Ragam

9 Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya, Lengkap dengan Ciri-Cirinya!

Mengenal jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya memiliki sejumlah manfaat yang perlu anda ketahui. Satu dari banyaknya manfaat tersebut agar pembaca benar-benar memahami target atau adiens tempat poster ditayangkan.

Setiap jenis poster memiliki cara unik untuk memengaruhi audiens. Mengetahui jenis-jenis poster ini akan membantu anda memilih desain yang digunakan agar poster tepat sasaran, dengan demikian makna atau tujuan lebih cepat tersampaikan.

Nah, pada kesempatan ini Mocipay akan mengulas beberapa jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya yang mungkin bermanfaat bagi pemula atau pelajar yang ingin mengetahui secara terperinci tentang poster dan pembagianya. Jadi, ikutin terus sampai habis ya!

Mengenal Apa Itu Poster

Poster adalah jenis media publikasi yang berisi gambar atau ilustrasi yang dirancang untuk menarik perhatikan khalayak ramai dan menyampaikan pesan. Poster biasanya berisi informasi penting tentang acara, produk, layanan atau ide tertentu.

Poster
Poster (sumber gambar: neopak.pl)

Dilansir dari Wikipedia, Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas berukuran besar. Pengaplikasianya dengan ditempel ke dinding atau permukaan datar lainya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasa digunakan dengan warna kontraks dan kuat.

Poster biasanya dipasang di tempat ramai dan strategis untuk mencari perhatian banyak orang. Poster juga biasanya bersifat mengajak sehingga sering dijadikan sebagai saranan iklan untuk mempromosikan produk, jasa dan kegiatan yang lain.

Untuk membahas lanjut jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya, sobat Mocipay perlu mengetahui bahwa poster dibedakan menjadi dua hal, yaitu isi dan tujuanya. Namun sebelum mengulas tuntas apa saja jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya, mari ketahui dahulu ciri-ciri poster pada umumnya.

Ciri-Ciri Poster

Membahas lanjut jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya, ternyata untuk membuat poster anda wajib memperhatikan beberapa hal sebagai ciri-ciri poster. Berikut diantaranya:

  1. Membuat komposisi gambar yang menonjol dan huruf
  2. Gambar dan tulisan harus menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster (biasanya menggunakan kalimat persuasif)
  3. Pesan dalam poster dibuat secara singkat dan padat agar mudah dipahami dalam sekilas
  4. Ukuran poster menyesuaikan dengan tempat pemasanganya
  5. Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontraks
Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Dari Google

Manfaat Penggunaan Poster

Melalui serangkaian penjelasan diatas, mungkin anda sudah tahu manfaat pembuatan poster dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya, poster didesain sedemikian rupa sebagai media pemberitahuan dan informasi penting seperti pengumuman acara, seminar sehingga membantu orang mengetahui apa yang akan terjadi di sekitar kita.

Sekarang ini, manfaat penggunaan poster juga semakin meluas. Poster adalah alat yang efektif untuk mempromosikan produk, jasa dengan gambar dan teks yang menarik perhatian calon pelanggan.

Adapun jenis poster sesuai isinya bermanfaat untuk menyebarkan edukasi dan kesadaran tentang suatu hal bersifat umum. Biasanya poster digunakan sebagai media yang menyampaikan isu-isu sosial, fakta tentang kesehatan, dan lingkungan.

Selebihnya, poster digunakan sebagai media peringatan akan suatu hal. Meskipun menggunakan kalimat yang persuasif, namun isi dan makna sebenarnya akan tersampaikan dengan baik. Inilah mengapa informasi seputar poster dan jenis-jenisnya selalu dicari masyarakat.

Wajib anda ketahui 8 Aplikasi Untuk Membuat Poster di HP Android

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Setelah mendapatkan deskripsi singkat tentang poster, Mocipay akan membawa anda kedalam topik utama yaitu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Sebenarnya, poster terbagi dalam dua bagian, yaitu isi dan tujuan pembuatannya.

