maksudnya adalah kamu harus tahu supplier kamu yang tepat yang bisa kamu mendapatkan keuntungan lebih besar dan kualitas produk petshop nya baik sehingga bisa bersaing

Menentukan Jasa yang ditawarkan

Memulai usaha petshop harus diimbangi dengan wawasan dan pengetahuan seputar hewan. Sebab adanya hal ini akan menguntungkan kamu untuk mencari peluang maupun mengikuti trend terkini di kalangan pecinta hewan. Jadi, nantinya kamu tidak akan kesulitan untuk menjual ataupun menawarkan jasa yang petshop kamu miliki. Intinya, usaha yang kamu jalankan ini bisa berjalan secara maksimal.

Bergabung dengan komunitas pecinta Hewan

Saatnya bergabung ke komunitas pecinta hewan! Komunitas pecinta hewan bisa kamu jumpai di mana saja di seluruh nusantara. Apalagi jika kamu mencarinya di sosial media, sangat banyak komunitas hewan yang bisa kamu ikuti! Ada dua keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika sudah bergabung dengan komunitas pecinta hewan, Pertama, kamu akan selalu update informasi terkini terkait hewan termasuk diantaranya produk makanan ataupun perawatan hewan yang paling banyak digunakan. Kedua, kamu bisa ikut menawarkan produk dan jasa yang usaha petshop yang kamu miliki. Semakin handal cara kamu menawarkan, semakin banyak orang yang akan tertarik untuk membeli maupun menggunakan jasa usaha petshop kamu.

Memilih lokasi Petshop yang strategis dan kondusif

Memilih tempat yang strategis maksudnya adalah kamu harus memilih tempat petshop kamu yang mudah di jangkau orang-orang namun kondusif tidak mengganggu ketenangan para hewan yang ada di petshop kamu nantinya, serta tempat kamu harus bersih demi kesehatan dan kenyamanan para hewan.

Baca Juga :  3 Cara Menghapus Chat WA agar Tidak Bisa Dilacak Terbaru 2024

Memiliki izin usaha

Demi terhindar dari hal yang kurang berkenan, akan lebih baik jika kamu meminta izin dari lingkungan sekitar lokasi petshop kamu dan mendaftarkan usaha ini ke lembaga resmi. Misalnya mengajukan izin usaha ke dinas kota.

Merekrut karyawan yang tepat

Setiap hewan memiliki keunikan dan cara penanganan yang berbeda-beda. Maka dari itu penting bagi kamu untuk memilih karyawan petshop yang berpengalaman dan paham betul cara merawat hewan. Jika kamu memiliki modal yang lebih besar kamu dapat mempertimbangkan untuk merekrut care-taker (perawat hewan) dan bekerjasama dengan dokter hewan (veterinarian).

Rajin Promosi

Di jaman yang serba canggih, cepat, dan penggunaan sosial media yang kian marak menjadikan para pemilik usaha dapat lebih mudah untuk memasarkan barang dan jasa yang mereka miliki. Tak terkecuali untuk usaha petshop!

Beberapa langkah yang bisa kamu tempuh antara lain:

  1. Memanfaatkan fitur Ads di sosial media dan Google Ads
  2. Ikut berjualan di E-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya
  3. Membuat konten menarik yang di dalam terdapat promosi produk
  4. Menerapkan beberapa strategi penjualan seperti soft-selling, endorse, dan masih banyak lagi

Memiliki kemampuasn managerial yang baik

Menjadi distributor petshop tanpa adanya perisapan yang matang seperti kemampuan memanage usaha bisa sangat beresiko. Usahakan kamu membekali diri sendiri dengan ilmu yang cukup terkait cara mengelola keuangan seperti pembukuan sederhana, penataan produk, pengetahuan fundamental seputar digital marketing, dan skill lainnya yang bisa membantu usaha Anda bertahan.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Indosat Via Aplikasi Myim3

Aktif di Sosmed

Selain mempromosikan petshop milik kamu, kamu juga bisa turut andil dalam berbagi informasi menarik yang mengedukasi seputar hewan. Hal ini akan menguntungkan kamu untuk memperluas kesempatan meraih lebih banyak pelanggan dan membangun citra yang baik. Salah satu tips yang bisa kamu gunakan untuk cara ini yaitu menerapkan strategi soft selling

Penutup

Cara Menjadi Distributor Petshop
Cara Menjadi Distributor Petshop

Demikianlah cara menjadi distributor petshop, yang paling utama adalah modal dan pengetahuan tentang petshop, jadi jika kamu sudah memiliki modal dan perencanaan yang matang kamu bisa jadi distributor petshop. Semoga artikel tentang cara menjadi distributor petshop ini dapat menambah wawasan kamu dan jadi bahan pertimbangan kamu jika ingin jadi distributor petshop. See youu

Back to top button