Ragam

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri WA Kita Diarsipkan

Sangat perlu mengetahui ciri-ciri wa kita diarsipkan oleh teman, pacar orang-orang penting disekitar kita. Argumen ini mungkin anda dapatkan ketika seseorang cukup lambat merespon pesan yang dikirimkan.

Bagi pengguna whatsapp tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur arsipkan, meski demikian masih banyak yang belum mengetahui fitur dan kegunaan arsip ini. Hal ini sangat wajar bagi anda pengguna baru atau tipikal orang yang tidak suka mengotak-atik fitur sebuah aplikasi.

Sama halnya dengan ciri-ciri wa kita diarsipkan, masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Hal ini menimbulkan pemahaman yang salah ketika menggunakan whatsapp. Karena itu, saya akan mengenalkan ciri-ciri wa kita diarsipkan untuk pengunjung Mocipay kali ini.

Apa Itu Fitur Arsipkan di Whatsapp?

Whatsapp adalah aplikasi perpesanan instan yang dirancang gratis untuk ponsel pintar. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengirim pesan teks, suara, gambar, dokumen dan lainya tanpa pulsa, cukup dengan kuota internet saja.

Fitur arsip whatsapp
Fitur arsip whatsapp

Sebagai aplikasi chating terpopuler, whatsapp memiliki pengguna aktif lebih dari jutaan pengguna setiap harinya. Kepopuler whatsapp tidak lepas dari fitur sebagai nilai jual, salah satu fitur paling menonjol di whatsapp adalah arsipkan.

Apa itu fitur arsipkan whatsapp ini? Secara sederhana fitur whatsapp akan merapikan pesan layar teks yang tampak di halaman utama aplikasi. Fitur ini memungkinkan anda untuk menyembunyikan pesan-pesan yang tidak ingin ditampilkan di layar utama.

Pesan yang diarsipkan akan tetap ada dan tidak terhapus, tetapi mereka tidak akan terlihat secara langsung di kontak masuk. Jadi, apabila pengguna mengirim anda tidak akan menerima notifikasinya.

Fitur arsipkan akan membantu kita untuk memilah antara pesan penting dan pesan yang tidak mendesak agar dituangkan dalam fitur asipkan. Hal ini memang perlu anda pahami sebelum membahas lebih lanjut ciri-ciri wa kita diarsipkan.

Jangan lewatkan 4 Cara Membuat Tulisan Kosong Di WA Terbaru 

Baca Juga :  375+ Nama Kontak Pacar Aesthetic, Cowok, Cewek, Romantis, & Gak Alay

Cara Mengarsipkan Chat Whatsapp

Cara Mengarsipkan Chat Whatsapp
Cara Mengarsipkan Chat Whatsapp

Bagaimana cara mengarsipkan chat whatsapp? Sebelum Mocipay lebih jauh membahas ciri-ciri wa kita diarsipkan, sobat perlu juga mengetahui cara mengarsipkan obrolan-obrolan tertentu. Di bawah ini adalah tahapan mengarsipkan chat whatsapp anda:

  1. Buka aplikasi whatsapp anda
  2. Tekan dan tahan pada satu pesan yang ingin anda arsipkan.
  3. Akan muncu berbagai opsi pilihan
  4. Ketuk ikon arsipkan dengan tanda logo panah kebawah di bagian atas
  5. Secara otomatis pesan masuk ke daftar arsip.

Perihal arsipkan chat, pengguna dapat mengarsipkan satu bahkan lebih banyak pesan. Jadi, anda memegang kendali akun untuk merapikan atau membatasi pesan itu tampil di layar utama.

Cara Membuka Arsip Chat Whatsapp

Sebelum membahas lebih dalam ciri-ciri wa diarsipkan, cara membuka arsip chat whatsapp perlu anda ketahui. Berikut tahapan membuka arsip chat yang dapat dilakukan:

  1. Buka aplikasi whatsapp
  2. Pada halaman utama diatas obrolan klik diarsipkan
  3. Cari dan temukan obrolan yang ingin dibuka arsipnya
  4. Ketuk lama pada pesan tersebut sampai beberapa icon ditampilkan
  5. Ketuk ikon buka arsip yang berbentuk kotak dengan tanda panah ke atas di pojok kanan atas layar
  6. Selesai, pesan telah dibuka dari arsip whatsapp.

