Tutorial

Wajib Tahu! Ini 5 Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Merasa beberapa orang yang telah kamu Ikuti meng-unfollow akun Instagram kamu? Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi merupakan alternatif terbaik yang harus kamu coba karena tidak perlu menyediakan penyimpanan untuk aplikasi tambahan.

Mengetahui mengapa orang lain memutuskan untuk unfollow akun Instagram kita dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana konten atau interaksi kita selama menggunakan media sosial yang satu ini.

Meskipun tidak selalu memungkinkan untuk mengetahui alasan secara pasti, namun perlu mencari tahu apa penyebab dan alasan dibalik semuanya kejadian ini agar dapat memperbaiki aktivitas yang dilakukan selama mengakses Instagram.

Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, jadi bagi kamu yang ingin mengetahui cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi dengan langkah mudah dan simpel, ikuti informasi pembahasan pada artikel ini sampai selesai ya!

Sekilas Tentang Unfollow di Instagram

Unfollow merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berhenti mengikuti akun lain yang sebelumnya pernah mereka ikuti. Dengan fitur ini, kamu memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang akan muncul di aliran aktivitas dan aliran cerita kamu.

Fitur unfollow juga membantu kamu untuk mengurangi informasi yang tidak diinginkan atau spam dalam feed pengguna yang sebelumnya kamu ikuti.

Karena dengan menghapus akun-akun yang tidak menambah nilai bagi pengalaman pengguna, aktivitas kamu menjadi tidak teranggu dan kamu juga mendapatkan konten yang lebih relevan serta berkualitas tinggi di Instagram.

Cara Kerja Fitur Unfollow di Instagram

Menjadi salah satru fitur yang memiliki kendali penuh atas siapa saja yang tetap diikuti atau akun mana yang akan di cut off dari pertemanan mereka di Instagram.

Bagi kamu yang baru saja atau belum menegtahui bagaimana cara kerja fitur unfollow di Instagram, ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan mudah dan praktis.

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat ponsel kamu.
  • Masuk ke menu Profil.
  • Klik opsi menu Mengikuti.
  • Pada kolom pencarian, cari dan ketikkan nama pengguna yang akan di unfollow.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu Mengikuti.
  • Maka akan muncul beberapa pilihan pop up menu, pilih Berhenti mengikuti.
  • Unfollow berhasil dilakukan, kamu tidak akan melihat aktivitas yang akan dilakukan mereka lagi.
Baca Juga :  Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada? 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi
Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi

Sebenarnya untuk mengecek siapa saja pengguna yang unfollow atau tidak follback akun Instagram kita cukup mudah, karena ada cara manual yang dapat kamu lakukan.

Selain itu, untuk mengetahui hasil data unfollow yang lebih praktis dan cepat kamu juga bisa memanfaatkan beberapa situs yang telah tersedia. Adapun adalah beberapa cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi yang bisa kamu coba yaitu sebagai berikut.

1. Cek Unfollow Ig Tanpa Aplikasi Secara Manual

Cek Unfollow Ig Tanpa Aplikasi Secara Manual
Cek Unfollow Ig Tanpa Aplikasi Secara Manual

Cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara manual. Namun ini tidak cukup efisien jika kamu ingin mengecek siapa saja followers yang mengunfollow akun Ig kamu.

Meskipun demikian, cara unfollow Ig tanpa aplikasi secara manual ini cukup aman, pasalnya kamu tidak perlu memasukkan username atau password ke dalam sebuah situs.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi secara manual dengan mudah, yakni diantaranya :

  • Akses aplikasi Instagram kamu.
  • Masuk ke menu Profil.
  • Klik Followers dan cari satu persatu siapa pengguna yang telah kamu ikuti namun tidak mengikuti kamu kembali melalui daftar followers orang yang telah kamu ikuti.
  • Apabila menemukan nama pengguna yang telah Unfollow Ig kamu, selanjutnya klik daftar Following akun nya.
  • Lanjutkan dengan mencari nama akun Ig kamu apakah ada di dalam daftar following pengguna tersebut.
  • Cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi secara manual berhasil dilakukan.

2. Cek Unfollow Ig Melalui Situs Fast-unfollow.com

Cek Unfollow Ig Melalui Situs Fast-unfollow.com
Cek Unfollow Ig Melalui Situs Fast-unfollow.com

Fast-unfollow.com merupakan sebuah situs yang diklaim mampu untuk mengecek siapa saja pengguna akun yang melakukan unfollow atau tidak follback Ig yang dimiliki.

