Tutorial

3 Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara menyimpan foto sekali lihat di Wa sebenarnya tidak ada sediakan oleh platform resminya langsung. Namun karena penerapan fitur ini membuat sebagian pengguna Wa kesulitan untuk melihat ulang foto dan video yang telah dikirim sehingga menimbulkan pertanyaan terkait cara menyimpan foto sekali liat di Wa.

Meskipun begitu, Akhir-akhir ramai diperbincangkan mengenai fitur “Sekali lihat” pada WhatsApp. Dimana fitur “Sekali lihat” ini merupakan fitur baru yang memungkinkan penerima hanya dapat melihat pesan tersebut sekali saja saat baru dibuka. Kemudian saat layar perangkat beralih halaman, maka pesan foto atau video yang sebelumnya ada di Wa menghilang begitu saja.

Wajar saja, timbul pertanyaan bagaimana cara menyimpan foto sekali lihat di Wa ? Pasalnya sebagian pengguna kurang menyukai fitur ini karena sulit untuk melihat ulang pesan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan yang masih bergejolak, jangan dibawa pusing lagi karena Mocipay akan menampilkan cara menyimpan foto sekali lihat di Wa secara lengkap dibawah ini.

Fakta Fitur Sekali Lihat di Wa

Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA
Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA

Fitur “Sekali Lihat” disebut juga sebagai fitur View Once memiliki simbol ikon angka 1 didalam Lingkaran. Jika pengguna WhatsApp ingin mengirim pesan menggunakan fitur ini, maka sebelum tahap pengiriman pengguna wajib menekan ikon ini agar pesan yang dikirim hanya bisa dilihat sekali oleh penerima. Ikon fitur sekali lihat terletak pada bagian penulisan caption sebelah kanan.

Selain itu, apabila pesan yang menggunakan fitur sekali lihat tidak dibuka selama 14 hari, maka pesan tersebut akan kadaluwarsa dan tidak bisa dibuka kembali. Meskipun begitu, foto dan video dapat dipulihkan kembali dengan melakukan pencadangan. Namun jika sudah dibuka/dibaca maka foto dan video tidak bisa dipulihkan lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Sekali Lihat di Wa

Setiap fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp tentunya bukan tanpa alasan. Untuk memahami lebih lanjut, berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan dari fitur sekali lihat.

Baca Juga :  9 Cara Melacak HP Hilang Dengan Whatsapp, Solusi HP Hilang
Kelebihan Kekurangan
Dapat mengurangi penggunaan ruang penyimpanan Tidak bisa menyimpan foto dan video tanpa bantuan pihak ketiga
Menjaga Privasi dengan alasan tertentu Wajib Melihat Video atau foto yang dikirimkan dengan cermat, apalagi jika foto atau video tersebut merupakan file penting
Memberikan keamanan kepada si pengirim atas tindakan penyebarluasan file Menyulitkan pengguna yang tidak bisa mengingat dengan cepat
Tidak bisa membagikan foto atau video kepada teman atau keluarga jauh

Cara Menggunakan Fitur Sekali Lihat Di Wa

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur ini, dan bertanya-tanya bagaimana cara menerapkan nya bisa simak panduan berikut :

  • Silahkan login ke aplikasi Wa, namun sebelumnya pastikan Aplikasi yang kamu miliki sudah terupdate agar fitur-fitur baru bisa di akses.
  • Kemudian buka kontak siapa saja yang ingin dikirimin pesan menggunakan fitur sekali lihat
  • Lalu klik ikon Kamera pada bagian bawah layar
  • Pilih foto atau video yang ingin di kirim
  • Jika tidak ada di penyimpanan perangkat kalian juga bisa mengambil foto atau video terlebih dahulu
  • Selanjutnya kalian akan melihat Ikon tanda 1 pada lingkaran, klik ikon tersebut
  • Terakhir kirim seperti mengirim pesan pada umumnya.

Cukup mudah bukan ? Namun sebelum menggunakan fitur sekali lihat, pertimbangkan lagi apakah foto atau video yang akan dikirim tidak akan diperlukan nantinya berhubung cukup sulit untuk memulihkan file nya kembali.

Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di Wa

Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA
Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di Wa

Cara menyimpan foto sekali lihat di Wa hanya bisa diterapkan dengan bantuan pihak ketiga seperti aplikasi modifikasi. Bagi kalian yang secang mencari-cari cara menyimpan foto sekali liat di Wa bisa simak beberapa tahap dibawah ini;

GB WhatsApp

GB WhatsApp merupakan sebuah aplikasi hasil modifikasi dari aplikasi resminya WhatsApp. Melalui aplikasi ini kalian dapat melakukan beberapa aktivitas yang tidak bisa dilakukan pada aplikasi resmi seperti melihat status yang sudah dihapus dan juga cara menyimpan foto sekali lihat di Wa.