Fungsi Mengarsipkan Chat Whatsapp

Sebagai pengguna whatsapp anda perlu mengetahui satu atau lebih manfaat mengarsipkan pesan. Sebenarnya mengarsipkan chat whatsapp hanya bermanfaat untuk si pengarsip, adapun keuntungan mengarsipkan pesan whatsapp sebagai berikut:

Fungsi Arsip Deskripsi singkat
Menyembunyikan chat yang menggangu Kerap ada pesan personal dan grup yang menggangu, anda tidak perlu mengapusnya. Cukup arsipkan chat tersebut dengan begitu notifikasi pesan masuk obrolan tidak akan ditampilkan.
Merapikan layar utama whatsapp Jika anda sangat peduli pada tatanan obrolan whatsapp, arsipkan chat merupakan alternatif terbaik tanpa menghapus pesan.
Fokus ke hal penting Arsip chat whatsapp akan membantu anda memfokuskan diri pada hal-hal penting. Anda dapat memilah antara pesan penting di layar utama dan pesan tidak mendesak ke fitur arsip.
Tidak perlu memutus silaturahmi Terganggu dengan notifikasi whatsapp grup yang mengganggu? alih-alih left grup anda bisa mencoba fitur arsip dan membaca pesan sewaktu luang.
Baca Juga :  15+ Merk Bantal Guling Terbaik, Buat Tidur Makin Nyenyak!

Ciri-ciri WA Kita Diarsipkan

Seperti yang sudah kami tampilkan, arsip chat whatsapp hanya bermanfaat bagi si pengarsip saja. Jika pesan kita diarsipkan teman, sahabat pacar atau kerabat kita akan dirugikan secara langsung.

Ciri-ciri wa kita diarsipkan
Ciri-ciri wa kita diarsipkan

Namun karena arsip berbeda dengan fitur blokir whatsapp, dimana blocked di whatsapp membatasi anda mengirimkan pesan, panggilan, gambar dan segala hal dalam lingkup wa. Sedangkan arsip hanya memperlambat atau menyembunyikan pesan.

Oleh sebab itu, ciri-ciri wa kita diarsipkan sangat perlu anda ketahui sebagai seseorang yang selalu mengandalkan aplikasi ini untuk berkirim pesan instan. Tidak banyak ciri-ciri wa kita diarsipkan, anda bisa meninjau dari lama atau tidaknya seseorang merespon chat yang dikirimkan.

Karena pada dasarnya fitur arsip whatsapp akan membisukan chat (mute), dengan demikian mereka tidak akan menerima notifikasi pesan masuk dari grup atau personal yang sudah diarsipkan.

Jadi, ciri-ciri wa kita diarsipkan adalah lawan chatting anda cukup lama membalas chat. Pesan anda sudah terima namun notifikasi diterima tidak muncul, untuk melihatnya pengguna harus masuk ke aplikasi whatsapp terlebih dahulu lalu menekan menu diarsipkan untuk merespon pesan anda.

Apakah Fitur Diarsipkan Akan Membisukan Panggilan Masuk?

Membahas lanjut mengenai ciri-ciri wa kita diarsipkan, ternyata tidak sedikit pengguna whatsapp yang belum mengetahui apakah fitur arsip akan membisukan panggilan masuk dan sebaliknya.

Jadi, fitur arsipkan whatsapp hanya membisukan notifikasi dan memindahkan chat untuk menata layar utama chat anda. Dengan kata lain, arsip wa akan membisukan chat saja, whatsapp akan menampilkan notifikasi panggilan masuk.

Jadi, jika sudah mengenali ciri-ciri wa kita diarsipkan dimana seseorang cukup lambat merespon pesan anda, silahkan tekan dan panggil secara langsung untuk terhubung dengan pengguna yang dimaksud.

Apakah Kontak yang Diarsipkan Bisa Melihat Status Whatsapp?

Setelah mengulik lengkap ciri-ciri wa kita diarsipkan, Mocipay akan menjabarkan informasi lain yang erat kaitanya dengan fitur ini.

Setelah mendapat jawaban valid bahwa fitur arsip tidak membisukan panggilan masuk, sobat juga harus memahami bahwa kontak yang sudah diarsipkan chatnya dapat melihat status whatsapp anda.

