Tutorial

6 Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi, Bisa Dilakukan Sendiri!

Cara melacak HP dengan IMEI merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menemukan lokasi dan informasi terkait HP yang hilang!

Setiap orang tentu saja tidak ada yang menginginkan hal seperti demikian terjadi bukan? Akan tetapi, sebuah fakta yang tidak bisa dielak oleh siapapun bahwa “Hidup tidak akan lepas dari kata Kehilangan!” termasuk salah satunya yaitu kehilangan HP seperti yang saat ini mungkin sedang anda alami. Tapi anda tidak perlu khawatir! Karena dalam artikel ini kami akan menampilkan cara melacak HP dengan IMEI yang dapat kamu gunakan untuk menemukan keberadaan ponsel kamu saat ini.

Apa itu IMEI?

Sumber: www.androidterbaik.com

IMEI yang merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang menjadi identitas setiap perangkat telepon seluler. Layaknya seperti nomor identitas anda yang ada pada KTP, nomor IMEI pada setiap ponsel berbeda!

Adapun kegunaan dari IMEI ini adalah untuk mengidentifikasi dan melacak perangkat telepon seluler. Dengan fungsinya yang dapat melacak inilah yang menjadikan nomor IMEI cukup efektif digunakan untuk menemukan lokasi HP saat menghilang dari jangkauan kita.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit angka. Tak hanya dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang saja, namun nomor IMEI ini dapat juga anda gunakan untuk mengecek keaslian perangkat.

Kenapa ada 2 IMEI dalam 1 HP?

Sebagian ponsel memang ada yang memiliki 2 IMEI. Untuk anda yang belum mengetahui dan bingung akan hal tersebut, disini kami memverifikasi bahwa hal demikian yang membuat ada 2 IMEI dalam perangkat kamu menandakan bahwa perangkat kamu memiliki 2 slot SIM card. Jadi itu tergantung ponsel kamu ya sobat!

Baca Juga :  Tidak Perlu Beli Baru! 5 Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

Apakah bisa melacak keberadaan HP dengan IMEI

Hingga saat ini penggunaan nomor IMEI pada ponsel masih menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif digunakan orang-orang termasuk polisi untuk menemukan kembali perangkat yang hilang.

Postingan Terkait

Bagaimana Cara Melihat IMEI HP?

Untuk kamu yang belum terlalu paham tentang IMEI di HP, mungkin akan sedikit bingung dengan bagaimana atau dimana kamu bisa menemukan nomor IMEI HP kamu.

Cara Melihat IMEI HP
Cara Melihat IMEI HP

Oleh karena itu, sebelum menampilkan cara melacak HP dengan IMEI kami akan menampilkan terlebih dahulu beberapa cara melihat IMEI HP:

  1. Pertama, anda bisa menemukan nomor IMEI HP anda dengan mudah pada bagian belakang perangkat anda
  2. Nomor IMEI HP juga biasanya akan diletakkan pada baterai setiap ponsel
  3. Melalui dial up *#06# : Ketik kode tersebut pada menu telepon di HP kamu, maka nomor IMEI perangkat anda akan ditampilkan
  4. Melalui menu setelan/ pengaturan: Buka menu setelan > klik pada menu tentang telepon > tab pada opsi “keseluruhan spesifikasi” > Klik pada status > Maka beberapa informasi terkait perangkat anda termasuk nomor IMEI akan ditampilkan
  5. Pada kotak kemasan asli HP. Jika ponsel anda sudah hilang tentu saja beberapa cara diatas tidak akan bisa anda lakukan. Maka cara terakhir untuk dapat melihat nomor IMEI HP anda adalah dengan menemukan kotak asli perangkat.

Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi

Cara melacak HP dengan IMEI tanpa aplikasi
Cara melacak HP dengan IMEI/ www.imeidetective.com

Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk melacak HP dengan IMEI:

  1. Langkah pertama, temukan dan catatlah terlebih dahulu “nomor IMEI” HP kamu.
  2. Buka browser web di komputer atau HP orang yang dapat kamu pinjamkan
  3. Kunjungi situs website yang menyediakan layanan pelacakan IMEI.
    Beberapa situs website terpercaya yang dapat anda akses adalah seperti:
    > https://www.imeidetective.com/
    imei.info
    > https://imei24.com/
  4. Masukkan nomor IMEI ponsel anda kedalam kotak teks yang tampil pada web tersebut
  5. Lalu klik tombol “Search” atau “Check” dan tunggu beberapa saat, situs web akan memulai proses pencarian
  6. Situs web akan menampilkan informasi lengkap terkait HP anda yang hilang sesuai dengan nomor IMEI yang anda masukkan, seperti merk, brand, model HP, spesifikasi HP, dan juga lokasi HP berada saat ini.
Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim

