Tutorial

9 Cara Membuka Sandi HP Realme Menggunakan Panggilan Darurat

Bisa jadi Anda sedang ingin mencari cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat. Tidak kebetulan Anda membaca artikel ini karena Anda akan sangat terbantu. Opsi ini dapat Anda aplikasi kan saat kondisi darurat sehingga Anda tidak kesulitan menggunakan kembali HP Realme Anda.

Anda dapat mencoba cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat ini supaya Anda tidak kehilangan data penting dalam ponsel. Seringkali, pengguna HP Realme juga harus membuka sandi saat sedang kondisi genting. Cara ini membutuhkan metode pengisian kode tertentu sehingga pengguna dapat menggunakan hp Realme kembali serta mengakses menu dengan normal.

Realme adalah salah satu merek ponsel berbasis Android dengan ragam fitur serta fungsi. Salah satu fitur penting yaitu kata sandi perangkat dimana pengguna dapat terlindungi privasi nya. Realme digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sehingga artikel ini dapat bermanfaat juga untuk Anda

Bisa jadi, Anda sendiri yang menggunakan fitur tersebut tetapi Anda sempat lupa dengan kata sandi. Atau, Anda harus menolong orang lain yang mengalami kecelakaan dimana Anda harus menginformasikan kepada keluarga korban kecelakaan. Karena itulah, cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat adalah cara paling efektif untuk kembali dapat menggunakan ponsel Realme.

Cara Membuka Sandi Hp Realme Menggunakan Panggilan Darurat

Cara Membuka Sandi Hp Realme Menggunakan Panggilan Darurat
Cara Membuka Sandi Hp Realme Menggunakan Panggilan Darurat

Memang tidak mudah untuk dapat membuka sandi HP, terlebih bukan hp kita sendiri. Karena itulah, Anda dapat menyimak artikel tutorial untuk cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat ini.

Pastikan jangan sampai salah dilakukan karena justru tidak menyelesaikan masalah. Cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat adalah sebagai berikut:

  1. Langsung Pilih Menu Panggilan Darurat yang muncul saat ada tampilan permintaan sandi atau lock screen
  2. Setelah itu, Anda dapat mencoba memasukkan tanda bintang selama 10 kali
  3. Ketuk dua kali supaya Anda dapat menyorot karakter yang Anda ketikkan
  4. Kemudian click COPY atau SALIN, tergantung pengaturan bahasa
  5. Lalu, click PASTE atau TEMPEL selama berkali-kali sampai kolom penuh serta sudah tidak dapat di highlight
  6. Setelah itu, Anda dapat kembali ke menu tampilan layar kunci
  7. Lalu buka aplikasi CAMERA dengan mengakses menu notifikasi drop down yang digunakan membuka menu SETTING atau PENGATURAN.
  8. Masukkan kata sandi yang baru dan tempel kan karakter yang sebelumnya sudah Anda COPY atau SALIN
  9. Jika langkah ini berhasil, nanti akan terbuka aplikasi kamera sehingga Anda dapat mengakses perangkat Realme tersebut tanpa menggunakan kata sandi.
Baca Juga :  2 Cara Daftar Brimo Tanpa Ke Bank Dengan Mudah

Cara tersebut dapat menyelamatkan pengguna ponsel Realme supaya tidak kehilangan data. Tidak sedikit mereka putus asa dan melakukan reset factory setting atau kembali ke setelan pabrik. Cara tersebut tentu berisiko hilangnya data dalam ponsel. Selain cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat tersebut diatas, ada pula cara untuk membuka kunci ponsel yang menggunakan Pola atau Pattern.

Kunci pola atau pattern memang menjadi salah satu pilihan pengguna ponsel yang ingin mengamankan ponsel mereka. Tetapi, untung lah ada cara untuk membuka pola atau pattern di hp Realme. Beberapa langkah untuk membuka sandi ponsel pintar Realme yang menggunakan pola atau pattern selain cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat adalah:

  1. Coba masukkan pola yang salah
  2. Lalu, pilih menu LUPA POLA karena sudah salah memasukkan pola
  3. Nanti akan muncul pilihan menjawab pertanyaan keamanan
  4. Apabila Anda tidak tahu pertanyaan keamanan, ada pilihan memasukkan informasi akun Google. Opsi ini perlu jaringan internet karena Anda akan login ke akun Google Anda.
  5. Apabila Anda memilih pilihan Answer Question atau jawab pertanyaan, masukkan jawaban yang pernah anda buat saat membuat akun Google.
  6. Lalu pilih Unlock.
  7. Tetapi, apabila Anda memilih memasukkan informasi akun Google, masukkan akun Google yang Anda miliki
  8. Tekan SIGN IN
  9. Masukkan data Anda hingga lengkap lalu buatlah pola baru
  10. Anda juga dapat memasukkan PIN atau kata sandi selain pola baru, sesuai keinginan.
  11. Selesai dan Anda dapat membuka ponsel Realme tersebut.

Fitur keamanan dibuat untuk mengamankan ponsel dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tetapi, ada kalanya fitur keamanan justru merepotkan. Jika Anda adalah tipe orang pelupa dan butuh cepat bertransaksi, mungkin Anda harus memilih pola, PIN, atau kata sandi yang tidak merepotkan Anda.

Keberadaan fitur keamanan memang dapat menghambat pengguna ponsel, terlebih jika Anda tidak tahu cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat. Hal ini terutama saat mereka harus segera menelepon atau mengecek aplikasi dimana ponsel sudah terkunci kembali. Tetapi, fitur ini masih dianggap penting bagi pengguna ponsel pintar.

Caranya adalah dengan menggunakan metode pembuka kunci yang paling simple. Metode yang paling simple adalah penggunaan PIN. Pasalnya, pengguna hanya perlu memasukkan 6 hingga 8 digit angka. Sedangkan untuk kata kunci, pengguna masih harus memasukkan huruf dan angka yang bisa saja salah jika dilakukan dengan terburu-buru.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren Hingga 50GB

Demikian juga pengguna ponsel pintar yang memanfaatkan pola untuk fitur keamanan. Lebih baik gunakan pola yang mudah diingat dan tidak rumit. Dengan demikian, tidak terjadi kesalahan dalam membuka kunci pola tersebut.

Beberapa hal yang harus diingat selain cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat, adalah dengan memastikan adanya jaringan internet. Penggunaan panggilan darurat untuk membuka sandi HP Realme tidak membutuhkan jaringan internet, sehingga mudah dilakukan. Namun, membuka sandi pola perlu sambungan internet.

Baca Juga: 5 Cara Membuka Pola Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat

Lupa Akun Google; Apakah Bisa Buka Sandi?

Lupa Akun Google; Apakah Bisa Buka Sandi?
Lupa Akun Google; Apakah Bisa Buka Sandi?

Salah satu kesalahan krusial yang dilakukan pemilik ponsel adalah lupa dengan akun Google. Tentunya hal ini akan merepotkan karena akun tersebut sangat penting bagi pengguna Android. Pengguna ponsel Android tidak hanya butuh akun Google untuk membuka sandi saja. Tetapi, akun Google dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi lainnya.

Disarankan pemilik ponsel benar-benar mengakses akun Google yang memang sering ia gunakan supaya dapat menggunakan ponsel secara maksimal. Mungkin Anda tidak membutuhkan cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat. Tetapi, Anda butuh membuka sandi ponsel Realme Anda sesegera mungkin.

Jika Anda berada pada kondisi seperti ini, Anda pun terpaksa melakukan Hard Reset. Hard reset adalah proses dimana ponsel pintar Anda harus diformat ulang. Tentu, risiko yang Anda terima adalah data yang hilang. Dengan menggunakan hard reset, Anda terpaksa menggunakan Recovery Mode yang tentunya akan membuat ponsel Anda ‘lahir’ kembali seperti saat Anda baru membelinya.

Apabila Anda tidak keberatan, tentu Anda dapat memilih opsi ini. Opsi ini adalah untuk mereka yang memang harus menggunakan ponsel sesegera mungkin dan sudah lupa dengan akun Google mereka. Jika Anda memang tidak keberatan, Anda dapat mencoba untuk menghubungi layanan servis Realme terdekat sehingga ponsel Anda dapat di unlock dengan menggunakan software jika Anda tidak tahu cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat.