Jenis jenis poster berdasarkan tujuannya
Jenis jenis poster berdasarkan tujuannya

Namun pada kesempatan ini, Izinkan Mocipay mempersempit ruang lingkup pembahasan kita untuk menemukan jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Nah sebelum itu, anda juga harus mengetahui singkat jenis-jenis poster berdasarkan isi yang memang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun jenis-jenis poster berdasarkan isinya terbagi menjadi beberapa, diantaranya adalah poster layanan masyarakat, poster niaga, poster pendidikan, poster karya seni, dan poster kegiatan.

Sedangkan jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya terbagi menjadi 9, berikut diantaranya:

  • Poster Propaganda

Poster propaganda
Poster propaganda (Sumber: istockphoto.com)

Jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya yang pertama adalah poster propaganda. Poster ini biasanya dibuat untuk menyebarkan pesan tertentu dengan tujuan untuk mempengaruhi opini, sikap atau tindakan orang-orang yang membacanya.

Poster propaganda sering digunakan dalam konteks politik dan sosial untuk mempengaruhi persepsi publik dan mendukung tujuan-tujuan tertentu yang sepakat dengan pembuat poster. Biasanya, poster ini menggunakan dirancang menarik dan mencolok dan mengobinasikanya dengan gambar sehingga pembaca lebih mudah terpengaruh pada pesan yang disematkan.

  • Poster Afirmasi

Poster afirmasi
Poster afirmasi (sumber gambar: berbagaireviews.com)

Poster afirmasi salah satu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Poster ini dirancang untuk menyampaikan pesan positif atau pernyataan yang memotivasi kepada individu.

Pernyataan yang digunakan dalam poster afirmasi bisa berupa kalimat pendek yang mendorong anda melakukan sesuatu hal yang bersifat positif dan membangun. Poster ini lebih sering dimanfaatkan kalangan tertentu untuk membangun rasa percaya diri, meningkatkan pikiran positif pada masyarakat tertentu.

Baca Juga :  Rincian Tabel Angsuran Kur BRI 2024 Plafon 50 Juta

Poster afirmasi cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ” Be A Buddy, Not A Bully”

  • Poster Kampanye

Poster kampanye salah satu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Ini juga salah satu jenis poster yang kerap ditemukan. Seperti namanya, poster kampanye dibuat untuk mempromosikan atau mendukung seseorang untuk menjadi wakil rakyat.

Kampanye ini bisa berhubungan dengan isu politik, sosial dan lingkungan namun biasanya digunakan dalam bidang politik. Secara sederhana, poster kampanye dirancang agar permirsa mendukung seseorang yang ada pada poster tersebut.

  • Poster “Dicari”

Poster Dicari
Poster Dicari (Sumber: canva.com)

Poster dicari adalah poster yang biasanya dipasang diberbagai lokasi umum untuk membantu menemukan seseorang yang hilang, penjahat yang menjadi buronan, dan hewan peliharaan yang hilang.

Karena tujuanya untuk menemukan, biasanya poster ini memuat beberapa informasi sesuai objek yang ingin ditemukan seperti gambar, deksripsi fisik, nama, nomor telepon dan hal-hal lain yang membantu orang lain menemukan objek yang dimasukkan.

  • Poster Film

Poster film satu dari sekian banyaknya jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Sesuai namanya, poster film digunakan untuk mempromosikan film yang akan tampil dalam waktu dekat atau penayanganya sedang berlangsung.

Biasanya poster ini dirancang dengan tema, visual yang sesuai dengan genre dan suasana pada film yang sedang dipromosikan. Biasanya poster akan menggambarkan adegan-adegan utama dan menjadi inti tayangan.

  • Poster “Cheesecake”

Poster Cheesecake
Poster Cheesecake (sumber gambar: neighbourlist.com)

Poster cheesecake salah satu jenis poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, terutama kalangan muda yang tengah menyenangi sesuatu seperti musik.

Poster ini digunakan untuk menambah kepopuleran perorangan atau tim dalam bidang suara dan musik. Biasanya dalam poster akan dicantumkan deskripsi-deksripsi singkat objek yang dimasukkan, sehingga khalayak ramai tempat poster dipajang semakin mengenalnya.

