Tutorial

5+ Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank dan Manfaatnya

Masih bingung bagaimana cara cek identitas lewat no rekening bank? Kamu tidak perlu khawatir lagi, soalnya di artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara cek identitas lewat no rekening bank serta informasi menarik lainnya.

Bahkan, bukan hanya karena alasan penipuan, pencarian identitas pemilik nomor rekening juga masih sering dilakukan untuk tujuan penting lainnya. Pertanyaannya, apakah bisa mengecek identitas seseorang melalui rekening bank?

Mengenal Identitas Nasabah di Bank

Cek identitas lewat no rekening bank
Sumber: Detik Finance

Sebelum membahas tentang cara cek identitas lewat no rekening bank, ada informasi lain yang sepertinya tak kalah penting. Terkait tentang identitas setiap pemilik rekening di bank tersebut. Umumnya, identitas pemilik rekening tersimpan dengan baik di sana.

Silahkan kamu ingat-ingat kembali saat baru pertama kali membuka rekening bank. Pada saat itu, kamu pasti diminta untuk melengkapi banyak sekali informasi. Bahkan sampai minta data tentang ibu kandung.

Melihat fakta tersebut, artinya peluang untuk memberikan data palsu sangatlah kecil. Bisa dibilang tidak ada sama sekali. Ini berarti, bank tidak hanya berperan sebagai penyimpan uang saja, namun juga kolektor data pribadi.

Mengapa Perlu Cek identitas Lewat No Rekening Bank?

Sebelumnya sudah sedikit disinggung jika mereka yang ingin cek identitas lewat no rekening bank adalah dalam rangka pelacakan. Beberapa orang ingin mengetahui siapa pemilik nomor rekening tersebut baik untuk tujuan verifikasi maupun mencari informasi tambahan. Pada umumnya pengecekan nomor rekening bank berguna untuk:

1. Terhindar Dari Penipuan

Kamu harus tahu jika nomor rekening yang sudah di itenfikasi sebagai penipu biasanya akan langsung tersimpan dalam database. Oleh sebab itu, melakukan pengecekan nomor rekening mampu menghindarkan diri dari tindakan penipuan.

Sehingga kamu tak menjadi korban berikutnya. Mengecek identitas via no rekening bank juga sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin bertransaksi online dengan orang baru dikenal di internet.

2. Verifikasi Identitas

Cek identitas lewat no rekening bank juga berguna supaya kamu tidak salah saat ingin mentransfer uang. Saat melakukan aktivitas transfer, proses verifikasi identitas sangat dibutuhkan.

Hal tersebut untuk memastikan apakah benar nomor rekening yang di input sudah sesuai dengan namanya dengan tujuan pengiriman yang dimaksud. Selain itu, verifikasi identitas ini juga membantu saat proses transfer ke suatu nomor rekening yang baru pertama kali digunakan.

Baca Juga :  4 Cara Mudah Convert JPG To Word Agar Bisa Diedit Dengan Mudah

3. Validasi Data

Pengecekan nomor rekening akan sangat membantu kamu khususnya jika sudah merasa curiga pada pemiliknya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari keterlibatan tindak pidana. Kamu bisa langsung melakukan pembatalan pengiriman dana.

Begitu tahu jika pemilik rekening penerima dana tersebut setelah dicek ternyata terindikasi melakukan pencucian uang, Fraud, Scam, investasi palsu, terorisme, bahkan tindakan kejahatan lainnya. Oleh sebab itu, informasi tentang cara cek identitas lewat no rekening bank sangat penting untuk diketahui.

Alasan Mengecek Identitas Lewat no. Rekening Penjelasan
Verifikasi Keaslian Rekening Sebagai tindakan keamanan, organisasi atau individu mungkin ingin memverifikasi keaslian nomor rekening yang diberikan oleh seseorang untuk memastikan bahwa itu bukan nomor rekening palsu atau tidak valid.
Penyelidikan Kejahatan Keuangan Penegak hukum atau lembaga keuangan dapat menggunakan nomor rekening untuk menyelidiki kejahatan keuangan, seperti pencucian uang atau penipuan. Pengecekan identitas melalui nomor rekening dapat membantu dalam penegakan hukum dan pencegahan kejahatan.
Transaksi Keuangan Resmi Dalam bisnis dan transaksi keuangan resmi, pihak yang terlibat mungkin ingin memastikan bahwa pihak lain yang terlibat dalam transaksi memiliki identitas yang sah. Hal ini dapat mencakup verifikasi penerima pembayaran atau pihak yang harus membayar.
Keamanan Transaksi Online Saat melakukan transaksi online, pengguna mungkin diminta untuk memasukkan nomor rekening sebagai bagian dari proses pembayaran. Validasi nomor rekening dapat membantu memastikan bahwa transaksi tersebut aman dan bahwa dana akan dialokasikan dengan benar.
Penyusutan Risiko Kredit Pemberi pinjaman atau lembaga keuangan mungkin ingin melakukan pengecekan identitas melalui nomor rekening untuk menilai risiko kredit. Ini membantu mereka menentukan apakah calon peminjam dapat dipercaya untuk membayar pinjaman.
Verifikasi Identitas Penerima Dana Ketika mengirimkan dana atau pembayaran kepada seseorang, orang mungkin ingin memverifikasi identitas penerima dana untuk memastikan bahwa dana dikirim ke pihak yang benar. Ini adalah langkah penting untuk menghindari penipuan.

