Tutorial

2 Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip Dengan Mudah

Mengetahui Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip merupakan suatu hal yang sangat penting karena akan memberikan kamu lebih banyak kendali atas tampilan dan privasi percakapan di Whatsapp.

Ada momen ketika kamu ingin menjaga percakapan pribadi agar tetap tersembunyi dari mata orang lain yang kemungkinan akan meminjam perangkat ponsel kamu suatu saat nanti.

Sehingga dengan menyembunyikan chat akan menjaga privasi kamu dalam situasi ini dan terhindar dari orang yang memiliki niat buruk terhadap perangkat yang digunakan.

Namun, sampai saat ini beberapa pengguna Whatsapp belum mengetahui cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip meskipun dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi kamu yang ingin menyembunyikan chat Whatsapp karena memiliki privasi yang harus dijaga, sebaiknya simak informasi penjelasan pada artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Fitur Menyembunyikan Chat di Whatsapp?

Apa Itu Fitur Menyembunyikan Chat di Whatsapp
Apa Itu Fitur Menyembunyikan Chat di Whatsapp

Fitur menyembunyikan chat di Whatsapp adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengelola pesan secara lebih pribadi.

  • Dengan fitur ini, kamu dapat menyembunyikan obrolan tertentu dari latar utama tanpa harus mengarsipkan.
  • Selain itu, dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa lebih memberikan kontrol yang lebih besar atas tampilan Whatsapp.
  • Fitur ini juga sangat berguna untuk menjaga pesan-pesan pribadi atau menyimpan obrolan yang dianggap penting.

Apakah Bisa Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip?

Faktanya sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyembunyikan chat di whatsapp tanpa melakukan arsip.

Hal tersebut dikarenakan fitur privasi yang baru saja di update oleh Whatsapp ini belum diketahui oleh para penggunan nya sehingga masih ada beberapa orang yang menyembunyikan pesannya dengan metode arsip.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Yang Tidak Full Screen

Untuk melakukan cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip ini cukup mudah, cukup dengan mengakses fitur privasi yang ada di WA maka chat akan berhasil disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Baru-baru ini Whatsapp memunculkan fitur yang memungkinkan setiap penggunannya untuk menjaga privasi dari orang yang ingin melakukan tindakan kejahatan, yaitu fitur Menyembunyikan Chat WA tanpa Arsip (Sidik Jari).

Menariknya, ketika fitur ini diaktifkan maka kamu perlu menggunakan sidik jari untuk membuka Whatsapp dan tetap dapat menjawab panggilan jika Whatsapp terkunci.

Nah, pada artikel ini kamu akan menemukan dua cara menyembunyikan chat whatsapp tanpa arsip dimana yang pertama melalui fitur privasi di WA dan menggunakan menu pengaturan di Hp.

1. Melalui Fitur Privasi di Whatsapp

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Cara menyembunyikan chat whatsapp tanpa arsip pertama yaitu melalui fitur privasi di WA. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjaga keamanan pesan yang ada di Whatsapp tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah panduan nya :

  • Buka aplikasi Whatsapp di perangkat ponsel kamu.
  • Klik ikon titik tiga yang ada disebeah kanan atas layar.
  • Pilih opsi Setelan dan klik Privasi.
  • Scroll kebawah dan klik menu Kunci Sidik Jari.
  • Geser kesamping ikon Buka kunci dengan sidik jari untuk mengaktifkannya.
  • Setelah itu, posisikan jari kamu pada sensor sidik jari yang ada di Hp.
  • Jika berhasil, akan muncul tanda centang hijau pada layar.
  • Atur pilihan waktu untuk menyembunyikan chat, mulai dari Segera, Setelah 1 menit, atau Setelah 30 menit.
  • Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp tanpa arsip berhasil dilakukan.

2. Menggunakan Menu Pengaturan di Hp

Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip Lewat Menu Pengaturan
Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip Lewat Menu Pengaturan

Sebelum munculnya fitur privasi untuk menyembunyikan chat di Whatsapp tanpa privasi, kebanyakan pengguna Whatsapp melindungi privasi yang ada di WA nya dengan mengaktifkan kunci layar Whatsapp nya.

Baca Juga :  7 Cara Melihat Tulisan Di Balik Coretan Tanpa Aplikasi

Adapun cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip melalui alternatif lain yang bisa kamu coba, yaitu sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu Pengaturan di ponsel.
  • Scroll kebawah, lalu klik menu Privasi.
  • Klik menu Kunci Aplikasi.
  • Atur Sidik Jari atau kata Sandi untuk menyembunyikan chat di Whatsapp.
  • Setelah itu cari menu Whatsapp.
  • Klik ikon yang ada disebelah Whatsapp hingga berwarna biru.
  • Secara otomatis Sidik Jari atau kata Sandi berhasil diatur.
  • Menyembunyikan Chat Whatsapp tanpa arsip melalui menu Pengaturan berhasil dilakukan

Kenapa Tidak Bisa Menyembunyikan Chat Wa Tanpa Arsip?

