TutorialRagam

20 Digit Kode PLN Periksa: Hilangkan Tanda Peringatan “Periksa” pada Token Listrik

20 digit kode PLN periksa merupakan sebuah kode yang harus kamu dapatkan agar dapat mengatasi masalah terkaitĀ  munculnya tulisan “periksa” pada token listrik kamu. Di era sekarang ini, pemakaian token listrik menjadi pilihan yang paling banyak diminati oleh sebagian besar orang dibandingkan dengan menggunakan listrik meteran. Hampir tiap-tiap rumah saat ini telah menggunakan listrik prabayar (token listrik).

Nah, bagaimanakah cara mendapatkan 20 digit kode PLN periksa? Untuk mengetahui jawabannya, maka pastikan kamu menyimak dengan baik penjelasan kami dalam artikel ini. Karena disini kami akan membagikan informasi tentang penyebab munculnya tulisan periksa di meteran token listrik, bagaimana cara mendapatkan 20 digit kode PLN periksa serta berbagai informasi terkait lainnya.

Mengapa Muncul Tulisan Periksa di Token Listrik?

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang “20 digit kode PLN periksa” tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa muncul tulisan “Periksa” pada layar meteran token listrik kamu.

Mengapa Muncul Tulisan Periksa di Token Listrik?
Mengapa Muncul Tulisan Periksa di Token Listrik?

Terdapat beberapa penyebab munculnya tulisan “periksa” pada meteran token listrik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Segel pada meteran terbuka (Rusak)

Penyebab paling umum munculnya tulisan periksa pada meteran token listrik adalah karena terbuka atau rusaknya segel meteran. Kondisi ini biasanya disertai dengan lampu temper meteran yang menyala. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa tindakan merusak segel dapat dikenakan denda, dan itu tertulis secara langsung pada fisik masing-masing meteran.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengimbau masyarakat agar tidak mengutak-atik kWh meter sembarangan. Oleh karena itu, apabila segel meteran anda rusak karena faktor tertentu ataupun karena sengaja dibuka sendiri, maka secara otomatis meteran akan mendeteksi adanya tindakan kecurangan, sehingga muncul peringatan “periksa” pada display meteran listrik anda.

  • Terdapat masalah pada kabel instalasi listrik

Penyebab munculnya tulisan periksa pada meteran token listrik juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada kabel instalasi listrik di rumah anda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya bagian pada kabel yang terkelupas, ataupun penggunaan kabel yang tidak sesuai sehingga menyebabkan korsleting. Instalasi listrik rumah yang bermasalah akan menyebabkan aliran listrik menjadi terganggu, sehingga muncul tulisan periksa pada meteran token.

  • Perbedaan arus masuk dan keluar

Adanya perbedaan arus masuk dengan arus yang keluar juga dapat menyebabkan munculnya tulisan periksa pada meteran token listrik. Situasi ini biasanya disebabkan karena adanya masalah seperti arus listrik yang bocor, yang menyebabkan aliran listrik yang seharusnya mengalir ke peralatan listrik tertentu menjadi merambat ke bagian-bagian yang tidak seharusnya. Ketika kondisi seperti demikian terjadi, maka akan muncul peringatan “periksa” pada layar meteran token listrik anda.

Baca Juga :  8 Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal
  • Pemasangan Grounding yang salah

Grounding pada meteran listrik
Grounding pada meteran listrik

Penyebab munculnya peringatan periksa pada meteran token listrik yang berikutnya adalah karena kesalahan dalam memasang grounding meteran token. Grounding pada meteran merupakan jalur kabel yang dipasang tersendiri (tidak menyambung dengan kabel-kabel lainnya pada instalasi listrik tersebut), dipasang langsung menuju titik pertanahan (bumi), sehingga jika ada kebocoran listrik/ korsleting akan langsung dibuang ke tanah (bumi). Nah, apabila pemasangan grounding pada meteran listrik anda salah maka akan menyebabkan beberapa masalah seperti KWh meteran error, komsumsi listrik boros dan juga muncul tulisan periksa pada meteran.

  • Tutup terminal listrik token terbuka

Setiap meteran dilengkapi dengan tombol keamanan yang biasanya terletak dibagian bawah meteran token listrik yang ditutup dengan rapat. Apabila keamanan meteran anda aktif dan ada orang yang mencoba membuka penutup terminal token listrik anda maka akan muncul peringatan yang bertuliskan “periksa”,

  • Meteran token listrik rusak

Terakhir yang menjadi penyebab munculnya peringatan periksa pada meteran token listrik adalah karena kondisi meteran token listrik anda telah rusak. Kerusakan pada meteran token listrik dapat dipicu oleh berbagai masalah seperti tegangan listrik yang berlebih, kesalahan pemasangan listrik, terkena sambaran petir dan sebagainya.

Apa itu 20 Digit Kode PLN Periksa

20 digit kode PLN periksa atau yang kerap disebut dengan kode clear temper merupakan kode yang berfungsi untuk mengaktifkan atau memperbaiki kembali meteran prabayar yang muncul peringatan “periksa”. Perlu untuk anda ketahui bahwa kode yang terdiri dari 20 digit angka ini hanya didapatkan dari pihak PLN.

Baca Juga :  Cara Melihat Password Facebook Sendiri Di Hp Terbaru

Cara Mendapatkan 20 Digit Kode PLN Periksa

Lewat penjelasan yang kami tampilkan diatas anda telah mengetahui beberapa penyebab munculnya tanda peringatan “periksa” pada meteran token listrik anda. oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk meminta 20 digit kode clear temper dari PLN langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu apakah dari beberapa penyebab munculnya tulisan “periksa” pada token listrik, salah satunya ada terjadi pada token listrik milik anda.