  • Poster Riset

Poster Riset
Poster Riset (Sumber: id.pinterest.com)

Poster riset salah satu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Poster ini dirancang untuk menyajikan informasi sebuah studi atau penelitian kepada umum. Biasanya poster ini akan banyak kita temui di sekolah-sekolah dan kampus.

Poster riset ditampikan untuk berbagi hasil temuan pada kelompok yang sesuai. Jadi, tidak sembarang tempat untuk memasang poster riset, pembuat poster harus menyesuaikan isi dan individu yang sesuai atau sedang membutuhkanya.

  • Poster Kelas

Poster kelas juga salah satu jenis poster yang dibuat untuk memberikan pengetahuan dan motivasi di lingkupan pendidikan khususnya dalam kelas. Poster ini biasanya memberikan pengetahuan atau pesan yang memotivasi.

Baca Juga :  9 Rekomendasi Semir Rambut Pria Yang Bagus Dan Tahan Lama

Biasanya jenis poster ini digunakan agar para siswa lebih mudah memahami, mengingat informasi penting, atau mengikuti prosedur di dalam kelas.

  • Poster Komersial

Poster Komersial
Poster Komersial

Terakhir, ada poster komersial yang merupakan salah satu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Poster komersial ini sama halnya dengan poster niaga, digunakan untuk mempromosikan suatu barang dan meningkatkan penjualan.

Berbeda dengan poster riset, poster komersial biasanya digunakan di sembarang tempat yang memenuhi kriteria untuk di pasangkan, yaitu lokasi yang kerap di lalui masyarakat umum.

Itulah jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya yang wajib anda pahami dahulu ya. Seperti namanya, kesembilan jenis poster diatas digunakan untuk mempengaruhi masyarakat atau khalayak ramai sebagai target poster.

Tips Membuat Poster yang Menarik

Nah, jika sahabat sudah memahami jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya, Mocipay punya beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat poster menarik sesuai dengan tema dan manfaat yang anda butuhkan dari pemasangan poster.

Tips Deskripsi Singkat
Tentukan topik dan tujuan poster Pertama-tama tentukan topik dan tujuan poster misalnya anda ingin mempromosikan suatu barang maka poster komersial adalah pilihan tepat.
Membuat kalimat singkat dan bersifat sugesti Agar poster mudah dipahami, anda wajib membuat kalimat singkat, tidak bermakna ganda dan bersifat sugesti.
Menyiapkan gambar yang menarik Dalam poster, kalimat dan gambar sudah seperti nyawa. Pertama sekali orang akan tertarik melihat gambar lalu kemudian membaca untuk memahami tujuan poster. Jadi, pastikan anda menggunakan gambar yang menarik.
Pertimbangkan desain sesederhana mungkin Agar mudah dipahami, pastikan anda mendesain gambar dan kalimat yang mudah dipahami semua kalangan sebagai target poster.
Pertimbangkan ukuran dan lokasi penempatannya Pertimbangkan juga ukuran dan lokasi penempatan poster untuk mempermudah pengenalan poster pada masyarakat umum.

Cara Membuat Poster Digital

Tidak hanya menemukan jenis-jenis poster berdasarkan tujuan nya, pada pembahasan ini sobat akan menemukan tutorial membuat poster digital melalui Canva. Ini serangkaian cara yang perlu anda lakukan:

  1. Silahkan download aplikasi Canva atau lakukan tanpa aplikasi dengan mengunjungi www.canva.com
  2. Lakukan login atau sign up
  3. Masuk lalu pilih jenis desain “poster” untuk menemukan berbagai macam template unik untuk anda desain
  4. Pilihlah template sesuai dengan kategori poster yang akan dibuat
  5. Anda dapat mengedit untuk melakukan perbaikan pada gambar atau memasukkan gambar yang sudah dipersiapkan sendiri
  6. Perbaiki atau ganti font, ukuran, dan filter
  7. Setelah itu anda bisa menyimpan desain untuk segera dicetak.

Akhir Kata

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya
Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Jika dibandingkan poster isi, jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya ternyata lebih beragam ya! Semoga dengan kesembilan jenis di atas, pembaca dapat mengenal dan membedakan antara kedua jenis poster ini ya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, nantikan kami di topik selanjutnya!

Back to top button