Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

10 Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula

Cara Menjual Foto Di Shutterstock – Memiliki bakat dalam fotografi, tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menjual hasil karya nya.

Shutterstock merupakan situs online tempat dimana para desainer dan fotografer menjual hasil karya nya kemudian dibayar menggunakan dollar.

Di Indonesia masih banyak orang yang belum mengetahui situs Shutterstock, sehingga antusiasnya tidak sebesar dilur negeri.

Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menawarkan hasil karyamu sendiri, dari pada membiarkannya menjadi koleksi foto di laptop maupun komputer.

Penasaran bagaimana cara menjual foto di Shutterstock? Langsung saja simak penjelasan informasi di bawah ini.

Syarat Menjual Foto di Shutterstock

Sebelum mencari tahu cara menjual foto di Shutterstock, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Agar proses pendaftaran yang akan dilakukan tidak terkendala.

Syarat Jual Foto di Shutterstock

Berikut beberapa syarat menjual foto di Shutterstock, yakni diantaranya :

Resolusi dan Jenis File

Resolusi dan jenis file merupakan salah satu syarat utama yang harus dipenuhi dalam menjual hasil foto hasil karya sendiri.

Shutterstock memberikan ketentuan, dimana :

  • foto yang diupload harus memiliki resolusi 4 megapixel (MP).
  • Ukuran ini berlaku untuk jenis file foto dengan format jpeg, vektor dan format eps.
  • Khusus file vector, kontributor hanya perlu menguplod file eps saja, sebagai cara menjual foto di Shutterstock.

Memiliki Kualitas Gambar yang Baik

Tahukah kamu bahwasanya Shutterstock tidak mempermasalahkan jenis foto, sekalipun itu hasil dari kamera handphone. Akan tetapi, agar foto lolos seleksi dan review, pastikan foto yang diupload memiliki kualitas gambar yang baik atau hd.

Kemudian pastikan pencahayaan, fokus foto dan noise foto sudah terlihat bagus. Dengan begitu kamu akan mendapatkan poin unggul dari beberapa kontributor lainnya yang ikut dalam tahap seleksi.

Tidak Mengandung Unsur SARA

Meskipun resolusi, jenis foto dan kualitas gambar pada foto sudah memenuhi kriteria yang di harapkan, namun Shutterstock tidak akan menerima hasil foto yang mengandung unsur SARA.

Pasalnya, Shutterstock memberikan peringatan keras kepada kontributor untuk tidak menjual foto di situs tersebut yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antar golongan.

Bahkan Shutterstock juga tidak segan untuk memblokir akun yang melanggar ketentuan tanpa memberikan review. Oleh sebab itu agar cara menjual foto di Shutterstock lolos seleksi, sebaiknya mengupload foto yang menarik dan sopan.

Cara Menjual Foto di Shutterstock Langsung di Lirik

Shuterstock merupakan situs online yang dapat dimanfaatkan untuk menjual foto hasil karya sendiri. Untuk menjual foto di Shutterstock sangatlah mudah, sehingga semua orang bisa melakukannya.]

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Apabila kamu memiliki hobby memfoto dan tertarik untuk menjual hasil karyamu agar menjadi cuan, ikuti panduan cara menjual foto di Shutterstock berikut ini.

Mendaftar Sebagai Kontributor di Shutterstock

Agar dapat menjual hasil foto yang telah diambil dan di edit, kamu harus melakukan registrasi sebagai kontributor di Shutterstock terlebih dahulu.

Meskipun cara mengupload foto yang akan dijual sangat mudah dilakukan, namun kamu harus melengkapi beberapa pesyaratan agar pendaftaran bisa diterima.

Untuk melakukan pendaftaran, silahkan buka situs resmi shutterstock melalui browser lalu klik opsi menu registrasi. Kemudian isi formulir pendaftaran yang telah disediakan dengan benar dan lengkap.

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi email yang sudah terdaftar sebelumnya pada situs Shutterstock.

Apabila konfirmasi email telah di terima, maka kamu sudah terdaftar atau resmi menjadi kontributor di Shutterstock.

Konfirmasi Akun

Sebelum melakukan cara menjual foto di shutterstock dan telah berhasil mendaftar sebagai kontributor, selanjutnya lakukan konfirmasi akun.

Pada bagian konfirmasi akun, biasanya pihak Shutterstock meminta beberapa data seperti KTP dan password kontributor.

Oleh sebeb itu, sebelum melakukan registrasi pastikan dokumen yang telah diminta sudah disediakan terlebih dahulu. Agar proses konfirmasi akun yang dilakukan tidak terkendala.  Dokumen tersebut akan diunggah pada kolom yang telah disediakan.

Memiliki Akun Paypal

Shutterstock juga menyarankan kontributor untuk mendaftarkan atau melampirkan akun Paypal untuk memudahkan pembeli dalam proses transaksi.

Hal tersebut dikarenakan shutterstock merupakan salah satu platform yang dapat diakses oleh banyak orang diberbagai negara.