Cara Mendapatkan 20 Digit Kode PLN Periksa
Cara Mendapatkan 20 Digit Kode PLN Periksa/ berita.99.co

Jika setelah anda periksa ternyata tidak ada kira-kira kesalahan yang terjadi pada meteran token listrik anda, barulah kemudian anda meminta kode clear temper dari pihak PLN.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan 20 digit kode PLN periksa yang dapat kamu ikuti:

  1. Hububungi pihak PLN sesuai dengan daerah tempat tinggal anda. Call center PLN yaitu (kode area) 123. Misalnya jika anda tinggal didaerah Medan, maka gunakanlah format (061) 123.
  2. Setelah telepon terhubung, sampaikanlah kendala anda dengan jelas
  3. Pihak PLN akan memberikan kode clear temper yang terdiri dari 20 digit angka. Namun untuk mendapatkan kode ini, anda mungkin perlu menghadapi beberapa tahapan sesuai dengan istruksi PLN.

Note:

Itulah cara mendapatkan 20 digit kode PLN periksa dengan menghubungi call center PLN. Akan tetapi perlu diingat bahwa menghubungi PLN melalui telepon akan dikenakan biaya. Oleh karena itu pastikan terdapat pulsa di kartu SIM yang kamu gunakan.

Selain melalui call center 123, anda juga dapat menghubungi PLN via:

  • Whatsapp : 0812 2123 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Instagram : pln123_official
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123

Namun terdapat kekurangan jika kamu menghubungi PLN secara online yaitu, respon dan penanganan kemungkinan akan lebih lambat.

Tips Menghubungi Call Center PLN Penjelasan
Persiapkan Informasi Sebelum menghubungi, pastikan Anda memiliki informasi penting seperti nomor pelanggan, alamat, dan detail masalah Anda. Ini akan membantu operator call center untuk memberikan bantuan dengan lebih efisien.
Gunakan Nomor Resmi Selalu gunakan nomor kontak resmi PLN. Hindari menggunakan nomor yang Anda dapatkan dari sumber yang tidak jelas atau tidak sah. Ini untuk menghindari penipuan atau masalah keamanan lainnya.
Sabar dan Hormatilah Operator Call center mungkin sibuk, jadi bersabarlah saat menunggu giliran Anda. Ketika berbicara dengan operator, bersikaplah sopan dan hormati mereka. Mereka ada di sana untuk membantu Anda.
Catat Nama dan Nomor Tiket Jika Anda mengalami masalah yang memerlukan tindak lanjut, pastikan untuk mencatat nama operator yang membantu Anda dan nomor tiket jika diberikan. Ini akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi lebih lanjut dengan PLN.
Cek Situs Web dan Media Sosial Sebelum menghubungi call center, cek situs web resmi PLN dan media sosial mereka. Mungkin ada informasi terbaru tentang pemadaman listrik atau masalah lainnya yang sedang dihadapi oleh PLN.
Baca Juga :  5 Cara Melihat History Aplikasi Yang Sudah Dihapus Di Android

Cara Memasukkan 20 Digit Kode PLN untuk Menghilangkan Tanda Peringatan Periksa pada Token Listrik

Setelah mendapatkan 20 digit kode PLN periksa, selanjutnya kami akan memandu kamu untuk memasukkan kode angka tersebut ke meteran token listrik kamu.

20 digit kode PLN periksa
Cara mengatasi muncul tanda “periksa” di meteran token listrik

Langkah-langkah untuk memasukkan 20 digit kode PLN periksa dapat kamu perhatikan dibawah ini:

  1. Pastikan MCB listrik dalam keadaan mati, tetapi meteran menyala
  2. Lalu masukkanlah 20 digit kode PLN periksa (kode clear temper) yang telah kamu dapatkan dari pLN dengan benar
  3. Lakukan pemeriksaan sekali lagi apakah kode yang kamu masukkan sudah benar atau belum
  4. Setelah dipastikan benar, maka tekanlah tombol “Enter
  5. Maka tulisan “periksa” pada meteran token listrik kamu akan hilang.

Note: Perlu untuk anda ketahui bahwa kode clear temper berisi 20 digit angka yang kamu dapatkan dari PLN hanya bisa digunakan sekali. Sehingga jika kedepannya muncul lagi tulisan “Periksa” anda harus meminta kode clear yang baru.

Jika dalam beberapa kali perbaikan tanda peringatan “Periksa” masih tetap muncul, maka sebaiknya anda meminta pihak PLN untuk datang memeriksa langsung ke lokasi anda. Karena jika sudah demikian, kemungkinan pemicu munculnya peringatan periksa bersumber dari masalah lain yang harus ditangani langsung oleh orang yang bertanggung jawab dibidangnya.

Kesimpulan

20 Digit Kode PLN Periksa
20 Digit Kode PLN Periksa

Itulah informasi terkait 20 digit kode PLN periksa yang dapat kami bagikan ke sahabat pengguna listrik prabayar sekalian. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai acuan untuk mendapatkan solusi ketika mengalami masalah munculnya peringatan “periksa” pada meteran token listrik anda.

Namun terlepas dari itu, ingatlah jika anda ingin melakukan solusi yang tepat maka tetaplah bersikap tenang dan tidak panik. Tindakan panik hanya akan memperlama proses penyelesaian masalah. Selain itu, dalam artikel ini kami ingatkan juga agar sobat menghindari untuk membuka ataupun merusak segel pada meteran token listrik. Karena inilah yang kerap menjadi pemicu utama timbulnya peringatan periksa pada meteran token listrik.

Back to top button