Bolehkah Bank Memberikan Identitas Nasabah?

Sebelumnya, kamu pernah berpikir tidak, mengapa hampir semua orang selalu percaya uangnya disimpan di bank? Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena memang bank bisa dipercaya.

Bank punya sistem dan prosedur yang ketat sehingga tidak hanya mampu menjaga uang para nasabah nya dengan aman, namun juga sekaligus menjaga rahasia terkait di dalamnya. Artinya bisnis bank tidak hanya sesederhana mengelola uang, tapi sekaligus menjaga kepercayaan nasabah.

Berdasarkan fakta tersebut, sebetulnya cek identitas lewat no rekening bank tidak bisa kamu lakukan. Kamu boleh coba bertanya langsung ke bank. Besar kemungkinan mereka akan langsung menolak tegas, dan menyatakan informasi tersebut sangat rahasia.

Di sini, kamu juga tak boleh memaksa, sebab hal tersebut sesuai dengan UU Perbankan, yaitu mengharuskan mereka selalu merahasiakan keterangan seputar Nasabah Penyimpan berikut Simpanan nya.

Baca Juga :  10+ Cara Cek Nomor XL Sendiri Melalui SMS Dengan Mudah dan Tanpa Biaya

Peraturan yang dikeluarkan oleh OJK ini secara tegas melarang bank bahkan dengan cara apapun untuk memberikan data nasabah atau informasi pribadi konsumen pada pihak ketiga. Singkatnya, kamu tidak akan bisa melacak identitas dari nomor rekening.

Walaupun secara metode, cek identitas lewat no rekening bank masih mungkin bisa dilakukan. Sementara berdasarkan hukum perbuatan tersebut justru dilarang. Sekaligus menjadi jalan buntu supaya kamu berhenti di tahap ini.

Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Dalam Kondisi Darurat

Dalam hidup, siapa saja pernah mendapatkan masalah tertentu yang sifatnya darurat. Khususnya mereka yang butuh bantuan dari pihak bank. Oleh sebab itu, pihak bank juga tidak semutlak itu sama sekali tidak mau membantu masyarakat.

Bank akan turun tangan seperti memberikan izin melihat identitas nasabah lewat no rekening dalam beberapa situasi penting seperti diantaranya:

  • Cek identitas dari rekening bank untuk kepentingan perpajakan
  • Keperluan penyelesaian piutang bank
  • Kepentingan perkara pidana

Jadi, kamu juga masih bisa kok cek identitas lewat no rekening bank. Dengan catatan dalam kondisi darurat. Mungkin kamu sedang mengalami salah satu situasi yang disebutkan di atas, tentunya pihak bank akan dengan senang hati membantu.

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Ada banyak cara untuk mengecek identitas via no rekening bank. Cara tersebut bisa kamu gunakan dalam situasi mendesak. Seperti mengetahui orang yang kemungkinan ingin menipu, melacak nomor rekening mereka, dan lainnya.

1. Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Melalui Situs Cekrekening.id

cekrekening.id
cekrekening.id

Cara pertama adalah kamu bisa langsung melalui situs resmi dari Kominfo yaitu Cekrekening.id. Situs ini dibuat oleh Kominfo untuk mengumpulkan database dari nomor rekening yang dicurigai terkait tindak pidana penipuan. Cara melacak identitas via no rekening dari situs ini adalah:

  • Buka situsid di sini
  • Pilih menu “periksa rekening”
  • Masukkan jenis bank (BCA, BRI, MANDIRI, atau lainnya) berikut nomor rekening bank atau no e-wallet yang mau diperiksa
  • Lakukan validasi robot, cara adalah dengan memasukkan kode CAPTCHA
  • Klik opsi “cek sekarang”
  • Kamu tinggal tunggu hasilnya dalam beberapa saat
  • Apabila nomor tersebut sebelumnya sudah pernah dilaporkan, maka hasilnya akan keluar sehingga kamu patut mencurigainya
  • Klik “tambah laporan” jika kamu mengetahui adanya indikasi penipuan dan mau membuat laporan baru. Pada tahap ini jangan lupa isi form lengkap dan sertakan lampiran bukti screenshot.
  • Pihak pelapor tinggal menunggu hasil tindak lanjut laporan tersebut

2. Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Melalui Situs kredibel.co.id

kredibel.co.id
Situs Kredibel.co.id

cek identitas lewat no rekening bank juga bisa kamu lakukan melalui situs kredibel.co.id. Caranya juga relatif sederhana, sama seperti melakukan pengecekan via situs kominfo sebelumnya. Untuk tahapan nya, silahkan ikuti pembahasan selengkapnya di bawah ini:

  • Masuk alamat situs co.id
  • Pada halaman awal, silahkan masukkan nomor rekening atau nomor telepon orang yang ingin kamu cek pada kolom yang sudah tersedia
  • Jika nomor rekening/telepon sudah dimasukkan, akan muncul halaman baru yang menunjukkan apakah nomor tersebut pernah terlihat kasus penipuan sebelumnya. Jika ternyata memang pernah, maka riwayatnya akan tertera
  • Apabila kamu ingin tahu nama pemilik rekening bank tersebut, silahkan login terlebih dahulu pakai email maupun akun Facebook
  • Nama pemilik no rekening bank bisa terlihat dengan jelas di bagian atas nomor rekening atau nomor teleponnya
Baca Juga :  3 Cara Chat WA Tanpa Save Nomor: Mudah Dan Praktis Banget!

Kamu dapat menggunakan cara tersebut jika merasa ragu-ragu ketika ingin mengirim uang ke rekening tertentu. Bahkan, gunakan saja saat mencari bukti bahwa kamu benar-benar telah mengalami penipuan.

3. Datang Langsung Ke Kantor Bank

Ada lagi cara untuk mengetahui identitas seseorang melalui no rekening bank. Salah satunya adalah langsung datang ke kantor cabang bank tersebut. Misalnya rekening bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lain sebagainya.

Cara cek identitas lewat no rekening bank dengan mendatangi langsung kantornya ini dapat dipilih saat kamu sudah ditipu oleh pihak lain. Seberapa pun besarnya uang, wajib untuk dilaporkan, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pergi ke kantor bank yang dimaksud dengan membawa bukti penipuan yang telah dilakukan oleh pemilik rekening tersebut
  • Ambil nomor antrian CS lalu tunggu sampai waktu giliran dipanggil
  • Setelah dipanggil, jelaskan pada CS jika kamu merasa ditipu oleh seorang pemilik rekening dari nasabah mereka dengan menunjukkan bukti-bukti
  • Bank akan membantu melacak identitas pemilik rekening tersebut, lali mereka akan segera memblokirnya. Dengan begitu, so penipu tak akan lagi bisa melancarkan aksinya

Buat yang mau tahu cara bayar BPJS, yuk langsung saja di artikel 20+ Cara Bayar BPJS Kesehatan Via M-Banking, ATM, Aplikasi, E-Wallet ini, ya.

4. Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Melalui Mobile Banking

Bagi kamu yang mencurigai seorang penipu dan berencana memastikan identitas dari rekening BCA si penipu, bisa melalui mobile banking. BCA punya m-BCA yang dapat memfasilitasi hal tersebut. Caranya pun sangat mudah sekali, silahkan ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Siapkan nomor rekening BCA yang ingin dicek atau kamu curigai sebagai penipu
  • Buka m-BCA atau fasilitas mobile banking BCA
  • Jika sudah login dan berhasil masuk, silahkan pergi ke menu “m transfer”
  • Selanjutnya klik “antar rekening” pada bagian daftar nomor rekening
  • Daftarkan nomor rekening yang mau dicek
  • Sistem akan membantu menampilkan identitas pemilik rekening bank BCA tersebut

5. Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Via ATM

Cek identitas lewat no rekening bank juga bisa melalui ATM. Terutama untuk yang rekening bank BNI. Panduannya pun sebenarnya tak jauh beda dengan cara-cara sebelumnya, sehingga sepertinya tak akan kesulitan.

Cek identitas lewat no rekening bank via ATM BNI adalah setelah masuk bilik, masukkan kartu seperti biasa. Setelah itu, klik “transaksi lainnya” dan pilih “transfer”. Selanjutnya klik “sesama bank”, masukkan nomor rekeningnya. Nanti, pada layar akan menampilkan informasi pemilik rekening tersebut. Tinggal “cancel” untuk membatalkan transfer.

6. Cek Identitas Lewat No Rekening Bank via Flip

Flip
Sumber: Flip.id

Kalau untuk cara ini berlaku untuk semua bank, Mandiri, BRI, BCA, dan sebagainya. Intinya, untuk mengetahui identitas seseorang dari no rekening bank, dilakukan seakan-akan mau transfer dana dulu.

Jadi, setelah buka flip, pilih “kirim uang” lalu klik “antar bank”. Selanjutnya buat tujuan baru dan pilih bank sesuai rekening nya. Lanjut masukkan nomor rekening yang ingin dicek. Otomatis informasi nama pemilik rekening akan muncul.

Simpulan

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank
Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Demikian tadi beberapa cara cek identitas lewat no rekening bank yang bisa kamu ketahui. Gunakan cara tersebut agar terhindar dari penipuan., ya!

Back to top button