Note: Cara melacak HP dengan IMEI melalui situs website sebenarnya cukup mudah. Namun, jika anda kurang percaya diri untuk melakukannya sendiri maka anda dapat meminta bantuan orang lain yang lebih paham dibidangnya seperti Polisi. Berikan nomor IMEI HP anda kepada mereka, maka mereka akan membantu anda untuk melakukan proses pelacakan.

Kelemahan Melacak HP dengan IMEI

Melacak HP yang hilang menggunakan nomor IMEI memang cukup efektif, namun ada beberapa kelemahan yang membuat pelacakan gagal atau lokasi perangkat ditemukan, yaitu:

  • Kondisi HP yang dimatikan. Pelacakan melalui nomor IMEI tidak akan dapat berjalan apabila ponsel anda di matikan oleh pelaku pencurian atau jika saat hilang HP anda dalam keadaan mati.
  • GPS dinonaktifkan. Seperti yang kita ketahui bahwa lokasi pada setiap perangkat akan tampil apabila GPS nya diaktifkan, sehingga ketika ponsel anda hilang dalam keadaan GPS mati maka cara melacak HP dengan IMEI sudah pasti tidak akan berhasil anda lakukan.
  • Kartu SIM dicabut. Kelemahan terakhir yang membuat cara melacak HP dengan IMEI tidak berhasil adalah apabila kartu SIM anda dicabut/ dihapus oleh pelaku pencurian.

Cara Melacak HP dengan Aplikasi

Sumber: play.google.com

Mempertimbangkan cara melacak HP dengan IMEI tidak sepenuhnya menjanjikan dikarenakan beberapa kelemahan seperti yang telah disebutkan diatas, maka kamu tentunya memerlukan cara yang lebih efektif untuk dapat menemukan kembali perangkat kamu.

Oleh karena itu, selain menampilkan cara melacak HP dengan IMEI berikut ini kami juga akan menunjukkan beberapa cara lain untuk melacak HP kamu yang hilang yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Rekomendasi aplikasi melacak HP terbaik:

Nama Aplikasi Keterangan
Find my Device Aplikasi yang pertama adalah “Find my device” Aplikasi ini dapat menemukan ponsel yang hilang dengan mudah. Cara menggunakannya: Instal aplikasi dari google play store dan daftar menggunakan nomor telepon dan email anda > Instal aplikasi ke perangkat lain milik anda > Sandingkan perangkat satu sama lain, sehingga anda dapat menemukan perangkat anda.
Google Temukan Perangkat Saya Aplikasi yang berikutnya adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Google LLC. Dalam aplikasi ini anda dapat menemukan, menderingkan, mengunci perangkat anda yang hilang. Anda dapat terus mengunci perangkat sampai anda mendapatkannya kembali. Dengan demikian pelaku pencurian tidak akan bisa menghilang dari jangkauan anda, karena ponsel anda yang hilang tetap berada dalam kendali anda.
Find my iPhone Jika aplikasi yang pertama “Find my device” diperuntukkan bagi pengguna android. Maka aplikasi “find my iPhone” ini khusus untuk pengguna iOS. Temukan perangkat iPhone anda dengan menggunakan aplikasi ini. Dijamin pasti ketemu!
Baca Juga :  3 Cara Mengganti Nama FF Gratis Terbaru 2024

Simpulan

Cara Melacak HP dengan IMEI
Cara Melacak HP dengan IMEI

Itulah cara melacak HP dengan IMEI yang dapat kamu coba ketika sedang mengalami masalah terkait kehilangan ponsel. Dengan mengetahui nomor IMEI tentu akan dapat memudahkan kamu untuk menemukan kembali perangkat yang baru saja hilang dari genggaman kamu.

Jangan hanya diam terpelongo dan akhirnya frustasi! Yuk manfaatkan berbagai cara diatas yang telah kami jelaskan, termasuk cara melacak HP dengan IMEI sebelum pelaku pencurian melangkah lebih jauh dari jangkauan kamu.

Back to top button