Apabila kamu belum memiliki akun Paypal, sebaiknya daftarkan akun tersebut terlebih dahulu, agar proses registrasi bisa diterima.

Seleksi Foto di Shutterstock

Setelah proses registrasi dan pendaftaran Shutterstock sudah selesai dilakukan sesuai dengan panduan yang diminta, selanjutnya langkah yang harus dilakukan menjual foto.

Cara menjual foto di Shutterstock cukup mudah, hanya dengan mengupload foto hasil jepretan yang telah di pilih sebelumnya.

Agar foto yang telah di upload masuk ke dalam seleksi Shutterstock, sebaiknya memilih foto yang memiliki kualitas bagus dan tidak mengandung watermark. Pastikan juga foto yang di upload hasil karya sendiri.

Menunggu Pihak Shutterstock Memeriksa Foto

Meskipun proses upload foto berhasil dilakukan, pihak Shutterstock akan tetap memeriksa atau meriview hasil foto yang telah di upload.

Apabila foto tersebut lolos seleksi, maka Shutterstock akan memasukkan foto yang telah di upload ke website Shutterstock untuk di perjual belikan.

Tetapi sebaliknya, jika foto tidak lolos seleksi maka foto akan dipending oleh pihak Shutterstock. Kemudian memberikan beberapa saran untuk perbaikan foto yang baik dan benar.

Menunggu Stutterstock Mengirim Keterangan Pendapatan

Foto yang telah lolos seleksi Shutterstock, akan diberikan keterangan pendapatan dari total foto yang dibeli. Akan tetapi untuk bisa menikmati hasil cari cara menjual foto di Shutterstock ini, harus memiliki saldo di akun PayPal minimal 200 dolar.

Kemudian kontributor harus melakukan penarikan saldo dari akun Paypal ke rekening bank terlebih dahulu.

Bagaimana jika Foto di Tolak Oleh Shutterstock?

Banyak kontributor yang bertanya-tanya, bagaimana jika foto di tolak oleh pihak Shutterstock. Tahukah kamu meskipun foto di tolak, pihak shutterstock akan memberikan review kepada foto yang telah di upload.

Jika di dalam review terdapat pernyataan yang mengatakan bahwasannya foto yang diupload kurang pencahayan. Kotributor hanya perlu mengedit ulang foto tersebut sesuai dengan intruksi yang diminta.

Kontributor dapat memanfaatkan beberapa aplikasi seperi Photoshop, yang dapat membuat hasil foto kamu menjadi lebih sempurna.

Apabila sudah diedit sesuai dengan riview yang diminta, kontributor dapat melakukan upload ulang seperti pertama kali mengupload foto tersebut.

Tips dan Trik Agar Foto di Shutterstock Cepat Laku

Agar cara menjual foto di Shutterstock di lirik oleh pembeli, sebaiknya pahami tips triknya agar foto cepat laku dan menjadi cuan besar.

Adapun beberapa tips dan trik yang dapat kamu coba, yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Gunakan Judul atau Deskripsi yang Relevan

Selain membuat foto yang menarik, kontributor juga bisa membuat deskripsi atau judul foto yang menarik. Pasalnya, hingga saat ini banyak sekali konsumen yang hanya melihat deskripsi foto saja langsung membelinya.

Selain itu kamu juga bisa membuat deskripsi foto yang menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen. Hal ini juga dapat membuat hasil karyamu dilirik banyak orang, namun pastikan juga deskripsi yang kamu buat relevan.

2. Unggah Secara Berkala

Cara menjual foto di Sutterstock agar cepat laku dan menjadi cuan yaitu dengan mengunggah gambar secara berkala.

Sehingga portofolio kamu akan terbentuk dan konten-konten kamu akan semakin terlihat pada hasil pencarian. Dengan begitu, dapat dipastikan para pembeli akan semakin banyak membeli hasil karyamu.

3. Pahami Trend

Tidak perlu heran lagi, semakin berkembangnya zaman akan semakin mudah pula orang untuk memakan konsumsi publik.

Untuk itu buatlah pelanggan lebih mudah menemukan karyamu dengan mengelompokkan konten-konten kamu ke dalam subyek atau tren tertentu.

Kemudian kamu juga dapat melihat perkembangan apa saja yang saat ini sedang populer, yang memungkinkan hasil karyamu di lirik oleh konsumen.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengganti Warna Baju Di Foto Online Tanpa Aplikasi 2023

Kesimpulan

Cara Menjual Foto Di Shutterstock
Cara Menjual Foto Di Shutterstock

Itulah cara menjual foto di Shutterstock beserta syaratnya yang dapat kamu analisa. Pastikan tidak ada satu pun yang terlewatkan agar proses pendaftaran sebagai kontributor yang dilakukan lolos seleksi.

Kemudian hindari mengupload gambar yang mengandung unsur SARA, karena Shutterstock tidak segan untuk memblokir akun yang melanggar ketentuan tanpa memberikan review kepada kontributor.

Semoga informasi cara menjual foto di Shutterstock ini bermanfaat bagi kamu, sampai betemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button