Tutorial

7 Cara Login WhatsApp dengan Email Tanpa Aplikasi

Cara Login WhatsApp dengan Email yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah – Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara login WhatsApp dengan email. Padahal, kebanyakan sosial media selalu menggunakan email agar bisa login ke akun mereka masing-masing. Terlebih cara tersebut terbilang cukup sederhana.

Bagaimana Cara Login WhatsApp dengan Email?

Bagaimana Cara Login WhatsApp dengan Email?
Bagaimana Cara Login WhatsApp dengan Email?

Pahami terlebih dahulu bahwa untuk login ke akun WhatsApp, seseorang tetap memerlukan nomor telepon untuk memperoleh kode verifikasi. Sedangkan email disini hanya berfungsi untuk melakukan verifikasi 2 langkah hingga sinkronisasi kontak. Di bawah ini cara selengkapnya:

  • Melalui Verifikasi 2 Langkah

Agar bisa menerapkan cara login WhatsApp dengan email, maka sangat penting bagi Anda melakukan verifikasi 2 langkah. Caranya yaitu dengan menautkan akun terlebih dahulu. Jika masih belum paham, cobalah untuk menyimak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon titik tiga
  3. Ketuk menu Settings
  4. Jika sudah, tekan menu Verifikasi Dua Langkah
  • Mengubah Alamat Email

Sebelum melakukan proses verifikasi 2 langkah, sangat penting bagi Anda untuk mengubah alamat email. Pastikan mengubahnya dengan menggunakan alamat email yang aktif agar proses verifikasi tersebut dapat dilakukan. Agar lebih jelas, ketahui cara login WhatsApp dengan email berikut:

  1. Pilih opsi Ubah Alamat Email
  2. Langsung tulis alamat email aktif Anda
  3. Jika sudah, maka masukkan kembali alamat email tersebut
  4. Pengguna perlu melakukan konfirmasi
  5. Proses aktivasi verifikasi 2 langkah menggunakan email telah berhasil
  • Login ke Aplikasi WhatsApp

Jika Anda sudah berhasil melakukan verifikasi dua langkah seperti pada panduan di atas, maka kini saatnya mencoba menggunakannya untuk masuk ke aplikasi WhatsApp. Caranya cukup mudah yakni dengan menerapkan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp kembali
  2. Setelah itu, ketuk opsi Lupa Pin
  3. Jika sudah pengguna dapat mengirimkan email
  4. Pastikan menuliskan alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya
  5. Selanjutnya masuk ke aplikasi email pada ponsel
  6. Buka kotak masuk
  7. Cek apakah terdapat pesan untuk login WhatsApp
  • Masuk ke Link Verifikasi

Jika Anda sudah masuk ke aplikasi email, maka segera cari pesan yang ada di kotak masuk untuk masuk ke link verifikasi. Pesan tersebut dikirimkan secara resmi oleh WhatsApp untuk melakukan login. Adapun beberapa cara login WhatsApp dengan email di bawah ini supaya lebih jelasnya:

  1. Buka email pesan dari WhatsApp
  2. Klik link tersebut
  3. Pengguna akan dibawa ke aplikasi WhatsApp
  4. Kemudian lakukan konfirmasi
  • Berhasil Masuk ke WhatsApp Memakai Email

Setelah Anda menyelesaikan beberapa cara login WhatsApp dengan email, maka sudah bisa masuk ke WhatsApp dengan sangat mudah. Dengan begitu, tidak perlu menggunakan nomor hp kembali karena sudah melakukan konfirmasi lewat verifikasi dua langkah seperti sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Mencairkan Gopay Paylater Via Akulaku : 5 Menit Langsung Cair!

Anda bisa menerapkan cara ini dengan sangat sederhana. Para pemula pun bisa langsung mencobanya apabila ingin melakukan login menggunakan email. Hal ini karena caranya memang sangat praktis dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

  • WhatsApp Sudah Siap Anda Pakai

Setelah seluruh langkah di atas sudah Anda terapkan dengan benar, maka pengguna sudah siap memakai aplikasi WhatsApp tersebut. Dengan begitu, cara login WhatsApp dengan email berhasil dilakukan. Tentu aplikasi ini sudah siap dipakai sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baik itu untuk mengirim pesan, gambar, voice note, hingga melakukan panggilan. Terlebih saat ini fitur aplikasi WhatsApp terus mengalami peningkatan. Tentu pengguna semakin nyaman memakainya termasuk saat mereka ingin melakukan panggilan telepon maupun panggilan video.

  • Tidak Perlu Login Ulang

Ketika Anda sudah berhasil menerapkan cara login WhatsApp dengan email melalui langkah di atas, maka hal ini berarti proses masuk ke WhatsApp sudah selesai. Kemudian saat menutup aplikasi WhatsApp tersebut lalu ingin membukanya kembali juga sudah tidak perlu login ulang.