Penggunaan software ini tentunya bagi Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan aplikasi di komputer. Terkadang, software tersebut memiliki beberapa perintah yang sulit dipahami. Jika Anda tidak terbiasa, Anda justru akan kesulitan dimana proses reset akan berlangsung lebih lama. Cara ini berguna jika Anda sudah tidak mengingat akun Google namun juga masih ingin mempertahankan data.  Software yang akan digunakan untuk unlock tidak akan menghapus data.

Pasalnya, software tersebut dapat melakukan unlock pola atau bypass password layar tanpa perlu reset ponsel atau wipe data. Beberapa jenis software tersebut adalah Miracle Thunder, Tenorshare 4uKey, Dr.Fone, dan iSkysoft Toolbox. Software tersebut adalah software berbayar yang memang digunakan untuk para teknisi. Tetapi, Anda dapat mencoba free trial jika memang Anda berminat.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Koin Gratis ROLi 2024

Manfaatkan Aplikasi Android Find My Device

Manfaatkan Aplikasi Android Find My Device
Manfaatkan Aplikasi Android Find My Device

Selain cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat, Anda dapat memanfaatkan Android Find My Device. Aplikasi ini juga bisa menghapus pola atau PIN yang Anda sempat gunakan di HP Realme Anda.  Tetapi, Anda juga harus siap bahwa Anda harus melakukan reset ulang ponsel Realme Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa metode ini hanya dapat digunakan bukan melalui perangkat Anda. Namun, Anda dapat menggunakan perangkat lain seperti ponsel Android atau PC Anda. Jika memang Anda sudah siap kehilangan data di memori internal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk reset HP Anda dari Android Find My Device.

  1. Pastikan ponsel yang akan direset dan perangkat lain yang digunakan sama-sama sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Cari Find My Device dari browser PC atau ponsel Android lainnya.
  3. Nantinya, Anda harus login ke akun Google yang terhubung di ponsel Realme yang hendak Anda reset.
  4. Pilih menu Hapus Perangkat
  5. Muncul konfirmasi Hapus Perangkat lagi dan pastikan Anda memilih nya.
  6. Selanjutnya Anda akan menunggu proses penghapusan perangkat
  7. Secara otomatis, ponsel Anda akan kehilangan semua data yang sudah disimpan di penyimpanan internal.
  8. Reset ulang dapat dilakukan apabila Anda menghubungkan ponsel Realme ke jaringan internet.
  9. Kemudian, Anda dapat melakukan setel ulang ponsel.

Reset Ulang Melalui Recovery Mode

Reset Ulang Melalui Recovery Mode
Reset Ulang Melalui Recovery Mode

Anda juga dapat melakukan reset ulang melalui recovery mode atau wipe mode selain cara membuka sandi hp realme menggunakan panggilan darurat. Hal ini dapat Anda lakukan apabila memang Anda tidak memiliki data penting dalam ponsel.

Data ini juga sering dilakukan jika pengguna ponsel ingin menghilangkan virus atau membuat ponsel tidak lemot lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Matikan ponsel Realme Anda
  2. Lalu tekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Down.
  3. Anda akan mendapati menu ColorOS Recovery.
  4. Anda akan memilih menu pilihan bahasa dimana bahasa yang ada hanya ENGLISH
  5. Untuk melakukan navigasi, pilih Volume Up dan Down.
  6. Setelah itu, Anda dapat memilih WIPE DATA
  7. Biasanya, muncul pilihan Wipe data dengan Keep SMS, Contacts and Photo.
  8. Kemudian klik OK
  9. Anda dapat menunggu proses recovery penghapusan data selesai
  10. Langkah terakhir adalah dengan memilih REBOOT
  11. Smartphone Realme Anda pun sudah berhasil di reset.
  12. Anda akan diminta masuk ke akun Google lagi untuk penggunaan ponsel Anda selanjutnya.
Cara Membuka Sandi Hp Realme Menggunakan Panggilan Darurat
Cara Membuka Sandi Hp Realme Menggunakan Panggilan Darurat

Jadi, masih banyak cara selain cara membuka sandi hp Realme menggunakan panggilan darurat. Sebagai antisipasi, Anda kini dapat mengingat password akun Google Anda, atau Anda sudah menyiapkan penyimpanan cadangan untuk data Anda di ponsel. Anda dapat memanfaatkan memori eksternal atau Google Drive, atau penyimpanan berbasis cloud lainnya.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button