Kenapa Tidak Bisa Menyembunyikan Chat Wa Tanpa Arsip
Kenapa Tidak Bisa Menyembunyikan Chat Wa Tanpa Arsip

Aplikasi Whatsapp kini telah memiliki fitur untuk menyembunyikan obrolan tanpa harus menggunakan metode arsip. Namun perlu dicatat, bahwa cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip memiliki ketentuan.

Alasan mengapa Whatsapp mungkin tidak memiliki opsi ini di beberapa perangkat atau versi tertentu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Versi Aplikasi

Versi whatsapp yang digunakan menjadi salah satu faktor penyebab kenapa tidak bisa menyembunyikan chat di WA tanpa harus mengarsipkan.

Pasalnya, Whatsapp terus mengembangkan dan memperbaharui aplikasinya, sehingga beberapa fitur mungkin tersedia hanya dalam versi Whatsapp yang terbaru saja.

Oleh sebab itu, jika kamu masih menggunakan versi aplikasi yang lama atau belum diperbaharui kemungkinan kamu tidak akan memiliki akses ke fitur-fitur tertentu, termasuk kemampuan untuk menyembunyikan chat tanpa harus mengarsipkan.

Perangkat Tertentu

Beberapa perangkat kemungkinan memiliki modifikasi khusus dari produsen yang dapat mempengaruhi fitur-fitur yang tersedia. Perangkat tertentu juga memiliki pengaruh jika kamu menggunakan modifikasi khusus atau versi yang tidak resmi dari WA.

Bukan hanya itu saja, fitur ini juga hanya di sediakan untuk smartphone yang memiliki fitur tambahan pada perangkatnya seperti sidik jari. Jika perangkat tidak dilengkapi dengan fitur tersebut, maka fitur Privasi untuk menyembunyikan Whatsapp tanpa perlu privasi ini tidak bisa dilakukan.

Pembaharuan

Selain untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, melakukan pembaharuan dapat dilakukan untuk menambahkan fitur baru ke dalam aplikasi Whatsapp.

Baca Juga :  9 Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok Agar Hasil Video Lebih Menarik

Ini dikarenakan fitur-fitur dalam aplikasi selalu berkembang, sehingga kemungkinan ada pembaharuan yang belum diterapkan pada perangkat yang dimiliki. Untuk itu, tanpa melakukan pembaharuan, fitur untuk menyembunyikan chat di WA tanpa arsip ini bisa diakses.

Keuntungan Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Memiliki privasi di Whatsapp tentu akan membuat kamu harus lebih waspada agar handphone yang kamu miliki tidak digunakan oleh sembarangan orang meskipun semua riwayat chat yang ada di perangkat WA sudah di arsipkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah beberapa keuntungan menyembunyikan chat Whatsapp tanpa arsip yang wajib diketahui secara umum agar semua hal yang dilakukan tidak sia-sia, yakni diantaranya.

Keuntungan Menyembunyikan Chat WA Tanpa Arsip  Keterangan 
Privasi Lebih Terjaga Dengan menyembunyikan chat, kamu dapat menjaga percakapan pribadi atau pesan yang sensitif tersembunyi dari orang yang meminjam perangkat ponsel kamu.
Kontrol Lebih Besar Memiliki kontrol lebih besar atas tampilan pesan tanpa harus menghapus obrolan. Ini memungkinkan kamu untuk mengelola pesan dengan baik.
Tampilan Tertatur Fitur ini membantu menjaga tampilan layar utama Whatsapp agar lebih teratur dan fokus pada obrolan yang lebih penting.
Akses Cepat Meskipun obrolan disembunyikan, kamu tetap dapat mengaksesnya dengan mudah. Karena dengan menggeser layar utama atau menggunakan fitur pencairan kamu sudah bisa menemukan riwayat obrolan yang dicari.
Pengaturan yang Fleksibel Solusi yang fleksibel untuk mengelola tampilan WA, karena kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan penyembunyian chat sesuai kebutuhan tanpa harus mengubah isi pesan secara permanen.

Postingan Menarik Lainnya : 10 Cara Memisahkan Grup Dan Chat Pribadi Di Whatsapp Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Dari pembahasan cara menyembunyikan chat WA tanpa arsip diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua perangkat bisa menggunakan fitur ini. Karena fitur ini hanya mengizinkan perangkat yang sudah memiliki versi aplikasi terbaru dan sudah dilengkapi dengan fingerprint (sidik jari).

Itulah beberapa cara menyembunyikan chat whatsapp tanpa arsip yang bisa kamu coba, pastikan semua langkah dilakukan dengan benar agar chat berhasil disembunyikan.

Semoga informasi cara menyembunyikan chat whatsapp tanpa arsip ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button