Hal ini karena Anda sudah berhasil masuk ke akun sehingga bisa memakainya kapan saja. Tentu penggunaannya akan semakin praktis dan mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi tersebut kembali saat ingin mengirim pesan atau bahkan melakukan panggilan kapan saja.

Tips Cara Login WhatsApp dengan Email dengan Aman

Tips Cara Login WhatsApp dengan Email dengan Aman
Tips Cara Login WhatsApp dengan Email dengan Aman

Sebelum menerapkan cara login WhatsApp dengan email seperti pada langkah-langkah di atas, maka tentu saja Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar cara ini dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, simak terlebih dahulu beberapa tips nya berikut:

  • Pastikan Email dalam Keadaan Aktif

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan email tersebut selalu dalam keadaan aktif. Hal ini karena hanya pemilik dan pengguna email tersebutlah yang bisa mengakses nya. Oleh karena itu, hindari menggunakan email yang sudah tidak aktif untuk melakukan verifikasi.

Jika tidak, hal tersebut hanya akan menyebabkan Anda kesulitan login ke WhatsApp. Pasalnya seseorang tidak bisa membuka email mereka padahal proses verifikasi dua langkah nantinya akan dikirimkan lewat akun email. Itulah mengapa wajib untuk menggunakan email yang aktif.

  • Jangan Pernah Membagikan Kode Verifikasi

Saat Anda login ke WhatsApp menggunakan email, maka tentu saja akan mendapat kode verifikasi yang dikirimkan ke email penggunanya. Dalam hal ini sangat penting untuk tidak membagikan kode verifikasi tersebut kepada siapapun itu. Tujuannya tidak lain yaitu agar lebih aman.

Baca Juga :  10 Cara Cek HP Xiaomi Bekas Masih Bagus Atau Tidak Sebelum Membeli

Pasalnya, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak di inginkan saat orang lain mengetahui kode verifikasi tersebut. Terlebih apabila orang tersebut tidak bertanggung jawab sehingga dapat membahayakan akun WhatsApp Anda. Oleh sebab itu, pastikan hanya pengguna saja yang mengetahuinya.

  • Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil

Tips lainnya yang perlu Anda terapkan adalah pastikan koneksi internet pada ponsel selalu dalam keadaan stabil. Dengan begitu, seluruh cara login WhatsApp dengan email di atas bisa dilakukan sampai langkah-langkah paling akhir tanpa adanya kendala apapun.

Hindari menggunakan koneksi internet yang tidak stabil karena hanya akan memperlambat proses login ke aplikasi WhatsApp. Jika menggunakan WIFI lalu koneksi nya tidak stabil maka ada baiknya Anda memanfaatkan paket data saja agar koneksi tidak bermasalah saat digunakan.

  • Tambahkan Kata Sandi

Agar menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah login memakai email lebih aman, maka Anda dapat menambahkan kata sandi. Dengan begitu, tidak akan ada orang yang sembarangan masuk ke aplikasi WhatsApp pada ponsel karena mereka akan kesulitan membukanya.

Terlebih saat ini sudah ada banyak aplikasi khusus yang berfungsi untuk mengunci WhatsApp. Dengan begitu, tidak perlu ragu untuk mengunduh nya terlebih dahulu. Terutama jika aplikasi WhatsApp Anda termasuk memiliki percakapan yang penting dan bersifat privasi.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Info WhatsApp Kosong Tanpa Aplikasi

 Keuntungan Login ke Akun WhatsApp Memakai Email

 Keuntungan Login ke Akun WhatsApp Memakai Email
Keuntungan Login ke Akun WhatsApp Memakai Email

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh saat melakukan login WhatsApp memakai email. Tidak heran jika saat ini ada banyak orang mencari informasi tersebut agar mereka berhasil dalam menerapkan nya. Agar tidak penasaran, di bawah ini beberapa keuntungannya:

  • Dapat Memulihkan WhatsApp dengan Mudah

Keuntungan pertama saat seseorang menerapkan cara login WhatsApp dengan email di atas adalah dapat memulihkan WhatsApp dengan lebih mudah. Terlebih jika nomor telepon Anda sudah mengalami perubahan atau mengalami masalah. Tentu tetap dapat terhubung ke WhatsApp.

Anda bahkan tidak perlu membuat akun WhatsApp baru apabila ingin menggunakan aplikasi kirim pesan ini. Pastinya cara ini terbilang sangat praktis terutama ketika ingin memulihkan WhatsApp. Siapa saja dapat menerapkan langkah-langkah tersebut dengan mudah dan sederhana tanpa ribet.

