Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tips

Perbedaan Garansi Resmi Dan Distributor, Berikut Penjelasannya

Masih bingung terkait perbedaan garansi resmi dan distributor? Nah, sekarang gak usah bingung-bingung lagi ya gaes. Kamu hanya perlu mengikuti secara keseluruhan isi artikel ini supaya kamu mengetahui perbedaan garansi resmi dan distibutor.

Ketika kamu membeli suatu produk yang baru khusus nya produk elektronik tentu memiliki garansi bukan? Hal ini berguna jika sewaktu-waktu produk yang anda beli rusak dan belum melewati masa garansi yang diberikan. Yang artinya jika semisal masa garansinya berlaku sampai 1 tahun dan ternyata produk yang anda beli tersebut sudah rusak sebelum genap setahun maka anda bisa memperbaikinya ke tempat service sesuai dengan merk yang anda beli dan tidak dikenakan biaya.

Terdapat 2 jenis garansi yang biasa kita temui yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Apa sih perbedaan dari kedua jenis garansi ini? Jika anda ingin mencari tau jawabannya maka ikuti sampai sampai habis ya. Karena dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas hal hal sekitar perbedaan garansi resmi dan distributor.

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

Perbedaan garansi resmi dan distributor
Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor/ www.indoworx.com

Produk-produk yang berasal dari luar negeri akan diedarkan melalui distributor yang bekerja sama dengan produsen atau pemilik brand/ produk tersebut. Namun, ternyata tidak semua barang yang di impor tersebut diedarkan melalui agen resmi. Karena itulah muncul yang namanya garansi resmi dan distributor.

lantas, apakah perbedaan dari kedua jenis garansi ini? Nah disini kami akan menjelaskan dengan detail perbedaan antara garansi resmi dan garansi distributor. Silahkan disimak dengan baik ya teman-teman.

Garansi Resmi

Perbedaan garansi resmi dan distributor

Yang pertama yang akan kami ulas untuk mu adalah garansi resmi. Apa itu garansi resmi? garansi resmi adalah garansi yang secara langsung dikeluarkan oleh produsen/ si pembuat produk tersebut. Yang artinya barang-barang tersebut masuk ke Indonesia di distribusikan melalui perwakilan produsen yang ada di Indonesia.

Apabila anda membeli produk yang bergaransi resmi maka tak hanya di tempat pembelian anda itu saja, kamu bisa melakukan klaim garansi, akan tetapi di tempat lain asalkan termasuk toko yang bekerja sama dengan produsen, bisa juga kamu kunjungi untuk melakukan klaim garansi jika sewaktu-waktu terdapat kendala pada produk yang kamu beli.

Contohnya: jika anda membeli laptop bergaransi resmi dari pihak A yang bekerja sama juga dengan pihak D. Selang beberapa waktu kemudian terdapat kerusakan pada laptop anda dan belum melewati masa berlaku garansi. Maka anda bisa melalukan klaim garansi di servis center resmi dari pihak A dan D.

Pada umumnya garansi yang diberikan memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, namun biasanya rata-rata produk elektronik yang diterima melalui garansi resmi memiliki masa berlaku selama 1 tahun.

Garansi Distributor

Perbedaan garansi resmi dan distributor

Anda telah mengetahui apa itu garansi resmi. Supaya kamu paham akan perbedaan dari keduanya, sekarang kami akan memaparkan pengertian dari Garansi Distributor.
Garansi distributor ialah garansi yang diberi oleh pihak distributor, yang mana barang-barangnya tidak secara langsung diterima melalui adanya kerja sama dengan pihak produsen/ perwakilan produsen yang ada di Indonesia.

Biasanya masa berlaku dari garansi distributor tidaklah berbeda jauh dengan masa berlaku yang dimiliki oleh garansi resmi. Namun oleh karena produk nya tidak di terima langsung dari produsen maka jika anda membeli suatu produk yang bergaransi distibutor maka anda hanya bisa melakukan klaim garansi di tempat yang sama dengan tempat anda membeli produk tersebut.

Beberapa service center resmi memang mau menerima barang anda untuk diperbaiki. Namun dengan catatan anda tetap harus membayar biaya normal sesuai dengan kerusakan perangkat anda sekalipun masih dalam masa garansi. Karena apa? karena anda tidak bisa melakukan klaim garansi selain dari tempat pembelian anda.

Apakah Garansi Distributor Aman?