Untuk cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi menggunakan situs Fast-unfollow.com ini kamu harus login dan daftarkan akun terlebih dahulu.

Adapun panduan cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi menggunakan Fast-unfollow.com, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Kunjungi situs Fast-unfollow.com di browser ponsel maupun PC.
  • Lakukan login terlebih dahulu ke situs tersebut.
  • Masukkan username Instagram kamu pada kolom yang tersedia.
  • Klik Check.
  • Maka akan muncul semua nama akun pengguna yang telah kamu ikuti di Instagram.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu Unfollow.
  • Akan muncul semua nama pengguna yang tidak mengikuti kembali akun Instagram kamu. Lakukan pengecekan.
  • Untuk memvalidasi hasil yang telah kamu dapatkan, silahkan cek kembali apakah benar orang tersebut tidak mengikuti kembali akun kamu di Instagram.

3. Cek Unfollow Ig Lewat Situs Unfollowers.com

Tidak jauh dengan situs web diatas, Unfollowers.com juga termasuk salah satu situs yang dapat membantu kamu untuk menemukan siapa saja followers yang melakukan unfollow atau tidak follback Instagram kamu.

Jika ingin menggunakan situs Unfollowers.com, ikuti langkah-langkah cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi berikut ini.

  • Silahkan buka situs Unfollowers.com di browser yang ada di perangkat kamu.
  • Masuk ke akun dan klik menu Add account.
  • Masukkan data log untuk login.
  • Setelah berhasil masuk, klik menu New unfollowers untuk melihat siapa saja yang melakukan unfollow terhadap akun kamu. Perhatikan setiap akun untuk memvalidasi kembali melalui daftar following.
  • Ketika kamu mencari nama akun Ig kamu pada daftar following orang tersebut dan ternyata nama kamu tidak ada, maka akun Instagram kamu telah di unfollow.
Baca Juga :  9 Cara Top Up Stumble Guys Murah Dengan Pulsa, DANA, Codashop

4. Cek Unfollow Ig Menggunakan Situs InstaFollowers.com

Cek Unfollow Ig Menggunakan Situs InstaFollowers.com
Cek Unfollow Ig Menggunakan Situs InstaFollowers.com

Jika sebelumnya kamu harus memiliki akun, tetapi bebeda dengan situs InstaFollowers.com ini. Situs web ini bisa dibilang aman, karena kamu hanya memasukkan username Instagram kamu saja tanpa melakukan login.

Untuk panduan cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi menggunakan situs InstaFollowers.com, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka dan kunjungi situs InstaFollowers.com menggunakan browser di perangkat.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan username Instagram kamu.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu Check untuk memulai proses pengecekan.
  • Tunggu hingga proses pengecekan selsai dilakukan.
  • Setelah itu akan muncul daftar akun Instagram yang kalian follow tetapi tidak melakukan follback.
  • Perhatikan nama pengguna tersebut dan validasi kembali untuk memastikan kebenaran dari hasil yang telah diperoleh.
  • Cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi menggunakan situs InstaFollowers.com berhasil dilakukan.

Cara Cek Unfollow Instagram Menggunakan Aplikasi Followers-Unfollowers

Aplikasi Followers-Unfollowers
Aplikasi Followers-Unfollowers

Alternatif lain yang dapat kamu coba untuk cek unfollow Instagram yaitu dengan memanfaatkan aplikasi followers-unfollowers.

Aplikasi ini bekerja dengan sangat baik karena hasil yang diberikan cukup valid dan aman sehingga banyak pengguna Instagram yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai kebutuhan untuk cek unfollow Ig.

Namun untuk menggunakannya kamu harus mendownload terlebih dahulu lewat Play Store. Berikut adalah panduan selengkapnya.

  • Buka aplikasi followers-unfollowers di perangkat.
  • Login dengan memasukkan username dan password Instagram kamu.
  • Setelah berhasil masuk, pada halaman utama akan terlihat siapa saja orang yang unfollow kamu di Ig.
  • Jika ingin mengecek, kamu bisa klik nama pengguna Ig tersebut dan secara otomatis kamu akan dialihkan langsung ke aplikasi Instagram.
  • Validasi kebenaran yang telah kamu terima, apakah benar orang ini meng-unfollow Ig kamu.

Alasan Orang Lain Unfollow Instagram Kita

Seseorang melakukan unfollow pada akun Instagram yang dimiliki bukanlah tanpa alasan, oleh sebab itu setelah memahami cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi kamu juga harus mengetahui alasan dibalik ini.