  • Mudah Melakukan Verifikasi Dua Langkah

    Mudah Melakukan Verifikasi Dua Langkah
    Mudah Melakukan Verifikasi Dua Langkah

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi kirim pesan paling populer saat ini dengan tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini karena sudah menyediakan fitur verifikasi dua langkah yang dapat dilakukan oleh para penggunanya. Dengan begitu, akun Anda tidak mudah dibuka oleh orang lain.

Terlebih saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menerapkan fitur keamanan verifikasi dua langkah. Seperti Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda jangan ragu untuk menerapkan nya juga pada aplikasi WhatsApp karena hal ini sangat menguntungkan pengguna.

  • Akun WhatsApp Lebih Aman

Saat Anda berhasil menerapkan cara login WhatsApp dengan email seperti di atas, maka hal ini berarti pengguna juga menerapkan verifikasi dua langkah. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, hal ini sangat penting agar WhatsApp yang digunakan jauh lebih aman dan nyaman.

Baca Juga :  Kode Voucher Axis Rusak Saat Digosok, Ini 6 Cara Mengatasinya!

Pasalnya, orang lain tidak akan mudah masuk ke akun WhatsApp tersebut. Pastinya penggunaan aplikasi kirim pesan online ini semakin aman tanpa terganggu dengan pihak maupun oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih untuk mengaktifkan verifikasi nya juga tidak sulit.

  • Dapat Mencadangkan Pesan

    Dapat Mencadangkan Pesan
    Dapat Mencadangkan Pesan

Anda dapat memanfaatkan email yang sudah terhubung ke aplikasi WhatsApp untuk melakukan pencadangan pesan. Terlebih jika pesan-pesan yang ada di dalamnya termasuk cukup penting. Cobalah untuk memanfaatkan email tersebut untuk melakukan back up pesan.

Dengan begitu, pesan-pesan yang ada di dalam aplikasi WhatsApp dapat tetap tersimpan dengan baik. Tentu saja memori penyimpanan Anda tidak mudah penuh karena sudah berhasil mencadangkan pesan-pesan yang diinginkan. Pastinya semakin nyaman dan aman memakainya.

  • Mudah Melihat Chat-chat Lampau

Selain beberapa hal ini atas, kenyataan nya masih ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh saat menerapkan cara login WhatsApp dengan email seperti di atas. Salah satunya yaitu lebih mudah apabila ingin melihat chat-chat lampau. Pasalnya, pengguna bisa mencadangkan pesan mereka.

Kemudian pesan-pesan yang dicadangkan menggunakan email tersebut akan diteruskan menuju Google Drive. Dengan begitu, pengguna bisa melihat dan membaca kembali chat-chat lampau yang mereka inginkan lewat Google Drive tersebut. Pastinya keuntungan ini sangat berguna.

  • Efektif Melakukan Sinkronisasi Kontak

Ketika Anda melakukan verifikasi dua langkah seperti cara di atas, maka tentu saja bisa memanfaatkannya juga untuk melakukan sinkronisasi kontak. Hal ini sangat penting agar lebih mudah apabila sewaktu-waktu ingin menyimpan perangkat dengan cara yang jauh lebih praktis.

Pasalnya, nomor telepon yang sudah tersimpan sebelumnya dapat kembali Anda simpan seperti semula. Langkah ini umumnya sangat berguna terutama saat seseorang sedang mengganti ponsel mereka. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur yang sangat berguna satu ini.

Cara Login WhatsApp dengan Email
Cara Login WhatsApp dengan Email
Langkah-langkah Cara Login WhatsApp dengan Email
1. Buka Aplikasi WhatsApp: Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
2. Masukkan Nomor Telepon: Pada layar masuk, masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda.
3. Pilih Opsi “Email”: Di bawah kolom nomor telepon, Anda akan melihat opsi “Gunakan email daripada SMS”.
4. Masukkan Alamat Email: Pilih opsi “Email” dan masukkan alamat email yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda.
5. Klik “Selanjutnya”: Klik tombol “Selanjutnya” atau ikon panah untuk melanjutkan proses login.
6. Buka Email: Buka aplikasi email yang terhubung dengan alamat email yang Anda masukkan. Cari email dari WhatsApp yang berisi kode verifikasi.
7. Masukkan Kode Verifikasi: Salin kode verifikasi dari email dan masukkan ke dalam aplikasi WhatsApp.
8. Verifikasi dan Login: Setelah kode verifikasi diakui, Anda akan berhasil masuk ke akun WhatsApp menggunakan alamat email.

Kini Anda dapat menerapkan cara login WhatsApp dengan email seperti pada panduan di atas. Dengan cara ini maka pengguna bisa mendapatkan banyak keuntungan. Agar berhasil maka pastikan juga menerapkan beberapa tips nya di atas sehingga login ke WhatsApp tidak ada kendala.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button