Baca Juga :  10+ Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Iphone Dengan Mudah

Untuk menyimpan foto sekali lihat kalian harus memiliki aplikasi ini dahulu sebelum membuka foto yang dikirim. Pasalnya jika kalian membuka pesan foto tersebut namun belum memasang aplikasinya, maka file tetap saja tidak bisa disimpan.

Adapun cara menyimpan foto sekali lihat di Wa menggunakan GB WhatsApp sebagai berikut :

  • Silahkan login ke aplikasi WhatsApp, kemudian buka halaman profil pada aplikasi
  • Gulir kebawah, lalu buka opsi Chat
  • Lakukan pencadangan data WhatsApp kamu menggunakan google drive
  • Selanjutnya untuk menyimpan foto sekali lihat, langkah berikutnya memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu GB WhatsApp
  • Sebelum menggunakan aplikasi GB WhatsApp, buka aplikasi “File Manager” di perangkat kamu
  • Pilih penyimpanan kemudian gulir kebawah hingga menemukan file Android
  • Klik folder ”Android” lalu pilih folder Media
  • Selanjutnya, buka folder “com.whatsapp” untuk mengakses folder WhatsApp yang asli.
  • Di dalam folder WhatsApp, tandai dan salin folder “Database
  • Setelah di salin, lanjut buka folder “GB WhatsApp” di dalam folder “com.whatsapp” dan buat folder baru dengan nama “GB WhatsApp
  • Buka folder “GB WhatsApp” yang baru kalian buat dan tempel kan file database yang disalin dari folder WhatsApp yang asli.
  •  Setelah itu, buka aplikasi GB WhatsApp.
  • Pilih “Setuju” dan “Lanjutkan”, lalu masukkan nomor WhatsApp yang terdaftar pada aplikasi WhatsApp asli.
  • Masukkan kode verifikasi yang masuk, lalu pilih “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Pulihkan” untuk mengembalikan chat yang telah di backup sebelumnya.
  • Pilih “Selanjutnya” dan masukkan nama untuk memulihkan chat. Dengan begitu, kalian dapat membuka satu persatu foto dan video yang ingin disimpan.

Kalian bisa membuka foto sekali lihat tersebut agar disimpan kedalam galeri perangkat dengan cara klik ikon di panah arah bawah atau (download ) pada bagian atas layar.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

WhatsApp Mod

Cara menyimpan foto sekali lihat di Wa berikutnya bisa dilakukan menggunakan WhatsApp Mod. Sebelum membuka pesan sekali lihat, pastikan kalian telah memasang aplikasi Wa Mod terlebih dahulu pada perangkat.

Berikut cara menyimpan foto sekali lihat di Wa menggunakan MB WhatsApp Mod :

  • Silahkan buka MB WhatsApp pada perangkat yang kamu gunakan
  • Kemudian buka menu pengaturan yang ada pada bagian sudut kanan bawah.
  • Lalu, tekan menu reference MB dan lanjutkan dengan mengklik menu privasi dan keamanan
  • Pada halaman tersebut aktifkan fitur anti-tampil sekali
  • Dengan begitu kamu dapat melihat pesan yang dikirim oleh pengguna lain menggunakan fitur sekali lihat kapanpun kamu mau seperti pesan pada umumnya.

File Manager Plus

Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA
File Manager Plus

Sebelum melangsungkan cara menyimpan foto sekali lihat di Wa menggunakan file manager plus, kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa HP tersebut sudah di root agar dapat mengakses partisi sistem. Pada dasarnya foto atau video sekali lihat di Wa tersimpan didalam folder system Android yang disebut folder View Once.

Adapun cara menyimpan foto sekali lihat di Wa menggunakan file manager plus bisa dilakukan seperti dibawah ini :

  • Silahkan unduh File manager Plus melalui Playstore
  • Kemudian login ke aplikasi, lalu klik ikon garis tiga yang terletak pada bagian sudut kiri atas.
  • Klik partisi sistem dan masuk ke dalam folder data mirror.
  • Klik folder data_ce dan lanjutkan masuk ke folder null.
  • Kemudian klik ke folder 0, pada halaman ini kalian dapat mencari dan membuka folder com.whatsapp.
  • Buka folder Files dan Scroll ke bawah sampai kamu menemukan folder ViewOnce.
  • Klik folder tersebut, maka semua foto sekali lihat WhatsApp dapat kamu temukan di menu tersebut.

Untuk menyimpan semua file foto ataupun video sekali lihat, sebaiknya pindahkan foto atau video yang kamu inginkan ke folder lain yang ada pada perangkat.

Penutup

Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA
Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat Di WA

Itulah cara menyimpan foto sekali lihat di Wa yang bisa kalian coba untuk mempertahankan file yang dikirim menggunakan fitur sekali lihat. Namun jika cara menyimpan foto sekali lihat di Wa yang tertera diatas terbilang sulit, kalian bisa merekam pesan sekali lihat menggunakan perangkat atau Hp lainnya saat foto atau video dibuka.

Back to top button