Adapun beberapa alasan mengapa orang lain unfollow akun Instagram yang kita miliki yang wajib diketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Konten yang Tidak Relevan

Konten yang tidak relevan termasuk salah satu alasan mengapa orang lain unfollow Ig kita. Ketika pengikut merasa bahwa konten yang kamu bagikan tidak lagi sesuai dengan minat atau preferensi mereka, maka dapat dipastikan orang tersebut merasa kurang tertarik untuk terhubung dengan akun kamu.

Baca Juga :  5 Cara Menghapus Video Di Snack Video Yang Sudah Diupload

Sehingga hal ini dapat mengakibatkan orang yang meng-unfollow atau tidak follback akun Ig kamu memutuskan untuk berhenti mengikuti kamu di Instagram.

  • Aktivitas Spam atau Promosi Berlebihan

Dominannya pengguna Instagram cenderung ingin melihat konten yang yang bermanfaat, otentik, dan berkualitas di aliran beranda mereka.

Jika akun kamu terlibat dalam aktivitas spam, seperti memposting konten berulang-ulang atau mengirim pesan promosi secara berlebihan, ini bisa mengganggu dan mengurangi nilai pengalaman pengikut.

Karena beberapa orang tidak ingin merasa “dibombardir” dengan pesan-pesan promosi atau konten yang tidak bermanfaat bagi mereka. Oleh sebab itu penting untuk menjaga keseimbangan antara konten yang memberikan nilai dan keterlibatan dengan promosi yang sewajarnya saja.

  • Kurangnya Interaksi atau Respons

Kebanyakan pengikut ingin merasa terhubung dengan akun yang diikuti dan ingin merasa dianggap keberadaannya.

Apabila orang tersebut merasa bahwa komunikasi atau interaksi yang dilakukan sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali, maka hal ini dapat membuat pengikut kamu merasa kurang tertarik atau diabaikan.

Untuk itu penting menjalin interaksi yang baik dengan pengikut kamu dan merespon pesan atau komentarnya karena hal ini dapat membantu menciptakan rasa keterlibatan dan membantu agar followers kamu tetap tertarik dengan konten atau cerita yang telahh kamu bagikan.

Apakah Akun Ig yang sudah di Unfollow bisa di Follow Lagi?

Bagi beberapa pengguna Instagram, khususnya bagi mereka yang baru saja menggunakan media sosial ini tentu pernah tanya-tanya “apakah akun Ig yang sudah di Unfollow bisa di follow kembali?”.

Fitur unfollow ini memungkinkan setiap pengguna untuk mengikuti atau berhenti untuk mengikuti akun Instagram orang lain kapan saja.

Jika kamu sudah terlanjur meng-unfollow atau tidak sengaja unfollow akun Ig teman kamu, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti akun Ig orang tersebut kembali.

Tetapi perlu diketahui, ketika kamu berhenti mengikuti akun Ig orang lain dan kembali mengikutinya, akan muncul notifikasi pemberitahuan. Misalnya Mocipay mulai mengikuti Anda.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Cara Menghapus Aktivitas di Instagram Secara Keseluruhan

Langkah Keterangan
Buka Profil Anda Buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil di sudut kanan bawah untuk membuka halaman profil Anda.
Cek Jumlah Followers Catat atau ingat jumlah followers Anda saat ini.
Cek Daftar Followers Anda Klik pada angka followers untuk melihat daftar orang yang mengikuti Anda. Anda bisa men-scroll daftar ini untuk melihat apakah ada pengguna tertentu yang belum lagi mengikuti Anda.
Bandingkan dengan Following Jika Anda ingat seseorang yang sebelumnya mengikuti Anda dan sekarang tidak ada dalam daftar, itu berarti mereka telah berhenti mengikuti Anda. Bandingkan dengan daftar orang yang Anda ikuti.
Periksa Secara Berkala Untuk tetap memperbarui siapa yang berhenti mengikuti Anda, Anda mungkin perlu memeriksa daftar followers Anda secara berkala dan membandingkannya dengan daftar sebelumnya.

Kesimpulan

Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi
Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi yang bisa kamu coba jika dengan mudah dan praktis. Pastikan situs yang kamu gunakan tidak meminta data login pada akun.

Hindari menggunakan situs yang dapat mencekam keamanan akun Instagram kamu, karena sudah banyak situs bodong yang bekerja sesuai fungsinya namun memiliki tindakan buruk.

Semoga informasi cara cek unfollow Instagram tanpa aplikasi ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button