Benar atau tidak produk yang bergaransi distributor adalah barang KW (tidak ORI)

Banyak orang yang berpikiran suatu produk yang didapat dari pihak distributor tidak resmi itu merupakan produk palsu, replika, barang tiruan/ KW, dll. Hal itu tidaklah benar ya guys! Barang-barang yang bergaransi distributor memiliki kualitas yang sama juga dengan barang yang bergaransi resmi, perbedaannya hanya terletak pada bagaimana cara produk-produk tersebut sampai ke tangan mereka.

Baca juga 7 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Kenapa produk bergaransi Distributor lebih murah?

Salah satu pemicu pemikiran yang mengatakan produk bergaransi distributor merupakan barang KW tentunya adalah karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan produk bergaransi resmi. Mengapa kah demikian?

Nah, disini kami akan meluruskan kesalah pahaman sobat sekalian. Jadi produk bergaransi distributor itu lebih murah dibandingkan dengan yang bergaransi resmi itu disebabkan oleh biaya distribusi/ penyaluran barang yang dikeluarkan oleh pihak distibutor tidak resmi tidak sebanyak biaya distribusi produk-produk bergaransi resmi.

Konsekuensi ketika membeli produk bergaransi distributor

Walau memiliki kualitas yang sama, namun selain keterbatasan tempat untuk melakukan klaim garansi ternyata terdapat juga konsekuensi yang harus anda tanggung ketika membeli produk bergaransi distributor.

Banyak para pihak distributor tidak resmi yang mengambil barang yang bukan di tujukan untuk pasar Indonesia. Sehingga apabila anda membeli produk tersebut maka kamu akan kesulitan untuk melakukan service karena spare part dari produk tersebut belum tersedia di Indonesia.

Kelebihan serta Kekurangan dari Garansi Resmi dan Distributor

Untuk memudahkan kamu dalam mengetahui secara singkat dan jelas mengenai perbedaan garansi resmi dan distributor, disini kami akan menampilkan kelebihan dan kekurangan garansi resmi dan distributor yang bisa kamu jadikan sebagai perbandingan untuk memahami perbedaan garansi resmi dan distributor.

Jenis Garansi Kelebihan Kekurangan
Garansi Resmi
  • Pengguna lebih leluasa untuk memilih dimana akan melakukan klaim garansi
  • Service center sudah tersebar di seluruh kawasan kota-kota besar di Indonesia
  • Harganya lebih mahal
  • Harus sabar menunggu apabila ada produk terbaru yang belum resmi masuk ke pasar Indonesia
Garansi Distributor
  • Produk yang dipasarkan di banderol dengan harga yang lebih murah
  • Memungkinkan kita untuk mendapatkan produk incaran kita yang masih terbatas (belum resmi masuk ke pasar Indonesia)
  • Anda hanya bisa melakukan klaim garansi di tempat yang sama dengan tempat pembelian barang yang anda miliki
  • Spare part dari sebagian produk yang bergaransi distributor belum tersedia di Indonesia

Lebih baik mana? Garansi Resmi atau Distributor?

Perbedaan garansi resmi dan distributor/ www.boxboxunbox.com

Nah, setelah kamu mengetahui perbedaan garansi resmi dan distributor. Tentu muncul dibenak kamu mau pilih produk bergaransi resmi atau distributor dengan harga yang lebih murah?

Jawaban terbaiknya sebenarnya tergantung dirimu sendiri. Apabila kamu akan menetap lama di daerah dimana kamu membeli barang tersebut maka membeli produk bergaransi distribusi akan aman-aman aja.

Namun kami sarankan, sebaiknya anda membeli produk yang bergaransi resmi. mengapa demikian? Karena tidak ada yang tau masa depan. Jadi jika sewaktu-waktu anda pindah dari daerah dimana anda membeli produk tersebut, maka anda tetap bisa melakukan klaim garansi ditempat lain yang juga bergaransi resmi jika seandainya terdapat kerusakan pada produk.

Apakah keluhan pada produk yang baru anda beli berkaitan dengan layarnya yang tidak bisa disentuh? Gak usah panik dan buru-buru ke tempat service! Gimana kalau kamu lihat dulu postingan ini? Layar HP Tidak Bisa Disentuh, 8 Penyebab dan Solusinya Barangkali bisa dibagusin dengan cara yang dipaparkan dalam postingan tersebut.

Penutup dari “Perbedaan garansi resmi dan distributor”

Perbedaan Garansi Resmi Dan Distributor
Perbedaan Garansi Resmi Dan Distributor

Nah, itulah perbedaan garansi resmi dan distributor. Bijaklah dalam membeli suatu produk! Berpikir jangka panjang adalah langkah pertama yang harus anda lakukan ketika dihadapkan pada pilihan untuk membeli produk bergaransi resmi atau distributor.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan garansi resmi dan distributor yang dapat kami bagikan untuk para pengunjung semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button