Secara fungsi, arsip dan blokir whatsapp berbeda. Jika anda ingin membatasi pesan, panggilan, aktivitas melihat pembaharuan status dari seorang pengguna maka blokir pertemanan bisa dilakukan.

Sedangkan arsip dilakukan hanya untuk memindahkan obrolan dan secara langsung membisukan notifikasi pesan diterima. Mereka bisa memantau dan melihat pembaharuan status anda meskipun chat sudah diarsipkan.

Baca Juga :  12+ Urutan Tingkatan Processor AMD Dari Rendah Ke Tinggi

Fitur Tersembunyi Lain di Whatsapp

fitur tersembunyi whatsapp
fitur tersembunyi whatsapp

Selain mengulik lengkap ciri-ciri wa kita diarsipkan, kami akan membawa anda lebih dalam membahas fitur-fitur yang tersebunyi didalam aplikasi ini. Selain arsip, berikut beberapa fitur yang jarang disadari penggunanya:

Pesan Disappering Whatsapp

Pesan disappering whatsapp atau pesan yang menghilang memungkinkan anda mengirimkan pesan yang akan menghilang otomatis setelah jangka waktu tertentu. Berikut tahapan untuk mengaktifkanya:

  • Buka whatsapp lalu pilih chat pada kontak yang ingin diatur fitur tersebut
  • Setelah masuk kedalam obrolan, ketuk sekali pada kontak tersebut
  • Gulir kebawah untuk melihat pesan opsi pesan sementara
  • Klik dan atur timer pesan anda
  • Selesai, pesan disappering wa berhasil dilakukan.

Notifikasi Berbeda

Notifikasi Berbeda di whatsapp
Notifikasi Berbeda di whatsapp

Banyaknya akses dan keperluan di whatsapp memungkinkan kita melupakan beberapa chat penting. Beruntungya whatsapp sudah menyediakan opsi notifikasi berbeda yang dapat anda terapkan untuk kontak tertentu, berikut tahapanya:

  • Buka whatsapp lalu pilih chat pada kontak yang ingin diatur notifikasi kustom
  • Ketuk sekali pada kontak tersebut
  • Jika sudah, silahkan gulir ke bawah lalu klik notifikasi kustom
  • Beri checklist di opsi gunakan notifikasi kustom lalu pilih nada notifikasi pesan dan panggilan yang ingin anda gunakan untuk kontak tersebut.

Mengubah Gaya Huruf Chat Whatsapp

Untuk menambah keseruan bersama lawan chating, anda dapat mengubah ukuran dan gaya huruf di whatsapp. Berikut cara kilat mengubah ukuran, gaya dan jenis huruf pada whatsapp:

  1. Masukkan symbol underscore (_)  di awal dan di akhir teks untuk membuat gaya miring, misalnya: _Mocipay_
  2. Gunakan symbol astersik (*) di depan dan diakhir teks untuk menebalkan tulisan, misalnya: *Mocipay*
  3. Masukkan symbol tilde (~) didepan dan diakhir teks untuk membuat gaya coretan, misalnya: ~Mocipay~

Mode Gelap (Dark Mode)

Fitur tersebunyi whatsapp yang jarang disadari pengguna adalah mode gelap. Hal ini tentu membuat penggunaan whatsapp lebih nyaman pada malam hari. Berikut cara mengaktifkan mode gelap di whatsapp:

  • Buka whatsapp lalu klik titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih setelan kemudian chat
  • Pada opsi tampilan pilih tema gelap
  • Setelah itu tema whatsapp akan berubah menjadi gelap, anda pasti lebih nyaman.

Akhir Kata

Ciri-Ciri WA Kita Diarsipkan
Ciri-Ciri WA Kita Diarsipkan

Ciri-ciri wa kita diarsipkan sudah sobat temukan dalam pembahasan ini. Tidak banyak, pengguna hanya bisa menerka apakah lawan chat sudah mengarsipkan pesan karena mereka cukup lambat merespon pesan terakhir yang dikirimkan.

Akan tetapi hal ini tidak dapat dibenarkan sepenuhnya, adakalanya teman atau lawan chating anda secara sengaja tidak membalasa pesan atau hal yang lain diluar pembahasan ini.

Back to top button